Mengungkap Hoax Cara Curang Menang di Mesin Capit Boneka

1/10/2018


Udah lama banget pengen ngomongin video ini karena banyak yang share juga di facebook dan banyak yang tertipu. Jadi ada sebuah video tentang cara curang main di mesin capit boneka dari seorang youtuber bernama Yudist Ardhana. Di video itu dia nunjukin "cara rahasia" biar selalu menang di mesin capit boneka. Nah tapi sini gue ngejelasin alasan-alasan kenapa video cara curang menang di mesin capit boneka nya Yudist Ardhana hanyalah hoax belaka.

Gue bikin vlog yang mengungkap bahwa cara curang itu sebenernya cuma bohongan doang. Di postingan ini juga gue bakal tulis apa yang ada di vlog, cuma lebih baik nonton vlognya aja karena gue juga bikin ilustrasi video dan nyobain sendiri bikin video cara curang menang mesin capit boneka, tapi dengan cara gue sendiri


Jadi ceritanya, di video gue yang tentang claw machine dulu itu, banyak banget yang komen. Dan di antara komentar-komentarnya, ada yang aneh-aneh kayak begini:


Nah di situ gue bingung, maksudnya apaan, "teken tombol tiga detik", tombol apaan? Sampe akhirnya gue nemu video ini.

Itu adalah videonya Yudist Ardhana, yang mana dia ngejelasin kalau mesin capit boneka itu ada rahasianya biar bisa dapet boneka terus. Caranya adalah dengan mencet tombol "rahasia" selama tiga detik, abis itu langsung main, nanti pasti langsung menang. Wow! Tentu aja gue pas pertama liat videonya gak percaya gitu aja. Ada beberapa keanehan yang bikin gue yakin kalau video itu hanya hoax belaka.

Yang pertama, di videonya dia ngejelasin kalau caranya adalah dengan menekan tombol rahasia selama tiga detik, berarti tombolnya itu penting dong. Cuma kenapa di videonya, dia gak ngezoom ke tombolnya, gak terlalu fokus ke tombolnya, kayak ngejelasin letaknya dimana, ini tombol apa segala macem, enggak. Di videonya cuma keliatan dia menekan "tombol" sesuatu lah selama tiga detik. Ketika kita perhatikan dengan seksama dan zoom sendiri, ternyata apa yang dia tekan? LUBANG KUNCI! Iya, bukan sebuah tombol, melainkan tempat masukin kunci atau lubang kunci yang terbuat dari besi itu, yang jelas-jelas gak akan bisa ditekan atau dipencet. Jadi ngapain lu tekan lobang konci!? bakal apaan? bisa diteken aja kagak!



Yang kedua, ini yang paling penting sih, logika aja. Jika setiap mesin capit boneka menyimpan fitur rahasia yang bisa diunlock dengan menekan tombol rahasia selama tiga detik, fitur rahasia itu sebenernya fungsinya buat apaan? Kenapa sampai ada fitur rahasia itu? Udah jelas-jelas fitur rahasia kayak gitu, kalau ada, pasti ya bakal merugikan si pemilik mesin capit bonekanya kan? Jadi ngapain juga diciptakan? Sebagai pemilik tempat mainan yang membeli mesin capit boneka, tentu saja tujuan si pemilik adalah untuk mendapatkan keuntungan, ngapain juga dia beli mesin capit boneka yang menyimpan fitur yang bisa merugikannya? Terus sebagai pembuat atau manufacturer dari mesin capit boneka, ngapain juga mereka bikin fitur kayak gitu? Nanti mesin buatan mereka gak laku dong soalnya gak ada pemilik tempat mainan yang mau beli karena menyimpan fitur yang bisa merugikan si pemilik.

Mungkin ada yang bilang fitur itu buat maintenance. Maintenance apaan cuy yang butuh fitur kayak begitu? Maintenance nya mesin capit boneka kan palingan cuma ngisi ulang bonekanya, atau ngecek capitnya, yang semuanya itu bisa dilakukan dengan membuka kaca di mesin dengan menggunakan kunci (iya, lubang kuncinya digunakan dengan fungsi yang semestinya, bukan ditekan gak jelas selama tiga detik tadi). Intinya, sangat tidak masuk akal ada fitur pada mesin capit boneka yang berpotensi merugikan si pemilik boneka.

Yang ketiga, okelah kalau lu masih bersikeras kalau mungkin aja fitur itu diciptakan. Mungkin saja fitur itu memang bonus kepada orang-orang tertentu yang tau rahasia tersebut, kepada orang-orang berwawasan luas yang suka nonton youtube yang akhirnya tau rahasianya. Namun untuk benar-benar bisa membuat fitur itu, susah banget, man!

Untuk bisa membuat mesin capit boneka yang bisa otomatis mengambil boneka apapun keadaannya, pasti susah, kompleks, dan tentu saja memerlukan biaya yang mahal. Contohnya, untuk membuat capit boneka bisa mengambil bonekanya secara otomatis, berarti si capit harus bisa melihat boneka tersebut, artinya harus ada sistem semacam mapping atau pemetaan yang bisa membuat capit bisa mendeteksi letak boneka-boneka yang berada di bawahnya. Mungkin bisa menggunakan kamera atau sensor tertentu.



Selain itu, agar si capit bisa mencengkram dengan tepat dan gak jatuh, si capit harus bisa tahu dimana center of mass dari bonekanya, biar dia nyengkramnya tepat di sana dan akhirnya gak jatuh pas diangkat. Untuk bisa membuat sensor yang kompleks seperti itu, tentunya sangat sulit. Ditambah lagi untuk mengaktifkannya, kita perlu menekan (menyentuh) lubang kunci selama tiga detik, berarti harus ada sensor sentuhan juga pada lubang kunci nya agar tahu ketika kita sentuh selama tiga detik.


Tentu saja untuk membuat fitur dengan teknologi secanggih itu, membutuhkan biaya yang mahal. Akhirnya mesin capit bonekanya malah jadi mahal banget. Sekali lagi, kalau lu sebagai pemilik arcade, ngapain lu beli mesin capit boneka yang mahal banget karena punya teknologi secanggih itu, dimana teknologinya itu dibuat hanya untuk merugikan lu? ngapain?

Makanya menurut gue penting untuk skeptis saat melihat video-video macem gini. Jangan langsung percaya lalu lari ke timezone buat mencoba "cara curang" nya, eh gak berhasil, duitnya abis, terus nangis.

Tapi tapi tapi, di videonya kan dia berhasil cuy! Dengan menekan tombol rahasia selama tiga detik, dia main terus langsung dapet! Jadi gak mungkin hoax kan?

Itu caranya sederhana banget sih, yakni dia sebenarnya nyoba berkali-kali dengan cara dia itu, tapi yang diambil yang pas berhasilnya doang. Bahkan gue juga nyoba bikin kayak gitu dengan cara gue sendiri, silahkan liat aja ada di vlog gue itu, plus behind the scene nya.

Sebenernya ini bukan yang pertama beredar video cara curangin mesin capit boneka, yang udah terkenal dan viewsnya banyak banget ada videonya Guava Juice yang banyak juga orang percaya. Video Guava Juice itu pernah didiskusikan di reddit, dimana Matt3756 juga angkat bicara di sana.

Nah, video Yudist Ardhana ini kayaknya pengen ngikutin video Guava Juice itu.

Mungkin dia bikin video itu cuma buat iseng, atau "prank" doang, classic "it's just a prank, bro". Kalau menurut gue sih sederhana aja, dia mengklaim kalau itu adalah cara curang menang di mesin capit boneka, dan ternyata bohong. Mau alasan prank atau apapun, tetep aja ngebohong dan sedihnya banyak banget yang percaya.

Iya, gue bukan orang pertama yang bahas tentang kebohongan videonya, Yudist Ardhana ini, ada beberapa youtuber lain seperti Bembi Sa dan HDZ Channel yang juga udah pernah bahas tentang kebohongan videonya Yudist Ardhana ini, tapi sayangnya kolom komentar mereka dipenuhi sama fans-fans Yudist Ardhana yang membela idolanya dengan membabi buta sampai ngatain dua youtuber itu.

Menurut gue kalau kita punya subscriber atau follower yang rata-rata adalah anak-anak, otomatis kita harus lebih berhati-hati dan lebih bertanggung jawab untuk ngepost konten. Karena walau kita ngepost yang tipu-tipu sekalipun, kemungkinan banyak anak-anak yang percaya. Cuma ya gimana ya, demografi anak-anak di youtube itu kan gede banget, jadi kalau kita bisa bikin video yang digemari sama anak-anak, pasti bakal banyak viewernya. Itulah kenapa banyak orang yang berbondong-bondong bikin video-video tentang squishy, atau slime, atau apapun yang bisa menarik bagi anak-anak. Itu juga kenapa banyak orang yang berat banget mau ngasih age restriction di videonya walaupun videonya emang gak pantes ditonton sama anak-anak. Karena kalau kita ngasih age restriction, anak-anak gak bisa nonton dan otomatis penontonnya ngurang.

Gue pribadi jelas gue gak suka dengan video-video semacam ini yang ngebohong-bohongin orang. Yang pertama emang karena gue ngerasain efeknya (banyak bocah fans nya Yudist Ardhana yang komentar di kolom komentar gue ngasih tau kalau ada "cara rahasia" buat menang di mesin capit boneka).

Secara umum gue juga emang gak suka aja dengan video kayak gitu. Begini, di TV kita udah kenyanglah dibohongin sama reality show-reality show yang ternyata bukan reality, ternyata udah disetting, ternyata bohongan, lah gue males banget dong pas gue buka youtube ketemunya video kayak begituan lagi? Jadi gak ada bedanya dong Youtube sama TV? Padahal katanya Youtube Youtube lebih dari TV Boom?

Jadi ya begitulah, bagi yang emang suka main capit boneka, teruslah berlatih, jangan berharap ada hack atau cara curangnya. Tonton kanal-kanal youtube yang emang ngasih tips beneran, bukan cara curang-cara curang palsu. Biasakan skeptis dan tidak langsung percaya kalau ada yang ngasih tau cara curang main mesin capit boneka.

Menurut kalian gimana? Apakah bikin video hoax tentang cara curang main mesin capit boneka ini gapapa? Atau kalian ada yang sempet percaya dan nyoba? Silahkan diskusi di kolom komentar di bawah.

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

1 komentar

  1. Entah berapa ratus ribu yang udah ane abisin buat main ini Mesin...

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger