Wujudkan Rumah Impian Lewat BTNproperti.co.id, One Stop Property Portal

2/03/2017

Seorang kawan pernah bertanya kepada saya “gimana ya cara beli rumah KPR?”, katanya serius. Walaupun umurnya masih sepantaran dengan saya, awal 20, tapi dia memang tipe orang yang senang merencanakan masa depan, jadi pertanyaan tiba-tibanya di tengah obrolan kami tentang episode terbaru TV Series The Walking Dead tidak terasa aneh bagi saya. “Kalo gak salah ya harus cari dulu rumah yang mau diajukan KPRnya, terus ke bank ngurus-ngurus syarat dan pengajuannya”, jawab saya seadanya. Kawan saya diam untuk berpikir sejenak, membenarkan posisi duduknya. “Kira-kira yang murah dimana ya?”, tanyanya lagi. Masih serius. “Waktu itu baca di koran ada yang rumah subsidi, bisa KPR, coba aja ntar cari”, timpal saya. “Hmmm”, kawan saya menangguk . Setelah jeda cukup lama, dan sesaat sebelum saya membuka mulut untuk kembali melanjutkan obrolan tentang nasib si Negan di The Walking Dead, teman saya berkata, “jadi harus ke bank dulu ya……”. Tidak saya jawab, karena sepertinya dia bertanya ke langit.

Saya paham sih apa yang kawan saya itu maksud, apa yang dia bayangkan saat dia bertanya pada langit tua walaupun kata Peterpan, langit tak mendengar. Entah ini cuma dirasakan oleh kami berdua, atau memang semua generasi millenial memiliki kecenderungan seperti ini. Pernah gak sih kita pergi ke toko baju misalnya, lalu lagi asik lihat-lihat baju, eh disamperin oleh pelayannya. Seketika itu juga kita jadi malas buat lihat-lihat lagi dan meninggalkan toko. Padahal ya si pelayan  cuma bilang “cari apa, kak?” yang memang adalah tugas dari seorang pelayan toko. Bukan, bukan karena tidak suka interaksi dengan manusia, tapi mungkin karena kita tidak suka diganggu ketika hanya sedang lihat-lihat, karena kita bisa jadi cuma ‘lihat-lihat-dulu’ aja. Ditanyain seperti itu kadang membuat kita merasa “ditodong” dan tidak enak kalau tidak jadi beli. Maka dari itu, toko online sangat digemari oleh generasi millenial. Kita bisa lihat-lihat dengan bebas tanpa harus ada yang mengganggu dan merasa ditodong untuk beli, bahkan tanpa harus kemana-mana. Bahkan kita bisa kustomisasi pengaturan pencarian disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semakin banyak yang bisa kita ‘lihat-lihat dulu’, semakin banyak informasi yang kita dapat untuk dijadikan pertimbangan membeli. Inilah yang ada di pikiran kawan saya tadi. “Bisa gak tanpa ke bank, kita dapet segala informasi yang dibutuhkan untuk membeli rumah KPR. Bisa gak kita ‘lihat-lihat dulu’?”

Pertanyaan kawan saya itu kembali muncul di kepala saya karena kemarin saya melihat retweet-an teman di twitter tentang sistem KPR online dari Bank BTN. Melalui situs BTNproperti.co.id kita dapat memilih rumah yang kita inginkan, bahkan bisa langsung dihubungkan dengan KPR dari Bank BTN. Portal BTNproperti.co.id adalah portal pencarian properti yang sangat lengkap yang menyediakan berbagai fitur unggulan untuk memudahkan penggunanya. Fitur-fitur pada BTNproperti.co.id antara lain:

Temukan Properti

Ingin lihat-lihat rumah yang bisa diajukan KPRnya tanpa harus survey atau datang ke pameran? Sangat bisa. Tinggal buka BTNproperti.co.id, lalu scroll ke bawah ke menu Temukan Properti. Di sini kita bisa mencari properti menyesuaikan dengan lokasi, harga, luas tanah, fasilitas seperti ruang tidur dan kamar mandi, dan banyak opsi-opsi lainnya yang tentunya sangat memudahkan kita menemukan rumah yang paling klop.


Tidak berhenti sampai situ, bahkan fitur ini juga bisa melakukan pencarian berdasarkan lokasi pada peta. Mengingat lokasi adalah hal yang sangat sangat sangat penting dalam membeli rumah, maka fitur ini sangat bermanfaat karena melalui peta, kita bisa lihat langsung akses-akses yang tersedia di sekitar lokasi seperti jalan, pintu tol, stasiun, maupun fasilitas-fasilitas di sekitar seperti rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan.



Simulasi KPR

Tidak hanya sampai pada mencari rumah yang paling cocok, kita juga bisa mensimulasikan langsung KPR yang akan kita ajukan. Disediakan pilihan simulasi KPR Konvensional atau Syariah, properti subsidi atau non-subsidi. Jadi tidak perlu datang ke bank hanya untuk tahu informasi berapa biaya angsuran perbulan yang akan dikenakan, melalui fitur ini, semuanya sudah disimulasikan langsung secara detil, dari bulan pertama sampai bulan terakhir. Semua biaya sudah diperhitungkan, bahkan termasuk biaya bank, appraisal, dan biaya notaris. Pokoknya, sangat lengkap. Ingin menyimpan hasil simulasinya? Tinggal download, hasil perhitungan akan disimpan dalam bentuk file excel.

Contoh hasil perhitungan simulasi KPR

Contoh hasil perhitungan yang sudah didownload dalam format xls


Pengajuan Online

Jika rumah sudah dicari dan ketemu yang cocok, harga sesuai dan lokasi mantap. Lalu sudah disimulasikan KPRnya dan semakin yakin untuk mengajukan KPR, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Pergi ke kantor cabang terdekat untuk pengajuan? Tidak perlu lagi. Masih melalui portal BTNproperti.co.id dan dengan masih tidak beranjak dari kursi kita, kita juga bisa langsung melakukan pengajuan KPR secara online ke bank BTN. Pengajuan online ini cukup mudah, yang perlu kita lakukan adalah memilih kantor cabang, memilih jenis pembiayaan dan jumlahnya, lalu mengisi data-data pada formulir online, dan terakhir upload scan KTP dan slip penghasilan. Formulir yang sudah kita submit akan diproses oleh kantor cabang pilihan kita.



Jadi, tanpa perlu kemana-mana, bermodalkan koneksi internet melalui laptop atau ponsel pintar, kita sudah bisa mencari rumah, mensimulasikan KPR, sampai mengajukan KPR secara online, tidak perlu datang ke bank. Jika keuntungan dari pengajuan secara online ini adalah kepraktisan dan kenyamanan karena kita tidak perlu keluar dan bisa melakukannya di rumah sambil berdiskusi dengan keluarga,datang ke bank mungkin juga memiliki keuntungannya sendiri yakni kita leluasa untuk bertanya langsung pada customer service jika ada yang tidak kita pahami. Namun jangan khawatir, karena BTNproperti.co.id juga memiliki fitur customer service chat online, sehingga ketika ada yang ingin ditanyakan misalnya tentang pengajuan kredit, kendala teknis, konsultasi KPR, atau masukan dan usulan, bisa langsung klik fitur chat tersebut yang berada di pojok kanan bawah layar.

Tidak hanya bantuan customer service ketika kita mempunyai pertanyaan atau mengalami kesulitan, melalui fitur lainnya yakni Ask to Expert (Q & A) kita bisa berkonsultasi tentang KPR, perencanaan keuangan, bahkan sampai konsultasi desain.



Ini membuat BTNproperti.co.id tidak hanya memiliki keunggulan dalam efektivitas yang membuat kita bisa mengajukan KPR secara online, tapi juga tidak meninggalkan kenyamanan pengajuan konvensional yakni support customer service yang responsif dan siap membantu jika kita memiliki pertanyaan.



Itulah fitur-fitur utama yang ada pada BTNproperti.co.id yang tentunya akan semakin memudahkan kita merencanakan KPR. Namun yang menjadi keunggulan website ini adalah perannya sebagai one stop property portal yang menyediakan berbagai macam info tek tek bengek tentang properti dengan sangat lengkap. Selain integrasinya langsung dengan KPR BTN, terdapat banyak hal-hal yang sepertinya kecil tapi penting yang menjadi keunggulan portal ini dibanding portal pencarian properti lainnya. Mulai dari artikel-artikel tentang tips pengajuan KPR itu sendiri, artikel dan tips tentang desain rumah dan interior, berita terkini tentang isu-isu properti di Indonesia, dan yang paling penting, terdapat fitur Edukasi dimana informasi terkait peraturan daerah, peraturan pemerintah, peraturan Bank Indonesia, dan peraturan BTN sendiri bisa kita dapatkan di ujung jari. Informasi-informasi tersebut tentunya sangat penting diketahui dan bisa membuat kita “melek” tentang peraturan terkait ketika kita merencanakan pengajuan KPR.



Bahkan segala hal tentang pembangunan atau pemeliharaan rumah, bisa dicari di sini melalui fitur BTN Properti Komunitas  yang akan membantu kita menemukan teknisi atau ahli di lokasi kita berada untuk urusan rumah kita, misalnya arsitek, tukang bangunan, tukang kayu, notaris, tukang listrik, tukang kebun, teknisi pemanas, dan lain sebagainya.  Jadi, hanya dari satu portal BTNproperti.co.id saja, kita sudah bisa mendapatkan segala hal tentang properti, tidak perlu kemana-mana lagi. Benar-benar one stop.



BTN Properti merupakan salah satu dari BTN Digital Solution yang  diramu khusus untuk lebih meningkatkan pelayanan Bank BTN guna memberikan solusi di era digital ini. Pelayanan –pelayanan lainnya di antaranya adalah Pembukaan rekening secara online, E-commerce, pembuatan kartu suka-suka, dan internet banking. Seperti pelayanan perbankan lainnya, sudah seharusnya kemudahan KPR diperhatikan untuk semakin memudahkan masyarakat mendapatkan hunian. Apalagi saat ini pemerintah sedang mencanangkan program Sejuta Rumah untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi masyarakat. Dalam program ini, Bank BTN mengucurkan KPR dan kredit konstruksi, di samping juga ikut mensukseskan program pemerintah lainnya yakni KPR Subsidi. Bank BTN juga kerap melakukan kerjasama dengan BUMN lainnya seperti yang baru ditandatangani pada 29 Desember 2016 lalu dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan untuk memberikan pinjaman dalam bentuk kredit konstruksi, KPR, dan pinjaman uang muka kepada pekerja yang terdaftar BPJS Ketenagakerjaan.



Sebagai perbankan yang fokus pada pembiayaan rumah, kiprah Bank BTN memang sudah tidak diragukan lagi. Selama 40 tahun perjalannya, Bank BTN telah menyalurkan KPR untuk lebih dari 3,77 juta unit rumah dengan nilai kredit sebesar Rp. 178 triliun di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2,9 juta unit rumah merupakan KPR subsidi dengan nilai mencapai 84,4 triliun.


Dengan komitmen tersebut, maka tak heran saat ini Bank BTN menjadi market leader dalam hal KPR, dengan pangsa pasar sebanyak 97% untuk KPR subsidi (per Juni 2016). Baru-baru ini juga Bank BTN menyabet penghargaan The Winner of Best Banking Brand 2016 untuk Best Service and Best Performance.


Sumber: Warta Ekonomi


Maka dari itu, dari beberapa perbankan yang membuka layanan KPR, sangat sedikit yang sudah meng-online-kannya. Dan di antaranya, BTNProperti.co.id masih menjadi yang paling mudah dipahami user-interface-nya, paling lengkap fiturnya, dan juga terintegrasi, semakin memantapkan posisi Bank BTN sebagai yang terdepan dalam urusan KPR. Jika melihat dari potensi yang masih dimiliki BTNproperti.co.id dimana masih terbukanya kesempatan kerjasama dengan pengembang-pengembang di seluruh Indonesia, maka aman untuk dikatakan bahwa BTNproperti.co.id adalah solusi yang tepat untuk mewujudkan rumah impian.

ENJOY YOUR DAY!

Referensi:

http://www.btn.co.id/id/content/BTN-Info/Info/Berita-BTN/40-TAHUN-BANK-BTN-SALURKAN-KPR-UNTUK-3,77-JUTA-RUM

http://finansial.bisnis.com/read/20170123/90/622009/penyaluran-kredit-btn-lewati-target

https://www.tempo.co/inforial/read/news/2016/12/29/140831165/mou-bpjs-ketenagakerjaan-dan-bank-btn-mudahkan-kpr

http://finansial.bisnis.com/read/20170116/90/619896/dukung-program-sejuta-rumah-btn-kembangkan-digital-banking

http://wartaekonomi.co.id/read/2016/12/16/124412/inilah-peraih-indonesia-best-banking-brand-award-2016.html

https://twitter.com/WartaEkonomi/status/823377672432533504

https://twitter.com/BankBTNcoid

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

11 komentar

  1. Bapak gue yang kerja di btn aja ga ngasih tau info ini. Kok kesel ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. takut lu langsung mesen KPR terus kawin lari kali, ri

      Hapus
  2. Huehue emak gue nasabah bank BTN. Udah dua kali KPR rumah pake BTN hue.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti terbukti ya, BTN memang terpercaya masalah pembiayaan rumah

      Hapus
  3. Balasan
    1. sikat bang, mumpung DP KPRnya bisa 1% aja

      Hapus
  4. wah ada pilihan syariah juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, baik pengajuan dan simulasinya ada opsi syariahnya

      Hapus
  5. berarti bisa dong setelah lulus dan jadi arsitek, nge-list di bagian komunitas BTN itu?

    BalasHapus
  6. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger