Mengungkap Kecurangan Mesin Capit Boneka (Claw Machine)

2/14/2016



Pernah mainan mesin ambil boneka atau claw machine? Siapapun yang pernah mainin, pasti pernah ngerasain pahit getirnya gagal ngambil boneka di claw machine. Niatnya mau sok dapetin boneka buat pacar buat dia simpen sebagai kenang-kenangan kencan kalian kayak di film-film, eh apa daya, sampe kartu timezone patah pun gak bawa pulang satu boneka juga. Dan kita mulai nyalahin mesinnya, bilang bahwa ini gak mungkin ada yang bisa dapetin, mesinnya curang , ada tuyul yang jatohin bonekanya! Well, kamu gak sepenuhnya salah sih… kecuali tentang tuyul, gak ada tuyul di mesinnya… gue rasa.

Gue juga jelasin ini di vlog gue, mendingan langsung nonton aja karena ada cuplikan gue nyobain sendiri main claw machine-nya berkali-kali kali kali kali kali



Seorang penulis di website vox.com, Phil Eddwards menyelidiki hal ini, dia baca-baca beberapa buku manual dari merk claw machine terkenal, salah satunya buku manual dari Black Tie Toys. Pada buku manual itu, salah satu babnya membahas tentang kekuatan cengkraman dari si cakar atau claw di mesin itu. Ternyata kekuatan cengkramannya bisa diatur sedemikian rupa, sehingga hanya pada saat-saat tertentu saja cakarnya berkekuatan penuh. Tinggal input berapa harga sekali mainnya—misalnya harga koin atau harga sekali gesek kartu—,berapa harga boneka hadiahnya, dan berapa keuntungan yang ingin didapat, maka si mesin akan mengkalkukasi sendiri kapan akan mengeluarkan kekuatan penuh.



Misalnya, harga untuk sekali mainnya Rp. 3000, lalu harga bonekanya sekitar Rp. 30.000, dan kita menginginkan keuntungan 50%, maka mesin akan mengeluarkan kekuatan penuhnya setiap 15 kali. Jadi baru setiap 15 kali, mesin ngeluarin kekuatan penuhnya, dan selain itu, cakarnya letoy dan kemungkinan besar gak akan bisa dapetin bonekanya. Bahkan mesinnya juga bisa diprogram untuk mengacak (randomize) kapan di antara 15 kali itu dia jadi kuat, jadi kita gak bisa prediksi walaupun kita tahu kemungkinannya.

Terus mungkin kamu inget pernah hampir dapet, bonekanya udah keangkat, lalu tiba-tiba, blesssshh.. jatoh lagi, dan itu nyesekkin banget! Ternyata itu juga ada settingannya! Disebut “drop skill”. Mesinnya bisa diprogram buat bikin bonekanya keangkat dan bikin kita senang untuk tiba-tiba didrop, dijatohin. Basically, mesinnya diprogram untuk PHP. 



Gue pun penasaran dan pengen nyoba langsung, siapa tahu kalau gue main terus berkali-kali, bakal dapet waktu cakarnya jadi kuat dan akhirnya bisa ngambil bonekanya. Gue main sekitar 25 kali, walaupun waktu itu gak ngitung-ngitung  harga sekali gesek dan harga bonekanya. Dan hasilnya: nol. Gue gak menang sekalipun. Entah karena 25 kali kurang banyak dan belum dapet saat cakarnya jadi kuat, atau di antara 25 kali itu gue udah dapet saat cakarnya jadi kuat tapi guenya aja yang gak jago jadinya gagal.



Itu waktu hari-hari terakhir gue di Malang dan akhirnya gue pulang ke Tangerang untuk liburan sebelum sempet bikin artikel dan video ini di Malang. Di Tangerang, ketika gue mau nulis, gue nemu channel youtube Matt3756. Channel itu punyanya seorang penggemar claw machine dan arcade game bernama Matt dan di sana Matt banyak ngupload video-video dia main claw machine. Dia juga bahkan beli sendiri satu claw machine di rumahnya buat dia pelajari dan dia otak-atik, dia juga berbagi tips di channel youtubenya bagaimana teknik agar menang di claw machine. Dalam salah satu videonya, Matt juga menanggapi artikel dari vox.com tadi yang bilang kalau claw machine curang. Di videonya, Matt menjelaskan bahwa gak semua claw machine curang. Berdasarkan pengalaman dan hasil utak-atik claw machine punya dia, emang sih ada yang diprogram untuk nyetting kekuatan cakarnya seperti yang tadi udah kita bahas, tapi ada juga yang nggak alias murni berdasarkan skill. dan biasanya yang nggak ini adalah mesin-mesin claw machine yang keluaran lama, dan ini masih banyak. Dia juga membuktikannya dengan video-videonya yang dia sering banget dapet boneka, bahkan di salah satu videonya dia menang 7 kali berturut-turut!



Setelah liat video Matt, gue jadi inget dulu gue pernah sekali dapet boneka dari claw machine. Jadi ceritanya gue dan keluarga baru pulang dari mall, dan di basement waktu kita mau ke parkiran, ada claw machine dan gue yang waktu itu masih SD, pengen main. Akhirnya gue beli coin dan nyoba main, dan dapet! sekali nyoba! boneka spongebob. Mungkinkah itu mesin yang masih berdasarkan skill yang Matt bilang? Atau bentuk spongebob emang gampang banget buat diambil? Yang jelas, gue punya sejarah sama claw machine dan gue pengen nyoba lagi sebelum bikin video dan artikel ini, makanya rada tertunda deh.

Fokus gue kali ini bukan main sebanyak-banyaknya sampe dapet cengkraman yang kuat, tapi nyoba-nyobain berbagai mesin dengan harapan ada mesin yang belum terprogram untuk nyetting kekuatan cengkraman. Setelah mempelajari tips-tips yang dikasih Matt dan youtuber lainnya, gue dan temen-temen gue mantap untuk mencobanya. Masalahnya adalah, gue gak tahu ciri-ciri mana mesin yang lama mana mesin yang baru. Tapi kita main juga. Dan setelah berkali-kali nyoba, ngabisin banyak uang, di berbagai jenis mesin, akhirnya…. gak dapet juga sama sekali dan pulang dengan tangan hampa.


Kesimpulannya, ada mesin yang diprogram untuk nyetting kekuatan cengkramannya, ada juga mesin yang nggak dan murni berdasarkan skill. Namun kita gak tahu yang mana, dan apakah claw machine yang ada di Indonesia notabene sama merknya dengan yang di Amerika yang dibahas di vox atau yang dimainin Matt. Kalau kamu penasaran juga dan pengen nyoba, silahkan, cuma gue kasih gambaran: selama percobaan-percobaan kemaren gue udah ngabisin total Rp. 133.000, itu bisa dapet 3 sampe 4 boneka sejenis kalo beli di toko. Kita juga gak tahu berapa yang dihabiskan Matt buat main claw machine sampe dia jadi jago kayak sekarang. Cuma kalau nanya gue apakah gue mau main claw machine lagi apa nggak… hmm.. kayaknya nggak deh. Tapi masih penasaran banget.



ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

12 komentar

  1. terima kasih infonya,bermanfaat banget

    BalasHapus
  2. Buset, ini mah iseng2 pembawa kebuntungan.

    BalasHapus
  3. Niat banget ya mas nyobainnya. Haha
    Sejak tau kalo mesin itu diprogram, ak ga mau coba2 lagi...
    Sayang koinya. Xixi

    BalasHapus
  4. Wah, permainan yang sangat matre..

    Demi keuntungan kayaknya emang sengaja diprogram, jadi merasa dibodohi -_#

    Sakit ya perjuangan yang gak ada hasilnya, *halah ini apa apaan

    BalasHapus
  5. Jangan-jangan informasi tentang lemahnya cengkeraman itu juga dibuat biar orang penasaran dan sampe ngabisin 133rb buat penasaran

    BalasHapus
  6. Coba waktu itu mainin claw machine yg letaknya di samping gokana itu, ram. Banyak banget yg dapet boneka di situ. Walaupun bonekanya lebih kecil2 sih.

    BalasHapus
  7. entah mengapa kalo masukan 1 koin sendiri dan 1 koin dr orang lain selalu dapat, kalo 22nya koin sendiri gak pernah dapat

    BalasHapus
  8. Gw udah dapetin 7 boneka dari claw machine, 1 gede, 3 sedeng, 3kecil, 1 yg mini. emang butuh skill Dan juga feeling buat tahu kapan capit itu menguat, soalnya makin mendekati jatah dapet biasanya makin menguat capitannya, pas momennya jangan sampe salah sasaran, harus tepat dutengah boneka, kalo bisa yg pisusu telungkup ato terlentang.

    BalasHapus
  9. Gw udah dapetin 7 boneka dari claw machine, 1 gede, 3 sedeng, 3kecil, 1 yg mini. emang butuh skill Dan juga feeling buat tahu kapan capit itu menguat, soalnya makin mendekati jatah dapet biasanya makin menguat capitannya, pas momennya jangan sampe salah sasaran, harus tepat dutengah boneka, kalo bisa yg pisusu telungkup ato terlentang.

    BalasHapus
  10. Hi salam kenal semuanya, Pasti yang baca ini yg "Jadi Mesin" semua kaya d sponsbob... Hehehee gw penggemar berat permainan ini, ada banyak tempat bermain di indonesia yg menyediakan salahsatunya Clow machine ini yang selalu bikin kita penasaran. Gw gak tau deh berapa banyak Duit habis cuma buat main game ini, jadi selalu pengen maen dan ketagihan, g mana ya cara biar gak lagi lagi maen hehehee hitung hitung mending uangnya d tabung, tapi gak bisa tiap kali ke mall pasti mampir d tempat itu... Tapi pengalaman aku selama main Clow machine aq selalu dapat banyak boneka kok, dari yang kecil sampe yang gede banget yang gw sendiri gak nyangka bisa dapetin itu boneka...!!! Kadang gw Apload d path juga add path gw ya teman2 pencinta clow machine siapa tau kita bisa maen bareng "Taupik Akbar" or email gw taupikakbar89@gmail.com d stu ada beberapa foto jg yg gw apload pas lg maen dapat boneka gede senangnya luar biasa banget... tiap malam aq juga nonton yutube nya clow machine selain koin habis Kuota juga habis oh nooooooo... Yang Paling aq suka vidio dari Angel and Cristal ... Salam buat teman2 pencinta clow machine...!!!

    BalasHapus
  11. Hmmm.. curang iya tapi kejelian juga dibutuhkan sih. Saran sih berhitung aja misal harga boneka target 30.000 satuannya ya kita harus bisa dapetin max harga itu atau dibawahnya klo ga dpt sih cuss aja jangan dipaksain.

    So far 2 bulan main claw machine udah dpt sekitar 100an boneka. Mostly di fun world yg banyak pake mesin lama sama timezone. Di timezone better boneka yg kecil aja yg besar aga untung2an so far yang besar baru dpt 3 boneka.

    Perhatiin polanya aja sih sama posisi boneka. Yang mau maen bareng boleh kok sekalian cari komunitas yang seneng maen claw machine.

    BalasHapus
  12. Bulan ini saya dapat boneka 2 gedek di time zone pekanbaru pas cuti. . . Emang ada trik dan cengramannya di program. . . Ya. Di coba lagi ambil dari punggung boneka .

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger