STAR WARS atau STAR TREK?

12/30/2015

 

Euforia Star Wars menyelimuti dimana-mana menyambut film Star Wars: The Force Awakens yang keluar akhir tahun ini. Gue pun salah satu yang gak luput dari rasa antusias menyambut film ini dan ikut nontonnya waktu premiere, silahkan baca review gue tentang The Force Awakens di sini. Namun selain menghadirkan euforia bagi para fans Star Wars dan para geeks, keluarnya The Force Awakens juga membawa kembali ke permukaan perdebatan yang mungkin umurnya lebih tua dari umur gue:

Mana yang lebih baik, Star Wars atau Star Trek?

 Kalo males baca, ada versi vlog nya nih lebih seru, tinggal tonton aja. Jangan lupa subscribe channel gue dengan klik di sini ya biar kalau ada video baru kamu bisa langsung tau. 




Ya, perang antara kedua fanbase ini telah berlangsung selama berdekade-dekade lamanya, memperdebatkan mana yang lebih baik antara Star Wars dan Star Trek, franchise fiksi ilmiah yang paling populer. Apalagi tahun depan giliran Star Trek mendapat jatah film baru.

Setiap orang seperti wajib memilih salah satu antara Star Wars atau Star Trek, bahkan Neil deGrasse Tyson pun gak luput dari pertanyaan ini dimana dalam acaranya Star Talk Nation Geographic di youtube, ada yang bertanya apakah dia lebih memilih Millenium Falcon dari Star Wars atau Starship Enterprise dari Star Trek, jawabannya bisa langsung kamu liat sendiri di videonya berikut ini.


Namun gue bertanya, kenapa gakdua-duanya? Gue termasuk yang suka dua-duanya, Star Wars dan Star Trek, karena bagi gue, dua-duanya seru dan dua-duanya asik, cerita Star Wars yang memakai formula mitos, dan suasana explorasi luar angkasanya Star Trek, masing-masing punya keseruannya sendiri dan keunggulannya masing-masing. Makanya ketika gue ditanya “Star Wars atau Star Trek?”, gue akan bingung jawabnya dan gue jawab aja dua-duanya. Gue rada gak paham anggapan dimana ketika kita suka sama satu hal, otomatis kita gak suka sama yang lainnya. Apalagi kalau dalam konteks film kesukaan kayak gini, yang sangat mungkin seseorang suka sama dua-duanya, atau bahkan gak suka sama dua-duanya, kan gak ada yang larang. Gak harus ketika gue suka Star Wars maka gue gaks uka Star Trek atau sebaliknya.

Kalau dipikir-pikir, gak cuma masalah Star Wars atau Star Trek, tapi sering banget kita dituntut untuk memilih salah satu pilihan. Marvel atau DC? Kucing atau anjing? Bubur diaduk atau bubur gak diaduk? Yang mana gue jawab: gue suka Batman dan Spider-Man, gue suka kucing dan anjing, dan gue akan ngaduk bubur kalau gue rasa gue mau ngaduk bubur sebelum makan dan gue gak akan aduk bubur sebelum makan kalau gue rasa gue gamau ngaduk bubur sebelum makan, jadi dua-duanya!

komikstrip oleh chickenstrip.wordpress.com

Ya, gue termasuk yang gak bisa memilih salah satu, apalagi kalau emang suka sama dua-duanya. Dan ini bukan cuma saat dihadapkan pada dua pilihan, tapi bahkan untuk pertanyaan kayak “genre musik apa yang paling disuka?” gue juga bingung jawabnya, mungkin bisa dibilang gue suka semua genre musik, dari heavy metal sampai soundtrack film Disney, kalau lagunya enak bagi gue, ya gue suka. Selera musik gue gak berpatok sama satu genre tertentu. Gak cuma tentang genre musik, tapi dalam hampir segala hal, terutama yang bersifat hiburan, gue gak terpatok sama satu genre. Gue selalu terbuka dengan segala jenis hiburan dari genre lain, dan kalau gue menikmatinya, yaudah gue suka. Gak perlu terdefinisi sebagai suatu kelompok atau golongan penyuka A atau penyuka B.

Jadi, ya gue suka Star Wars dan gue suka Star Trek. Gue suka tidak masuk dalam golongan manapun. Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga merasakan hal yang sama? Atau malah beda? Silahkan berikan pendapatmu di kolom komentar di bawah. Akhir kata...

live long and prosper, may the force be with you!

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya sih lebih memilih star wars, karena star wars sudah saya kenal semenjak saya bermain game playstation 2 :D hehe

    Jokowarino.ID Komunitas Blogger Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya dulu main game star wars di PS1, seru juga sih :D

      sekarang game paling barunya di PS4, Star Wars BattleFront juga keren banget

      Hapus
  2. Hahaha, pendukung ktt non blok, bro? Atau, pendukung gerakan poligami? Kayaknya susah untuk memilih satu dari dua pilihan. wkwkwk

    Salam kenal, bro.
    http://penjajakata.com/

    BalasHapus
  3. Ane lebih suka Star Wars meski bokap ane seorang Trekkie (fanboy Star Trek) wwww

    BalasHapus
  4. Gue lebih suka Star Trek daripada Star Wars sih. Mungkin karena gue nggak ngikutin triloginya yang nyainging Tersanjung. Gue lebih duluan nonton Star Trek dan langsung suka sama film itu. Grafisnya juga lebih bagus kalo menurut gue.

    BalasHapus
  5. kayaknya star wars lebih keren.. dan emang karena udah legend juga sih. film-film luar angkasa kayak star wars, star trek, prometheus gitu emaang unsur suspense ny amantep biasanya.. guardian of galaxy juga oke.

    BalasHapus
  6. Star wars lah, soalnya kita punya old republic era, canon sama legends

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger