Ini Yang Terjadi Kalau Lupa Perpanjang Domain Blog

11/03/2015



Jadi, mulai tanggal 23 Oktober 2015, blog gue resmi pindah alamat dari www.sayabukanalien.com menjadi www.ramydhia.com . Ini adalah perpindahan alamat ketiga blog gue ini, waktu pertama dibikin pada November 2010, blog ini beralamatkan  www.blankways.blogspot.com , lalu pada 30 Desember 2010, berganti menjadi www.sayabukanalien.blogspot.com, disertai maskot alien dan personal branding gue sebagai alien yang turun ke bumi. Kemudian pada 28 Mei 2011, blog gue mulai menggunakan custom domain di www.sayabukanalien.com, gue juga menulis tutorial tentang langkah-langkah mensetting custom domain untuk blogspot.

Sampai pada akhirnya, setelah 5 tahun menggunakan nama sayabukanalien, blog ini berganti alamat lagi menjadi ramydhia.com. Namun, alasannya sangat tidak keren dan menyedihkan: karena gue lupa perpanjang domainnya. Ini bener-bener kesalahan yang bodoh dari gue dan gue sangat sangat menyesalinya. Kesalahan emang dari awal sih, waktu dulu daftar domain itu, gak pake email utama, jadi jarang ke-cek kalau ada notifikasi dari penyedia domain. Pernah juga dulu lupa bayar sampe offline, tapi untung segera sadar dan langsung diurus, jadi masih selamat, walaupun Page Rank berkurang dan harus kerja keras lagi buat ningkatinnya. Nah, yang kemaren ini bener-bener deh, karena gue juga jarang buka blog gue sendiri (jangan ditiru ya bagi para blogger budiman) karena kesibukan kuliah dan origanisasi, ditambah notifikasi dari penyedia domain gak masuk ke email utama jadinya gue gak tau (lupa juga sama email kedua itu), maka pada saat domain gue udah mau abis masa berlakunya, gue gak sadar dan pemberitahuannya gak gue baca. Udah lama, baru gue sadar setelah buka blog gue dan ternyata udah offline, langsung aja gue cek dan bener aja, domain blog gue udah abis masa berlakunya, dan lagi masa tenggang. Gue email pengelolanya gimana kalau mau urus buat perpanjang. Katanya, karena udah masa tenggang, bisa tetap perpanjang, tapi selain bayar biaya perpanjang, juga dikenakan biaya recovery atau apa gitu sebesar 1,5 juta rupiah. Nah kalau gak mau bayar segitu, silahkan tunggu sampai masa tenggang habis dan domainnya available lagi lalu dibeli lagi. Mendapat penjelasan yang kayak gitu, gue langsung yang kayak "yaudah lah nunggu nanti available aja daripada bayar sejuta setengah". Akhirnya gue diemin nunggu masa tenggangnya abis.

Ternyata, begitu masa tenggangnya abis, pas mau gue beli lagi domainnya, domainnya udah gak available dan udah dibeli sama orang. Loh kok udah dibeli aja? siapa yang beli coba? pas dicek, ternyata domain gue ditake buat dijual lagi oleh dropfall.com , dan isinya juga gitu, cek aja.

data pemilik domain

tampilan domain sayabukanalien sekarang :(


Menyadari kalau domain gue udah diambil orang dan gue gak bisa memilikinya lagi, gue pun langsung patah hati dan galau berat. Ngerasa kayak nelantarin anak terus anaknya diambil orang, bener-bener ngerasa bersalah, merasa bodoh, dan menyesal banget. Sekarang kalau mau beli domain itu lagi, listing price yang ditawarkan 895 USD, mahal banget huhuhu.


Setelah gue googling, kok bisa ya kayak gini jadinya, ternyata gue menemukan prosedur dari sebuah pengelola domain ke domain-domain yang kadaluarsa, kira-kira begini:

  • Waktu domainnya udah mau abis, ngasih pemberitahuan buat perpanjang
  • Waktu domainnya udah abis, dikasih pemberitahuan lagi, dan dikasih tenggat waktu terakhir bayar.
  • Kalau udah abis tenggat waktu, masuk masa tenggang. Di masa tenggang ini kalau mau diterusin, harus bayar sejumlah biaya (dalam kasus gue, harus bayar sejuta setengah).
  • Kalau masa tenggang udah abis, domain yang kadaluarsa itu ditawarkan pada lelang domain kadaluarsa.
  • Kalau laku atau dibeli orang, yaudah deh goodbye. Kalau gak laku atau gak ada yang beli, maka masuk bursa domain untuk umum lagi dan available lagi untuk dibeli.

Kira-kira begitulah alur pengelolaan domain yang udah kadaluarsa di penyedia domain, jadi dalam kasus gue, domain gue pas dilelang ternyata laku dan dibeli orang untuk dijual lagi, mungkin faktor umur dan statistik yang udah lumayan. Dari sini gue baru tau ternyata ada pasar lelang domain kadaluarsa di luar sana yang selama ini gue gak tau. Dan sekali lagi gue merasa menyesal karena gak tau alur ini dari awal dan malah teledor membiarkan domain gue abis masa berlakunya.

Seriusan deh, kehilangan domain ini bener-bener bikin gue sedih, pasalnya domain itu udah gue pake dari lama, dan nama sayabukanalien memiliki sejarah yang berarti bagi gue, yang mengandung kenangan gue bersama temen-temen SMA. Sayabukanalien udah sering diasosiasiin sama gue, alien udah jadi panggilan, dan ah, domain itu bener-bener udah ngelekat banget bagi gue. Selain masalah personal tadi, yang bikin nyesek lainnya adalah, ganti domain hampir sama kayak bikin blog dari awal, statistik bakal anjlok karena domain baru berarti nama baru, jadi harus kenalan lagi sama google, dan harus berjibaku lagi memperebutkan halaman terdepan pencarian mesin pencari itu.

Dengan pengalaman kesalahan bodoh yang amat gue sesali ini, saran gue buat para blogger yang pake custom domain:

  • Jangan lupa perpanjang domain, kalau ada duit, langsung perpanjang beberapa tahun ke depan aja.
  • Yang mau beli domain, pelajari dulu ketentuan-ketentuannya, termasuk nasib domainmu kalau lupa bayar gimana, berapa masa tenggat yang diberikan, dsb.
  • Namun kesalahan gue yang paling fatal adalah melupakan blog gue sampe jarang dibuka sama sekali. Jangan sampe kayak gini, selalu tengok blogmu, jangan ditelantarin, nanti dilaporin ke Komnas Perlindungan Blog!

Semoga curhat saya yang memalukan ini bermanfaat sehingga tidak terjadi keteledoran yang sama dari teman-teman blogger semua. Atau malah ada yang punya pengalaman lupa perpanjang domain juga? Silahkan berbagi pengalamanmu di kolom komentar ya!

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

26 komentar

  1. masygul banget :'(
    kalo email pemberitahuan ga masuk, coba jangan bergantung pada email aja, buat jadwal semacam pengingat tahunan seperti ultah pada google calendar di android atau app todolist lain, jadi sebulan sebelum abis bisa dapat notif tiap tahunnya.
    juga kalo bisa jangan bayar pertahun, kalo bisa bayar untuk 2tahun langsung atau lebih. pengalaman nih dari dulu harga domain terus naik ngikut dollar dan ga tanggung-tanggung kali ini 2x lipat dibanding 3tahun lalu harganya... jadi lebih hemat kalo lagi banyak duit bayar beberapa tahun sekalian aja (untuk web/blog yang diseriusin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, harusnya emang bikin pengingat lain selain email pemberitahuan huhu..
      bener juga, awal beli cuma 85ribu, sekarang udah 110ribu

      Hapus
  2. Nice info, Ramy! Jadi ngeri sendiri >,<

    BalasHapus
  3. Temen saya ada juga yg mengalami nasib yang sama persis

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata ada yang bernasib sama juga ya :'(

      Hapus
  4. bisa sampe lupa gitu ya wkwkwkkw

    BalasHapus
  5. Dua bulan lagi domain aku habis nih Ram, semoga nggak kelupaan kayak kamu ya, Sayang banget sih personal brandingmu ilang, jadi nama domainnya bukan alien lagi deh, tapi untungnya header sama photo profilmu masih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya rul jangan sampe lupa deh yak

      Hapus
  6. Bisa gitu ya, serem juga diambil sama orang laen buat dijual lagi

    BalasHapus
  7. Woh gitu, baru tau. kemaren ini domaingue sempet dapet peringatan mau abis juga, H-2 domain kadaluarsa baru gue perpanjang jadi masih selamat deh. Ngeri juga ye ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah untung deh, jangan sampe telat aja

      Hapus
  8. Wah ngeri juga ya kalau udah lupa perpanjang domain. Kalau ada $ cukup, langsung perpanjang jauh hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mendingan langsung perpanjang beberapa tahun ke depan

      Hapus
  9. tapi kadang ada webhost yg ngasih waktu beberapa hari setelah masa aktif domain, untuk memperpanjangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini gue udah lewat dari waktu itu juga hahaha :(

      Hapus
  10. Sayang bgt ya. Pasti sedih deh kayak kehilangan identitas :( thanks juga remindernya. Jd kalo mau beli domain mending bayar untuk 3 th ke depan sekalian ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dah mending sekalian aja :')

      Hapus
  11. Nice info, Ramy! Jadi ngeri sendiri >,<

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger