Cara Mengatasi Error "Your Connection Is Not Private NET::ER_CERT_DATE_INVALID" Google Chrome

3/25/2015


Beberapa waktu lalu, laptop gue rusak dan harus diservis dalam waktu yang cukup lama. Setelah kembali ke pangkuan, gue pun langsung ingin melepas rindu dengan dia dan berselancar kembali di internet. Tapi ada yang aneh, saat buka browser dan mencoba akses google, gue gak bisa. Gak cuma web google, tapi semua layanan google seperti gmail, blogger, dan youtube pun gak bisa dibuka. Ada pesan error dengan gambar gembok merah dan tulisan "Your Connection Is Not Private" yang tidak gue mengerti pada halamannya. Di bawahnya ada error code NET::ER_CERT_DATE_INVALID.

tanya kenapa?

Tapi buka web lainnya seperti facebook dan twitter lancar jaya aja, cuma google dan anak-anaknya yang gak bisa diakses. Ternyata ini terjadi di semua browser, gak cuma di google chrome, tapi juga di Mozilla Firefox dan Internet Explorer, walau di Mozilla bisa dikasih pilihan untuk masukin web itu ke exception list yang akan mengabaikan pesan error itu dan akhirnya tetap bisa diakses. Tapi tetep aja repot karena setiap ke url yang gak bisa harus ngasih exception dulu.

Cari-cari solusinya di internet, eh ternyata sangat sederhana dan akhirnya semuanya kembali normal. Jadi, ternyata karena tanggal di komputer kita gak sesuai. Pas gue cek tanggal di pojok kanan bawah layar, eh iya tanggalnya ketinggalan beberapa hari. Dan yang harus dilakukan adalah tinggal benerin tanggalnya. Lalu tutup dan buka lagi browser dan coba akses google, taraa! sudah bisa diakses kembali seperti semula.

Nih biar jelas kasih step by step dah ya :

klik jam di pojok kanan bawah

akan muncul jendela ini, klik Change date and time

pilih tanggal yang sesuai dengan saat ini.

tutup dan buka lagi browser lalu akses google. Taraaa sudah bisa diakses!

Kenapa error ini bisa terjadi? Karena tanggal yang kelambatan atau kecepetan, saat kita coba akses website, Google Chrome akan coba cek certificate dari web tersebut apakah up-to-date atau tidak. Nah saat tanggal kita gak sesuai, maka terjadilah SSL error, Google Chrome nya bingung menentukan website itu aman apa nggak dan akhirnya berkesimpulan kalo website itu gak aman dan gak bolehin kita akses. Kurang lebih gitu deh (CMIIW).

Kadang kalau tanggal kita salah, pesan error yang muncul juga bisa "Your clock is behind" atau "Your clock is ahead". Kalo yang mucul itu sih jelas ya.

Untuk penjelasan lengkapnya tentang error ini, sila baca di support google nya langsung di sini.

Jadi begitulah Cara Mengatasi Error "Your Connection Is Not Private NET::ER_CERT_DATE_INVALID" Di Google Chrome, semoga bisa membantu teman-teman yang menemukan masalah yang sama.

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

6 komentar

  1. Thanks tutornya mas :') Ini di warnet sebelah sering banget kayak gini ~_~

    BalasHapus
  2. Makasih gan Handphone temen saya bisa browsingan lagi :D

    BalasHapus
  3. gimana klo jam dan tgl udah benar tp tetap aja ga bisa?gara2 instal antivirus kaspersky 2016 google jd ga bisa dibuka

    BalasHapus
  4. Kalo saya masalah nya seperti ini "NET::ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID"
    saya harus Kelakuan apa ya?

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah memberikan solusi untuk mengatasi masalah ini.

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger