Untungnya Punya Banyak Teman Facebook (Yang Alay Sekalipun)

2/10/2015


Inget zaman awal-awal bikin facebook dan ada masa dimana kita banyak-banyakan punya temen di facebook sama temen-temen dan dipamerin? “gue dong temennya udah lima ratus”, “gue dong udah seribuuu”, “gue dong udah dua ribuuu”, “gue dong udah sejutaaa”, “gue semilyaaar”, “gue tak terhingga”. Gue pernah ngalamin. Pada saat itu, jumlah teman seakan menjadi pertaruhan harga diri dan kita pun giat berlomba-lomba untuk menambahnya, walaupun dengan cara ngeadd orang-orang yang kita gak kenal, entah dia anak sekolah lain, tukang jamu keliling RW sebelah, atau OP warnet langganan, kita gak peduli.

Awalnya emang enak sih, temen keliatan banyak, news feed jadi rame, suka dichat tiba-tiba “lagi apa?”, “ol dimana?”, “like statusku dong”, dan yang terpenting, bisa maen game facebook dengan banyak kemungkinan bonus karena banyak temen, tapi seiring bertambahnya usia dan bulu dada, kok malu juga ya. Ketika melihat banyak status-status alay dan labil berkeliaran di news feed dengan nama samaran yang lebih nyentrik dari rapper manapun, yang kita gak kenal itu siapa. Maka beberapa orang banyak yang memilih mulai me-remove teman-teman facebook yang namanya gak jelas, yang gak dikenal, atau yang anonim, mencoba mengubur sisa-sisa peninggalam zaman jahiliyah mereka, termasuk gue. Gue juga kalo nemu yang namanya masih susah dieja untuk standar kurikulum TK Indonesia manapun, langsung gue remove kok.

Namun belakang ini mikir lagi, kayaknya punya banyak temen di facebook itu banyak manfaatnya juga, walaupun itu orang tak dikenal, atau alay sekalipun. Ya, kalau dulu gue cuma sadar manfaatnya buat main game facebook jadi banyak yang bisa diinvite dan dapet bonus, sekarang mulai kepikiran yang lain lagi. Misalnya, kalo yang suka narsis dan diakui sebagai orang yang oh-so-populer, banyak temen punya kemungkinan lebih besar buat dapet 'like' yang banyak, atau buat blogger, punya temen banyak juga punya kemungkinan kalo share link blog di facebook bisa dibaca lebih banyak orang. Dan ternyata punya banyak temen masih punya manfaat lainnya. Gak percaya? Nih, kemaren gue liat di kaskus, ada challenge yang mengandalkan koneksi pertemanan juga. Tapi bukan pabanyak-banyak like atau apa, ini lebih mudah lagi, yakni cuma invite teman buat connect facebooknya atau like fanpage. Namanya BCAFriends, website invitasi challenge yang menantang pengguna facebook mengundang teman-temannya untuk terkoneksi. Semakin banyak temen yang terkoneksi, makin besar peluang untuk menang. Hadiahnya juga gak tanggung-tanggung, ada grand prize liburan ke Bali, Singapura, dan Hongkong. Belum lagi ada hadiah mingguan yakni jutaan rupiah voucher Blibli. Yaudah deh gue nyoba-nyoba ikut, lagian cuma invite temen doang heuheu.

Caranya tinggal ke bcafriends.com , nanti bakal diminta like fanpage BCA, terus udah deh kita masuk ke aplikasinya. Kalo udah masuk aplikasinya, tampilannya gini nih.


like fanpage nya dulu gan


Di sini kita bisa liat, mana aja temen kita yang udah like fanpage BCA, dan bisa langsung invite juga temen yang belum like dengan cara klik logo orang biru di tengah itu.

klik kotak biru yang dibawah itu buat invite

invite deh!

Jadi, punya banyak temen walau ada yang gak dikenal ternyata ada manfaatnya juga. Bahkan banyak temen-temen gue yang awalnya asal add orang dari luar negeri dan akhirnya jadi teman akrab di facebook. Tapi kalo untuk gue sendiri sih, gue lebih memilih tetep meremove yang kira-kira statusnya gak bikin gue tertarik (yang alay yang seakan kehidupannya paling menyedihkan dsb), dan tertarik juga berteman di facebook sama yang gak kenal, asal punya kesamaan, misalnya, hobinya sama, atau suka share hal-hal yang bermanfaat seperti pemikiran, analisa, dan tips-tips berguna.

Buat nemuin orang kayak gitu, gue biasanya masuk-masuk ke grup, misalnya grup penggemar salah satu TV Series yang gue suka, lalu di grup ini liat yang mana kira-kira orang yang menarik, lalu diadd. Nantinya di news feed juga gak akan “nyampah” karena topik yang dibahas adalah topik yang kita sama-sama suka. Ada yang suka pake cara kayak begitu juga kah? Ngomong-ngomong pertemanan di media sosial, udah baca postingan gue tentang lagu Placebo – Too Many Friends yang menyoroti hal yang sama?

Pilihan untuk berteman di media sosial emang tergantung masing-masing, tapi kalo bisa sih pertemanan yang kita jalin itu bermanfaat, ya minimal buat refreshing lah, jangan sampe malah bikin stres dan gedek sendiri setiap buka media sosial kita. Yang tadinya mau refreshing, malah jadi bad mood gak karu-karuan. Heuheuheu.

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

16 komentar

  1. pas di FB ada game, gw suka ngeadd orang2 yang gw enggak kenal. Berharap dapet keuntungan bonus dari mereka tapi efek sampingnya, TL gw udah kayak supermarket. Apaan aja ada, pusing sendiri akhirnya dan gw males cek TL di FB

    BalasHapus
    Balasan
    1. efek sampingnya parah juga ya heu

      Hapus
  2. Kalo gue sih sisa-sisa peninggalan jaman jahiliyah udah terkubur bersama fb yang lama ram, kalo skrg remove orang paling yg udah kelewatan aja, kayak yg misalnya kena spam gadis mabuk, over promo iklan, games, dll x))

    Kalo nama susah di eja, selama masih bisa komunikasi dengan baek mah gua biarin, kadang itu krn mereka udah kena limit gabisa ganti nama wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kasian ya yang udah kena limit gak bisa ganti nama lagi. beruntunglah yang udah ganti nama karna "sadar" lebih cepat XD

      Hapus
  3. kayaknya semua orang pernah ngerasain rame nya pa-banyak-banyakan temen di facebook, termasuk gue hahaha. Mau akrab, mau enggak, rasanya asik aja ngerasa punya banyak temen. Tapi, lama lama semuanya kelihatan aslinya, banyak populasi yang berubah, banyak yang masih terjebak nama-nama ajaib. Macem-macem lah, ya.


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener! apalagi pas menjelang pemilu kemaren banyak yang keliatan aslinya juga tuh haha

      Hapus
  4. Dah sebulan lebih gak nguplik facebook. Malas.

    BalasHapus
  5. nah kalau saya sepakat itu tentang punya banyak teman facebook bisa dijadikan peluang untuk populeritas blog. jadi bukan karena kita yang ingin populernya tapi blognya hehe. keuntungan lain selain bisa share ke banyak teman ada nilai plus ketika mereka like page posting blog kita atau page fb yang dihubungkan ke blogger. nice share sobat salam kenal "BPI"

    BalasHapus
  6. memang banyak manfaat punya banyak temen fb.
    tapi, sayangnya temen2 saya udah gak main fb lagi..

    BalasHapus
  7. Facebook itu memang udah paling lengkap ya, buat sharing sama teman sekitar. Dan, saya juga punya beberapa temen deket yang asalnya cuma dari facebook! Bahkan temen SD yang ngga pernah sekelas dan deket, sekarang tiba-tiba deket karena ternyata interest kita sama. Lucu banget memang hahaha.
    *malah curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iyah.. kadang kalo kita kepikiran sama temen lama, tempat nyari yg pertama adalah facebook XD

      Hapus
  8. Dari dulu akun facebook aku tetap yah satu itu, dan memang banyak teman-teman gak jelas. Tapi memang ada efeknya seperti kalo share link blog jadi banyak yang klik. Tapi temenku dari dulu segitu mulu kagak nambah-nambah. Soalnya gak pernah add atau approve lagi sih beberapa tahun ini.

    Salam dari Dhimas KK, baru pertama kali mampir disini. Dari planet mana nih mas bukan alien? hehe

    BalasHapus
  9. hahaha iya yah punya banyak temen cuma buat main game XD

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger