Post Pilar, Rahasia Blog Tetap Ramai Pengunjung Walau Jarang Update

11/20/2014


Seperti yang bisa dilihat, akhir-akhir ini blog gue rada berkurang produktivitasnya kalo dibandingin sama tahun 2012-an yang lagi on-fire nya banget ngeblog. Kuliah yang gue kira bakal lebih banyak waktu buat ngeblog, ternyata malah lebih sibuk, akibatnya gue pun gak bisa se-rutin dulu untuk nulis di blog ini. Tapi kalau mau buka-bukaan, sebenernya traffic blog gue gak jatoh walaupun jarang update, bahkan lama kelamaan malah naik. Emang sih alexa rank jadi gendut lagi dan Google Page Rank turun dari 3 ke 0 pada fase produktivitas terbawah gue itu, tapi kalo traffic pengunjung, tidak mengalami penurunan yang berarti, masih rame aja.

Kenapa bisa gitu? Padahal selama itu gak pernah ada postingan baru yang bisa dishare di media sosial, dan gue juga gak pernah share posting-posting lama. Blogwalking juga enggak, soalnya pada masa itu gue jarang banget buka internet. Terus gimana caranya blog gue tetep rame walaupun jarang update begitu? Sebenernya gue udah mempersiapkan itu semua dan di tulisan kali ini gue akan share rahasianya.



Rahasianya adalah dengan nulis yang namanya "Post Pilar". Apa itu Post Pilar? Post Pilar adalah--sesuai sebutannya--post yang berfungsi untuk "menopang" traffic blog sehingga tidak "runtuh". Biasanya tulisan  yang isinya "tidak kenal waktu", atau masih akan relevan jika dibaca satu tahun, dua tahun, atau satu caturwulan lagi. Tentu saja tulisan yang bernada berita terhangat, laporan event, atau curhatan sehari-hari tidak termasuk tulisan jenis ini, karena tulisan-tulisan tersebut bisa "basi" jika sudah lewat jauh dari tanggal kejadiannya. Post Pilar biasanya yang bernada tutorial, tips dan trik, list, atau apapun pokoknya yang masih relevan dalam waktu lama. Kenapa harus yang tidak lekang oleh waktu? Karena untuk menarik organic visitor dari mesin pencari! Ya, jumlah pengunjung dari mesin pencari biasanya yang paling banyak daripada sumber lalu lintas pengunjung yang lain seperti link yang tersebar di media sosial atau social bookmark. Jadi, untuk membuat traffic tetap ramai walau blognya udah jarang atau gak pernah update, maksimalkan sumber traffic dari mesin pencari. Caranya dengan membuat banyak Post Pilar agar blog kita tetap eksis di mesin pencari. Inti dari membuat Tulisan Pilar adalah membuat tulisan yang bukan hanya banyak dicari orang di search engine, tapi SELALU dicari orang melalui mesin pencari. Seperti yang udah disinggung sebelumnya, biasanya berbentuk tutorial atau tips.



"Tapi gue bukan ahli di bidang apapun, mana bisa bikin tutorial?" kata suara random dari kejauhan.

Gak masalah. Ada sumber yang lebih pengen ditemukan oleh seseorang yang lagi nyari tutorial daripada dari seorang ahli : dari orang yang pernah mengalami masalah yang sama! Misalnya, laptop kamu error waktu mau install suatu aplikasi, trus kamu cari tutorialnya di google dan akhirnya bisa mengatasi masalah itu, tapi kebanyakan tutorialnya bahasa Inggris. Kamu bisa tulis tutorial untuk menyelesaikan masalah error yang baru kamu alami tadi dalam bahasa Indonesia. Atau ada tutorial dalam bahasa Indonesia tapi kamu rasa kurang komunikatif, kamu bisa tulis tutorial yang lebih gampang dimengerti. Jadi orang-orang bisa "nyasar" ke blog kamu waktu nyari solusi akan masalah yang sama, pasti banyak kan tuh, gak cuma kamu yang nemuin masalah error seperti tadi? Dan walaupun kamu bukan seorang ahli komputer, tulisan kamu akan tetap berguna buat orang yang mengalami masalah yang sama, karena kamu pernah mengalaminya dan berhasil mengatasinya.

Atau metode lainnya, kamu browsing Yahoo! Answer di topik yang kamu rasa paling jago. Kalo gak jago apa-apa? Ah mana mungkin! Pasti ada deh sesuatu yang kamu kuasai, apapun itu. Misalnya di sekolah kamu suka dicurhatin temen dan dimintai saran tentang kisah cinta mereka. Yaudah masuk aja topik Cinta di Yahoo! Answer, pasti banyak yang curhat dan nyari solusi akan masalah mereka. Misal ada orang yang nanya di Yahoo! Answer : "Gimana ya menghadapi pacar yang ngefans berat sama boyband Afrika Selatan?", nah, kamu bayangin, kira-kira apakah cuma orang yang nulis pertanyaan di Yahoo! Answer itu aja yang mengalami masalah mengadapi pacar yang ngefans boyband Afrika Selatan? Pasti banyak juga yang memiliki masalah yang sama kayak dia dan nyari di google solusinya dan masuk ke halaman Yahoo! Answer itu (wong kita aja pasti sering nanya di google dan akhirnya menemukan jawabannya di halaman Yahoo! Answer karena ada orang yang menanyakan hal yang sama). Kamu tinggal tulis deh postingan dengan judul "Rahasia Menghadapi Pacar Yang Ngefans Abis Sama Boyband Afrika Selatan", otomatis orang-orang yang mengalami masalah yang sama, bisa nyasar ke blog kamu.

Masih berani bilang gak bisa nulis tips dan tutorial karena gak ahli apa-apa? Selain dua cara di atas, banyak lagi cara lain yang bisa dikembangkan sendiri.



"Tapi beneran nih dengan cara kayak gini blog bakal tetep rame walau jarang update?" kata suara random lagi di belakang.

Oke kalo gitu mari kita sedikit studi kasus dengan pengalaman pribadi gue. Tahun 2013 kemaren adalah tahun paling gak produktif dari blog ini, dimana gue cuma nulis 12 postingan dalam satu tahun. Itu karena tahun 2013 gue lagi serius-seriusnya belajar SBMPTN buat masuk Universitas dan melupakan kenikmatan-kenikmatan duniawi, termausk ngeblog (Baca : Jadi SBMPTN Tuh Gini). Tapi gue gak begitu saja menelantarkan blog gue berbulan-bulan, gue takut nanti blog gue jadi lumutan, banyak sarang laba-laba, atau lebih buruk, pengunjungnya menurun drastis. Tahu bahwa gue akan meninggalkan blog ini cukup lama, maka gue melakukan persiapan dengan bikin dulu Post Pilar, yakni postingan gue yang berjudul Cara Menghilangkan Tab Search Here dan My Search Results Di Google Chrome dan Mozilla Firefox. Tulisan tersebut adalah Post Pilar gue yang bertugas "menopang" traffic blog selama gue pergi. Jadi gue tidak perlu khawatir meninggalkan blog ini cukup lama. Dan ternyata benar saja, tulisan itu menarik cukup banyak pengunjung blog dan berhasil menjaga traffic blog tetap ramai walau gue jarang update, dan bahkan tulisan ini adalah salah satu tulisan yang paling banyak dikunjungi di blog gue sepanjang masa.
\

"Ah blog gue kan blog pribadi, yang isinya buat curhat atau bercerita, kalo bikin tutorial gitu kan jadi gak nyambung" masih kata suara random di belakang

Terserah sih kalau ada yang mikir gitu, gue cuma ngasih tahu kalo cara ini bisa aja buat siap-siap menstabilkan traffic kalo berencana gak akan aktif ngeblog dalam waktu yang lama kedepan. Kalo gak mau ya gapapa. Padahal kan bikin tutorial gak harus pake bahasa yang teknis banget, dan masih bisa dibawa dengan gaya bahasa tulisan-tulisan kita yang lain di blog.

Sekian share Rahasia Blog Tetap Ramai Pengunjung Walau Jarang Update dari gue, tips-tips di atas gue dapatkan dari temen-temen blogger dan mastah-mastah di beberapa kesempatan diskusi dan kumpul (Terimakasih Kang Rosid, Om Gempur, Om Kombor, serta teman-teman dan senior-senior blogger lain yang sering membagikan ilmu waktu kumpul-kumpul. Kangen banget nih buat kopdar lagi, gapapa ya rahasinya dishare di sini hihi).

Kalau kamu merasa postingan ini bermanfaat, silahkan dishare ke temen-temen lainnya yang masih suka galauin traffic blog. Dan kalau kamu merasa postingan ini tidak bermanfaat, silahkan share juga ke teman-teman dengan sarkas haha. Ada pertanyaan, pengen diskusi, atau punya cara lain biar blog t
etep rame walau jarang update? Langsung aja komen di bawah, bro!

(PS : kalo belum sadar, postingan ini juga termasuk Post Pilar, hihihi)

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

22 komentar

  1. Boleh juga nih di coba ketika tugas datang menghadang tiada henti :D

    Dulu pernah sih gak sengaja bikin tips cara buat flowercrown, eh sampe sekarang tips itu masih nangkring aja di post populer :D

    betewe, folbek dong qaqaaa :D

    BalasHapus
  2. Dan gue bingung kenapa pos pillar di blog gue itu artikel tentang Cleo pas cabut dari JKT48 sama postingan Naruto Movie 6 .____.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang cleo, mungkin jkt48 emang selalu dicari kali ya..
      naruto juga mungkin, salah satu post yang paling banyak dicari di blog gue juga tentang sountrack naruto :o

      Hapus
  3. Tapi bisa aja post pillar trap, judul apaan isi apaan.
    Bisa juga tentang curhat sih, misal abis curhat ttg jalan2 ke lokasi serem pasti orang2 yg mau jalan ke lokasi itu baca2 pengalaman di google dan hap! nyasar deh ke post curhatan itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh sekarang banyak yang tipu2 judul gitu.. jadi skeptis sekarang setiap liat judul membahana..

      bener, di blog ini juga post tentang Pantai Sawarna rame dicari orang yang mau ke Pantai Sawarna

      Hapus
  4. Iya bener. Aku suka bikin post yang sifatnya features, jadi sepanjang waktu bisa dikonsumsi. Gak lekang oleh waktu. Gak perlu kayak tutorial begitu, share dan ngasih tips yang berguna pasti juga bakal dicari banyak orang.

    BalasHapus
  5. betul, topik, tips atau apalah namamya yang akan selalu di cari. masalahnya saya tidak bisa menulis berputar-putar. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa harus nulis berputar-putar? .-.

      Hapus
  6. Jadi tau apa itu post pilar, blogku jarang banget ada ulasan tips n triknya... tapi bisa dicoba nih...

    BalasHapus
  7. Gue ada tuh, yang tanpa gue sadari ternyata juga jadi post pillar blog gue. Bukan tutorial, bukan tips. Tapi pure cerita personal, tentang ospek. Kayaknya yg nyasar ke blog gue itu korban ospek deh, atau yang nantinya bakal jadi korban :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha sama gue juga ada postingan yang gak sengaja jadi post pilar XD

      Hapus
  8. Hahaha sesuai sama blogger yang jarang update nih kaya gue, nyoba ah, boleh kali :p

    BalasHapus
  9. benar sekali, post pilar itu sangat penting buat blog untuk menopang post biasa...

    BalasHapus
  10. Kayaknya ikyee pernah ngalami dech, tapi gak paham kalo itu namanya POST PILAR :) betewe kok yang komen nih para maskulin ya :D... Peace in BLOGGING ^_^

    BalasHapus
  11. siap dicoba tipsnya bro. mantap :D

    BalasHapus
  12. mendalam sekali ya artikelnya..
    terima kasih buat tipsnya. Salam kenal

    BalasHapus
  13. Post Pilar. Hm mungkin bisa diterapkan.

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger