Cara Mengatur Waktu Agar Tugas Kuliah Tidak Keteteran

9/27/2014


Udah sekitar satu minggu gue kembali kuliah, kembali ke dunia mahasiswa yang padahal udah sebulan gue tinggalin waktu liburan dan waktu tidur gue kembali kayak waktu gue SMP, tapi sekarang, kayaknya semuanya akan berubah lagi heu. Waktu tidur tentu saja berbanding terbalik dengan jumlah tugas dan jumlah kafein yang ditenggak untuk mengerjakan tugas-tugas itu. Ya, sejak kuliah gue jadi suka minum kopi, bukan karena gue mau dan suka awalnya, tapi karena gue butuh tetap melek untuk mengerjakan tugas-tugas, walaupun cuma "kopi cemen", bukan kopi item yang katanya sih laki banget ituh. Maka dari itu, kemaren waktu libur di rumah, gue gak mau minum kopi, istirahat dulu, kan gak baik juga keseringan minum, ini aja gue ngerasa kalau efeknya lama kelamaan berkurang karena keseringan, kadang gue udah minum kopi tapi tetep ketiduran dan kertas gambar gue kecoret dan harus ngerjain ulang.

Tapi gue gak nyalahin tugas sepenuhnya sih, sebenarnya kalau gue bisa ngatur waktu dengan efektif, gue gak harus begadang dan berpacu dengan deadline dalam mengerjakan tugas-tugas, lagian gue juga tau banyak temen dan kakak tingkat yang gak pernah begadang ngerjain tugas karena mereka bisa mengatur waktu mereka dengan baik. Jadi salah satu cara buat gak keseringan minum kopi adalah menumpas masalah akarnya : gak ngerjain tugas mepet deadline.

Bagaimana caranya agar bisa mengatur waktu untuk tugas kuliah? Tentu saja gue pernah nanyain ini ke dosen gue waktu di awal semester dua, di pertemuan pertama, waktu bahas perkenalan dan yada yada, dosen studio baru gue itu--dosen yang senior dan terkenal sebagai dosen killer karena kritikannya yang sepedas maicih level 10 ditambah 50g Boncabe--memberikan jawaban yang ternyata sangat simpel dan gue gak nyangka sama sekali. Gue udah beberapa kali ikut seminar-seminar motivasi dari jaman SMP, dan udah banyak banget denger jawaban dari para so-called-motivator tersebut yang teoritis, dan "kamu bisa kamu bisa yea yea" semacamnya, tapi gue gak pernah denger jawaban yang sama kayak dosen gue ini :

Gue : "Pak, gimana caranya ngatur waktu?"
Dosen : "Gimana caranya ngatur waktu? hmm.. Anda muslim?"
Gue : "Iya, Pak"
Dosen : "Sholat 5 waktu di awal waktu".

Ya. Dia cuma bilang gitu. Ternyata tipsnya adalah sholat tepat waktu, jangan ditunda-tunda. Tapi buat kamu yang non-muslim yang udah siap-siap untuk mendapatkan sesuatu dari postingan ini jangan khawatir. Gue melihat, poinnya di sini adalah membiasakan diri tepat waktu dan tidak menunda-nunda waktu, nanti kalau udah terbiasa misalnya sholat tepat waktu, ngerjain tugas juga gak akan ditunda-tunda. Sholat adalah contoh yang sangat enak dipake karena pertama itu kewajiban, kalau gak sholat nanti dosa, jadi ada nilai tanggungjawabnya di sana. Dan yang kedua sholat itu sering, 5 waktu sehari dan selalu ada (gak pernah libur, kayak tugas!), jadi akan membuat proses pembiasaannya lebih "menantang" buat konsisten. Itu menurut gue sih, jadi kalau kamu yang bukan, coba aja biasain ngerjain satu hal yang konsisten secara tepat waktu, nanti lama kelamaan akan berpengaruh ke kebiasaan kita ngerjain tugas juga tepat waktu dan gak nunda-nunda.

Ya, itu sih tips nya yang dikasih sama dosen gue, di sini cuma ngeshare aja dikit dan sebenernya gue juga masih dalam proses membiasakan, tugas gue juga kadang masih suka ditunda dan gue sholat juga kadang masih gak tepat waktu. Kalau boleh nambahin, mungkin gue mau nambahin : alasan. Kita perlu alasan buat lepas dari kebiasaan tertentu, yang kuat. Misalnya gue, gue mau biasain sholat tepat waktu dan gak nunda-nunda, karena harusnya emang begitu, dan karena kalau gue udah bisa ngelakuin itu, gue juga akan bisa gak nunda-nunda tugas, kalau gue gak nunda-nunda tugas, gue gak perlu begadang untuk nge-deadline, dan kalau gue gak perlu begadang untuk nge-deadline, gue gak perlu minum kopi banyak-banyak. Mungkin kamu bisa temukan alasanmu sendiri, misalnya buat cewek, motivasi untuk bisa ngatur waktu biar gak begadang nge-deadline adalah karena kalau gak tidur, kulit bakal jadi kering dan jelek, solanya tidur ngebantu regenarasi kulit, kamu pasti gak mau kan kulitnya jadi jelek gara-gara begadang?

Atau ada yang sama kayak gue, kalau sekalinya gak tidur, kantong mata langsung bengkak, ngelebihin Pak SBY, lalu muncul garis wajah persis kayak Itachi, gue biasanya menyebutnya "wajah gue meng-Itachi".


Namun saat ini sih motivasi terbesar gue cuma gue gak mau kecanduan kopi, gak mau minum kopi kebanyakan. Gue gak mau kecanduan apapun, gue yakin kecanduan apapun itu jelek. Udah gitu doang motivasi gue. Dan gue tau cara terbaik buat menghindari kopi adalah dengan tidak membutuhkan kopi lagi, biar gak butuh kopi maka gue harus gak butuh begadang, biar gak butuh begadang maka gue harus gak butuh ngerjain tugas, biar gak butuh ngerjain tugas maka gue harus udah ngerjain tugas sebelumnya, biar gue udah ngerjain tugas sebelumnya berarti gue harus gak nunda-nunda tugas, biar gak nunda-nunda tugas berarti gue harus membiasakan diri mengatur waktu.

ENJOY YOUR  DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

7 komentar

  1. Huhu, padahal solusinya simpel banget yak: kerjakan tepat waktu. Oke, harus segera dipraktekkan nih. :3

    BalasHapus
  2. karena kebiasaan ga nunda sholat kebewa jadi kebiasaan ga nunda tugas

    BalasHapus
  3. bimbing akoh kakak, akoh masih maba hahaha

    BalasHapus
  4. Menunda-nunda pekerjaan emang gak baik. Gue sendiri sering ngerjain tugas mepet deadline, biar greget. Tapi nyatanya gue malah ngantuk berat besoknya -_-

    BalasHapus
  5. Solusi untuk para mahasiswa yang suka nunda-nunda ngerjain tugas dan akhirnya ngerjainnya pake SKS = Sistem Kebut Semalam

    BalasHapus
  6. patut dicoba ini tipsnya buat pelajar SMA sperti saya :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger