Shingeki No Kyojin (Attack on Titan) : Ide Cerita Brilian Dengan Eksekusi Sempurna [Anime Review]

7/13/2013


Type: TV
Episodes: 25
Status: Currently Airing
Aired: Apr 7, 2013 to ?
Producers: Production I.G, FUNimation EntertainmentL, Mainichi Broadcasting, Pony Canyon, Kodansha, Wit Studio, Shingeki no Kyojin Team
Genres: Action, Drama, Fantasy, Super Power
Duration: 24 min. per episode
Rating: R - 17+ (violence & profanity)

Beberapa bulan "dipingit" gak keluar rumah buat belajar dan mengorbankan waktu main dan nonton anime, sial bagi gue karena pada masa itu justru dirilis anime yang booming dan ramai dibicarakan orang-orang. Ya, Shingeki no Kyojin (Attack on Titan) berhasil merebut hati para penonton di awal tahun ini. Tapi, dimana ada kumpulan orang banyak, selalu ada kemungkinan ada copet, begitu juga dalam hal ini. Seperti halnya waktu Sword Art Online booming tahun lalu dan sukses meracuni banyak orang yang masih "suci”—terutama kalangan gamer—dan menarik mereka ke lingkaran setan keindangan dunia dua dimensi, yang karenanya banyak yang dengan enteng menspoiled jalan cerita anime yang sedang berjalan itu. Mungkin karena kebelumpahaman mereka tentang etika dan unwritten-rules tentang menonton anime ongoing, bahwa ada banyak sekali orang yang menganggap spoiler itu najis, dan tingkatannya menjadi najis mugalodhoh kalau itu anime yang sedang ongoing, yang mengganggu keabsahan kenikmatan menonton. Beruntung bagi gue, karena waktu Sword Art Online, gue selalu nonton setiap episodenya di awal waktu baru keluar, setiap Minggu pagi, dan cerita Sword Art Online juga gak terlalu istimewa yang sampe bakal nyesek banget kalau ke-spoiled. Tapi, beribu angin topan keapesan buat gue, saat Shingeki no Kyojin, yang jalan cerita dan twistnya subhanallah ini, sebelum gue nonton udah kena spoiler duluan. Betapa kampretnya. *Aku ingin lupa ingatan, Tuhaaaan!!*

Well, yang penting tibalah saatnya buat gue balas dendam dengan segera menonton anime ini. Karena efek kehebohannya, bahkan sebelum nonton pun gue udah gak asing dengan kata-kata seperti “Titan”, “Eren”, “Mikasa”, bahkan “Ustad Rifa’i”. Okelah gapapa, yang penting sekarang gue udah bisa nonton walaupun kadar kenikmatannya telah berkurang beberapa persen karena kena spoiler, dan berikut kesan yang gue dapatkan setelah menonton sampe episode 13.5 (bagian sinopsis dan lain-lain gue skip aja ya, gue rasa kebanyakan udah tau sinopsis anime terkenal ini dan udah banyak dibahas juga, gue mau langsung ke review, gak sabar pengen nyeritain kesan-kesan haha) :



Ide Cerita



Brilian! Udah itu aja, ide cerita tentang manusia yang diambang kepunahan karena terancam dimakan oleh makhluk-raksasa-telanjang-tanpa-organ-reproduksi bernama Titan ini sangat menarik. Apalagi ide kalau ternyata manusia bukan makanan Titan, melainkan hanya mainan. Ya, Titan memakan manusia bukan karena lapar atau apa, tapi karena iseng dan cuma buat kesenangan. Rasakan itu manusia, akhirnya kalian tahu gimana rasanya jadi kuaci.

Berbekal pondasi cerita yang kuat ini, konsekuensi-konsekuensi selanjutnya dari ide cerita inipun ditampilkan sama mulusnya. Sebut saja, yang paling menonjol, bagaimana efek psikologi manusia yang sedang terancam, ketakutan, dan perasaan tak berdaya saat menghadapi para titan ditampilkan sangat intens, sampai konflik yang timbul yang tidak diakibatkan oleh titan secara langsung, melainkan karena sifat dasar manusia –serakah, egois, maunya menang sendiri dan tidak mau mengalah *eh kayak lagu Rhoma Irama gini—dan  akhirnya menimbulkan konflik internal di kalangan manusia itu sendiri.

Oh ya, gue suka, sangat suka dengan konsep manusia yang terkurung di suatu teritorial yang dillindungi tembok tinggi. Bagaimana manusia mengurung diri dan merasa aman di dalam sana, dan bagaimana Eren dan Armin sangat ingin keluar dari tembok itu dan melihat indahnya dunia luar, suka banget.



Gue suka gimana Eren menganggap manusia yang tinggal di dalam kandang yang mereka sebut tembok itu tidak berbeda dengan hewan ternak. Gue juga suka pembagian pasukan militer menjadi tiga divisi, yaitu Garrison, Recon Corps, dan Military Police, dan pandangan masyarakat terhadap ketiganya, serta perbedaan pandangan mereka sebelum dan setelah penyerangan Wall Maria. Tak lupa hal kecil namun mengena seperti kenyataan siapa saja yang berhak memilih masuk Military Police dan pandangan para cadet tentang menjadi seorang Military Police yang mana hal itu mengganggu Eren, itu keren. Tentu saja itu semua masih merupakan kosekuensi-konsekuensi dari benang merah utama : ketakutan manusia terhadap titan.


Karakter




Seperti layaknya seri panjang lainnya, Shingeki no Kyojin memiliki banyak karakter. Ya harus meluangkan waktu sedikit untuk mencerna dan menghafal karakter-karakternya, apalagi karena settingnya di eropa, nama-namanya ya nama-nama orang barat yang rada asing di dengar hehe. Tapi bukan itu juga sih yang mau dibahas, gue mau bahas tentang gimana character developement yang bagus yang ada di anime ini, bahkan sudah terlihat dari setengah seri ini –rencananya akan dibuat sampe 25 episode.
Masing-masing tokoh dalam anime ini memliki karakter yang kuat, terutama tiga karakter utama yakni Eren, Mikasa, dan Armin. Eren yang sangat emosional dan ambisius untuk membantai  semua titan di muka bumi dan ingin melihat dunia luar, Mikasa yang tenang dan berkepala dingin, yang selalu setia mengikuti Eren kemanapun, dan juga Armin yang merasa bahwa dirinya lemah tidak berguna tapi sebenarnya yang paling pintar diantara mereka. 

Tapi, ada satu karakter yang buat gue spesial dan jadi perhatian gue dari episode pertengahan. Dia adalah Jean. Awalnya Jean diperlihatkan sebagai seorang scumbag yang ikut pelatihan militer hanya untuk hidup enak  jadi Military Police—setidaknya dia jujur—dia  bahkan mencemooh mimpi Eren dan terlibat cekcok dengan Eren di hari pertama, dia juga menganggap Eren sebagai saingan, baik dalam hal kepelatihan, maupun dalam cinta (karena dia suka sama Mikasa dan kerap cemburu setiap ngeliat Eren dapet perhatian Mikasa). 





Tapi perlahan-lahan, ketika kejadian demi kejadian terjadi, Jean mengalami peningkatan dengan kepribadiannya, dia menunjukan perubahan, dari seseorang yang sangat egois, menjadi... ya menjadi lebih baik. Berbeda dengan Annie atau Connie—atau mereka belum aja—, ada banyak scene-scene khusus yang memperlihatkan Jean yang sedang berkonflik dengan pikirannya sendiri, bagaimana dia melihat realita, bagaimana dia takut salah mengambil langkah, dan lain sebagainya yang menurut gue itu sangat keren dan bermakna. Jadi kalau ditanya siapa karakter favorit di Shingeki no Kyojin, maka jawaban gue adalah Jean Kirschtein.


Teknologi




Entah karena akhir-akhir ini gue nonton anime yang settingnya masa sekarang dan masa depan terus, pas nonton anime yang settingnya masa lalu kayak Shingeki no Kyojin ini, gue jadi kagum bagaimana anime ini bisa menciptakan suatu teknologi yang belum ada tapi gak terlalu canggih dan masih nyambung dengan setting waktu saat itu. Tentu saja, tak lain dan tak bukan, teknologi yang gue maksud adalah 3D Manuever Gear. 



3DMG di Shingeki no Kyojin ibarat Denden Mushi di One Piece, gue kagum dan pengen punya. Kalau kalian sangat menikmati mainin game Spider-Man di PS1 karena Spider-Man-nya bisa gelayutan di gedung-gedung, dan kalian menjadi lebih gila saat bermain game Ultimate Spider-Man di PS2 karena asik banget mainin Spider-Man ngegelayut dengan manuver yang lebih bebas dan keren sampe lupa misi, maka percayalah, menonton Mikasa gelayutan di antara bangunan dengan 3D Manuever Gear gak kalah serunya.


Animasi




Siapa sih studionya? Wit Studio? Men kata gue sih mereka berhasil mengeksekusi potensi dari Shingeki no Kyojin menjadi anime. Yang gue liat ada dua, pertama animasi ayunan-ayunan dan gelayutan karakter-karakter dengan 3D Manuever Gear yang seru itu, dan yang kedua dramatisasi suasana chaos dan mencekam, termasuk kebengisan titan waktu makan manusia, teriakan putus asa manusia, muka titan yang ngeselin, dan yang paling penting, musik. 



Ya, musik background di anime ini keren dan pas banget, bisa ngedrive suasana hati dan gue yakin kalian setuju. Artwork yang keren juga tak ketinggalan—yang rasanya udah wajib deh artwork keren di zaman kayak gini—dan desain karakter yang bisa menggambarkan fisik orang eropa dan penggambarannya yang tegas untuk memperkuat efek psikologi. Well done.


Plot




Sayang sekali gue gak bisa ngomong banyak di bagian ini karena gue udah gak merasakan “degg-moment” waktu dihadapkan dengan twist-twist cepat nan –seharusnya—bikin cengo. Ini semua gara-gara gue udah terlalu banyak kena spoiler sebelum nonton. Gue udah berusaha menarik diri keluar dan mencoba melihat jalan cerita as if gue masih suci dari spoiler, tapi... gue gak bisa men. Spoiler terlalu laknat untuk dilupakan dan tetep aja gue gak bisa merasakan kehebohan twist itu, yang diungkapkan komentar-komentar orang yang terbukti dengan caps-lock jebol waktu abis nonton episodenya.  Aku kotor maaa aku kotooooor! Yang bisa gue simpulkan cuma plotnya cukup rapih dengan meninggalkan beberapa misteri-misteri kecil di antara misteri besar. Misteri besar tuh misalnya kayak pengetahuan tentang titan yang sedikit demi sedikit terungkap, dan ruang bawah tanah Eren. Sementara yang keren adalah misteri-misteri kecil yang sangat rentan untuk terlupakan, kayak mimpi Eren, dan gap kecil saat Eren amnesia sesaat.

Lain-lain

Oh boy, fandom SnK rame banget ya. Sampe-sampe muncul sosok ustad Rifa’i, padahal di anime sendiri Rivaille munculnya baru dikit, palingan di manga. Dan ngomong-ngomong soal manga, dalam waktu dekat, Level Comics bakal nerbitin Attack on Titan dan akan segera keluar di toko buku kesayangan Anda, uyeah~



Kemudian ada satu pikiran yang tersirat waktu gue lagi nonton Shingeki no Kyojin ini, jalan ceritanya yang cukup panjang dan bersifat “meningkat” (Eren waktu masih kecil, saat udah jadi cadet, lalu join Recon Corps) dan cerita yang mengandung objective-objective dari yang utama (mengalahkan colossal titan) sampe langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai itu (harus ke ruang bawah tanah rumah Eren, mengambil kembali Trost, join Recon Corps, dll) ditambah setting masa lalu, kayaknya cocok kalo dibikin game RPG. Coba bayangkan game RPG dengan tokoh utama Eren dan Colossal Titan sebagai final bossnya, ah entah kenapa gue pikir ceritanya cocok banget deh kalo dijadiin game RPG, apalagi kalo bisa main gelayutan pake 3D Manuever Gear, pasti seru. Ya Cuma pikiran iseng sih, tapi siapa tahu nanti dibikin beneran, jangan game visual novelnya aja.

Ya, mungkin itu aja, review ini berdasarkan pandangan dan kesan gue selaku penonton yang korban spoiler dan belum baca manganya. Gue lega karena anime ini worth the wait dan memang gak overrated. Selebihnya biarkan gue menikmati sisa setengah sesi ini dengan kenikmatan full tanpa spoiler *tangis haru*


"Fight! Lose and you die, win and you survive. If you don't fight, you can't win!" - Eren Jaeger


Shingeki no Kyojin
Brilian, Epic, Titan!
9/10
ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

68 komentar

  1. di akhir post ga ada ungkapan-ungkapan terimakasih buat yang udah ngasih spoiler? hehhehe

    BalasHapus
  2. udah baca manga-nya sampe tengah, baru tau kalo anime nya udah ada -___- merasa ga seru lagi nonton anime nya. tapi entahlah nanti donlot juga ujung-ujungnya :D

    kesan paling utama di manga Singeki no Kyojin: gambarnya cenderung jelek dan kayak sketch. background sama karakter nggak blend. kesan ngerinya ga dapet, manusia pas dimakan malah terlihat komikal. tapi entah tetep seru hehe.

    BalasHapus
  3. @ekkypramana
    haha padahal animenya lagi hot banget ini bang XD

    emang sih style gambar manga nya gitu, kasar banget. Eh tapi bukannya malah lebih dapet ngeri dan suramnya bang? *belum baca juga sih*

    haha no one can't resist this epic storyline XD

    BalasHapus
  4. Sekoting Ram, Sekoting, bukan Recon ....... eh scouting (ah ini mah masalah penyebutan doang, meaning-nya mah sama aja).

    Btw, mau gue tulis spoiler panjang lebar ala Lelouch dulu? :trollface:

    BalasHapus
  5. @Farid Azroel
    eh iya sama aja kan ya? kayaknya di anime gak pernah disebut Scouting Legion ._. CMIIW

    BalasHapus
  6. @Ramy Dhia Di manga sama beberapa referensi emang nyebutnya "Scouting" sih. Ya emang scouting sama recon artinya sama-sama 'pengintai' kan :v

    BalasHapus
  7. kayak bleach gitu ya setting filmnya? ngeri ngeri arwah~ hhaha *abaikan

    BalasHapus
  8. @Shakti Nugroho
    beda atuh, ini mah gak ada arwah-awrwah :v

    BalasHapus
  9. Udah nonton semua dari ep 1 sampe 13.5. dan gue disini gada yang spoiler. mereka pada ga ngerti anime soalnya.mehehehe
    dan chara fav gue ya si mikasa itu. bibirnya eksotis :)
    oia, gue suka sama gaya bahasa yang elu pake ram. keren. elu cerdas dengan apa yang elu sampein.
    salam :)

    BalasHapus
  10. Beuh.. Gue baru nonton sampe 10 doang. Lagi seru2nya padahal.

    Riviewnya manteb, sama persis seperti yg gue rasain

    BalasHapus
  11. setelah nonton 14 episode,gw kira nee anime bakalan menuhi expectasi gw, (huh ternyata gw berharap terlalu banyak), overrated satu kata yg g bisa lepas klo gw nonton nih anime, brbp bgt minus di anime ini menurut gw, yg paling menonjol menurut gw overly dramatic/drama yg g ketulungan berlebihan ( paham sih klo loe takut di makan raksasa, tp expresinya itu lho yg bikin gregetan, yg ada malah bikin ketawa), lack of charater development,character utamanya si eren jg g berhasil menarik simpati gw( yg ada malah kepngen gebukin aja, hbs g tahan ama pidatonya yg berlebih lebihan) jalan ceritanya jg menurut gw terlalu sering buang-buang waktu, ( mungkin gara-gara filler kali ya? ), misterinya pun g terlalu menarik, blm baca mangapun gw malah bisa nebak ada unsur keterlibatan org dalam pemerintahan. plot hole yg bikin penasaran adalah kok bisa mereka membangun tembok yg segitu tingginya tanpa diserang ma raksasa.
    So far gw masih ngarep nih anime bakalan menuhi harapan gw.

    BalasHapus
  12. @ben kun
    wah enak banget ._.
    gue juga suka lah sama Mikasa, apalagi Sasha X3

    arigato Ben-kun~

    BalasHapus
  13. @GonKiru
    hoo gitu ya, beda berarti sama pendapat gue. Yup kita tunggu episode selanjutnya, mudah-mudahan bisa menjelaskan plot-hole itu

    BalasHapus
  14. @GonKiru
    wah jelas aja masih banyak misterinya.... dinding kenapa bisa berdiri tanpa diserang titan si pembuatnya dan bagaimana cara membuatnya.....

    inikan anime baru...
    manganya aja masih di Chap. 47 n kabarnya akan di rilis 400+ chapter, jadi bisa di bayangin, kapan akan di caeritakan tentang semua misteri2 tsb...

    BalasHapus
  15. @Ruben Wae
    iya, manganya juga masih ongoing.. dan pasti bakal dijelasin deh misteri itu

    BalasHapus
  16. btw tankobonnya udah keluar kemaren :v

    BalasHapus
  17. @GonKiru Bebas berpendapat gan :v Selera orang juga kan beda beda :v :v

    BalasHapus
  18. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=678815962146708&set=a.604813589546946.1073741825.100000549315834&type=1&theater

    link Artwork gw nih,,,, gw juga ngefans ama SNK makan'y sering gambar2 karakter SNK kalo lagi nyantai :p

    BalasHapus
  19. Ceritanya nangkep bget pokok'a ni anime SNK,, ngerinya, serem'a, tegang'a, sedih'a, gemes'a dpet deh... wkwkwkwk

    BalasHapus
  20. kasihan pasukan rivaille : auro bossard , erd gin , petra raul , gunter.
    mati karena female titan , kecuali gunter yang dibunuh sama female titan dalam wujud manusia.

    BalasHapus
  21. gue langsung download SNK abis baca review ini :D , tokoh yang gue suka bahkan gue cintai turut menjadi tokoh yang terkenal (titan kolosal) . Makasih ya gan, HIDUP KUACI ! *eh

    BalasHapus
  22. Ah gua paling suka ama komandan besar pasukan pengintai si Erwin,,terus si petarung terkuat manusia kapten levy,kduanya sngat hebat...mudah2an di akhir cerita ke dua tokoh ini g mati..

    BalasHapus
  23. gue suka muka titannya,kayak mau di hajar.bru jlek skali mukanya bgus di injak".hahaha
    Kapten levi so cool skali. . .,
    Tau gak kira" siapa titan wanita it yah.

    BalasHapus
  24. Gilee...kemampuan si levi hebat banget titan betina dibikin tidak berdaya!gua pikir si mikasa yang terkuat, ternyata si levi yang lebih hebat,,,tidak ada apa2nya di banding dg levi jauh banget tinggalnya mnurut gua..

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. gue udah nonton dari episode 1-23 and kyanya yng 24 seru, sumpah udah gk sabar-_-
    min ceritain tentang kisah cintanya jga dong!!
    jujur gue lebih suka klo eren akhirnya sama mikasa, tau knpa gue gk suka sma armin-_-

    BalasHapus
  28. nah satu lagi, gw bngung sma Annie leonhart
    knpa Annie kyanya tertarik bngt sma eren??
    tpi dya keren bngt pas jdi Titan wanita =D

    BalasHapus
  29. ada yang tau gak kira" kapan SNK yg season 2?

    kan tuh final episode yang ke-25 udah selesai...
    gak sabar eh men nunggu nextnya lg.. Epic gila emang nih Anime

    BalasHapus
  30. gak suka baca, cuma nonton anime... mmhhh gw malahan nyari nyari spoiler yg bisa motivasi gw bwt trs nonton neh anime.... hehheh hbs skrng klo mo nonton anime/manga banyak pilihan di streaming site sih.... klo dulu kan sussaaah bgt mo update. alhasil walapun blm selesai, klo ketemu yg lbh menarik... gak segan2 berhenti di tengah jalan hehehhe sadist..

    shingeki no kyojin baru nnton 2 eps.... distracted to other anime.... tp iseng2 lirik yahoo trs baca komen trnyata spoilers yg bikin menarik... nnton lagi aaah :p

    BalasHapus
  31. walaupun gw jarang nonton anime, ehh pas lihat ini malah jadi ketagihan nonton XD

    BalasHapus
  32. ahahahahahhaha lucu cara nyampein kesannya suka.. bikin ngakak.. apakah anda author juga di ff? ust rifai?? wahahhaha

    BalasHapus
  33. jadi kemana bapak.a eren ?? :D

    BalasHapus
  34. wah kalo gue sih paling suka sama si erwin sama si eren. si om erwin ini emng pemimpim paling yahud dah, tenang tapi pasti, tanggung jawab, tau harus bertindak apa, kalo si eren gue suka sama semangatnya, gak cuma ngomong doang, g pernah goyah pendiriannya. ckckckck...

    oiya satu lagi klo yang cewe ane sukanya sama annie. nie cewe seksi menurut ane ditambah lg wajahnya yang dingin, jadi bikin tambah grrr ngeliatnya... haha...
    lope u deh annie..

    BalasHapus
  35. Suka ngikutin manganya. Suka banget sama tema apocalypse, beda banget nih sama manga2 shonen lainnya.

    BalasHapus
  36. Blog nya bagussss

    Yang suka nulis di blog

    ada info nihh
    coba deh ikutan lomba nge bLog tentang nyunyu,com, hadiahnya 5 juta rupiah total CASH ....


    http://www.nyunyu.com/main-article/detail/artikel-berhadiah-lomba-ngeblog-tentang-nyunyu

    http://nyunyu.com/ ini website anak muda founded by Radityadika dan Arief muhammad ... sekalian check check aja artikel kitaa yaaaa



    Thankss
    Bv

    BalasHapus
  37. Woh ini ngobrol panjang bgt*maaf nimbrung* apakah di thn 2014 akan ada lanjutanya?

    BalasHapus
  38. @untung hanoman
    woh iya kan fans SnK tuh tangannya gatelan kalo gak gambar XD

    btw, link nya gak bisa dibuka nih ._.

    BalasHapus
  39. @Anonim
    ups spoiler tuh buat yg belum nonton :p

    tapi iya gue sedih banget pas bagian itu :'|

    BalasHapus
  40. @Norimi Makigami
    haha langsung download XD
    wah suka dan cinta kolosal? o_o
    HIDUP KUACI!

    BalasHapus
  41. @Anonim
    iya, gue juga suka Erwin sih, misterius..
    kalo Levi ngingetin gue sama kapten Hitsugaya dari Bleach XD

    BalasHapus
  42. @tungky
    haahaha muka titan emang ngeselin semua XD
    udah keungkap tuh sekarang :p

    BalasHapus
  43. @Anonim
    yoi, Mikasa itu baru lulus dari cadet, masih baru.. Levi udah lama mimpin pasukan, udah berpengalaman :D

    BalasHapus
  44. @Ayda Azzahra
    haha mungkin belum sempet cinta-cintaan disaat umat manusia eksistensinya terancam... eh apa justru malah sebaliknya? XD

    sama, tapi belum ada tanda-tanda dari Eren ._.

    BalasHapus
  45. @Ayda Azzahra
    mungkin dia tertarik karena kemampuan Eren? eh tapi sebelum tau Eren bisa berubah jadi titan juga dia udah tertarik sih (baca : nunjukin bela diriny pas latihan)

    BalasHapus
  46. @Ahmad Tembonk
    belum tau.. yang jelas kalo mau nungguin animenya, jangan tergoda buat baca manganya XD

    BalasHapus
  47. @ikari
    hahaha malah kebalikan dari gue ya yang gak suka spoiler XD

    BalasHapus
  48. @Ariel
    yoi, ciri-ciri anime bagus tuh XD

    BalasHapus
  49. @CitraNearTias
    haha makasih :D
    nggak, gue gak tau dunia per-ff-an XD

    BalasHapus
  50. @Satriya
    iya, Erwin emang karakter keren.. tapi kadang menyimpan kecurigaan juga sama dia, misterius gitu sih, bahkan gak semua anak buahnya tau apa yang akan dia lakukan..

    kalo cewek gue suka Sasha :3

    BalasHapus
  51. @Arif Abdurahman
    yoi.. tapi sayangnya kurang populer manganya karena katanya banyak yang gak suka gaya gambarnya :-/

    BalasHapus
  52. Nih... katanya live action+season 2 bakal up date thn 2014... film layar lebar thn 2015... dpt info dr grup FB SnKI... w sukanya Eren, Mikasa, Armin, Annie, Bertolth, Reiner, and Christa... Oiya... bagi yang ada di Jabodetabek... tgl 5 juni/ juli ( ane lupa bln yg mana ) bkl ada anime festival di BlokM... selama 2 hari

    BalasHapus
  53. @Tirsa Wilona
    sip, tararengkyu infonya nih Tirsa :D

    BalasHapus
  54. Thanks bang, reviewnya udah bikin gue keselek biji jeruk. Ngakak gila gue pas baca ini. Tp berkat review ini, gue jd pengen nonton animenya juga nih hehe. Ganbatte aja dah

    BalasHapus
  55. Kuaci :v ngomong-ngomong, kenapa female titan-nya annie nggak bunuh armin pas mereka ketemu, dan cuma buka penutup kepalanya ? Jangan-jangann :o Terus, sebenernya dot pixis iu minum apa ya ? darah ? ah, udahlah, nonton aja, kalo dikasih spoiler duluan nggak seru ._.

    BalasHapus
  56. aku mu koment tentang anime nya, aku kok g suka ya menurutku sih "jelek" maaf ya bro. (aku yg seleranya buruk atau aneh ya padh kayaknya bnyk yg suka aku baru nonton sampek episode11). buat tambahan, aku g masalah gambar nya jelek atau gimna yg penting ceritanya bagus (contoh gambr jelek anime: Yamishibai ((g smua episode bagus sih skitar 70%)) aku suka anime ini )

    BalasHapus
  57. "aku g suka spoiler". mungkin ada yg terlewat kan dan kasih tau dong apa bagus nya anime ini ok bro bro

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger