Serunya Blogilicious Tangerang 2012

10/23/2012


Lagi-lagi, ini adalah postingan yang udah-ditulis-didraft-tapi-belum-sempet-diselesain-dengan-alasan-sibuk-dan-udah-gak-anget-lagi-tapi-sayang-karena-udah-ditulis-didraft-jadinya-diposting-aja ._.v Pada tanggal 29 dan 30 September 2012 kemaren sukses diadakan Blogilicious Tangerang 2012. Blogilicious Tangerang adalah bagian dari rangkaian Roadshow Blogilicious yang diadakan di 7 Kota di Indonesia, dimulai dari Madura pada tanggal 7 April dan berakhir di Tangerang yang merupakan puncak dari roadshow blogilicious 2012. Memang, setelah merasakan serunya acara seminar dan workshop blog blogilicious di Blogilicious Milad Jakarta tahun lalu, gue bertekad pengen ikut acara ini lagi tahun depan, karena sudah merasakan sendiri manfaat dan ilmu blog yang didapet dari acara ini. Ternyata eh ternyata, tahun ini penutupan blogilicious diadakan di Tangerang, dan bukan cuma itu, Komunitas Bloger Benteng Cisadane (KBBC) pun ditunjuk menjadi panitia lokal sebagai komunitas blogger di wilayah Tangerang Raya. Wah, bukan jadi pesertanya lagi, tahun ini gue jadi bagian dari panitia Blogilicious Tangerang.

Persiapan demi persiapan pun dilakukan, rapat demi rapat pun digelar guna mematangkan persiapan Blogilicious Tangerang ini. Sampe tibalah hari H yang ditunggu-tunggu, rombongan peserta yang datang lebih cepat dari yang dijadwalkan sempet bikin kita agak kaget, antusias sekali sepertinya. Peserta mayoritas dari kalangan pelajar yang notabene blogger pemula dan baru merintis blog, ada juga yang belum punya blog dan ingin belajar ngeblog, dan sebagian lagi adalah para blogger yang udah lama ngeblog. Di acara ini juga turut hadir teman-teman blogger dari komunitas blogger berbagai kota, diantaranya Blogger Bekasi, Blogger Jogja, Blogger Depok, Blogger Pelajar (Medan), Tugu Pahlawan (Surabaya), dan lain-lain.. saatnya bilang WOW sambil koprol.. sekarang!




Di salah satu rapat untuk persiapan blogilcious Tangerang yg diadakan teman-teman blogerbenteng

Hari pertama


Acara dibuka dengan Tari Cokek Variasi dari para finalis Kang-Nong Tangerang (semacam Abang-None kalo di Jakarta), kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dari Ketua Panitia, yaitu Om Andi Sakab, dari IdBlogNetwork sebagai penyelenggara, dari pihak Telkom sebagai sponsor utama, dan dari Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Tangerang. 

Kemudian materi pertama, adalah tentang Etika Blog yang dibawakan oleh Anggara Suwahju dan Rama Mamuaya (Founder DailySocial.net) dengan moderator Anjari, atau oleh teman-teman blogger akrab disapa Eyang. Di sesi ini kita diberitahu tentang etika apa saja yang harus diperhatikan dalam ngeblog, dan salah satu yang paling gue inget adalah : kalau mau nyomot gambar dari google, di pengaturan lebih lanjut dari penelusuran google image, ada pilihan hak penggunaan, silahkan pilih yang "bebas untuk digunakan dan dibagikan" kalau mau ditempel di blog, jadi nanti hasil penelusuran yang muncul adalah gambar yang emang boleh digunakan.

booth UseeTV
Terus abis ISOMA dilanjutkan dengan sesi product education dari UseeTV. UseeTV adalah layanan TV Online dari Telkom yang bisa menayangkan baik saluran lokal maupun internasional. Yang gue suka dari UseeTV adalah, kita bisa nonton siaran-siaran yang udah kelewat, asik banget! Kemudian dilanjutkan sesi social media oleh Budi Putra. Di sesi ini banyak dibahas tentang cara-cara untuk mengoptimalkan social media, dan cara-cara buzzing yang baik, apa yang boleh dan apa saja yang tidak boleh diposting di social media. Salah satu yang gue inget banget adalah "TIDAK BOLEH menganggap social media adalah media privat, ini media publik".

Setelah selingan penampilan perkusi dari Anak Langit, materi dilanjutkan. Kali ini tentang Blogpreneur yang dibawakan oleh Reza Gardino. Belliau membahas tuntas tentang kiat-kiat membuat penghasilan dari blog, dan kalimat yang paling gue inget adalah "Karakteristik Blog yang mengasyikan itu bukan menjual, tetapi menawarkan sambil berdiskusi". Dan itu merupakan materi terakhir di hari pertama ini.

Hari Kedua

Karena kondisi tubuh yang nge-drop waktu sore, gue gak ikut nginep lagi bersama panitia lainnya, tapi pulang ke rumah dan pas sampe rumah langsung tepar. Besoknya, pagi-pagi berangkat lagi ke Graha Kirana, mengingat banyak yang nanya apa boleh datang hari Minggu nya doank, karena banyak yang hari Sabtunya masih sekolah, jadi gue pikir kayaknya peserta di hari kedua ini bakal lebih banyak daripada hari pertama, dan ternyata emang bener. Kursi di dalam gedung terisi penuh bahkan ada yang menyimak materi sambil berdiri karena kehabisan kursi.

Hari kedua dibuka dengan sirkus perkusi dari Anak Langit, lalu masuk materi pertama oleh Id Blog Network. Oh ya, di hari kedua ini moderatornya adalah Rosid, dan pembawa acara masih sama kayak hari pertama yaitu Om Farhan. IBN adalah perusahaan advertising lokal yang menyediakan 7 jenis campaign untuk para blogger. Salah satu idealisme dari IBN adalah ingin membersihkan dunia blog dari konten negatif. Selanjutnya adalah sesi tentang Blogger Nusantara, nah apa lagi tuh? Blogger Nusantara adalah paguyuban blogger lintas daerah dan komunitas yang bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan sesama blogger. Setahun sekali, Blogger Nusantara mengadakan Kopdar yang dihadiri blogger-blogger dari seluruh Indonesia. Tahun 2011 lalu Kopdar Blogger Nusantara diadakan di Sidoarjo Jawa Timur, dan tahun 2012 ini rencana akan diadakan di Makassar pada tanggal 9-11 November nanti.


Kemudian dilanjutin dengan sesi Blog Security oleh Barisan Code Security (badc0des) yang dibawakan oleh Uzanc. Disini Uzanc membahas modus-modus hacker untuk menyerang blog kita dan bagaimana penanggulangannya. Abis materi Security, ISOMA dulu, dan dilanjutkan dengan materi dari Mozilla ID yang dibawakan oleh Rara79 . Disini mbak Rara memperkenalkan project-project baru dari Mozilla yang akan sangat berguna buat blogger, yang terdiri dari Mozilla Thimble, Mozilla X-Ray Goggles, dan Popcorn.

pemenang kuis dari telkom
Dilanjutkan dengan sesi materi dari Telkom, dibawakan oleh Aris Bachtiar bertema "How To Be The Next Digitalpreneur". Di sesi ini diungkap fakta-fakta tentang dunia digital di Indonesia dan tentu saja kiat menjadi the next digitalpreneur. Biar pada melek dan seger lagi, coffee break dulu (awas typo). Abis coffee break, dilanjutkan dengan materi terakhir yaitu Design Blog. Salah satu yang paling gue inget dari sesi ini adalah "Merayu search engine, meminang visitor.... dengan desain". Akhirnya sesi materi hari kedua selesai, terus dilanjutkan dengan pengumuman-pengumuman pemenang berbagai lomba yang diadakan dari hari pertama kayak lomba livetweet, liveblog, dan doorprize yang diundi. 

para pemenang
Ada 2 HP Galaxy Android yang dibagikan, dan hadiah-hadiah lainnya di sepanjang sesi mulai dari hari pertama, andai panitia boleh ikutan XD

Poto-poto lain:
suasana meja registrasi
Kang-Nong Tangerang nu karasep jeung nu galeulis
sebelum ada peserta
Jay, sebelum peserta dateng minum susu dulu..
Dan rangkaian event Roadblog Blogilicious 2012 pun berakhir dengan ditutupnya Blogilicious Tangerang oleh Mbak Mubarika dari IBN, selain Mbak Rika, sambutan penutupan juga diberikan oleh Om Andi Sakab selaku ketua panitia dari blogerbenteng. Dan kayak di Blogilicious tahun lalu, sebelum pulang photo bersama dulu. Terimakasih buat semuanya yang udah ikut berpartisipasi dalam acara ini, gue sadar sebagai panitia masih banyak kekurangannya, jadi mohon dimaafkan ya, see you at the next blogilicious.




BLOGGING HAS NEVER TASTED THIS GOOD!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

13 komentar

  1. mirip banget sama acara di medan, ane juga hadir lho, materinya hebat semua

    BalasHapus
  2. @sabda awal
    yoi, blogilicious selalu menghadirkan materi yang pas buat para blogger :D

    BalasHapus
  3. seru euy....
    coba aku ikut...

    BalasHapus
  4. seru bener,, pengen ikut gmn caranya bang....

    BalasHapus
  5. adaw... ada foto orang ganteng ternyata wkkwkw

    BalasHapus
  6. keren semua quotenya. Aku juga kalo nulis ngalir aja. Masalah SEO gak begitu mikir. Terlalu mikir malah gak jadi nulis atau tulisan kita jadi gak natural dari hati.

    BalasHapus

  7. bagus dan sabgat berman faat sekali infonya

    BalasHapus
  8. TOKO NABILA SHOP JUAL HANDPHONE TERBESAR TERLENGKAP TERMURAH TERPERCAYA Produk dijamin asli orginal.Dapatkan harga promo awal tahun 2014 Barang yang Kami Tawarkan Semuanya Barang ASLI ORGINAL Ada Garansi Resmi Distributor dan Garansi TAM 2 bebas resiko bebas penipuan.Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya BERMINAT HUB-SMS 085-757-299-675 ATAU KLIK WEBSET RESMI KAMI http://nabilashop77.blogspot.com/
    Ready Stock! Samsung Galaxy S4 Mini Rp.2,500.000
    Ready Stock! Apple iPhone 5 Rp.2,700.000
    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando - Black.Rp.900.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini.Rp.500.000,-
    Ready Stock! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2.Rp.800.000,-
    Ready Stock! Blackberry Curve 9320.Rp.700.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note 10.1.Rp.2,500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0).Rp. 1.000.000
    Ready Stock! Samsung Galaxy S III Mini.Rp.1.800.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si.Rp.1.500.000,-
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7100.Rp.2.500.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 - Pink.Rp.1.700.000.
    Ready Stock! Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White.Rp.500.000
    Ready Stock ! BlackBerry Curve 9360 Apollo Rp.950.000,-

    BalasHapus
  9. Romance dan Manga Fans,

    Jika Anda ingin membuat keluar Paradise maka Anda akan menyukai "Membuat keluar Behind Bars" !!

    "Membuat keluar Behind Bars" oleh J. Zaraiya sekarang dijual di Xinxii.com dan pengecer online lainnya baik.

    http://www.xinxii.com/mydocs.php?pid=3de6b

    Beli "Membuat keluar Behind Bars" sekarang !!

    https://myspace.com/j.zaraiya

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger