Serunya Popcon Asia 2012 dan Perform JKT48

7/03/2012



Oi! Oi! Oi! Oi! Oi! Oi! Oi! Aaaa.. Yossha-ikuzo~ Taigaa! Faiyaa! Saibaa! Faibaa! Daibaa! Baibaa! Jya Jya!!

Gue mau cerita tentang acara yang gue datengin kemaren nih, Popcon Asia 2012. Awalnya tau acara ini dari Della, pas gue liat web nya dan facebooknya, kayaknya acara bakal seru. Jadi di Popcon Asia ini banyak ditampilin pop culture, apa aja, mulai dari komik, mainan, artwork, ilustrasi, animasi, cosplay, pokoknya banyak deh. Di Popcon Asia ini juga banyak guest-guest yang keren, illustrator terkenal baik dari dalam negeri maupun luar negeri, atau animator Indonesia yang kerja di luar negeri. Banyak talkshow dan workshopnya.

Popcon Asia ini diadakan mulai dari tanggal 27 Juni sampai 1 Juli 2012, akhirnya gue memutuskan buat kesana hari Jumat tanggal 29 Juni 2012 setelah janjian juga sama Della. Salah satu alasan kenapa pilih hari Jumat karena ada perform JKT48 di hari itu, gue gak ngefans-ngefans amat sih, cuma pengen liat aja, dan pengen ngecengin Shin yang gak bisa ikut nonton JKT48 padahal dia suka, nyahahahaha!


Note : Postingannya Panjang nih, silahkan siapkan cemilan dan pacar untuk menemani baca, eh pacar gak usah sih, cemilan aja, diulangi, cemilan aja!


Gue berangkat bareng Yamato Club, dan kemaren yang ikut adalah gue, Fildza, Dewi, Hartanto, dan Sahil, sementara Yunan langsung berangkat ke lokasi. Kita berangkat dari Citra Raya naek bus Trans Citra jurusan Blok M, bus berangkat jam setengah 3. Ternyata kalo hari Jumat sore gini bus sepi banget, gak biasanya naik trans citra pas sepi, jadi di belakang cuma kita doank. Di bus pada ngeluarin laptop buat barter anime dan film, abis itu gue main CTR (Crash Team Racing) di PSX Emulator, ya, di bus, sempet-sempetnya. Lagi asik-asik main bagian di track Dragon Mine.. "Semanggi.. Semanggi!" dan gue pun gelagapan ngeberesin laptop dan kabel data yang masih nyambung ke HP nya Anto yang masih transfer anime, duh!


Selesai, kita turun, nyebrang jembatan penyebrangan, dan sampe di luar JCC, cuma kita gak tau masuk darimana.. dimana gerbangnya? ngider-ngider disitu tetep gak nemu, buka google map pun dia nunjukin kita udah nyampe, cuma gak ada petunjuk dimana gerbangnya, pengen nanya orang gak ada yang berani, yang ikut tipe nya sama semua, tipe diem-diem semua. Akhirnya lewatlah seorang mas-mas, gue ngebuntutin di belakangnya, diikuti anak-anak lain, siapa tau mas-masnya ini tau dimana gerbang buat masuk. Eh tiba-tiba dia deketin pager, dan hop! dia manjat dan lompatin pagernya, kita saling liat-liatan, gue nyengir. "Eh My seriusan lu!!??" seru Dewi abis liat gue nyengir, dan hop! gue udah loncatin pagernya juga, akhirnya semuanya juga loncatin pager sambil berharap satpam nan jauh disana mengabaikan kita, terimakasih mas-mas, Anda jenius!


Si Yunan udah telepon gue lagi, karena dia udah nyampe daritadi, kita pun langsung beli tiket seharga Rp.10.000 dan masuk, langsung ketemu Yunan yang udah nunggu daritadi. Kita bingung mau kemana dulu, dan akhirnya memutuskan buat ke bawah. Disana banyak yang lagi pada duduk-duduk, cowok-cowok dengan atribut JKT48, ada yang nenteng-nenteng poster, ada yang lagi menambah koleksi foto di album foto JKT48 nya, ada yang pake jaket dan kaos JKT48, ada yang ngobrolin JKT48, pokoknya serba JKT48 deh, padahal itu masih jam setengah 4 sore, dan perform JKT48 nya jam 7 malem, tapi mereka udah pada standby. Eh ada yang lagi maen laptop sih, tapi pas gue ngedeket, ternyata lagi nonton konser JKT48 di laptop (sama aja). Sebagian lagi ngantri buat beli atribut JKT48 di standnya, ternyata kalau mau dapat tiket handshake harus beli atributnya dulu kayak poster, tapi harganya mahal, kita gak ada yang beli deh.


Abis itu kita ke atas lagi, eh tiba-tiba ada suara "Ini Ramy bukan?" ternyata si Fachri, anak Kancut Keblenger juga, dia emang bilang mau dateng juga ke popcon. "eh Fachri, lu sendirian?" , "Iya gue sendirian kayak orang cengo tadi, baru aja abis solat ashar terus gue berdoa "Ya Allah semoga saya ketemu Ramy" eh pas keatas langsung ketemu lo". Gue ngakak.
Sahil, Gue, Fachri
Yamato Club
Dewi, Fildza, Yunan, Gue, Sahil, Anto
 Fachri pun gabung sama rombongan kita dan kita kedalem, sebelumnya si Fildza ke Ibu nya dulu yang baru dateng sama adeknya buat ngambil kameranya. Di dalem banyak booth-booth yang kuereeen abis! Banyak gambar ilustrasi, komik, mainan, pokoknya banyak deh. Waktu kita masuk juga lagi ada zombie-zombie gitu, sebelumnya juga pernah liat tuh komunitas zombie di The Jakartya Toys and Comic Fair, eh disini ada lagi.




Sebuah popart The Avengers besar yang berwarna-warni berhasil mencuri perhatian gue dari jauh untuk melihatnya lebih dekat. 




Gak jauh dari sana gue ngeliat tokoh super hero yang udah gak asing lagi, Hebring! Ya, Hebring juga udah pernah dibahas di postingan gue yang ini. Gue langsung melipir ke booth Hebring buat poto bareng, gue pun mendekati Hebring yang tadi abis poto sama maskot bank Bukopin, gue minta poto, kita udah siap-siap, gue udah gaya, Hebring udah gaya, Fachri udah siap moto, eh tiba-tiba "Loooh!? ini Ramy!!??" kata seorang cewek di depan sambil nunjuk, gue juga spontan "Looh!? Della!!???" sambil nunjuk juga, kita tunjuk-tunjukan, Hebringnya udah pegel, senyum yang udah gue siapkan pun jadi kusut dan inilah hasilnya...


enak bener muka gue..
Hahaha akhirnya ketemu sama Della, walau udah kenal lama di online, walau sama-sama di Tangerang tapi kita belum pernah ketemu dan itu adalah pertama kalinya gue ketemu langsung, setelah mastiin mukanya sama kayak di foto, sekarang gue bisa menulis namanya di Death Note #eh. Dia berdua sama sepupunya, dan kita langsung inget rencana licik kita yang sudah direncanakan sebelumnya : Ngecengin Shin. Kemaren kita bertiga suka kirim-kirim voice note gak jelas gitu di whatsapp, dan munculah ide kalo nanti gue sama Della ketemu, kita akan ngirim voice note yang isinya ngeledekin Shin. Abis itu ngerekam deh, bingung mau ngomong apa, mau ngomong barengan malah ketawa, yaudah akhirnya satu-satu..


Della : "Hai Shin, emang enak sendirian di rumah"


dan giliran gue, gue gak tau mau ngomong apa, jadinya malah


"Hai Shin, mampus lu sendirian!"


lalu diselingi dengan ketawa evil laugh kita, hahahaha


tampang gue waktu abis ngerekam VN
Nih hasilnya..





Tapi Della gak ikut rombongan kita, dia sama sepupunya aja berdua, kita pun lanjut muter-muter lagi, liat-liat booth yang keren-keren dan bikin ngiler ituh, megang-megang barang jualan yang akhirnya gak jadi dibeli. Kenyataan yang agak menyedihkan memang, gue gak beli apa-apa karena gak uang, hiks.. kenapa sih setiap ada acara kayak gini selalu aja gue lagi bokek, eh jangan-jangan setiap saat gue bokek, tau ah. 




liat tangan Sahil sama Fachri yang mau nyipet!
Setelah bosan, kita keluar ruangan assembly hall, di depan pintu ketemu Della lagi. Abis itu kita bingung mau kemana, yaudah poto keluarga dulu. Disaat kita gak tau lagi mau kemana, Fachri menemukan penemuan yang bersejarah.... dibalik tiket masuk.


Ternyata di belakang tiket masuk ada depalan kotak dan ada tulisan, suruh kumpulin 8 stempel dari bank yang ada disana nanti ditukerin ke Game Room buat bisa main game gratis disana. Otak kita langsung bereaksi dengan kata "gratis" itu, dan gue langsung berseru penuh semangat, "Ayo kita berburu stempel!!!, " dan kamipun mendapat semangat hidup lagi, semangat untuk berjuang dengan sekuat tenaga.. demi game gratis... berburu stempel.


Selain nyadar yang ada di balik tiket itu, kita juga baru baca kalo brosur dari Common Wealth bisa ditukar dengan souvenir menarik, jadilah booth Common Wealth pemberhentian pertama kita. Disana gue sedikit mengorbankan harga diri buat ngedatengin mbak-mbak disana buat nukerin brosur dengan souvenir.


"Ya?"
"ehm... umm.. ini, Mbak.. mau nukerin brosur"
"Oh. Tunggu bentar ya" terus mbak-mbaknya ngasihin brosurnya ke temennya, dan temennya ngubek-ngubek laci.
"Gak sekalian buka rekening atau blablablabla" Mbaknya nawarin dengan semangat
"Lah? Emangnya udah boleh?" kata gue dengan tampang polos
"Loh? Ka..Kamu udah punya KTP belum?"
"Belom"
"Duh, kirain udah.. emang kelas berapa?"
"Belom donk Mbak, saya kan masih muda, masih kelas 2 SMA"


Terus mbak-mbak satu lagi dateng bawa souvenirnya, sebuah boneka kangguru kecil warna kuning.


"Souvenirnya ini, gapapa ya?" katanya
"Masa cowok dikasih boneka? pulpen aja pulpen" kata mbak yang tadi
"Pulpennya abis, tinggal ini doank"
"Coba deh tanyain pulpen... atau SPG"
"Hah? saya mau dikasih SPG, Mbak!?" gue tersontak
"He? Enggaklah!"
"Itu tadi katanya pulpen atau SPG, yaudah SPG aja deh, Mbak.."
"Eh.. itu tadi maksudnya.. ehmm.. tadi.. hmm.. sudahlah boneka aja deh, kan bisa buat pacarnya"
"Iya deh... makasih ya"


Melihat gue sukses mendapat boneka gratisan, yang lain juga pengen nukerin brosurnya, tapi pintu hati mbak-mbaknya udah tertutup, katanya gak boleh, karena belum punya KTP, mungkin udah bete duluan kali sama gue. Oh ya disini juga gue sekalian nanya, kali aja bisa minta stempel. Tapi katanya mas-masnya gak ada, malah mereka gak tau kalo ada yang ngumpul-ngumpulin stempel gitu. "Mungkin bank lain kali ya, kita sih gak ada" katanya.


sementara gue minta stempel, mereka malah ngecas hape, huh..
Duh gue malu, udah nanya dengan tatapan berharap gratisan main game, eh malah gak ada. Akhirnya kita nyari bank lain, dan ternyata gak ada juga


"ehm.. Mas, ini... mau minta stempelnya, bisa gak?"
"Stempel? Buat apa ya?"
"Umm.. buat dapet gratis main game"
"Game? game apa ya? coba liat, ini tiket apaan?"
"Itu dibelakang tiket masuk.. tulisannya gitu"


Rata-rata semuanya nanya gitu, dan semua bank yang kita datengin gak sedia stempel. Duh apa ini gak diberitahukan sama panitia ya? Kita merasa di-PHP-in sama tiket itu, udah muter-muter tapi belum dapet satu stempel pun, sementara semuanya udah pada laper.


Gak inget udah berapa stand yang kita datengin, kita PHPin mas-mas dan mbak-mbak disana, mungkin mereka pikir mau buka rekening atau apa, kita malah minta stempel. Akhirnya kita menyerah, terutama setelah di salah satu stand terjadi perbincangan berikut antara gue dan mbak-mbak penjaga booth, sebut saja mbak 1 :


"Mbak, bisa minta stempel gak? buat ini.." *nyodorin tiket*
"Buat apa ya? Coba liat..."
"ini, buat game gratis"
"Yah.. kita gak ada stempel, Dek.. buat game? aduh kasian.."


Lalu datang mbak-mbak lainnya, sebut saja mbak 2.


"Kenapa?" tanya mbak 2 ke mbak 1
"Ini.. kasian banget lho, ngumpulin stempel buat game"
Disini, gue merasa bener-bener harga diri gue udah gak ada, hancur lebur dimakan dua mbak ini. Dan kita berniat untuk retreat.
"Oh nggak ada ya, Mbak. Yaudah makasih"
"Iya de, mungkin bank yang depan itu ada, duh kasian"


GRRR... Quit kasianin me yah mbak-mbak!


Mbak, ada stempel gak? | wah gak ada, Dek.. | Kalo nomor HP ada kan, Mbak? #uhuk
Kita menyerah minta-minta stempel lagi, kita mikir aja, satu stempel pun belum dapet sementara harus menuhin 8 stempel buat dapet main game gratis, daritadi kita udah ngabisin waktu berapa lama, bank yang belum kita datengin juga tinggal dikit, sementara waktu semakin sore, nanti keburu perform JKT48 mulai, kapan mainnya? Dan kitapun resmi menyerah. *lagu "we will not go down" mengalun dari kejauhan*


Dan secondary objective kita sekarang jadi Primary objective : Nyari makan. Kita pun keliling lagi nyari yang jual makanan, karena di assembly hall tadi gak keliatan yang jual makanan berat dan minum, kita nyari di sisi lainnya, kita kembali turun ke tempat kumpul fans fans JKT48 tadi. Tapi tetep aja kita masih agak penasaran, letak game room menurut tiket adalah di ruangan Merak 1, karena udah terlanjur ke bawah, yaudah sekalian pengen liat game room nya, kayak gimana sih surga yang daritadi kita perjuangkan. Kita langsung menuju ruang Merak 1, ternyata pintunya ditutup. Kitapun langsung kayak anak udik di depan pintu itu, ngintip-ngintip dari luar, penasaran dalemnya kayak gimana, akhirnya si Sahil didorong sampe pintunya kebuka! dan...... dalemnya kosong! Gak percaya, gue pun masuk pengen liat langsung, dan ternyata beneran kosong. Kita Hening.




Pas nengok ke kanan, ke pintu ruangan sebelah, ada bacaan "Game Room (Gratis)". Hening lagi. Ternyata game room nya di Merak 2 sementara di tulisannya Merak 1. Hening. Tunggu maksudnya tulisan "Gratis" itu apa? Berarti kita tetep boleh main ya walau gak ngumpulin stempel? Hening. Disitu pintunya dibuka, dan kita intip kedalem, ada beberapa komputer dan orang yang lagi main game disana, rata-rata pada main DotA dan Point Blank, tapi... komputernya penuh, udah dipake semua. Jadi walaupun kita udah ngumpulin 8 stempel tadi juga kita gak bisa main karena penuh. Hening. Eh gak hening ding, kita frustasi. skip aja.




Singkat kata, kita kembali nyari makanan, tapi kita malah nyasar ke pameran industri bangunan gitu. Banyak booth-booth dari merk bahan-bahan bangunan, semen, genteng, gagang pintu. Isinya juga bapak-bapak semua. Kita pun muter-muter bentar, liat-liat yang ada disana, ya toh nanti kerjaan gue sebagai arsitek juga bakal berhubungan sama ginian, jadi gak ada salahnya liat-liat dulu, pikir gue. Eh belakangan kita tau dari Della, kalo dia salah masuk pintu, malah mau masuk ke industri ini, katanya htm nya 200 ribu, kita yang masuk dari popcon dengan htm ceban gak ngerasa rugi dah muter-muter #eh.




Kita pun kembali lagi ke tempat asal setelah gak juga nemu makanan, ke popcon Asia, the place where we belong #halah. Tapi pas kesana lagi, yang pada nungguin JKT48 tadi udah sepi, dan di eskalator rame banget orang berbondong-bondong ke atas. Gue liat jam, setengah tujuh, mungkin udah boleh masuk ke tempat perform JKT48 kali ya. Gue, Fachri, dan Sahil ke Mushola dulu buat solat magrib dan membuat kita terpisah dengan yang lain. Disinilah drama baru dimulai.


Kita bertiga nyariin yang lain, ditengah-tengah antrian yang rame banget, bolak balik belum gabung juga. Kita keluar masuk Assembly Hall dan lari-lari begajulan menerobos keramaian orang-orang disana, seru lho, kalian harus nyoba olahraga yang satu ini, membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dan ternyata Fachri dan Sahil punya hobi yang sama juga kayak gue, lari-lari menerobos keramaian sampe orang-orang pada kesel, ada yang kaget, huahahahaha.




Waktu kita lagi muter-muter itu juga ternyata di dalem assembly hall lagi ada meet and greet beberapa personel JKT48, kita pengen kesana tapi Sahil yang sudah tidak kuat menahan lapar memutuskan untuk membeli kripik pisang dulu. Gue sama Fachri gak ikut beli, cuma mau ngerecokin makannya Sahil doank, heuhuehuehue. Abis selesai beli kripik pisang, kita pengen liat meet and greetnya, eh malah udahan. Lalu beberapa personel JKT48 itu ngelewatin kita, sempet gue jepret nih.




Sambil ngantri ngelewatin stand bii, disana ada tantangan mainin Angry Bird Space, kalau dapet bintang 3 nanti dikasih hadiah. Si Fachri yang merasa tertantang abis ngeliat bapak-bapak yang bisa dapet bintang 3 di level 20an pun pengen nyoba. Dia coba level 20an, gak berhasil-berhasil, bintang 2 terus, coba berkali-kali masih gagal juga. Akhirnya waktu mbak-mbaknya meleng, dia ganti levelnya jadi level 1 dan langsung menang dengan mudah, bintang 3. "Wah hebat! Bisa bintang 3!" akhirnya Fahcri dikasih souvenir dan kita bertiga kabur masuk assembly hall lagi, meninggalkan ipad yang mungkin jadi bau kripik pisang itu sambil ngikik.


Akhirnya kita ketemuan di dalem hall nya aja deh, dan pas kita bertiga udah sampe dalem ternyata udah rame, dan gue kebagian kursi terakhir di barisan belakang pojok, sebelah Fildza, adeknya, Anto, dan Dewi, sementara Sahil dan Fachri ke depan, gue sama Fildza pun mempercayakan kamera kita ke Fachri, semoga di depan sana bisa ambil gambar yang bagus. Acara akan dimulai, panitia memberi himbauan saat menonton performance, dan ada yang lucu, waktu panitia bilang "Jangan lupa, besok hari Sabtu tanggal 30 Juni 2012 ada Cherrybelle yang bakal perform" dan seisi ruangan langsung "Wuuuuuuuu!" hahahahag XD




Ruangan menjadi gelap, dan musik overture dimulai, para penonton pun langsung meneriakkan wotagei (teriakan khas fans idol grup) dengan lightstick di tangan mereka "Chape! Ape! Kara! Kira! Rara! Tusuke! Moyhontusuke! JE! KE! TI! FORTIEIT! SORESORESORESORESORE!" lalu JKT48 masuk dan membawakan lagu "Aitakata", meriah banget, wotagei nya membahana, gue agak shock dan merinding, and by rame banget I mean RAME BANGET! Seru banget deh pokoknya! Terus dilanjutkan dengan lagu Kimi no koto ga suki dakara, "Daisuki!" Selesai lagu Kimi no Koto ga Suki Dakara, satu persatu member JKT48 memperkenalkan diri, juga pengucapan selamat ulangtahun buat Shania yang berulang tahun dan penonton menyanyikan lagu Happy Birthday. Dan terakhir, perform ditutup dengan lagu "Heavy Rotation", disini Wotagei semakin menjadi dan meriah, seru banget pokoknya. Ini perdana gue nonton JKT48 dan gue baru tau ternyata bakal seru dan rame banget, haha puas deh pokoknya!



Ini video yang gue ambil pake kamera HP dari barisan paling belakang, walau JKT48 nya gak jelas, tapi liat deh kemeriahan penontonnya, hoho seru banget kan?







Dan ini video yang direkam Fachri pake kamera gue di depan, waktu  akhir lagu Heavy Rotation







Abis itu yang punya tiket untuk handshake nunggu acara handshake dengan JKT48 dan yang gak punya tiket dipersilahkan meninggalkan hall. Di luar ketemu Della lagi, terus kitapun poto bareng sebagai kenang-kenangan.


Anto, Gue, Fachri, Sahil, Della.. jadi pager betis waktu tendangan bebas
(poto punya Della)
Kita berniat langsung pulang, eh ditawarin bareng mamanya Fildza naik mobilnya, asik bisa hemat ongkos pulang, makasih banyak, Tante #NebengMania. Eh diperjalanan pulang gue juga masih sempet buka laptop buat lanjutin balapan di CTR yang sempet kepotong di bus itu, eh gue yang pake Cortex menang juara 1 donk hahaha *FYI aja sih*. Dan waktu sampe rumah kita cerita-cerita di twitter tentang betapa serunya Popcon Asia dan kegokilan yang ada di dalamnya. Jadi gak sabar pengen cepet-cepet tahun depan, pengen ke Popcon Asia 2013!


Sorry for the very long post, here's a (Mr.) Potato (Head)

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

23 komentar

  1. Eh beneran SPG bisa dikasih kalau ada KTP? #eh #salahfokus

    Jadi pengen nonton konser live-nya JKT48 .____.

    BalasHapus
  2. @Farid Azroel
    hahaha gak tau, coba aja XD

    Seru banget lho bang, lu harus nonton dah pokoknya :D

    BalasHapus
  3. HAHAHAHA... EMANG IYA? DIBELAKANG TIKET ADA DISURU ISI STEMPEL???? GUA BELOM TAU SAMPE SEKARANG. HAHAHAHAHAHA

    harta jarahannya masih banyakan gueeeee...!!!

    gue udah masukin voice note nya.. silakan diliat : http://tangleuponmyhead.blogspot.com/2012/07/popcon-asia-2012-geeks-heaven-on-earth.html

    <--promo di blog orang

    BalasHapus
  4. pahanya mulusmulus eh LOL parah :D,
    seru liatnye gak seru kalo cuma baca gak kesana euy,,

    BalasHapus
  5. itu zombi milik billy christian.. di postingan gue ada zombie gatelnya.. di elo gak ada kan? gak lengkappppp :B wkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  6. @Dellana Ariévta
    hahaha ada tau, liat aja dah..
    tapi lu beruntung juga sih gak liat, nanti kayak gue lagi di PHP-in tiket u,u

    udah gue tambahin juga dari sonklot elu :p

    BalasHapus
  7. @jay boana
    bhahaha emang XD
    haha makanya nonton langsung, lebih asoy :D

    BalasHapus
  8. keselek gue masuk sini cuma buat di cengin (#`д´)ノ

    aaah itu harusnya... kenapa harus di jakarta щ(ಠ益ಠщ)


    dhike mana dhike ヽ(´□`。)ノ
    *nangis di pundak dhikejkt48 (´;ω;`)

    BalasHapus
  9. bahahaha gokil ram, ternyata lo ga beda jauh sama si fahri XD
    si fahri emang biasa sendirian kali, hati hati ngegigit XDD
    tahun depan gue ikut!

    BalasHapus
  10. @Reza Kurniawan
    hahaha iya kayaknya sejenis XD
    ooh gitu, sudah gue duga XD

    BalasHapus
  11. Trololo, SPG bii itu bener bener noob XD

    BalasHapus
  12. wah coba kalau ada di Jogja atau Semarang

    btw itu popart avenger mesti bikinan bung Wedha

    BalasHapus
  13. waaah.. seru bgt sih, apalagi kalo kesananya barengan pacar #eh :D

    BalasHapus
  14. JKT48 pasti lebih kece kalo di liat langsung. haha

    BalasHapus
  15. pulang dengan keadaan ngefans JKT48 apalagi elu Ram sampe ngapalin wotageinya noh hahaha xD

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger