Ge Pamungkas Juara Stand Up Comedy Indonesia Season 2 Kompas TV

7/08/2012

foto : kapanlagi.com
Kompetisi Standup Comedy Indonesia season 2 udah sampe babak grand final yang ditayangkan pada Minggu 8 Juli 2012 di Kompas TV. Dua comic yang menjadi Grand Finalis adalah Ge Pamungkas dan Gilang Bhaskara. Btw, sebelum mereka jadi kontestan gue udah pernah liat mereka open mic sebelumnya, udah diceritain kan? waktu di on | off 2012 gue masuk kelas stand up dan disana ada open mic dari Gilang dan Ge yang bikin gue ngakak jungkir balik, dan sekarang mereka berdua jadi grand finalis, oke, berarti selera humor gue gak bermasalah XD



Grand Final terdiri dari 3 babak, babak pertama, para grand finalis harus membawakan beat bertema kompetisi. Ge Pamungkas tampil lebih dulu, dengan tempo bicara yang cepat yang menjadi ciri khasnya. Selanjutnya penampilan dari Gilang dengan terobosan baru, dia membawakan beat nya sambil nge-rap dan mengajak penonton bertepuk tangan. Ge yang biasa tampil mengandalkan ekspresi dan bahasa tubuh yang menjadi kekuatan utamanya, sekarang tampil dengan materi yang sangat matang dan padat. Sementara Gilang berani mengambil resiko dengan tampil membawakan inovasi baru, tetapi mendapat kritikan dari Bang Indro karena mengajak penonton bertepuk tangan seperti itu akan memecah konsentrasi penonton.


Kemudian diselingi dengan battle dari comic pendukung masing-masing grand finalis. Dan berlanjut ke babak kedua. Di babak kedua, para grand finalis akan diganggu oleh heckler yang melakukan heckling (sautan-sautan yang mengganggu) pada saat membawakan materi, hecklernya adalah comic-comic supporter lawan. Gilang tampil lebih dulu, membawakan materi dengan lancar dan berhasil menghibur penonton, dia juga sukses menanggapi heckling dengan lancar. Selanjutnya giliran Ge, sepertinya dia kurang maksimal di babak kedua ini, dan respon untuk menanggapi para hecklerpun tidak selancar Gilang.


Sebelum babak ketiga, ada babak one liner. Ge dan Gilang dituntut membuat joke one liner (beat yang terdiri dari hanya beberapa kalimat, hanya mengandung satu setup dan punchline) dari lagu yang dinyanyikan musisi penghibur. Dalam hal ini, gue rasa Gilang lebih unggul, ya walau penonton sangat sedikit yang tertawa saat dua-duanya nge-one liner, emang susah sih.


Berlanjut ke babak ketiga, di babak ketiga ini, para grand finalis diwajibkan mencantumkan tiga unsur yaitu rule of three (membuat tiga setup dengan puchline di yang ketiga), act out (memperagakan apa yang disampaikan), dan call back (menggunakan puchline di awal untuk digunakan kembali di belakang). Ge tampil lebih dulu, dengan penampilan yang sangat lengkap dan berinovasi mempraktekan satu trailer movie kedalam tingkahnya, gila keren banget, banget! Kemudian giliran Gilang, dia mebawakan materi tentang bola yang memang sedang hot dan bisa membuat penonton tertawa, memang nilai plus Gilang adalah kemampuannya mencari-cari materi yang sangat dekat dengan penonton, hal-hal remeh bisa dibuat menjadi beat yang sangat menghibur. Tetapi IMHO, penampilan Ge yang "diatas wajar" tadi membuat penampilan Gilang terlihat 'biasa saja' (tapi ya se-biasa aja-nya grand finalis lho ya, tetep lucu), Ge terlanjur membuat penonton bengong dengan penampilannya. Radityadika pun memujinya, dia sudah mencapai level tinggi (bukan, radityadika bukan Bejita, dan level Ge gak over 9000 juga).


Para juri pun dipersilahkan meninggalkan kursi juri untuk berdiskusi menentukan pemenang, sementara Ryan dan Pandji open mic menghibur penonton. Dan tiba saatnya pengumuman, Pemenang Grand Final Stand Up Comedy Indonesia Season 2 adalah... Ge Pamungkas! Yeah, walau waktu pertama liat mereka berdua gue suka dua-duanya dengan keunggulan masing-masing (Gilang dengan materinya dan Ge dengan act-nya) tapi gue lebih condong dukung Ge, bahkan dari waktu rambutnya masih botak licin kayak alien. Juara pertama mendapatkan hadiah utama 50 juta rupiah dan juara dua mendapatkan 25 juta rupiah, serta hadiah-hadiah lainnya.


Well done, Ge dan Gilang, semoga bisa liat kalian di openmic-openmic selanjutnya!


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

5 komentar

  1. Ge kerennya pas babak 2, kaya ngebawain trailer , gaya kecepirit senyumnya, LOL ekspresi mukanya itu yang bikin tambah lucu xD

    sekarang blognya beriklan nih, uhuk #salahfokus

    BalasHapus
  2. @Bahrumsyah Bila Sahil
    itu babak 3 kali..
    kalo babak 2 kata gue sih masih bagusan Gilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya yang babak 2 yang ada hecklingnya itu *plak lupa padahal baru semalem, semoga Ge ga tambah songong ya . Kata yang gua inget dari dia ''dasar cemen lo kampret'' xD

      gua baru inget kalo notebook kaka gua ga ada adblocknya, jadi iklannya keliatan ._.

      Hapus
  3. @Bahrumsyah Bila Sahil
    ketauan gak baca postingannya nih :v

    BalasHapus
  4. Emang cocok jd juara

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger