Review Anime : Baka To Test To Shoukanjuu

5/12/2012


Judul : "Baka To Test To Shoukanjuu"
Jumlah episode : 13
Status : Complete
Ditayangkan : 6 Januari 2010 - 31 Maret 2010
Produser : FUNimation EntertainmentL, Silver Link, Cospa
Genre : Comedy, Romance, School, Super Power
Duration : 23 menit per-episode
Rating : PG-13 . Remaja 13 tahun keatas


Fumizuki Academy memiliki sistem nilai yang unik, dimana setiap kelas bisa menyatakan perang terhadap kelas lain. Perang dilakukan dengan Exam Summoning Battle atau ESB, caranya para siswa masing-masing kelas memanggil (summon) makhluknya (summoned being) dan harus mengalahkan summoned being kelas lain, yang menang adalah yang berhasil mengalahkan ketua kelas lawan. Saat bertarung, poin dan kekuatan dari summoned being-lah yang menentukan kemenangan . Poin didapat dari hasil tes dan ulangan mata pelajaran di sekolah. 


Summoning hanya bisa dilakukan atas izin guru, misalnya yang memberi izin adalah guru matematika, maka poin yang digunakan untuk battle adalah poin yang didapat dari nilai pelajaran matematika. Siswa bisa menambah poinnya dengan mengambil tes tambahan, dalam tes tambahan, siswa bisa mengerjakan soal sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan poin, tapi kalau mengambil tes tambahan, juga akan mengurangi kekuatan dan kemungkinan menang dari summoned being walau poin akan semakin besar. Kelas yang menang dalam ESB, bisa meminta bertukar fasilitas dengan kelas yang kalah. 



Plot

Tahun ajaran baru dimulai, para siswa kelas 2 SMA Fumizuki Academy menjalani tes pengelompokkan kelas, siswa dengan nilai tinggi akan masuk kelas A, lalu dibawahnya masuk kelas B, dan seterusnya sampai kelas F. Yang menarik adalah, setiap kelas memiliki fasilitas yang berbeda, ruang kelas A yang luxury, nyaman, dilengkapi sofa, bar, layar, laptop dan semua fasilitas yang setara dengan hotel bintang 5. Sebaliknya, ruang kelas F gembel, reyot, gak keurus, dan mengenaskan. Akihisa Yoshii, tokoh utama di anime ini, menjalani tes pengelompokkan kelasnya, tiba-tiba Himeji Mizuki yang duduk disebelahnya jatuh pingsan.


Saat menerima hasil tesnya, ternyata Akihisa masuk kelas F. Di kelas F, dia bertemu lagi dengan teman-temannya dulu, seperti Yuuji Sakamoto, Minami Shimada, Tsuchiya Kouta, dan Hideyoshi Kinoshita. Dan ternyata, Himeji juga masuk kelas F, karena dia pingsan dan tidak mengerjakan tes, dia dapet nol dan akhirnya terjebak di kelas F bersama yang lain.

Akihisa merasa kasian sama Himeji, karena tidak seharusnya Himeji masuk kelas yang gembel ini, dia anak yang pintar dan kepintarannya disebut-sebut setara dengan anak kelas A, tapi hanya karena dia sakit dan pingsan saat ujian masuk kelas, dia jadi dapet nol. Maka kelas F sepakat menantang kelas E dalam ESB. Bodohnya adalah, poin yang dipakai saat ESB adalah poin yang didapat dari nilai tes terakhir, dan tes terakhir mereka adalah tes masuk kelas yang udah jelas-jelas kelas dibagi berdasarkan urutan nilai, dengan kata lain, kelas E udah jelas menang diatas kertas. Bisakah kelas F menenangkan ESB ini dan mendapatkan fasilitas yang lebih baik?

Karakter

Akihisa Yoshii


Akihisa adalah anak yang bodoh, dan kebodohannya selalu membawanya kedalam masalah dengan ulah-ulahnya, bahkan dari kelas satu. Dia pun digelari sebagai Inspektur Hukuman oleh guru killer yang dijuluki Ironman. Inspektur Hukuman adalah sebuah gelar yang diberikan kepada orang yang spesial, yang selalu dihukum dan selalu bikin ulah, tugas Inspektur Hukuman adalah membantu para guru alias jadi OB yang gak digaji. Perannya sebagai Inspektur Hukuman ternyata membuat Akihisa memiliki Summoned Being yang spesial, memiliki kecepatan tinggi dan pemiliknya bisa merasakan kesakitan Summoned Beingnya. Walau bodoh, Akihisa ini baik hati, itu yang bikin dia disukai cewek-cewek termasuk Himeji dan Minami.

Yuuji Sakamoto


Yuuji adalah ketua kelas F, dia temen deketnya Akihisa. Walau nilainya rendah, tapi dia pintar menyusun strategi, dia memang ahli strategi kelas F dan cocok jadi ketua kelas. Yuuji tipikal orang yang tenang dan bisa berpikir jernih, tapi sering ribut sama Akihisa dan bikin ulah, makanya dia juga sering dihukum oleh Ironman. Yuuji memiliki keinginan mengalahkan kelas A dan membuktikan bahwa nilai bukan segalanya di dunia ini.

Minami Shimada


Minami dibesarkan di Jerman, dan dia baru pindah ke Jepang pas masuk SMA, jadi dia masuk kelas F karena gak bisa baca soal kanji. Meski begitu, sebenernya dia pintar, spesialisasinya adalah matematika, karena gak ada kanjinya. Kemampuan matematikanya setara dengan anak kelas B. Walau keliatannya dia tomboy, jago gulat, dan sering menyiksa Akihisa, tapi dia menyimpan rasa sama Akihisa.

Himeji Mizuki


Himeji adalah cewek yang baik, ramah, polos, dan pintar. Kepintarannya setara dengan anak kelas A, dia masuk kelas F gara-gara sakit dan pingsan saat ujian masuk, jadi dapet nol. Himeji merupakan senjata utama kelas F di ESB. Himeji juga suka sama Akihisa. Untuk mendapatkan fasilitas yang layak untuk Himeji, itulah motivasi terbesar Akihisa untuk memenangkan ESB.

Hideyoshi Kinoshita


Hideyoshi adalah cowok cantik dan manis yang lebih mirip kayak cewek. Karena wajahnya yang kayak cewek itulah kadang dia sering disangka cewek dan diperlakukan kayak cewek sama orang-orang di sekitarnya, bahkan banyak cowok yang suka sama dia. Himeji dan Minami aja merasa tersaingi sama Hideyoshi soal mendapatkan Akihisa (cemburu kok sama cowok). Walau nilai akademisnya jelek, dia memiliki bakat dalam drama dan ikut club drama. Dia memang seorang aktor yang hebat, kemampuannya menirukan suara perempuan dan wajahnya yang mirip perempuan juga membuatnya sering dapet peran sebagai perempuan, meski begitu, dia normal dan tidak mau diperlakukan kayak cewek (walau keliatan sudah sangat terbiasa).

Tsuchiya Kouta


Biasa dipanggil Mutsurini (Voyeur atau tukang intip), dia adalah mata-mata ulung, bisa bersembunyi dan bergerak seperti ninja, fotografer handal, dan juga mesum. Dia juga memiliki banyak peralatan mata-mata seperti kamera pengintai, alat perekam, dan kamera inframerah (gila). Dia sering memotret gadis-gadis dan menjual foto mereka melalui transaksi gelap di sekolah, pelanggan setianya adalah Akihisa yang sering membeli foto-foto Hideyoshi dari jepretan Tsuchiya. Tsuchiya payah di pelajaran lain tapi sangat mahir di olahraga, mungkin karena sering berlatih sebagai ninja untuk mengintip gadis-gadis.

Review

Semenjak baca reviewnya di blog Bang Farid, gue langsung tertarik sama anime ini, dan bener aja, anime yang diadaptasi dari Light Novel karangan Kenji Inoue ini bener-bener berhasil bikin gue ngakak. Terutama penggambarannya yang bisa berubah-rubah mendadak itu mendukung banget. Sifat anak-anak bodoh kelas F (terutama Akihisa) juga bisa menghadirkan konflik yang menarik. Baka to test to shoukanjuu menghadirkan macam-macam model komedi, slapstick nya Minami dan Shouko, nosebleeding nya Tsuchiya dan Akihisa, penggambaran-penggambaran dramatis nan lebay dari setiap scene yang kadang-kadang permasahannya gak penting, aksi-aksi kocak Akihisa, Yuuji dan kawan-kawan, pokoknya semuanya sukses bikin anime ini jadi anime yang lucu parah.


Konflik dan sifat karakter di anime ini rata-rata belum pernah gue temuin (terutama Hideyoshi, unik banget), ceritanya juga lumayan ringan, cuma main alur maju mundur dari scene sebelum opening dan sesudahnya. Setiap akhir episode juga berisi soal-soal test dan jawaban dari karakter Baka to test yang konyol.

Yang gue suka dari anime ini tuh, meski gak keliatan kayak karakter-karakter bodoh kebanyakan, tapi orang bodoh di anime ini tetap aja orang bodoh (terutama Akihisa), kebodohan yang tercermin dari perkataan dan pola pikirnya, walau wajahnya ceria dan meyakinkan. Intinya, Baka to Test to Shoukanjuu anime yang tepat buat pencinta anime school life comedy, karena ringan dan sangat menghibur, pantes aja di AMH Anime Award (Award yang diadakan oleh kaskuser forum AMH), Baka to Test to Shoukanjuu mendapat Best Comedy Anime 2010, mengalahkan Nyan Koi! dan nominator lain, Hideyoshi Kinoshita juga dinominasikan sebagao Best Male Chara 2010 dan Best Supporting Chara 2010, arc OVA nya mendapat Best OVA Anime 2011 masih di AMH Anime Award.

tiba-tiba wajah Tsuchiya jadi wajah licik Lelouch dan merasa sudah berhasil memakai Geass pada Akihisa  buat meyakinkannya beli foto Hideyoshi, LOL XD
Anime ini memiliki pesan, bahwa nilai bukan segala-galanya di dunia ini, jika kita mau berusaha dan belajar dengan sungguh-sungguh, kita bisa meningkatkan nilai kita, dan pertemanan dan kekompakkan jauh lebih penting daripada fasilitas kelas yang bagus.

Baka To Test To Shoukanjuu
Lucu, Summon, Bodoh
ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

12 komentar

  1. "Akan kubuktikan pada dunia, bahwa nilai bukanlah segalanya di dunia ini" - Yuuji Sakamoto

    BalasHapus
  2. Wuanjir, gambar Geass di mata Kouta ada segala. Ngakak dah gua. (belum lagi satu episode itu berasa nonton Evangelion cover :p).

    Btw, tim FFF dari kelas F ga dibahas ? Tim dengan kemampuan tempur paling "mengerikan" selama ESB, meskipun ada syarat khususnya ??

    BalasHapus
  3. @Farid Azroel
    oh iya, FFF ... potensi mereka baru dipake pas ESB lawan kelas B sih ya XD

    BalasHapus
  4. @Ramy Syarat FFF keluar ... isu + gosip, wakakakaka.

    BalasHapus
  5. kol ada sangkut pautnya ama evangelion ? anime favorit ane tuh xD jadi penasaran

    BalasHapus
  6. @Farid Azroel
    LOL, FFF sekumpulan jomblo ngenes yang ganas.. kalo udah iri sama yang pacaran jadi sangat berbahaya XD

    BalasHapus
  7. @Muhammad Nasihin
    mungkin karena artwork nya tiba-tiba berubah tiba-tiba gitu kali, hahahaha XD

    BalasHapus
  8. Hahaha, ini salah satu anime favorit gua kalo lagi pengen ketawa...penasaran sama season 3 nya...

    BalasHapus
  9. @Claude C Kenni
    haha iya bang keven, mudah-mudahan aja ada season 3.. soalnya di season 2 konfliknya udah mulai serius, antara Akihisa, Minami, dan Himeji :D

    BalasHapus
  10. lalallala~
    numpang lewat atas nama mutsurini :v

    BalasHapus
  11. penasaran sama season 3nya kira2 ada gak yah gan?

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger