Macam-Macam Gaya Berantem Dari Berbagai Genre Film

5/07/2012

sumber
Ollo, minna!  o genki desuka? boku wa genki da, ohisashiburi desu ne :D hontou gomenasai, gue mulai jarang posting blog, karena akhir-akhir ini banyak tugas-tugas sekolah yang gak bisa diajak kompromi, banyak ulangan-ulangan harian dan praktek-praktek datang bertubi-tubi, udah gitu hampir tiap hari gue pulang sore terus karena ada jam tambahan Bahasa Jepang buat mempersiapkan diri buat lomba Harumatsuri nanti yang materinya bikin mumet.

Setelah susah payah ngumpulin mood, akhirnya gue posting lagi. Nah, pasti kalian pernah nonton film kan? Dari waktu masih bocah nonton Teletubbies, beranjak dewasa nonton Shaun the Sheep. Dari semua film yang biasa kita tonton, hampir semuanya ada adegan berantemnya, walau bukan bergenre action. Mulai dari berantem lawan penjahat-penjahat cere, berantem lawan boss, berantem sama keluarga sendiri, atau sama elang raksasa, pasti ada aja adegan berantem. Kalau kita perhatiin, gaya berantem dari setiap film tuh beda-beda, dan disini gue paparkan Macam-Macam Gaya Berantem Dari Berbagai Genre Film :


Film Barat

Gaya berantem di film barat, biasanya diwarnai dengan tinju-tinju yang kuat, dibarengi dengan serudukan, dan lebih sering mematahkan anggota tubuh lawan, misalnya melintir tangan, patahin tangan, melintir leher, dan membenturkan kepala lawan ke kaca, KLANG!. Si Jagoan yang terlibat perkelahian akan menang dengan beberapa pukulan mendarat di wajahnya dan sedikit bonyok dengan darah di pelipisnya. Oh ya, kadang lagi berantem, ada yang ngeluarin pistol, atau ada leadakan, KABOOM!

Film China

Ini nih yang udah terkenal, adegan berantem film-film china dengan kung fu nya bisa bikin penonton megap-megap kayak ikan cupang abis tarung. Biasanya di film China, si jagoan dikeroyok sama banyak musuh, musuh-musuh yang ngeroyok ini cuma cecere-cecere ato anak buah si penjahat utama, kemudian dengan kung fu nya, wush..wush.. semua musuh itu dia kalahkan seorang diri. Rame sama adegan loncat, tendangan, musuh mukul bertubi-tubi terus bisa ditangkis ato dihindari, melempar musuh ke musuh lain, menendang musuh sampe musuhnya mental ke tumpukan drum dan drum nya berantakan, selalu bisa menghindari musuh bersenjata walau jagoannya pake tangan kosong. Kadang waktu jagoannya mukul, suka ada efek tepung-tepung gitu, musuh yang dihajar langsung tepar dalam one hit, musuh yang dihajar juga jarang berdarah, paling pingsan ato meringis-meringis di lantai sambil megangin perut, dan kadang si jagoan bisa menang tanpa kena satu pukulan pun, emejing!

Film India

Walau identik dengan tarian dan nyanyian, di film India juga ada adegan berantemnya. Biasanya gaya berantem di film-film India, si jagoan sering gak berkutik, dikeroyok sama sekelompok gangster gitu, dua orang megangin tangannya, satu ngehajar, tapi si jagoan bisa ngebalik keadaan, lepas, atau kabur. Kadang ada juga senjata api disini, biasanya sih revolver.

Film Korea

Di film Korea, berantem selalu diiringi musik latar orkestra, biasanya cuma satu atau dua pukulan dan jarang ada darah atau muka bonyok, karena akan merusak make-up dan akan mengurangi kegantengan pemainnya. Kalau ada adegan senjata api, yang ditempak langsung dadanya dan entah kenapa siapa aja yang ketembak kebetulan lagi pake baju warna terang.

Anime


Hampir di semua anime, pasti ada adegan berantem. Gaya berantem anime ini epic, pertama diawali dengan pukul-pukulan, pipi musuh adalah sasaran favorit, dan jarang ada adegan baku tembak, yang banyak itu berantem pake senjata tajam, pedang yang segeda gaban. Di Anime, ketusuk, ketebas, tangan putus dan berlumuran darah gak terlalu sakit, karakter anime jarang meringis kesakitan walau lukanya parah sekalipun. Kekuatan karakter nya pun sangat luar biasa, bagaimana dua orang yang bertarung bisa ngancurin satu gedung, atau satu planet sekalipun, KAMEHAMEHA!

Film Drama Legenda

Beranjak ke dalam negeri, gaya berantem di film-film drama legenda di Indonesia cukup khas ya, walau kadang gue sedikit kasian sama kameramennya, mereka pasti dibayar mahal. Misalnya, kalau mau membuat pemain keliatan melompat dengan keren, si pemain cukup lompat ala kadarnya, tinggal di kameramen dengan dramatis menggerakan kameranya diagonal ke kiri bawah  ke arah tanah, dan voila! efek si pemain loncat dengan keren pun tercipta! Kalau mau bikin pemain keliatan abis mental terus terhempas gimana? tinggal dibalik aja, kamera bergerak diagonal dari atas ke bawah dan langsung menyorot si pemain yang udah tiduran dan keliatan kesakitan, jenius! Oh ya, waktu lagi berantem lawan siluman kalajengking atau naga, si pemain menendang-nendang ke udara, sambil dikasih SFX bak bik buk, soal keliatan beneran berantem itu urusan belakangan.

Telenovela

Baru mau mukul atau nampar, eh seseorang dateng, gak jadi deh.

Sinetron

Waktu mau mukul wajib dislow-motion, biar gak keliatan banget kalo mukulnya pelan, mau jatoh slow motion, biasanya cuma satu pukulan doank. Abis mukul, secara bergantian diperlihatkan wajah close-up pemainnya, yang abis dipukul bakal melotot, mulut nganga, sambil megangin pipinya seakan tak percaya apa yang baru saja dia terima, tentu masih slow motion. Kemudian disorot yang mukulnya, dengan pandangan tajam dan tangan yang masih mengepal, zoom in, pindah ke pemain satunya, zoom in, pindah, zoom in, masih slow motion, gitu terus sampe kiamat.

Ultraman

Ultraman badannya langsing, walau raksasa, dia bisa bermanuver mengalahkan musuh-musuhnya. Waktu berantem lawan monster jahat, dia sering kali melancarkan serangan-serangan akrobatik yang keren, tendangan memutar, salto, baling-baling, dan sebagainya. Tapi itu hanya awalnya, tunggu sampai si monster mengeluarkan kekuatan sebenarnya, ultraman pun kuwalahan dihajar monster. Ultraman meringis kesakitan di tanah, lampu di dadanya mulai berkedip tanda kekuatannya udah semakin lemah.


Waktu si monster mau menghabisinya, biasanya dihentikan sama pesawat-pesawat jet tempur yang membantu ultraman, tembahan pesawat-pesawat itu cukup mengulur waktu monster dan ultraman bisa bangkit lalu mengeluarkan jurus pamungkasnya.. tembakan laser dari tangan, monster pun hancur lebur, DYAR! 


Ultraman menang, terus dia terbang ke luar angkasa, ngapain coba ke luar angkasa? kalo mau berubah jadi orang lagi gimana? Berubah di luar angkasa, gak bisa napas, berubah di laut, tenggelem, berubah di tempat terpencil, balik nya jauh, berubah di kota, malu amat udah terbang eh nongol lagi, lagian nanti ketauan... Ultraman memang aneh.


Power Rangers


Gaya berantemnya Power Rangers juga keren sih, banyak gerakan salto, tendangan, dan ngehajar musuh yang biasanya keroyokan. Kalau musuh ecek-ecek udah abis, si boss diperlakukan agak spesial, karena sering kali dia dikalahkan dengan senjata gabungan para rangers yang ditembakkan bersama-sama, JDER! Tapi gak sampe situ aja, musuh yang udah kena tembak, tiba-tiba menjadi raksasa dan mulai mengacau lagi, Power Rangers lalau memanggil robot Megazord dari markasnya dan melakukan adegan transformasi yang dramatis. Setelah itu, pertarungan antara musuh raksasa dan robot raksasa dimulai, setelah pertarungan cukup sengit, Power Rangers menang dan mengambil pose kemenangan membelakangi tubuh musuh raksasa yang meledak, gak peduli berapa banyak kerusakan yang diakibatkan mereka, gak peduli berapa gedung yang hancur, gak peduli berapa orang di kota yang kehilangan tempat tinggal, mobil, tiang listrik pada jatoh, jalanan ancur, power rangers gak peduli itu, yang penting cuma POSE!
scumbag megazord
Itulah Macam--macam Gaya Berantem Dari Berbagai Genre Film, ada yang kurang atau kelewat? atau ada gaya berantem lain yang belum disebutin disini, kasih tau di kolom komentar ya :D


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

34 komentar

  1. Power Ranger, dapat membuat rumput meledak hanya dengan berPOSE.

    Tapi adegan berantemnya telenovela itu ..... sesuatu sekali :|

    BalasHapus
  2. ada yg kurang... gaya berantem ala termehek-mehek: dorong dorongan doang, padahal talent'nya pada gede badannya, hahaha :)

    BalasHapus
  3. @Farid Azroel
    ah iya itu kelewat, selalu aja ada ledakan pas abis pose XD
    ato waktu lagi lari, belakangnya ledakan XD

    BalasHapus
  4. @dunia kecil indi
    oh iya hahaha bener banget kak, kadang ada bodyguard yang badannya gede, serem, cuma dorong-dorongan doank XD

    BalasHapus
  5. drama legenda sekarang mah lebih mirip film kartun. soalnya animasinya "baaaguuuuussss bangeeett!!!" hehehehe.. :D

    BalasHapus
  6. Cara berantem Mad Dog juga keren, karena tangan kosong lebik greget

    BalasHapus
  7. @Fachri Rachmanda
    yoi, kalo The Raid masuknya apa ya? action Indonesia? XD

    BalasHapus
  8. @Ramy Terkadang gua kasihan kalau ada masyarakat sipil tak berdosa yang kebetulan lewat dibelakang para rangers kalau mereka sedang berPOSE.

    Pasti mereka akan ... < isi sendiri >

    BalasHapus
  9. bener tuh kata comment di atas,gata berantem mad dog yg kerennya minta ampun udah ditusuk tetep masih idup.iya ram itu masuk action indonesia.

    BalasHapus
  10. film jepang yg kelahi nya keren tuh crown zero . heu
    ada lagi gaya betarung sponge bob bisa jatuhin patrik tanpa sentuh

    BalasHapus
  11. @Nonni Shetya
    jangan lama-lama ngomongin mad dog, entar dia bisa denger... ngeri gue XD

    BalasHapus
  12. @shin
    sering denger tapi belum pernah nonton XD

    BalasHapus
  13. bahahak ngakak nih gue! :D
    itu telenovela kok dikit doang :O
    rosalinda ayamor~

    BalasHapus
  14. wkwkwkwk.... yg sinema laga itu, kalau waktu masih kecil suka tegang. kalau sekarang jadi ngakak mas hihi...

    vist back n comen my blog :)

    BalasHapus
  15. lengkap...
    itu yang Film Drama Legenda promosi sekali kakak :P..
    eh masih ada kan yah? -___-

    BalasHapus
  16. Dari film barat sampe ultramen, lengkap kap kap -_-

    eh eh, kalo film india berantemnya pake lagu lagu india yah :D

    BalasHapus
  17. jiahaha yang berantem banget ya yang tonjok tonjokan jambak jambakan ala sinetron #please jangan cap gw korban sinetron

    lucu ya kalau mau berantem harus pake backsound dulu pas mau nonjok tiba tiba yang berantem protes "woy kurang tinggi nadanya sangaran dikitlah" lol #teamsalahfokus

    tapi yang anime lucu loh kadang ngeluarin jurusnya aja lama banget keburu lawannya bosen nungguin

    ngga nyangka ramy demen telenovela juga #eh

    BalasHapus
  18. "Alfonso kau telah khianati aku."
    "Oh, tidak Marimar, jangan salah paham."
    "Aku melihatnya dengan mata kepala kusendiri. Bagaimana mungkin aku bisa salah paham? Laknat kau Alfonso!!!" (siap-siap nampar)
    *kemudian iklan*

    BalasHapus
  19. Power Ranger kompak bgd . .kalau kalah satu kalah semua. . Haha
    Keren sob

    BalasHapus
  20. @Adittya Regas
    hahaha menghayati berarti pas kecil XD

    BalasHapus
  21. @Laini Laitu
    haha tau dah masih ada apa enggak XD

    BalasHapus
  22. @Rifqi
    hahaha gak selalu juga kayaknya XD

    BalasHapus
  23. @Uzay ^,^
    haha dasar korban sinetron :P
    iya bener banget, oh ya lupa yang anime : walau bertarungnya jauh-jauhan, tetep aja kalo ngomong kedengeran XD

    BalasHapus
  24. @RamyTeriak -teriak pake TOA kali... haha..
    kalau gw sih suka gregetan kenapa sebelum kamehameha selesai si picolo ngga nyerang duluan malah ngeliatin #eh..

    BalasHapus
  25. @Uzay ^,^
    hahahaha tau tuh bener XD kalo main PS juga gak bisa ngindar XD

    BalasHapus
  26. mas.. mbaaak ada yg tau ga judul film korea yang ada gambarnya diatas.. waduh dah lama g nonton film itu... pliss klo ad yg tau ya ??

    BalasHapus
  27. Lucu amat tu. Ultramen abis bertarung menang terbang ke angkasa langsung jadi manusia di bumi aneh. Ngakak gua

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger