Earth Hour, UTS, dan Olimpiade Kimia

4/10/2012


Wow, udah seminggu lebih gue gak posting blog, karena seminggu ini gue UTS dan persiapan untuk Olimpiade Kimia, jadi biar keliatan kayak anak yang belajar, gue gak ngeblog dan online dulu deh, paling cuma dari HP doank. Padahal, selain udah gatel pengen ngeblog, gue juga baru punya anime-anime baru yang siap buat ditonton di liburan abis UTS nanti. Well, ada beberapa hal yang mau gue ceritain selama gue gak online, diantaranya :

Earth Hour


Tanggal 31 Maret kemaren waktunya Earth Hour di tahun 2012. Mungkin ada yang inget tahun lalu blog gue berpartisipasi dengan offline dulu selama Earth Hour, pengennya sih pas tahun ini juga, cuman sayang, template yang dulu itu belum gue save dan gue gak sempet buat ngotak-ngatik template lagi. Kemaren juga Kaskus ikut Earth Hour, situs mereka offline selama Earth Hour berlangsung, banyak kaskuser yang salut dan ada juga yang mengeluh karena gak bisa kaskusan pas Earh Hour, hahaha. Tapi walau blog gue gak ikut Earth Hour, rumah gue selalu ikut Earth Hour lho, mulai dari Earth Hour pertama di tahun 2009 dan tahun ini. Yah walau tahun ini kayaknya cuma gue doank yang aware soal Earth Hour, abisnya gak kayak tahun lalu yang sampai diiklanin di TV, Earth Hour tahun ini kayaknya kurang publikasi deh, waktu gue bahas Earth Hour di twitter pun banyak yang baru ngeh kalau Earth Hour jatuh nanti malam.



Earth Hour tahun ini berlangsung dari jam setengah 9 sampe jam setengah sepuluh, begitu waktunya tiba, gue langsung main matiin semua lampu di rumah, Papa sama Mama nanya "ngapain matiin lampu?" gue jawab singkat "Earth Hour", udah deh pada diem, gak berani ngelarang... gak berani ngelarang bumi untuk beristirahat sejenak. Sayang mungkin karena kurang publikasi, waktu gue jalan-jalan ke tetangga, cuma rumah gue doank yang gelap, jadi keliatan kayak mati listrik karena belum bayar 3 bulan #fail .


UTS
nama gue disingkat jadi RDH gitu, berasa kriminal...
Minggu-minggu kemaren waktu kebanyakan anak SMA lagi pada UTS, sekolah gue masih nyantai dan bahkan katanya gak ada UTS. Kita udah pada ngeledek temen dari sekolah laen yang lagi UTS waktu itu, "masih jaman ya UTS?". Tapi beberapa minggu setelahnya, malah sekolah gue juga ngadain UTS, aduh isin dah udah pada ngeledekin. Alhasil, UTS yang cuma seminggu itu kerasa lamaaaa banget, apalagi karena tangan gue udah gatel mau online dan mau nonton anime, euh pokoknya kerasa lama banget deh. Dan begitu UTS selesai, kita udah kayak.


Olimpiade Kimia


Tanggal 3 April, tanggal yang dinanti-nanti oleh gue dan temen-temen, yaitu hari pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten. Gue yang ditunjuk sama guru bersama 3 temen lainnya yaitu Baruna Ryotama alias "Bar Bar Dut", Fitria Febri alias "Nampan", dan Nisa alias... alias.. ah dia gak ada aliasnya. Ya, biar kata nama alias kami bukan Tabung Reaksi atau Bejana Ukur, tapi kami ngewakilin sekolah di bidang Kimia. OSK kali ini diadakan di SMAN 1 Kab. Tangerang yang diikuti SMA-SMA se-Kabupaten Tangerang. Gue berangkat berbekal doa orangtua, dan kebiasaan lupa gue kambuh lagi, kali ini gue lupa bawa kalkulator, padahal kalkulator buat pelajaran kimia sangat dibutuhin, dan padahal kalkulator itu juga baru gue beli kemaren.. warnanya bagus lagi, biru putih kayak robot gundam #GakPenting.


Kita berangkat dari sekolah dengan 4 mobil, karena rombongannya lumayan banyak dari berbagai mata pelajaran. Dan padahal hari itu masih UTS, jadi yang ikut Olimpiade diberi dispensasi. Dan lucunya, waktu gue sampe di sekolah lokasi diadakannya olimpiade, gue ngerasa kayak dejavu sama sekolah itu, dari gerbangnya, tangganya, lukisan di dindingnya, musholanya, kantinnya, pokoknya kayaknya gue pernah kesini deh... gue inget gue pernah kesini sebelumnya, waktu SMP ngikutin sebuah lomba, tapi gue coba inget-inget, dan gue gak inget, dan waktu sebelum olimpiade dimulai pun gue habiskan buat mengingat lomba apa yang gue ikutin ya dulu disini?


Disini para peserta dikasih soal olimpiade, kalau untuk kimia sih waktunya 100 menit terdiri dari 20 soal PG dan 5 soal essay (kalo gak salah), awalnya kata pengawasnya gak boleh pake kalkulator, padahal di kertas peraturannya boleh, yaudah akhirnya dibolehin, untung gue udah minjem kalkulator anak matematika (matematika gak boleh pake kalkulator). Dari sini bakal diambil 5 besar yang bakal lolos ke tingkat Provinsi.


Seminggu berlalu dari hari olimpiade, pengumuman yang dijanjikan akan dikabarkan ke sekolah pun tiba, alih-alih pengumuman, ini malah lebih mirip berita duka. Guru pembimbing yang nelpon ke dinas buat menanyakan hasil sekolah gue pun mendapat berita kalau dari sekolah gue gak ada yang masuk provinsi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta yang lolos didominasi sama anak SMAK Penabur. Uh, dari SMP gue gak bisa kalahin Penabur, dulu di lomba Siswa Teladan Kab. Tangerang yang gue ikutin pas SMP, gue dapet juara 2, dan juara 1 nya dari Penabur, Juara 3 nya waktu itu pun sekarang ada di sekolah gue dan ikut olimpiade kimia juga, si Bar Bar Dut tadi, tapi tetep kita belum bisa kalahin mereka.


Ah, padahal dapet medali olimpiade kimia termasuk cita-cita besar gue, guna membentuk kondisi kritis dan menanmkan pesan di bawah sadar (baca buku MESTAKUNG karya Prof. Yohanes Surya deh), gue udah nempel poster di kamar gue untuk semua target yang mau gue capai, termasuk masukin dapet medali olimpiade dalam 100 target (sekarang udah lebih karena ada beberapa yang gue tambahin seiring berjalannya waktu) yang gue tulis dan gue tempel juga di dinding kamar, dan gue tulis di buku pegangan gue.





Sekarang impian itu sirna, dari total 103 target yang gue tulis, baru 2 yang tercapai dan dengan ini ada 3 yang gak mungkin lagi bisa tercapai. Ya, kalau gak lolos di tahun ini, tahun depan gue udah kelas 12 dan gak boleh lagi ikut kegiatan lomba di sekolah karena dipersiapin buat UN.


Kecewa sih, tapi gapapa deh, mungkin aja gue belum bisa menang dari penabur dari SMP sampe SMA, tapi nanti waktu gue udah jadi pengusaha properti sukses, gue akan bikin sekolah yang akan menjadi sekolah favorit se Tangerang dan siswa-siswanya nanti akan menjadi pemenang olimpiade tingkat Nasional, bahkan Internasional, Keep Spirit!


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

6 komentar

  1. emang susah kalo mau ngalahin anak penabur. hahaha. isinya dewa2 semua. ahaha

    BalasHapus
  2. @R.J
    haha, persiapannya mantep cuy mereka :D

    BalasHapus
  3. soalnya gimana? mantep kah itu soal OSK nya?
    aku tahun ini ikut OSN fisika tapi, gak lolos. 2 partnerku malah yang lolos ke provinsi :)

    BalasHapus
  4. @Selvia Sari
    wah bukan mantep lagi deh X)
    semoga sukses buat 2 temennya :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger