8 Tipe Pengguna Twitter Yang Kurang Disenangi

4/13/2012


Ollo! apa kalian semua punya akun twitter? selama gunain twitter pasti udah ketemu banyak macem-macem pengguna twitter yang ada di timeline kalian. Karena bermacam-macam, tingkah mereka juga bermacam-macam, dan pasti ada yang kita kurang suka dari mereka. Ini gak sesimple "kalau gak suka unfollow aja" , ada beberapa faktor yang bikin kita gak bisa unfollow walau kita gak suka mereka muncul di timeline, misalnya karena kenal di dunia nyata, balada follow memfollow dan unfollow twitter ini emang agak berabe, beberapa orang bisa jadi marah karena twitternya di unfoll temennya, makanya beberapa orang nyari aman dan berusaha menerima alur timeline yang kadang gak bersahabat itu.

Gak terkecuali timeline twitter gue, yang berisi kicauan-kicauan orang-orang yang gue follow, dan beberapa gue gak suka. Walau udah berusaha gue redam dengan follow akun-akun bagus (kayak akun enterpreneur, penulis buku, motivator) biar timeline gue lebih seger dikit, tetep aja, kadang tweet mereka masih sering muncul, emang gak bisa dihindari sih. Lama-kelamaan, gue mulai terbiasa dan mencoba mengelompokan tweeps-tweeps yang kurang gue senangi itu kedalam 8 Tipe Pengguna Twitter Yang Kurang Disenangi. Berikut tipe-tipe nya :

(Karakter yang dijadiin contoh itu karakter dari Anime Trouble Chocolate , kalo yang tau anime nya, mungkin itu terlihat lucu..... mungkin)

RT Abuser



No doubt, udah bukan menjadi rahasia kalau RT Abuser memang mengganggu kelangsungan hidup umat bertimeline. Mereka yang selalu membalas tweet dengan RT kadang mengganggu pemandangan timeline kita, kadang RTan nya ampe beberapa kali sampe gak jelas lagi alur pembicaraannya dan kita bacanya harus dari kanan ke kiri kayak tulisan arab. Yang paling ngeselin dari RT abuser adalah, bukan ketika mereka bales tweet temen mereka dengan RT, tapi ketika mereka bales tweet kita dengan RT. Kadang, kita mention orang itu biar setidaknya cuma dia yang baca karena bahasannya gak buat publik timeline, eh malah di RT sama dia. Yang lebih lebih ngeselin, kadang kita abis ngomong apa, lalu di RT tapi ambigu sedemikian rupa sehingga kita yang keliatan bego, woy citra gue woy, itu follower lo bisa salah ngerti!

Orang biasanya gunain RT buat ngomentarin hal yang dirasa penting untuk followernya, atau setidaknya buat ngelucu dan diliat sama followernya. Kalo ngobrol biasa silahkan pake reply, toh kita juga gak mau tau urusan lu sama temen-temen lu yang ngerembukin kerja kelompok.

RT Abuser Generasi #2

Sedikit (banget) di atas RT Abuser generasi pertama levelnya, RT Abuser Generasi #2 ini emang sama-sama sering nge-RT, cuman bedanya kalo generasi #2, RT nya beneran mencet tombol Retweet, bukan berupa quote atau komentar yang ada huruf R sama T nya. Tapi tetep aja sifatnya abuse. Misalnya gini, lu gak follow Justin Bieber, tapi ada following lu yang follow justin bieber dan nge-retweet SEMUA tweet Justin! okelah kalo justin lagi kultwit, atau ngasih info penting yang tweetnya bersambung, tapi ini? cuma status-status biasa, yang hello follower lo gak mau tau juga, di-retweet semua, kalo gue emang mau tau banget tentang Justin, gue udah follow dia kali, ada alasan gue gak follow dia karena gue gak mau dia ada di timeline gue, dengan lu me-retweet semua tweet dia sama aja gue kayak follow dia.

Well, Justin Bieber ini cuma contoh, yang lebih sering gue temuin di lapangan adalah tweetnya @tweetramalan , @tipedarah @damnitstrue , dan tweet-tweet akun-galau-yang-sok-ngasih-quote-yang-sekilas-bagus-padahal-non-sense yang gue gak inget semuanya, yang lebih parah adalah me-retweet semua tweet artis Korea yang berbahasa Korea, tobat kau nak.. tobat..

Panci Batagor

Disebut panci batagor karena selalu panas. Ya, tweet si panci batagor rata-rata berbau panas, kesel, marah, emosi, unmood, yang kalau dipikir-pikir sama sekali gak ada manfaatnya buat para followernya. Gue percaya, tweet-tweet yang negatif seperti itu malah turut berperan dalam menyebarkan energi negatif kepada para pembacanya, ya followernya. Kalo lu liat-liat tweetnya si panci batagor, seakan-akan dunia ini tempat yang kejam, seakan Tuhan berlaku tidak adil, teman-temannya berkhianat dan seakan hidupnya lebih sengsara dari bawang putih.

Padahal bisa jadi yang dia rasain gak gitu-gitu banget, karena kadang beberapa orang suka mendramatisir tweet mereka hanya demi mendulang retweet, yah kita juga tau yang retweet pasti sama-sama tweeps yang bertipe panci batagor. Untuk si panci batagor ini, gue memberikan perhatian khusus, gue gak anggap sepele mereka karena gue percaya, panci-panci batagor yang mereka lemparkan ke timeline bisa menularkan energi negatif kepada para followernya. Makanya kalo udah ada bau-bau batagor gosong di timeline, gue lebih memilih tutup twitter dulu, daripada kebawa badmood? dan seperti yang gue bilang di atas, follow-lah akun-akun yang menyebarkan energi positif untuk menetralisir para panci batagor.

Fandom

Mereka yang terlalu fanatik, emang selalu ngeselin. Gak itu supporter fanatik klub bola, atau fans fanatik artis Korea. Gue yakin 68% orang yang membenci SM*SH gak sepenuhnya benci sama boybandnya, melainkan sama tingkah fans-fans nya yang udah kelewat batas, bahkan sebuah brand fashion Perancis yang bermerk Morgan fanpage fb nya diserbu Smashblast dongo yang bersikeras kalo itu fanpage Morgan smash, bahkan sang admin udah berusaha memberitau kalo ini bukan punya morgan smash, pake bahasa perancis, gak ngerti, pake bahasa Inggris, gak ngerti, bahkan si admin udah berusaha pake bahasa Indonesia (yang keliatan pake google translate), eh para smashblast alay itu malah menuduh mereka dibohongi. DAFUQ! hoekk *udah Ram, jangan diinget-inget, nanti lu mencret-mencret lagi* kalo kalian yang belum tau dan mau bermencret-mencret ria dengan kejadian memalukan bangsa ini, bisa dicek disini.

Well, jadi melebar kesana kan.. kalau di twitter, rata-rata sikap fandom yang nyebelin udah dimasukin di RT Abuser generasi #2, tapi ada lagi tingkah mereka yang ngeselin, yaitu ketika mereka memohon-mohon follback atau mentio dari idolanya. Masih mending kalau mereka mention (menaru username di depan tweet, jadi follower yang gak follow orang yang dimention gak baca), lah ini naro usernamenya di tengah apalagi di belakang yang bisa dibaca sama followernya. Awalnya sih muji sambil mohon, abis itu mohon, terus mohon memelas, terus mohon kesel, terus minta, terus nuntut, dan kalau belum dibales juga malah nyumpah-nyumpahin #facepalm.

Love Birds


Love Birds adalah mereka yang pacaran di timeline kalian! ya, bagi beberapa jomblo, melihat sejoli pacaran di timeline mereka lebih ngeselin daripada melihat orang pacaran di antrian popcorn. Sebenernya yang membuat tipe ini tidak nyaman diliat di timeline adalah karena mereka juga merangkap sebagai RT Abuser. Kalau mereka pacaran tapi mention-mention-an sih fine-fine aja.

Kejar Setoran

Bagai sopir bus kota yang lagi ngejar setoran, tipe ini ngetweetnya ngebut, tujuan mereka cuma biar jumlah tweet mereka banyak, mereka berpikir ada prestis tersendiri kalau jumlah tweet mereka lebih banyak dari teman-temannya sementara orang normal melihat jumlah tweet yang banyak + umur akun sejagung + mention dikit = tukang nyampah. Dikit-dikit update, statusnya pun gak penting diketahui, misalnya "mau jemput adek.." , "helm mana ya?" , "duh motor belum dicuci" , "duh lampu merah lagi.. " , "lama bener.. " , "rusak kayaknya nih lampu.." , "tolong gue ditilang!! ".

Sakau Follower

Tweet-tweet mereka gak jauh-jauh dari #OpenFollow , #TeamFollowback , dan lain-lain. Yang jadi masalah, waktu lu buka profile mereka, tweetnya kayak gituan semua! sulit menemukan tweet asli mereka. Ada juga tipe Sakau Follower yang minta-minta follback, biasanya mereka mention "follback ya" pas dibuka profile-nya, berderet tweet serupa ke username yang beda-beda. Doh! Yang make aplikasi penambah follower dan membanjiri TL dengan "GET MORE FOLLOWER MY BESTFRIEND?" juga termasuk kategori ini.

Rich Man


Sesuai namanya, tipe ini adalah orang-orang kaya (atau yang ingin terlihat kaya), biasanya tweetnya sombong-sombong dan pencitraan. Banyak yang kesel sama tipe ini, tapi tipe ini yang menurut gue paling bisa ditoleransi, toh yang mereka tweet juga kepunyaan mereka, kenapa mesti kesel? berarti kalo kita kesel ada rasa dengki dalam diri kita *tsaaaah

Itulah tipe-tipe pengguna twitter yang kurang disenangi, walau kurang disenangi tapi kehadiran mereka di timeline kita memberikan warna tersendiri, iya nggak? Ada tipe-tipe lainnya kah?

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

58 komentar

  1. wahahaha dodol, gue juga pernah mosting soal ini. btw gue termasuk gak yah kira2 :'(

    BalasHapus
  2. Muahahaha semoga aku gak termasuk yah XD Hempsch~ Love Birds? Walaupun aku pacaran tapi gak pernah lebay2 di TL sih bang ngehahaha

    BalasHapus
  3. @Irvina
    hehe gapapa ya kak gue posting lagi :D
    haha gak lah ..

    BalasHapus
  4. alhamdulillah yah gue emang suka nyampah di timeline, tapi bukan karena gue pengen jumlah tweet gue banyak, cuman emang bales mention aja, atau enggak live tweet gue nonton bola.
    iyuuuh banget pacaran di timeline, bikin orang kepo tau gak.
    dan kalo gue sendiri ga hobi banyakin followers, toh gue bukan artis, kalo mau follow yah silakan, enggak yah unfollow aja. heheheu.
    gue paling eneg sama rich man, biasanya gue mute pake aplikasi twitter. ada satu following gue yang updatenya
    "ih, papi mau beliin ipad minggu depan, padahal gue gak minta"
    minggu depan...
    "ih papi mau beliin gue motor, ngapain juga disini ngekos"
    minggu depan ada yang nanya
    "mana ipadnya?"
    dan dia menjawab ..
    "ga jadi deh, aku pengen tab aja" #facepalm

    BalasHapus
  5. @BasithKA
    padahal gue aja gak tau kalo lu pacaran, berarti emang gak termasuk LOL XD

    BalasHapus
  6. Dulu pertama punya twitter mungkin gue termasuk jawab pakek RT gak pakek replay tapi aku baca postingan irvina dan mulai ngerti, ada replay knp pkek RT kecuali itu info penting. trus kalo soal follow gue follow ya karna twett-twettnya keren masalah gue di folback/gak itu terserah dia. kalo mereka merasa twett kita keren mungkin bakal di folback suatu saat nanti. itu gue juga ngerti pas baca postingan irvina :D sekarang eh ada lagi postingan kayak gini ya semakin ngerti dan dipelajari pastinya :D nice post.

    BalasHapus
  7. @F u n y
    huahahah parah, itu mah sangat sangat sangat layak sekali untuk di mute XD

    BalasHapus
  8. Yang kategori 1 ama 2 tuh, sering nongol. Sukanya retweet quote membabi buta, ato obrolan nggak penting buat follower pake RT. Biasanya sih anak baru punya twitter yg kek gitu .CMIIW

    BalasHapus
  9. Salah satu alternatifnya Bisa disiasati dengan membuat List. Buat aja list orang2 yang emang penting, yang gak penting biarin aja. Jadi kalo kamu OL cukup lihat list tadi. :D

    Hmm, saya juga sering tuh, temen twit gak penting. Mungkin menurut mereka itu penting. :)

    BalasHapus
  10. @JuniInvasion
    yup, biasanya sih.. dan biasanya juga mereka gak sadar, makanya mereka butuh follow orang2 yg suka nyinyir XD

    BalasHapus
  11. @Cucu Hermawan
    ya bener banget, thanks tambahannya :D

    BalasHapus
  12. eh,gw pke RT klo bls mention,,berarti gw termasuk donkk,,huhu... berarti gw tweeps menyebalkan yah..hikz #tobat..tobatt

    BalasHapus
  13. @Vye Riansyah HR
    hahaha.. ya begitulah, kalo setiap mention dibalas pake RT, pasti ada aja yang terganggu.. XD

    BalasHapus
  14. hahaha setuju , lu gambarnya dapet dari mana ram? masa iya tokoh trouble chocolate pada punya akun twitter xD *nanya yg gak nyambung dari topik

    BalasHapus
  15. @Bahrumsyah Bila Sahil
    huahahaha akhirnya ada yang nanya itu.. *gak mau jawab* :p

    BalasHapus
  16. si RT abuser masih sering tuh sampe sekarang. kadang suka pusing sendiri ngeliatnya. malah kadang suka lebih dari satu pembahasan. kalo udah begitu pengen banget unfol.
    btw link ke morgan de toi itu kocak. pagi" bikin ketawa =))

    BalasHapus
  17. @Ramy
    -__-" percuma juga gua nanya, atau jangan2 lu bikin sendiri akunnya ya? trus dibikin kaya gitu

    BalasHapus
  18. @senny12
    haha parah gak tuh kelakuan mereka? XD

    BalasHapus
  19. kalo nge RT harusnya pilih2, mana yg pantas untuk disampaikan kembali, mana yg tidak

    dan menurut gue user paling nyebelin itu fan yg fanatiknya kebangetan, yakni 90% twitnya mengenai idolanya =_= masih mending kalo idola kita sama, nah ini...

    BalasHapus
  20. Ramy, kalo' twitter saya masuk yg mana? Yg ke sembilan ato yg ke-10?

    Tipe apa ya?
    Saya pikir dulu deh...

    BalasHapus
  21. @Muhammad Nasihin
    "pemujaan yang berlebihan itu tidak sehat" - Patrick XD

    BalasHapus
  22. @Mimpi Siang bOlOnG
    hehe om Bagus mah gak termasuk atuh :D

    BalasHapus
  23. RT Abuser
    Awalnya biasa aja sama golongan ini. Tapi, makin hari, makin males bacanya. Apalagi kalo RT-nya itu udah lebih dari satu. Rasanya pengen teriak, "WE WANT TO READ THE TWEETS, NOT THE CONVERSATION!"

    RT Abuser Generasi Dua
    Nggak begitu bermasalah sih sama golongan ini. Tapi kalau mereka retweet berturut-turut sampe bikin banjir timeline, langsung aja turn off retweetnya!

    Panci Batagor
    Hahaha, lucu istilahnya. Dan, selalu lucu baca tweet-tweet mereka yang negatif. Aku bukan orang yang gampang terpengaruh, yang jika baca tweet-tweet negatif bakal ikutan badmood. Tweet-tweet begitu bakal jadi inspirasi untuk ngetweet.

    Fandom
    Betul! Sebenarnya, kita nggak benar-benar benci sama artis A, tapi fansnya yang super fanatik bikin kita makin benci!

    Love Birds
    Jarang nemu, sih, di Timeline.

    Kejar Setoran
    Kayaknya hampir semua pengguna Twitter udah menjauhi tingkah begini. :p Tapi aku, sekali ngetweet, bakal ngetweet terus. Tapi, aku nggak bakal ngetweet status-status begituan. Ya, yang semoga bermanfaat bagi followerlah. :p

    Sakau Follower
    Nggak usah munafik lah, siapa sih yang nggak kepengen punya banyak follower? Tapi, emang cara #OpenFollow itu bikin kesel!!!

    Rich Man
    No comment, yang jelas, anak kecil banget. :P

    BalasHapus
  24. Seenggaknya saya sudah nggak sreg sama Twitter. Dan ke-nggak sreg-an saya itu membuat saya tidak perlu ngeliat jejeran timeline yang model-model begitu. :))

    BalasHapus
  25. @Alvi Syahrin
    setuju banget sama semua komennya diatas! :D

    haha tweetnya si panci batagor tuh bisa buat inspirasi nyinyir yak >:))

    BalasHapus
  26. @Wiwi Arianti
    kenapa bisa gak sreg sama twitter? :o

    BalasHapus
  27. semoga gue ga termasuk. amin :D kalo gue "nyampah" di twitter biasanya kalo lagi ikutan kuis yang mengharuskan nge-tweet banyak2 ahahaha... tp kadang suka kesel sm akun yg ngadain kuis krn syarat kuisnya kyk gitu, gue jd dibilang nyampah di timeline -_-

    BalasHapus
  28. yak, RT abuser generasi ke 2 emang gak nyenengin, semuanya diretweet dalam waktu yg singkat. jandinya langsung ngebanjiri timeline. Gak peduli itu status biasa atau klutwit, tetep gak nyenengin

    BalasHapus
  29. @Amanda Desty Yunistyani
    haha klo gue sih kalo syaratnya kayak gitu gak ikut, paling ikut yg jawab pertanyaan doank X)

    BalasHapus
  30. @Rusa
    iya, kayak banjir kiriman dari Bogor jadinya XD

    BalasHapus
  31. Bhahahak, ini sih acc kampret semua,ram.
    Itu gue paling enek sama yang #openfollow. Plis deh ah -__-"

    BalasHapus
  32. @Aliv
    hahaha memang kampret XD

    BalasHapus
  33. Mengenai lovebirds, kasian ya yg jomblo. Ga di warung makan, ga di timeline, tetep harus liat orang pacaran. Apalagi lovebirds itu mantan sendiri. *curcol*

    BalasHapus
  34. @Zazuli
    *puk puk Bang Zuli* ( '-')/

    BalasHapus
  35. MUTE ALL THE ABUSERS !!!!
    #justme

    BalasHapus
  36. ku nggak tuiteran, usiiiing...

    BalasHapus
  37. Mau tanya dong :)) yang tau jawab ya.. Kalo kita MUTE acc orang di twitter kan artinya kita ga bisa liat tweet dia, tapi apakah dia masih bisa melihat tweet kita ? Jawab ya.Thanks :)

    BalasHapus
  38. @Anonim
    kalau dia follow kita masih bisa liat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi dia bisa mention kita ga?

      Hapus
  39. @Anonim
    kayaknya masih bisa deh..

    BalasHapus
  40. Gue kan demen girl band Korea Ram.. Berarti masuk kategori fandom nih wkwk *redam tweet* *takut di unfollow* *apa emang gue udah di unfollow?*

    BalasHapus
  41. kayaknya saya yang ke sembilan, akun randommmmmmmmmmm

    BalasHapus
  42. @Arief Ramadhan
    seenggaknya tweet lu gak itu doang kan rip XD gak kok, belum gue unfollow (eh? belum?)

    BalasHapus
  43. @Honeylizious Rohani Syawaliah
    mending tweetnya random sekalian deh, lumayan bisa dikulik berbagai macam informasi >:D

    BalasHapus
  44. kayaknya aku fandom,,tapi karena aku membatasi followerku harus fandom juga n jenisnya harus sama(klo nggak langsung ku block..sorry daripada g nyambung) jd gpp dong hehehe

    BalasHapus
  45. Aku ga punya twitter, ga ngerti
    mending facebook ;-)

    BalasHapus
  46. Wkwkwk.. Kalo aku sih masuk kategori fandom abisnya ngefans berat sm BIGBANG ;D
    tp menurutku sih twitanku masih wajar kok. Emang sih tiap on pasti ada aja tweet buat fandom itu, tp msh tau batas juga kali *ga tiap detik tiap menit ngemen yg itu2 aja-,-
    lagian fandom yg difollow jg rata2 sejenis, jd klo buat share cukup nyambunglah:)

    Mm.. klo buat RT sih 'Kadang'
    trs klo buat acc yg disturbing sih *yg gatau jg knpa bs kefollow-_- plg tnggal di MUTE, ato klo emg bnr2 ngeganggu UNFOLL, trs klo diunfoll nyolot sorrysorry to do nih yah BLOCK!!
    simple sih ;D

    BalasHapus
  47. Ahaaaaaaay!!!! Ini sungguh lumayan cerdassss .. Tapi ada yang kurang deh kek nyeh, tweet tweet promosi yang "engga banget" buatdibacatapimaugimanalagiitutweettemendunianyata!! :))))
    Gw sering sebel bangeddd ( pake D ) + ( D nya Tiga ) , ngeliat temlen kadang kadang ada yang gini nih Contoh 1 : " Hey teman teman follow temen gw yak , keren sexy,cantik blablabla " .. Contoh 2 : Follow band temen gw nih, yang mau launching bentar lagi dan bisa dengerin revbe nya di "Link Revb" . Eh pas di dengerin sumpah ANCUR BANGET HASIL TAKE-an nya!!! "Kampreet gak tuh? Dan tweet itu di ulang2 berkali kali setiap jam nya!!
    Terimakasih nih yeh udah dengerin semi cerpen dari saaayyyyaaaaah :DD

    BalasHapus
  48. gue masuk yang fandom nih :3 mwahahaha

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger