10 Musisi Jepang Yang Terkenal Lewat Anime [Part 1]

4/27/2012


Bagi musisi Jepang, lagunya dipilih menjadi soundtrack anime adalah media promosi yang sangat ampuh. Karena anime ini nantinya kemungkinan akan disiarkan ke seluruh dunia, dan kalau anime itu sukses, otomatis nama mereka juga akan ikut terangkat. Semakin memorable anime nya, semakin memorable pula lagu soundtracknya, dan semakin dikenal pula band atau musisi yang menyanyikannya.

Di Indonesia sendiri, banyak anime yang ditayangkan di TV, beberapa udah gue review di rubrik Childhood Corner. Tetapi anime dengan soundtrack (asli, bukan dubbing) yang memorable itu anime yang tahun 2006 - 2009, jaman kejayaan Naruto di televisi Indonesia. Sebenernya tahun 1999 - 2005 pun banyak anime-anime yang bagus di TV, tapi dulu soundtrack nya kebanyakan didubbing, jadi yang memorable ya soundtrack versi Indonesianya deh.


Nah sementara itu, dari soundtrack anime itulah kita mulai mencari tau siapa musisi yang menyanyikannya, biasanya ada di tulisan kreditnya, dari situlah banyak musisi yang mulai dikenal (setidaknya di Indonesia) lewat soundtrack anime. Dan Berikut adalah 10 Musisi Jepang Yang Terkenal Lewat Anime versi gue:
10. Judy and Mary


Siapa yang tidak tahu "Samurai X" ? Anime yang bercerita tentang seorang Samurai bernama Kenshin yang ingin memulai kehidupan baru dan memutuskan untuk tidak membunuh lagi dan memakai pedang bermata terbalik. Dulu Kenshin dikenal sebagai Batosai sang pembunuh. Kenshin dengan luka berbentuk X di pipinya juga sempat menjadi ikon Samurai di Indonesia, semenjak anime ini ditayangkan oleh RCTI. Lagu opening anime ini yang sangat terkenal berjudul "Sobakasu" yang dibawakan oleh band beraliran multi-genre (punk, rock, pop) bernama Judy and Mary . Coba dengarkan lagu Sobakasu berikut siapa tau bisa membawa kenangan masa lalu kita kala menonton Samurai X dulu.






9. V6


Boysband Jepang yang beranggotakan 6 orang ini terkenal dengan lagunya yang menjadi Lagu Opening Anime "Inuyasha" berjudul "Change The World". Inuyasha menceritakan tentang Kagome, seorang cewek yang menemukan dimensi lain di sumur tua di rumahnya, sumur itu membawanya ke masa jaman dulu dimana siluman masih sering ditemukan. Kagome membebaskan seorang siluman anjing yang tersegel di pohon keramat, siluman itu bernama Inuyasha, sejak saat itu petualangan mereka membasmi siluman-siluman jahat pun dimulai. Lagu Change The World akan menerbangkan kita ke masa-masa kita nonton Inuyasha di Minggu pagi di Indosiar atau sehabis magrib di Global TV.






8. Uura Saeka


Uura Saeka adalah penyanyi pop-rock Jepang, lahir pada 1 April 1989. Lagunya yang berjudul "Sha la la - Ayakashi Night" yang menjadi original soundtrack dan opening dari anime "Kekkaishi" turut melambungkan namanya, terutama di Indonesia. Kekkaishi bercerita tentang para Kekkaishi, seseorang yang bisa menciptakan kekkai (segel berbentuk persegi) untuk mengurung dan membasmi siluman. Yoshimori adalah seorang Kekkaishi dari klan Sumimura, setiap malam dia berburu siluman sebagai tugasnya sebagai kekkaishi. Yoshimori tidak sendiri, ada Tokine yang juga merupakan Kekkaishi dari klan Yukimura yang bersama-sama Yoshimori berburu siluman setiap malam. Walau hubungan klan Sumimura dan Yukimura kurang begitu baik, tapi Yoshimori dan Tokine bersabahat sejak kecil, Tokine pernah menyelamatkan Yoshimori yang menyebabkannya terluka parah, sejak sata itu Yoshi bertekad untuk menjadi Kekkaishi yang kuat agar bisa melindungi Tokine, bukan hanya merepotkannya seperti selama ini yang dia lakukan.

Kekkaishi (versi manga-nya) mendapat penghargaan sebagai manga shounen (komik untuk cowok) terbaik dalam Shogakusan Manga Award tahun 2007. Di Indonesia, versi Anime nya pernah ditayangkan oleh ANTV jam 2 siang.







7. Nobodyknows+


Kelompok J-rap beranggotakan G-ton, Hidden Fish, Crystal Boy, Yasu Ichiban, Nori da Funky Shibire-sasu, DJ Mitsu bisa dibilang cukup sukses dalam dunia hip-hop Jepang. Musik mereka adalah kombinasi dari funk, jazz, dance, dan tentu saja hip-hop. Kelompok yang dibentuk tahun 1999 di Nagoya, Aichi, Jepang ini dikenal (khususnya di Indonesia) lewat lagu mereka "Hero's Come Back!!!" yang menjadi first opening dari Naruto Shippuden.

Naruto Shippuden bercerita tentang Naruto saat beranjak remaja setelah timeskip selama 3 tahun menjalani masa latihan bersama Jiraiya, kegagalan Naruto untuk membawa pulang Sasuke dan memenuhi janjinya kepada Sakura meghantuinya dengan rasa bersalah, setelah latihan selama 3 tahun untuk memperkuat dirinya, sudah waktunya Naruto untuk menemukan kembali Sasuke, sementara teman-temannya di Konoha juga telah mengalami perkembangan. Nobodyknows+ lewat lagunya ini juga mengenalkan banyak orang di dunia lebih jauh tentang Japaneese Rap dan menjadi penggemar dari aliran musik tersebut.






Selain Hero's come back, lagu nobodyknows+ yang berjudul "Kokoro Odoru" juga dijadikan soundtrack anime, tepatnya sebagai lagu ending anime "SD Gundam Force".

6. Hitomi Shimatani


Adalah lewat anime "The Law of Ueki", nama Hitomi Shimatani menjajaki Indonesia. Dengan lagunya yang berjudul "Falco" yang dijadikan lagu opening The Law of Ueki, artis yang memulai debutnya ketika masih duduk di bangku SMA ini bisa membuat namanya semakin terkenal seiring dengan kesuksesan anime tersebut. The Law of Ueki bercerita tentang sebuah turnamen untuk menentukan Dewa baru, 100 calon dewa harus memilih satu murid SMP untuk menjadi petarungnya yang diberikan kekuatan khusus. Kosuke Ueki dipilih oleh salah satu calon dewa bernama Kobayashi dan diberikan kekuatan untuk merubah sampah menjadi pohon. Calon dewa yang menang akan menjadi dewa selanjutnya sementara muridnya akan akan diberikan bakat kosong, yang memungkinkan seseorang mempunyai bakat apapun yang dapat dimilikinya.

Bisa saja dengan mendengar "Falco" ini akan mengingatkan kita pada kekonyolan Ueki dan kawan-kawan dalam The Law of Ueki





List 5 - 1 akan dipost di Part 2 ya, nanti postingannya jadi kepanjangan hehe, bagaimana menurut kalian? inget dengan musisi dan lagu-lagu di atas? :D

ENJOY YOUR DAY!
 
===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========
 

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

20 komentar

  1. ente nulis Sobakasu-nya 'Sobasaku'. ralat cyin XD
    betewey, Uura Saeka ternyata Bishoujo ya~~ <3 lagunya Kekkaishi yg paling enak itu Kyuukei Jikan Juppun. lirik terjemahannya mantep boks =))

    http://atashi.wordpress.com/2008/01/15/kekkaishi-ending-theme-kyuukei-jikan-juppun/

    sin cosine tangent, Aa ittai nan no tame?
    Muzukashii desho sensei! (lol)

    BalasHapus
  2. @Fujisaki Fuun
    eh iya, udah diubah XD
    iya bener, tapi gue masih milih YUI deh XD oh iya gue baru inget itu juga lagunya Uura Saeka, ada nih lagunya tapi baru tau terjemahan liriknya, mantep banget! :D

    BalasHapus
  3. gue taunya V6 aja =__=\\
    soalnya ga begitu perhatiin artistnya kecuali suka banget sama ost animenya

    BalasHapus
  4. @Muhammad Nasihin
    hahaha mungkin yang di part 2 nanti lu tau :D

    BalasHapus
  5. Cuma tahu (dan pernah download) lagunya V6 dan Hitomi Shimatami doang .___.

    BalasHapus
  6. @Farid Azroel
    hihihi nanti part 2 mungkin kenal semua bang :D

    BalasHapus
  7. mana gak ada onepice?

    tadi ikutan search ini gara2 twitmu, nemu yg one pice BELIEVE hahaha

    BalasHapus
  8. @ega primebound
    hehehe tunggu saja part 2 bang :D

    BalasHapus
  9. KEREEEEn, baru pertama kali ngeliat videonya Judy and Mary. Jadi inget jaman SD :')

    BalasHapus
  10. @Shanti R.
    iya, jadi inget jaman SD..
    gak nemu video clipnya sih, nemu konser live nya doank

    BalasHapus
  11. Bener tuh kata bang ega, mana one piece. Gw apalnya lagu lagu soundtrack one piece :)

    BalasHapus
  12. @JuniInvasion
    hohoho cek part 2 bang, udah keluar, ada ost one piece :D

    BalasHapus
  13. oh ia gan... ikimono gakari juga jngan lupa... :) thnkzz

    BalasHapus
  14. Paling inget dan ditunggu2 itu lagunya V6 change the world...
    Inget banget dulu disiarin Jam 07:00 pas di Indosiar :)

    Judy and Mary juga, si kenshin dulu di SCTV sore jam3an, nyatu dipaketin sama kartun animax lain. Si Kenshin ini senin-jumat, yg jam 15:30 nya ganti2 tiap hari...hahahhahah inget banget ya gue. Hari selasa ada popolocrois pokonya :) (lagunya enak banget dah)

    BalasHapus
  15. pada ga kenal kecuali yg bawain op 1 naruto shippuden :'))

    BalasHapus
  16. @Puti Azalea
    mungkin yg di part 2 kamu kenal ti XDb

    BalasHapus
  17. Wow, semua musisi yg agan sebutin diatas animenya Alhamdulillah udah gue tonton semua. Jadi nyambung dah, haha. Emang memorable banget deh!

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger