Step by Step Membasmi Pembajakan

3/30/2012



Pembajakan di negeri kita kayaknya udah jadi masalah yang cukup sulit untuk diatasi, terutama musik bajakan. Alasannya gak jauh-jauh dari harga album musik asli yang mahal dan harga album musik bajakan jauh dibawahnya. Bayangkan, satu keping CD MP3 bajakan bisa kita beli di penjual CD pinggir jalan seharga 3000 rupiah, sudah berisi ratusan lagu yang bisa langsung kita dengarin, bandingkan dengan membeli CD Album asli yang seharga puluhan ribu dan cuma berisi satu album dari artis tertentu.


Tapi pembajakan semakin menjadi-jadi saat memasuki era digital, kita gak usah repot-repot pergi ke tukang CD pinggir jalan dan membayar 3000 rupiah, cukup bermodalkan komputer dan koneksi  internet, kita bisa bebas download lagu yang kita inginkan dengan mudah di situs-situs file sharing dengan gratis sebanyak apapun yang kita mau. Inilah yang membuat pembajakan makin susah dihentikan di era digital, terutama musik. Karena ukuran file yang relatif kecil dan kebutuhan hiburan di perangkat-perangkat handheld seperti handphone dan pemutar musik mobile, tentu musik bajakan lebih sering diunduh jika dibandingkan dengan film bajakan dan pembajakan lainnya.


Sebenarnya apa alasan orang-orang lebih senang mengunduh musik bajakan? Berikut yang gue tangkep :



Gak sadar kalau mengunduh gratis adalah ilegal


Suatu pagi, seperti biasa gue langsung ngecek timeline twitter, dan mendapati satu tweet yang diretweet sama akun official band favorit gue. Tweet itu dari seorang cewek yang mention ke akun band itu, kira-kira begini “Baru download album barunya @akun_band , keren banget lagunya”. Awalnya gue bingung, kenapa diretweet sama band itu, apakah retweet itu adalah bentuk dukungan atau terimakasih seperti tweet-tweet pujian lain, memang waktu itu band itu baru aja ngeluarin album terbarunya. Masa sih mereka mendukung download gratis? Dan gak berapa lama muncul tweet-tweet kekecewaan dari akun band itu terhadap si cewek dan menjelaskan kalau mendownlaod gratis adalah ilegal, bahkan mereka menulis, “mendownload ilegal sama saja menyuruh kami bubar”.


Gue seketika pengen ngakak, tapi juga miris. Ternyata si cewek itu tidak sadar sama sekali kalau mendownload gratis adalah ilegal makanya dia gak ada malu-malunya ngetweet kalo dia baru downlad album terbaru dan dimention langsung ke artisnya. Ini bisa jadi gambaran bahwa banyak orang Indonesia yang belum menyadari bahwa mendownload gratis itu ilegal. Selain kasus diatas, bisa dengan gampang kita temuin orang-orang yang dengan enteng, bahkan bangga kalau lagi download, dan gak ada sedikitpun rasa bersalah dan malu dengan membeberkan dan menuliskannya di social media.


Memang apa pentingnya kesadaran?  Minimal dengan kesadaran, kita punya sedikit rasa malu dan rasa bersalah kalau download gratis, ya walau belum bisa berenti sepenuhnya untuk download, pasti kalau udah punya rasa malu kita tidak akan dengan entengnya mengumbar kalo kita lagi download ini di social media.


Kesadaran ini bisa muncul kalau kita mau baca dan belajar tentang kenapa download gratis itu ilegal? Ini semua menyangkut hak cipta si artis yang mengeluarkan lagu dan album tersebut, dan hak cipta ini diatur dengan jelas di Undang-Undang Hak Cipta di negara kita.


Harga Album Asli Yang Mahal


Banyak yang sudah tau kalo downlaod gratis itu ilegal, tapi masih suka download gratis. Alasannya karena harga album yang asli mahal dan tidak terjangkau, jadi lebih hemat download gratis. Kayaknya ini alasan tersulit buat memberantas pembajakan, tapi perlu diketahui, kita bakal dapet kelebihan-kelebihan kalau kita beli album asli dan legal yang sebanding dengan harganya. Diantaranya kita bakal dapet kualitas musik yang lebih bagus daripada musik downloadan dan bajakan, kita turut memajukan roda perindustrian musik, dengan membeli original, artinya kita turut mengapresiasi karya musik artis yang bersangkutan, dan tentu aja.. ada kebanggaan tersendiri kalau beli original.


Gak tau atau gak ada tempat beli album original


Alasan ini juga gak jarang ditemui lho, banyak yang gak tau dimana tempat beli album original,atau di daerah tempat tinggal mereka gak ada toko yang jual album original, jadi lebih gampang download gratis di internet karena gampang ditemuin, tinggal klik klik klik, download deh. Ayolah, masih ada yang namanya toko online, kita bisa memesan album original di toko-toko online, walau di daerah tempat tinggal kita tidak ada toko yang jual album original, album yang dibeli lewat online bisa langsung dikirim ke rumah kita.


Males


Males, alasan paling jujur sedunia. Banyak yang males beli original, karena males jalan ke toko musik, males mesen di toko online, ngurusin pembayaran, pengiriman dan lain-lain, males melakukan segala prosedur yang dirasa ribet untuk dapetin satu album orginal, jadi lebih seneng dan simple download gratis. Eits! Siapa bilang punya musik dan album original itu ribet? Kita bisa kok beli download di Melon. Prosedurnya mirip kok kayak download biasa, cuman dengan download melalui Melon, kita akan dapet musik yang legal! Ya, download yang satu ini emang legal, gak ilegal dan tentu kualitas musik dan lagu yang kita dowload kualitas asli. Untuk memudahkan pelanggannya dan menumbuhkan kesadaran akan musik legal, melon juga ngasih kupon-kupon hemat yang bisa kita pilih kalau mau beli dowload lagu.


Atau masih terlalu males untuk download secara legal? Di Melon juga kita bisa streaming lagu, kita bisa dengerin sepuasnya lagu yang tersedia di melon lewat browser dan menikmatinya, tentu aja, dengan legal. Jadi gak ada lagi deh alasan males untuk menikmati musik legal, karena lewat Melon itu udah paling mudah, simple, dan legal untuk mendownload dan menikmati lagu. Buat pembaca gue yang sadar akan musik legal, gue juga menyediakan widget Melon khusus di sidebar blog gue, kalian bisa streaming dan dengerin musik disana sambil baca blog gue, asik kan?


Udah, gak ada lagi alesan-alesan buat tidak membeli lagu dan album asli, karena semua alasan diatas udah ada solusinya masing-masing, tinggal seberapa sadarkah kita akan masalah pembajakan di negeri kita ini, dan apakah kita ingin bersikap membiarkannya, mendukungnya, atau menghindarinya? Tentu aja menghindarinya kan? Karena pembajakan itu melanggar hukum.


Nah gimana nih bagi kita yang udah kebiasaan download gratis buat lepas dari kebiasaan ilegal itu? Tentu aja, semenjak kita berubah pikiran untuk menikmati musik legal, gak semudah itu bisa lepas dari kebiasaan-kebiasaan mendownload lagu gratis. Proses ini harus dilakukan dengan cara bertahap dan perlahan tapi pasti dengan tetap mempertahankan kesadaran akan musik bajakan. Silahkan coba tips gue berikut ini :




Mulailah dari Artis Idola


Sebagai seorang fans, kita bakal selalu mengharapkan yang terbaik untuk artis idola kita dan tidak mau hal buruk terjadi padanya. Kita akan turut bahagia manakala artis idola kita mencetak prestasi besar dalam penjualan albumnya, dan kita akan turut sedih jika artis kita mendapat musibah, pencurian misalnya. Tapi gimana kalau ternyata artis idola kita sedang mendapat musibah, yakni pencurian besar-besaran, dan ternyata salah satu malingnya adalah kita sendiri! Ya, dengan mendownload gratis kita sama saja mencuri hak karya artis idola kita. Coba bayangkan, artis idola kita bekerja keras untuk membuat sebuah album, tetapi kita dengan enteng dan tidak ada rasa berdosa sedikitpun mendwonlaodnya secara gratis, ini namanya tidak menghargai kerja keras artis idola kita.


Coba seandainya kita beli albumnya secara legal, atau download secara legal, maka kita turut membantu mencetak penjualan album artis idola kita, kalau misalnya si artis idola kita punya prestasi penjualan album, kan kita juga yang senang. Membeli album original artis idola kita juga berarti kita menghargai kerja keras artis idola kita untuk membuat album itu. Dan Ingat, fans sejati beli ori, jangan ngaku fans sejati kalau masih download gratis album artis idolanya #jleb.


Mulailah dengan Lagu Indonesia


Kalau masih susah untuk stop download gratis secara total, selain mulai dari lagu dan album milik artis idola kita, cobalah mulai dari lagu dan album penyanyi lokal Indonesia. Dengan membeli album original dan download musik legal dari artis Indonesia, artinya kita turut mendukung dan berperan dalam roda industri musik tanah air, juga membantu serta memberi semangat baru artis lokal untuk terus berkarya untuk bangsa.


Jangan Sebar Link Download


Jangan menyebar link download gratis. Okelah kita masih belum bisa berenti secara total untuk mendownload gratis, tapi jangan sampe kita nyebarin link download gratis itu baik di blog pribadi ataupun di akun social media kita. Dengan menyebarkan link download, artinya kita turut serta dalam penyebaran pembajakan. Selain itu, menyebarkan link download di blog dan akun social media juga bisa berdampak pada reputasi kita, kita akan dianggap tidak menghargai musisi dan dianggap tidak mengerti dan belum menyadari tentang musik bajakan dan Undang-Undang Hak Cipta. Dan untuk lebih amannya lagi, jangan juga mengumbar atau mengumumkan bahwa kita lagi download, sama seperti diatas, kita akan dianggap sebagai orang yang tidak menghargai hak cipta.


Jangan Mencari Keuntungan lewat Musik Bajakan


Jelaslah, menyebar link downloadnya aja gak boleh, apalagi dengan mencari keuntungan lewat musik bajakan. Misalnya dengan mendownlaod banyak lagu, lalu diburn dalam sebuah CD dan dijadikan mp3 bajakan, lalu dicopy dan dijual ke temen-temen. Beuuuh itu sudah perbuatan yang sangat sangat melanggar hak cipta, kalau ketauan kita bisa dipenjara.


Ingatkan Teman


Saling mengingatkan antar teman, siapa tau teman kita belum menyadari tentang musik bajakan ini, jadi kita kasih tau mereka. Tentu aja ngasih taunya dengan cara baik-baik dan di waktu yang tepat, bahasanya jangan seperti mengajari dan jangan menghina. Mulailah dari teman-teman yang memiliki selera musik sama dan artis idola yang sama dengan kita. Gunakan kalimat yang informatif dan sedikit persuasif.


Ya, kelima tips tadi bisa kita gunakan kalau mau memulai mengkonsumsi musik yang legal. Kapan waktu yang tepat untuk memulainya? Waktu yang paling baik adalah sekarang, tapi kita juga bisa memanfaatkan moment tertentu untuk memulai dan biasanya akan terbentuk komitmen yang lebih kuat, misalnya moment saat ulangtahun, beli gadget baru, pindah kos, kenaikan kelas, kenaikan semester, dan lain-lain. Contohnya gini : “Baru beli handphone baru, gue gak mau handphone ini diisi dengan lagu-lagu yang ilegal, mulai sekarang gue akan beli dan download lagu dengan legal untuk konsumsi di handphone baru ini”, atau : “Artis idola gue baru ngeluarin album baru nih, baiklah mulai dari album ini gue gak akan mau download gratis lagi, gue akan beli asli, dan mudah-mudahan bisa kebeli juga album-albumnya yang lama”.


Dalam kasus gue, momentum itu saat gue kehilangan semua file musik di komputer gue. Tanpa sengaja, gue udah menghapus folder musik yang di dalamnya berisi banyak banget musik (downloadan), dan folder itu gak masuk recycle bin dan hilang untuk selama-lamanya. Gue pun terus memikirkan, “ah itu Cuma musik downloadan, gak terlalu berharga, biarkan.. biarkan..” dan itu membuat gue lebih baik, dan saat itu gue berkomitmen untuk nyoba beli asli atau download legal, dengan step by step dan perlahan-lahan seperti tips di atas.


Pada akhirnya kembali kepada kesadaran masing-masing. Jika kita ingin stop pembajakan, mulai dari diri kita dengan tidak mengkonsumsi musik bajakan, beli asli dan download legal, untuk industri musik yang lebih baik.


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

11 komentar

  1. Fans sejati harus beli ORI...
    Untungnya saya nggak ngeFANs siapapun, jadi nggak perlu beli ORI?

    Dai lima step yang dikemukakan, hanya satu yg bisa saya lakukan, "Ingatkan Teman".

    So, karena si penulis blog ini adalah teman saya, maka saya ingatkan untuk beli yg ORI, hehehehhe. Awas kalo' ring tonenya bukan ORI!

    BalasHapus
  2. web web seperti 4shared apakah itu legal? kalau ilegal, lalu kenapa masih dibiarkan saja ada web web seperti itu yang membuat saya tergiur untuk mendownload di sana

    BalasHapus
  3. @Bagus H. Jihad
    ringtone saya bunyi phone ring biasa XD

    BalasHapus
  4. @Andaka Pramadya
    bukan web nya yg ilegal, upload dan downlaod musiknya yg ilegal. 4shared kan bukan cuma musik doank, banyak file yg gak ada hak ciptanya diunggah disana buat berbagi atau sebagai simpanan pribadi. Mungkin kalo kemarin SOPA dijalankan, 4shared bakal ditutup

    BalasHapus
  5. nice post, nih :) aku sendiri lebih suka beli original daripada bajakan, soalnya profesiku penulis, menyedihkan dong kalau sudah kerja keras tapi karya kita didapat secara gratis dan ilegal (aku iseng2 ketik: "waktu aku sama mika" free ebook/download", eh ternyata banyak, hiks).

    aku selalu membeli album original, rasanya lebih puas aja meski pakai nabung bulanan dulu, hehe. kan bangga, apalagi untuk idola :) terkecuali kalau artisnya memang menyediakan download free ya ga apa2 ya :)

    oya, aku baru post tentang idolaku steven tyler, bisa tuh ketahuan kalau albumnya original semua. ada yg covernya 'bajakan' tapi itu memang aku yg print sendiri, supaya yg asli gak rusak, hehehe, maklum lah harga CD dulu belum bersahabat (eits, tapi jangan sampai dikomersilkan ya, apalagi jd tukang CD bajakan, hahaha). tp sekarang kan CD ada 2 versi, aku pilih beli versi lokalnya saja, deh meski itu band luar negeri :) terakhir aku beli RCHP bulan lalu cuma 79 ribu. jauh lebih murah daripada yg impor, kan? ;)

    BalasHapus
  6. kadang karena gak nyadar kalo ngedownload gratis bentuk pembajakan...

    BalasHapus
  7. @dunia kecil indi
    thanks kak Indi :D
    wah turut berduka buku Kak Indi banyak ebooknya :( oh iya sekarang CD udah ada 2 versi jadi bisa lebih beli lebih murah :D

    BalasHapus
  8. Hihihihi...saya sendiri ngaku kalo masih suka melakukan pembajakan ini :P
    Lumayan sering sih, parah ya? Hahhaha... :))
    Tapi sekarang udah mulai sih download lagu2 legal lewat melon.co.id :D

    BalasHapus
  9. @Zippy
    nah, yang penting kan sadar dulu bang, saya juga sih sebenernya hihi..

    yosip dah :D

    BalasHapus
  10. Mantap, Basmi kejahatan sedini mungkin :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger