Ditinggal Mati Teman

3/24/2012

Ipang dan Pak Tarno sehabis perform bareng di Metropolis Tangerang

"si Ipang emang meninggal ya?" sebuah sms masuk ke HP gue waktu lagi asik berselancar bebas di internet, oh.. Renzo, gak heran bahasanya frontal. gue balas dengan balik bertanya, karena gue juga gak tau. Ipang, nama panggilan dari M. Irfansyah, kakak kelas gue, satu angkatan di atas gue, dan dua angkatan di bawah Renzo. Gak banyak yang gue inget dari Ipang, karena udah sekitar setahun ini dia gak sekolah lagi, akibat penyakit Leukimia yang dideritanya yang mengharuskan dia bolak-balik rumah sakit. Yang gue inget dari dia tuh, Ipang adalah seorang pendiri ekstrakulikuler Sulap di sekolah, dia juga sering bawa peralatan sulap ke sekolah. Gue sering minta dia menunjukan sedikit trik sulapnya ke gue, sekedar main kecepatan tangan pake kartu atau yang lain, gue juga pernah ngebongkarin alat-alat sulapnya sebelum dia naik pentas di sekolah untuk mengetahui rahasianya, kalo istilah sulapnya, mungkin gue bisa dibilang "Hacker" , tukang bongkar rahasia.


Ternyata, Ipang ini anaknya temen SD mama gue, dan neneknya juga satu pengajian sama mama gue dan nenek gue, ini gue ketahui waktu cerita ke mama ada kakak kelas yang udah gak sekolah karena kena Leukimia. Gue inget, dulu sempet ada rencana mau nengokin Ipang sama temen-temen, kalau gak salah dia juga ikut eskul KIR, dan gue waktu itu mau ikut nengokin sama anak-anak KIR, tapi gak jadi karena gak ada di rumah, dia harus ke rumah sakit lagi.

Anaknya baik, baik banget, tapi juga sering jadi bahan ledekan karena ke sekolah main sulap terus, tau sendiri kan ada orang yang selalu nyari-nyari kesalahan pemain sulap, atau ngejailin permainannya biar pesulapnya gagal, nah si Renzo itu tuh salah satunya, cerita dia suka ngejailin Ipang sama gue, waktu kita lagi ngobrol yang berawal dari menanyakan keadaannya yang dirawat di Rumah Sakit.

Hari itu, 23 Maret 2012, gue pun ngecek grup facebook sekolah, banyak yang mengucapkan bela sungkawa dan doa kepada Ipang. Seketika gue ngambil HP, bales sms dari Renzo tadi walau sms gue sebelumnya yang nanya balik belum dibales, "Iya, Ipang meninggal"...

Gak berenti sampe disini, berita duka kembali mendatangi sekolah gue, berawal dari tweet salah satu temen gue, Teguh, yang berbunyi, "Oke kwan2 nanti kalau mau ngelayat tunggu kabar dari keluarganya dlu ya :) baru kita kerumahnya." awalnya gue kira ini tentang kematian Ipang, tapi gue pikir-pikir, si Teguh anak baru, baru masuk kelas sebelas ini waktu Ipang udah gak sekolah, rumah Ipang sama rumah Teguh juga jauh, jadi mungkin ini bukan tentang Ipang, gue pun nanya, "melayat ke siapa guh?" dan gue sangat kaget liat balesan tweetnya, "gama al rais ram anak ia 1, anak parung :(".

(gak punya poto Gama, kayaknya dia gak punya facebook)

Gama meninggal? gue pun langsung cek grup sekolah lagi dan ternyata bener, banyak ucapan bela sungkawa untuk Gama, padahal baru aja kemarin Ipang meninggal, sekarang Gama menyusul. Dikabarkan dia meninggal karena kecelakaan ketabrak mobil di daerah Curug 24 Maret 2012 sekitar jam setengah 2 siang. Selian berita kepergian Gama, ada post 5 jam lalu yang juga kabar duka dari ayahanda salah seorang guru sekolah. Gama itu temen seangkatan gue, kelasnya pun tetanggaan sama kelas gue, waktu MOS kita sekelas di kelas X.5, anaknya baik banget tapi rada polos, dia sering diledekin dan dibuat lucu-lucuan, waktu MOS kami memanggilnya Presiden Ogama dan mengelu-elukannya.

Waktu mulai dibagi kelas, dia masuk kelas X.7 dan gue X.2, kelas kita jauh jadi jarang ketemu, dia juga masuk eskul KIR. Waktu kelas sebelas, dia masuk IPA 1 dan gue IPA 2, kelas kami sebelahan. Dia juga Ketua kelas IPA 1 dan gue ketua kelas IPA 2, jadi selain sering ketemu karena kelas sebelahan, kita juga sering ketemu kalau ada rapat ketua kelas.

Pertemuan terakhir dengan Gama, hari Kamis 22 Maret 2012 waktu pelajaran renang di kolam renang Citra Raya, Tangerang, dan kata-kata terakhir gue ke dia adalah, "Lu liat Pak Ecep gak?" .. ya.. gak keren, gak kayak di film-film.

Hari ini dia udah berpulang, gue terus nyimak tweet Teguh yang update perkembangan tentang Gama, dia juga janji bakal ngabarin kalau Jenazah Gama udah sampe rumah, karena abis kecelakaan jenazahnya masih di RSU Tangerang, rumah Teguh di Parung Panjang, dekat sama rumah Gama. Rencananya gue mau melayat, gue pun sms Dany, temen sekelas Gama yang rumahnya paling deket sama gue biar nanti kalo berangkat ngelayat bareng, "Gama, KM lu, meninggal.... kapan mau ngelayat?" sent ke Dany dengan harapan bukan dari sms gue yang datar itu dia pertama kali tau berita ini.

Abis itu gue away from desk, makan, mandi, dan kembali lagi dengan ngecek timeline Teguh, kalau jenazah udah perjalanan ke rumah dan rencananya Gama akan dikebumikan di Magelang. Begitu gue cek HP ada sms dari Dany yang isinya bagi yang mau ke rumah Gama, ditunggu di sekolah jam 5 dan berangkat bareng-bareng. Gue telat baca sms! gue sms Dany udah pada berangkat apa belum dan ternyata udah pada berangkat. Gue gak bisa melihat Gama untuk terakhir kalinya karena jenazahnya bakal dibawa ke Magelang.

Tiba-tiba gue keinget suasana waktu gue masih di eskul Marawis. Waktu itu kita lagi nongkrong di pos satpam deket gerbang sekolah, nunggu kedatangan bupati buat disambut dengan marawis. Di pos satpam itu ada stok BTS angkatan kakak kelas yang 2 tahun diatas gue. Di dalamnya ada halaman In Memoriam, berisi foto siswi yang meninggal waktu masih jadi siswa sekolah. Gue pun diceritain sama temen yang juga kakak kelas tentang cewek yang ada di halaman itu. Dan gue nyeletuk ke temen-temen gue, "kira-kira kalau di angkatan kita, siapa ya yang masuk halaman ini nanti?".

Terjawab sudah, hari ini Gama memastikan tempatnya, walau kepergiannya belum membuat setets air mata keluar dari mata gue, tapi dia akan selalu gue ingat sebagai teman pertama yang meninggalkan gue ke alam lain.. jadi... ini rasanya ditinggal mati teman? gue baru ngerasain soalnya, selamat jalan Ipang dan Gama, semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

Well libur panjang ini liburan paling berduka mungkin untuk sekolah, 3 berita duka dalam 2 hari. Pertanyaan menggelitikpun muncul, kalau tiba waktu gue, akankah yang mengucapkan bela sungkawa sebanyak orang-orang baik ini? akankah yang berencana melayat bersama sebanyak orang-orang baik ini? baiklah gue akan berusaha.

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

14 komentar

  1. My condolences, Ram. Semoga mereka mendapat tempat terbaik di sisi-Nya.

    BalasHapus
  2. allahummaghfirlahum warhamhum wa'afihim waghfirlahum

    allahumma latahrimna ajrahum walataftinna ba'dahum waghfirlana walahum.

    BalasHapus
  3. wah, usia memang gak ada yg tahu ya, rammy. tugas kita yg masih di dunia ya mendoakan mereka. turut berduka, semoga mereka diterima disisiNYA, amen..

    BalasHapus
  4. Astagfirullah! gue ga tau soal Gama :( Innalillahi ... satu hari setelah ka Irfan, Gama kecelakaan?

    umur siapa yang tahu ya ... gue jadi takut sendiri

    BalasHapus
  5. Innalillahi,, temen gua juga meninggal kecelakaan mobil pagi ini Ram (25 Maret 2012).
    Semoga arwah dari mereka diterima di sisi-Nya :(

    BalasHapus
  6. Turut berduka cita Ram. Gue tadi malem di ceritain sama Aan tentang hal ini juga. Sekali lagi turut berduka cita.

    BalasHapus
  7. @dunia kecil indi
    iya kak, dua cerita itu mewakili dua kisah, yang satu meninggal setelah berjuang melawan penyakit keras, yang satu meinggal dalam keadaan sehat, umur memang gak ada yang tau, amiin makasih kak :)

    BalasHapus
  8. @Fujisaki Fuun
    iya Dew, Gama kecelakaan, gue juga kaget, satu hari setelah kak Irfan :(

    BalasHapus
  9. wah ada paktarno kok gue gak tau yah hehe ga apdet euy..

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger