Childhood Corner : Yugi-Oh!

3/06/2012


Childhood Corner - Sup! Kembali lagi bersama gue dalam Childhood Corner, untuk mereka yang terjebak di masa kecil. Oke, untuk bahasan minggu ini, gue akan membahas dan membawa kalian bernostalgia bersama anime tentang card game yang sangat berpengaruh di dunia, Yugi-Oh! Gue yakin semuanya pasti tau Yugi-Oh!, dan tau kartu yugi, kalau yang gak tau, mungkin taunya kartu dana umum monopoli. Sebuah permainan yang diciptakan oleh Kazuki Takahashi ini memang terbilang unik dan menyenangkan. Dan permainan kartu ini juga dibuat anime nya. Di Jepang, membuat anime untuk permainan adalah media promosi yang terbaik untuk mengenalkan permainan itu ke seluruh dunia, misalnya aja Yugi-Oh, Tamiya, Duel Master, Bakugan, Beyblade, dan lain-lain, karena di anime itu bisa dijelaskan cara permainannya ditambah dengan jalan cerita yang membuat permainan itu bukan sekedar permainan.


Ok, kembali ke Yugi-Oh! (gue tulis pake tanda seru bukan berarti gue menyeru, emang namanya Yugi-Oh! (TM) -_-), anime Yugi-Oh! bercerita tentang pemuda bernama Yugi Mutou yang berhasil menyusun Millenium Puzzle. Ternyata di Millenium Puzzle itu bersemayam jiwa Paraoh jaman dulu yang kehilangan ingatan, jadi Yugi memiliki dua kepribadian, dan dia tidak tau kalau yang bersemayam di Millenium Puzzle itu adalah Paraoh, dia biasa memanggilnya "Partner" atau "Diriku yang satu lagi". Jiwa paraoh itu juga dikenal dengan "Yami Yugi" atau "Yugi Kegelapan".

Kartu Yugi dulunya bernama M&W (Magic & Wizard) diciptakan oleh Maximillion Pegasus, seorang miliarder kaya raya yang memiliki millenium eyes yang membuatnya bisa membaca pikiran lawan duelnya. Di dunia nyata, M&W diproduksi oleh KONAMI dan namanya menjadi Yugi-Oh! Trading Card Game (sering disingkat TGC).

Tokoh-tokoh penting dalam anime ini diantaranya :

Yugi Mutou


Seorang anak lelaki yang selalu dijailin temennya di sekolah, tubuhnya boncel dan dia sangat suka main game. Suatu hari, dia diberikan potongan puzzle antik oleh kakeknya, dan selama 8 tahun dia mencoba menyusun puzzle itu dan akhirnya berhasil. Ternyata muncul sesosok roh paraoh yang kemudian bersemayam bersama Yugi menjadikan memiliki kepribadian ganda.

Yami Yugi


Yami Yugi adalah roh paraoh yang bersemayan di Millenium Puzzle. Dia sangat cerdas dan jago bermain Duel Monster (Kartu M&W), dalam setiap duel, dia yang selalu mewakili Yugi Mutou dalam duel. Diapun terkenal sebagai "Raja Duel Monster". Anehnya  Monster andalannya adalah Dark Magician

Dark Magician
(Yugi waktu berubah jadi Yami Yugi badannya jadi lebih tinggi). Dalam Yugi Mutou dan kawan-kawan mendapat penglihatan mesir kuno, baru mereka mengetahui nama Yami Yugi yang sebenarnya, yaitu Atem, seorang Paraoh, dan Atem pun mendapat ingatannya kembali.

Solomon Mutou


Solomon adalah kakek Yugi, dia pemilik toko mainan "Kame Game", dia yang memberikan potongan Millenium Puzzle kepada Yugi yang dia dapatkan saat dia berpetualang ke Mesir.

Jounouchi


Di sekolah Jounouchi digambarkan sebagai brandalan, sifatnya juga sedikit konyol, tapi dia sangat senang bermain Kartu Duel Monster. Di awal cerita dia dan Tristan sering ngebully Yugi, tapi akhirnya merka jadi temen. Dia ingin menjadi seperti Yugi dan menjadikan Yugi sebagai panutannya untuk menjadi seorang duelist. Kartu andalannya adalah Red Eyes Black Dragon
Red Eyes Black Dragon
Jounouchi sangat benci pada Kaiba karena sifatnya yang sombong dan kerap menghina dirinya sebagai sampah dan pecundang. Joey (panggilan Jounouchi) memiliki seorang adik perempuan yang buta, dia berjanji akan membuatnya sembuh, dan pada saat di Battle City, adiknya sudah bisa melihat lagi.

Tristan Taylor / Hiroto Honda (di manga)


Teman sekolah dan teman satu genk Yugi dan Jounouchi, sifatnya sama kayak Jounouchi, sejenis deh. Sepertinya dia punya deck tapi diperlihatkan dia duel.

Tea Gardner / Anzu Mazaki (di manga)


Cewek temen Yugi dari kecil, sifatnya sedikit egois dan memiliki perasaan khusus ke Yugi, tapi kayaknya cuma ke Yami Yugi, bukan ke Yugi Mutou, buktinya waktu dia ngajak Yugi date, Yugi date sebagai Yami Yugi, haha kasian Yugi.

Ryo Bakura


Bakura pertama bertemu Yugi dan kawan-kawan di kapal meunju Duelist Kingdom Pegasus, (padahal dia bukan duelist resmi yang diundang pegasus dan Star-Chip nya pun tidak cukup untuk duel disana, dia bertujuan untuk mencuri Millenium Eye milik Pegasus) dia pun ikut gabung ke genk Yugi, tapi gak terlalu akrab sama yang lain. Seperti hanya Yugi, Bakura juga punya Millenium Item yakni Millenium Ring dan memiliki sisi gelapnya, Yami Bakura


Yami Bakura
Gak kayak Yugi dan Yami Yugi yang berteman akrab, Yami Bakura dan Bakura sifatnya kontras banget dan Yami Bakura selalu berusaha menguasai diri Bakura sepenuhnya. Setelah pertarungan di Duelist Kingdom, Bakura melakukan Shadow Duel dengan Pegasus dan mencuri Millenium Eye-nya. Dalam penglihatan di Mesir Kuno, diketahui Bakura ternyata adalah reinkarnasi dari Thief King Bakura.

Seto Kaiba


Dia adalah pemilik perusahaan Kaiba Coorporation yaitu perusahaan pencipta teknologi game Duel Monster, Kaiba Coorporation telah berperan dalam kemajuan game Duel Monster, terutama berkat teknologi hologram-nya yang bisa membuat Duel Monster lebih nyata, yang terbaru Kaiba Coorporation (selanjutnya akan ditulis KC) juga  mengeluarkan Duel Disk, sebuah alat duel yang lebih portable, untuk mengeluarkan efek hologramnya harus dilempar maka keluar monster yang dipanggil. Kemudian pada kompetisi "Battle City", KC memperkenalkan Duel Disk generasi kedua yang lebih praktis, tidak harus dilempar dan terpasang di pergelangan tangan.
Duel Disk yang diperkenalkan di Battle City
Sifat Seto Kaiba ini strategis, gak mau kalah, tempramen, sombong, dan suka menghina. Ini juga digambarkan bagaimana dia menggunakan kata "ore" daripada "boku" untuk menyebut dirinya (ore kata yang paling tidak formal untuk menyebut diri sendiri, ibaratnya kalau di Indonesia itu "gue", kalau boku itu "aku"). Semenjak kalah dari Yugi, dia menyimpan dendam pada Yugi dan berjanji akan mengalahkannya, Yugi juga merupakan satu-satunya duelist yang diakui Kaiba yang se-level dengannya (waktu di Battle City, Yugi dikasih angka level 8 sama KC dan berhak mendapatkan Duel Disk dengan cuma-cuma, setara dengan Kaiba yang juga level 8). Kaiba gemar menghina Jounouchi dengan berbagai panggilan, dan tidak mengakui Jounouchi sebagai duelist.

Blue Eyes White Dragon
Kaiba terlalu terobsesi sama monster Blue Eyes White Dragon, dia bakal kesel dan marah kalau ada orang yang lain menggunakan kartu Blue Eyes, misalnya dia memaksa duel dengan kakek Yugi dan setelah menang dia ngambil kartu Blue Eyes lalu dia merobek kartu itu, seakan hanya dia yang berhak menggunakan Blue Eyes.

Kaiba merobek kartu Blue Eyes milik Solomon
Dan waktu duel lawan Jounouchi, Jounouchi mengambil satu Blue Eyes nya dengan Magic Card, dan Kaiba melawan Blue Eyes Jounouchi dengan Blue Eyes nya yang berakibat dua monster itu ancur (karena attacknya sama).

Kaiba VS Joey
Lalu waktu lawan pegasus, dia sangat marah ketika pegasus menggunakan Toon World dan merubah Blue Eyes-nya menjadi tokoh kartun yang konyol.

Blue Eyes Toon Dragon
Obsesi Kaiba yang berlebihan ini diyakini karena dia adalah reinkarnasi dari Priest Seto di kehidupan masa lalu di mesir kuno yang mengendalikan monster Blue Eyes White Dragon. Priest Seto juga merupakan musuh bebuyutan dari Nemeless Paraoh yang bersemayan dalam tubuh yugi.

Mokuba Kaiba


Mokuba adalah adik dari Seto Kaiba, dia adalah satu-satunya orang yang diperlakukan dengan baik oleh Seto Kaiba. Dia disegel disebuah kartu oleh Pegasus (Kakek Yugi juga disegel). 
Mokuba di  dalam kartu
Kaiba berusaha untuk menyelamatkannya dengan mengalahkan Pegasus, sampai-sampai dalam sebuah Duel dengan Yugi di atas istana pegasus, Kaiba mempertaruhkan nyawanya dengan berdiri diujung menara, jika dia kalah dari Yugi dan tidak bisa melawan pegasus, maka dia akan terjun, ini menandakan begitu berharganya Mokuba bagi Kaiba. Mokuba juga pernah dicuci otak sampai dia tidak mengakui Kaiba sebagai kakaknya dan menganggap Noah adalah kakaknya, Kaiba berusaha keras untuk menyadarkan Mokuba dan mengalahkan Noah.
Mokuba dibawah pengaruh Noah
Sifat pintar, sedikit licik, dan sombongnya Mokuba gak beda jauh sama Kaiba, cuma dia lebih baik hati. Dan ternyata, Mokuba dan Seto Kaiba dulunya adalah anak di panti asuhan yang diadopsi oleh keluarga kaya raya, dan akhirnya Kaiba berhasil menguasai perusahaannya dan membuat Kaiba Coorporation.

Maximillion Pegasus


Pegasus adalah milliarder pencipta game kartu M&W atau Duel Monster. Sepintas dia terlihat baik, sifatnya ceria dan memiliki selera humor tinggi, dan pecinta kartun (dia menciptakan Magic Card "Toon World" yang ia pakai sendiri), namun dia sangat manipulatif. Tak puas hanya dengan bekerjasama dengan Kaiba Coorporation dalam proyek Holohraphic Tecnology, Pegasus malah ingin mengambil alih KC dengan cara yang tidak sehat. Pegasus memiliki salah satu dari Millenium Item yaitu Millenium Eye, yang membuatnya bisa membaca pikiran orang dan tentu saja membuatnya jago bermain Duel Monster.

Duke Devlin / Ryuji Otogi


Ryuji adalah pencipta game Dungeon Dice Monster, dia juga merupakan pemiliki dari toko mainan saingan Kame Game yaitu Black Clown. Yugi dan kawan-kawan yang berniat cuma liat-liat toko mainannya (karena merasa toko mainan kakeknya makin sepi karena anak-anak lebih memilih ke Black Clown) , eh dapet kehormatan untuk nyoba main Dungeon Dice Monster. Ryuji juga duelist Duel Monster yang cukup jago. Dia juga udah masuk kelompok Yugi semenjak di Battle City.




Lembar majalah yang belum terbaca
 Entah kenapa ku jadi ingin membacanya
 Disudut kamar bertumpuk CD game
 Tak kan berarti kalau tak di mainkan

 Kamu yang ada dihadapanku
 Meski ku coba untuk menyapa
 Tetapi kau tetap tidak mau
 Mengubah raut wajahmu itu

 Padahal
 Di sini
 Begitu dekat denganmu

 Tak tersampaikan
 Tak tersampaikan
 Perasaan ini
 Apa sebenarnya yang paling berharga
 Bagi diri kita


Di Indonesia, anime ini ditayangin di RCTI setiap Minggu siang. Selain nonton animenya, gue juga seneng baca komiknya, dulu sih gue rajin sewa ke rumah baca. Anime ini juga bikin abang-abang mainan di SD pada jualan kartu Yugi satuan. Dan pasti kalian juga tau kan game Yugi-Oh! The Forbidden Memories di PS satu? 


Gue juga dulu tiap hari, seru banget, tapi rule di game ini beda sama rule main Duel Monster di Anime dan manga nya, apalagi semenjak di Battle City, rule pake Extreme Rule yang kalau mau summon monster dengan level diatas 4, harus tribute monster di arena.

Obelisk milik Kaiba berhadapan dengan Osiris milik Yugi dalam semi final  Battle City, salah satu duel paling seru menurut gue.
Sampai sekarang, Yugi-Oh! belum mati, gue juga masih main kartu Yugi  kok, gue biasa duel sama temen-temen sekolah. Dan kalau game nya gue masih main game PC nya terutama yang Yugi-Oh! Power of Chaos : Kaiba The Revenge


Gue liat juga masih banyak duelist-duelist Indonesia yang aktif, tapi emang paling rame tuh duelist Bandung, grup facebook mereka rame diskusi tentang nyusun deck dan jual beli kartu rare, dan sering juga ngadain gathering dan duel.

Para Pemenang Yugi-Oh Trading Card Game World Championship 2011 yang diadakan di Amsterdam 13 - 14 Agustus 2011. Dapet hadiah Trophy dan Kartu Langka tuh. Sumber
Dan sepertinya duelist Tangerang kurang aktif, padahal gue pengen sekali-kali ikut gatheringnya, walaupun kartu gue masih cupu dan dueling skill gue masih cetek. Ada duelist Tangerang disini? kumpul yuk, hehehe. Dan ternyata harga satu kartu monster secret rare itu mahal juga ya, sampe 300 ribuan, satu kartu, ampuun..

Pokoknya masih banyak lagi deh tentang Yugi-Oh!, belum bahas Yugi-Oh! R, Yugi-Oh! DX, Yugi-Oh! 5D's dan lain-lain, permainan kartu Yugi belum mati sampai sekarang, karena banyak peminatnya dan bahkan udah ada tournamen internasionalnya. Mungkin bentar lagi ada "Kaiba Coorporation" dunia nyata.




Tabung kaca, berkilau-kilauan
Aku menunggu di lab fisika
Tangan yang dingin, saling bertemu
Dengan begitu akan jadi terasa hangat

Siraman semangat, aku ingin curahkannya padamu
Dan akan selalu kutopang dirimu yang kesepian itu
Siraman semangat, kau tidaklah seorang diri
Ingatlah persahabatan kita, kan slalu menjagamu

"It's time for duel!" - Yugi

ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

17 komentar

  1. kayaknya gw pernah dengar tentang yugi oh ini, wakakak..

    BalasHapus
  2. @Kang Kombor
    wah Om Kombor udah pertamax aja nih..
    haha main donk XD

    BalasHapus
  3. biasanya kartu yang ada hologram dipojokkan atau asli harganya berapaan sih ram?

    BalasHapus
  4. salah satu anime favorit gue jaman dulu,

    oya, kayaknya gue juga punya alter ego kayak yugi, namanya Yami-Shin
    LOLOLOL

    BalasHapus
  5. Ah, aku suka anime ini waktu masih di Indo bang, sayang di Jerman aku gak pernah lihatnya lagi XD Yugi oh..!! :D

    BalasHapus
  6. @Bahrumsyah Bila Sahil
    gue beli se-deck sekitar 30 ribuan ._.

    BalasHapus
  7. @Muhammad Nasihin
    hahaha Millenium Item lu apaan? XD

    BalasHapus
  8. @BasithKA
    yah. .adain donk sama lu bang :D

    BalasHapus
  9. sampai saat ini gue masih main yugioh yang persi kaskusnya, kartunya juga banyak yang pada baru, hehehe

    BalasHapus
  10. gue masih suka maen sampe sekarang xD
    tapi ga pernah update lg kartu2nya, cuma pake yang di kompi aja :D

    BalasHapus
  11. @Ramy
    lumayan tuh kalo dapet sedeck mah 30rb .
    kalo maen di dunia nyata gua gak trlalu ngerti sama efek2nya, kan kadang inggrisnya susah . masa iya gua buka kamus dulu

    BalasHapus
  12. @rigilblog
    versi kaskus yang kayak gimana gan? share donk pengen main juga nih :D

    BalasHapus
  13. @F u n y
    maen yg mana fun? Kaiba Revenge juga gak? :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger