Childhood Corner : Ghost at School

3/25/2012


Childhood Corner - Ollo! udah berapa minggu ya gue gak update Childhood Corner ini, yah minggu-minggu kemarin sibuk, jadi blog ini diselingkuhin dulu heu. Tapi sekarang gue udah kembali dan kembali lagi semangat postingnya, semoga ngebutnya langgeng. Well, kembali lagi bersama gue di Childhood Corner, untuk mereka yang terjebak di masa kecil. Kali ini di Childhood Corner mau bahas anime yang dulu pernah ditayangin di TV Indonesia, yang bergenre horror, supranatural, dan misteri.. pokoknya dulu waktu gue kecil, siapa yang berani nonton anime itu berarti kece hahaha, dia adalah Ghost at School atau dikenal juga sebagai Ghost Stories, atau Gakkou no Kaidan, atau Jurig di Sakolah versi Sundanya #GakKeren.

Ghost at School bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Satsuki yang baru pindah ke kampung halaman mendiang ibunya bersama ayah dan adiknya Keiichirou. Di hari pertama mereka sekolah, Satsuki, Keichirou, Hajime, Reo, dan Momoko masuk ke gedung sekolah lama dan karena ulah mereka, semua hantu yang disegel lepas, termasuk salah satu iblis menyeramkan bernama Amanojaku. Ternyata mereka baru mengetahui kalau dulu yang menyegel hantu-hantu itu adalah ibu Satsuki, dan Satsuki menemukan diary milik ibunya yang bernama Ghost Journal, berisi tentang semua informasi tentang hantu di kota itu dan cara menyegelnya. Satsuki berusaha menyegel Amanojaku, tapi karena pohon besar di belakang gedung sekolah lama yang seharusnya dijadikan tempat penyegelan sudah ditebang, Amanojaku malah tersegel di tubuh Kaya, kucing hitam milik Satsuki dan Keiichirou.


Amanojaku dalam tubuh Kaya
Sejak saat itu, petualangan Satsuki dan kawan-kawan untuk menyegel semua hantu di kota dimulai, bermodalkan buku catatan dari ibunya, mereka bersama Amanojaku menemui hantu-hantu aneh yang ada di kota itu. Awalnya Amanojaku terlalu gengsi buat bekerja sama dengan manusia, dia tidak tertarik sama sekali untuk membantu, tapi seiring berjalannya waktu dan karena selalu diperlakukan baik oleh Keiichirou, Amanojaku diem-diem ngebantuin dengan ngasih petunjuk-petunjuk berdasarkan pengalamannya sebagai hantu.


Hantu yang ada di Ghost at School ini rata-rata emang merupakan hantu yang ada di legenda Jepang, makanya mungkin akan lebih menakutkan kalo orang Jepang yang nonton, ibaratnya kita bakal lebih takut liat film pocong daripada vampire, karena kalo pocong rasanya deket, sama-sama di Indonesia. Tapi hantu Jepang sama hantu Indonesia juga gak beda jauh, apa mungkin karena Indonesia dulu dijajah Jepang #halah #gakNyambung



tentang dirimu
tentang diriku
tentang siapapun
tentang semuanya
ceritakanlah kisah yg belum di ketahui
untuk bisa memahaminya
kan kubuka hatiku

meski kesepian, tapi entah mengapa
tak bisa katakan yg sesungguhnya
padahal kalu bilang hal yang sebaliknya
bisa terucap begitu saja
lelah hidup dengan hati yang berat
hanya rintangan yang akan terlihat
saat kusadar sudah tersesat 
hidup seperti itu, ku tak mau
andaikan itu adalah diriku yang lain
maka esok hari pastikan..
jadi lebih baik

kutahu itu..
kuyakin itu..

Beberapa karakter di Ghost at School diantaranya :

Satsuki Miyanoshita
Karakter utama di Anime ini, Satsuki adalah anak perempuan yang sangat pemberani dan kuat. Dia pindah ke kampung halaman alm. ibunya bersama adik dan ayahnya. Dia merasa bertanggung jawab untuk menyegel kembali hantu-hantu yang sudah disegel ibunya dulu.

Keiichirou Miyanoshita

Adik dari Satsuki, satu sekolah dengan Satsuki dan yang lain tapi masih kelas 1 SD. Berbeda dengan kakaknya, Keiichirou justru cengeng dan sangat penakut, yah mungkin karena dia masih kecil kali ya. Coba aja anak kelas 1 SD harus ketemu hantu-hantu di kota dan bantuin kakanya nyegel hantu, ya pasti takut lah.

Hajime Aoyama

Hajime ini tetangganya Satsuki, dia kerap membantu untuk membasmi hantu, cukup berani dan bisa diandalkanlah, dan gak cuma sekali dua kali juga dia nyelametin Satsuki dari serangan hantu. Meski begitu kadang-kadang dia juga sedikit pengecut. Dia punya kebiasaan nakal menyingkap rok cewek-cewek, terutama Satsuki. (kelakuan -,-). Tapi sepertinya diantara Hajime dan Satsuki ada sesuatu.. cikiciw~

Reo Kakinoki

Reo sangat terobsesi sama dunia supranatural dan paranormal. Dia juga menyebut-nyebut dirinya sebagai peneliti paranormal. Tapi kayaknya dia selalu sial, setiap nemuin petunjuk pasti dia balik diserang sama hantu. Dia berusaha untuk jadi pemberani tapi tetep aja sebenarnya dia seorang pengecut. Oh ya, di English version namanya Leo.

Momoko Koigakubo

Momoko ini sahabatnya Satsuki, dia siswi kelas 6 SD. Sifatnya dewasa, kalem, dan cool. Dan kayaknya dia gak takut sama apapun, dikeadaan tersulit apapun dia masih bisa tenang. Keberadaan Momoko emang dibutuhkan mengingat Hajime sering ceroboh dan Reo pengecut, kasian Satsuki kalau gak ada Momoko hahaha. Dan sepertinya Momoko memiliki hubungan batin dengan ibu Satsuki.

Dan beberapa hantu yang ada di Ghost at School dan yang paling gue inget diantaranya :(perhatian, tulisan dibawah bisa jadi spoiler bagi yang belum nonton dan berencana mau nonton)

Amanojaku

Semakin banyak ketakutan karena dirinya, semakin besar dan kuat juga Amanojaku. Amanojaku adalah hantu pertama yang dihadapi Satsuki dan geng. Secara gak sengaja Amanojaku tersegel di tubuh Kaya, kucing pelihataan Satsuki. Lama kelamaan, Amanojaku turut membantu Satsuki untuk membasmi hantu-hantu lain.

Kuchisake Onna

Siluman ini juga menjadi legenda hantu urban Jepang. Kuchisake Onna digambarkan sebagai wanita bermulut robek. Dalam Ghost at School, Kuchisake Onna muncul di episode 3, digambarkan sebagai seorang wanita yang tewas termutilasi oleh suaminya sendiri yang cemburu. Akhirnya dia menjadi siluman jahat yang bergentayangan dan menanyakan kepada orang-orang "apa aku cantik" ? kalau menjawab tidak maka orang itu akan dibunuh, sementara kalau menjawab iya, maka akan dibunuh juga pake gunting (sama aja -_-). Tapi akhirnya episode ini diprotes karena orang-orang mengeluh pada Fuji TV akan fitur mulut yang ditampilkan mirip seperti penyakit palatoschisis.

Datto

Hantu yang memiliki dua kepribadian yang berbeda, yang satu digambarkan sebagai anak lelaki yang jago lari, sementara satunya digambarkan seperti death scythe. Dia tewas tewas ditabrak mobil waktu lagi latihan lari untuk festival olahraga. Makanya dia menghantui Keiichirou waktu festival olahraga, dan berusaha memotong kaki Keiichirou.

Babasare

Nah ini salah satu hantu yang paling gue inget di Ghost at School. Babasare digambarkan seperti Grim Reaper dengan celuritnya yang menghantui anak-anak yang sendirian di rumah. Dia memiliki kemampuan untuk merubah kenyataan. Tapi dia hanya bisa dilihat oleh anak kecil yang percaya akan keberadaannya, sementara orang dewasa, orang yang tidak percaya hantu, dan anak pemberani (seperti Momoko) tidak bisa melihatnya. Babasare menghantui Keiichiro yang sedang asik bermain game sendirian di rumah Hajime, lalu Satsuki, Hajime, Keiichiro, dan Reo (minus Momoko karena dia gak bisa liat hantunya) berusaha melawannya dengan menceburkannya ke air panas, tapi ternyata bukan ini cara mengalahkannya, karena Babasare kerap muncul di episode-episode setelahnya.

Gue inget dulu waktu masih kecil, ada obrolan yang menggelitik kalo diinget pas udah gede. Waktu itu gue dan temen gue serius banget ngomongin Babasare, dan kita bertekad buat nggak percaya hantu, soalnya kalo percaya malah bisa liat. Dan kita juga menyiapkan rencana B, kalo emang kita ngeliat, kita harus langsung serang pake air panas, hahaha.. kids.

Utshusimi

Hantu ini tinggal di dalam cermin tua gedung sekolah lama, dia menangkap manusia dan menggantikannya dengan boneka. Dia pengen ngeganti semua manusia di kota. Hantu ini dikalahkan Satsuki setelah dia mikir dan menghadapkan cermin di depan cermin tua itu sehingga kekuatan Utshusimi memantul ke dirinya sendiri. Well, hantu ini juga termasuk hantu yang paling gue inget, gue pernah takut untuk menghadapkan cermin ke depan cermin setelah nonton episode ini.

Shiratobi

Shiratobi sebenernya adalah kelinci peliharaan sekolah dan merupakan kelinci kesayangan penjaga sekolah bersama Mio. Suatu hari Shiratobi mati, karena saking sayangnya dengan Shiratobi, Mio berusaha menghidupkan kembali Shiratobi dengan sihir hitam. Namun, Shiratobi kini menjadi monster yang dikutuk yang membunuh orang-orang di kota dan bergentayangan setiap malam. Satsuki dan yang lain berusaha meyakinkan Mio kalau Shiratobi harus pergi ke dunia lain, akhirnya Mio bisa merelakan kepergian Shiratobi dan menghapus mantranya. Shiratobi pun mati dan takkan kembali.

Death Nurse

Perawat Kematian digambarkan oleh ibu Satsuki sebagai Shinigami (dewa kematian) yang misterius, bertugas untuk mengunjungi orang sekarat dan menyampaikan pesan terakhir mereka kepada orang-orang yang mereka cintai. Perawat Kematian menghantui Keiichirou dan Satsuki mengira kalau dia adalah hantu yang jahat, namun ternyata tujuan sebenarnya Perawat Kematian hanya ingin menyampaikan surat dari ibu Satsuki kepada mereka yang belum pernah tersampaikan karena telah meninggal lebih dulu. Jadi perawat kematian bukanlah hantu yang benar-benar berbahaya.

Soma

Hantu ini awalnya tinggal di dalam tanah, namun terbebas karena konstuksi suatu bangunan, sejak saat itu dia menghantui bangunan itu. Soma dapat mengendalikan hantu lain untuk memikat korbannya untuk memasuki bangunan yang berhantu itu. Satsuki pun masuk dalam gedung itu untuk menolong ayahnya yang tiba-tiba sakit demam keras ketika bekerja di proyek pembongkaran bangunan itu.

Akane

Akane mati karena serangan jantung saat sedang siaran radio di gedung sekolah lama. Hantunya mengutuk semua orang yang mendengar suaranya dan akan mati keesokan paginya. Satsuki mengalahkan Akane dengan menyebutkan angka 4 berulang-ulang (pengucapan angka 4 dalam bahasa Jepang, "shi" yang juga berarti "mati", karena itu angka 4 juga dianggap sebagai angka sial di Jepang), kemudian diakhiri dengan Hajime yang membunyikan bel tanda berakhirnya transmisi radio

Headless Biker
Satsuki hampir mati terpenggal

Pengendara tanpa kepala adalah hantu yang bergentayangan di malam hari dengan menggunakan motor. Dia sebenarnya adalah seorang preman yang kehilangan kepalanya karena sebuah kecelakaan. Sejak saat itu, setiap tahun di hari kematiannya, dia bergentayangan untuk mencari kepala baru, dia akan memotong kepala siapapun yang dia temui dengan kekuatannya. Satsuki berusaha menyegelnya tetapi hantu ini terlalu kuat dan berbahaya. Dia hanya dapat disegel dengan memberikannya kepala baru. Tapi dia tidak bisa memotong kepala orang yang memakai syal.Episode ini adalah salah satu episode yang paling gue inget dan paling menegangkan! karena di episode ini Satsuki hampir aja kepenggal di tengah malam saat tidak memakai syal. Hantu ini dikalahkan dengan memberikannya kepala baru (yang sebenarnya adalah kepala boneka) dan Satsuki memaksanya untuk kembali ke dunia roh. Man, abis nonton episode ini, gue langsung minta dibeliin syal...

Ouma


Lord Ouma adalah hantu terakhir dan yang paling kuat diantara hantu-hantu yang lain. Dia adalah raja dari hantu jahat yang bisa mengendalikan hantu-hantu lain bahkan meski mereka udah tersegel. Dia menyimpan dendam kesumat kepada ibu Satsuki dan keluarga Kamiyama (keluarga ibu Satsuki). Karena ibu Satsuki meninggal, segelnya semakin melemah dan ia terbebas, dia mengikuti Satsuki dan Keiichiro untuk membalas dendam. Karena saking kuatnya, dia hanya bisa disegel dan dikurung di lonceng besar dan dibutuhkan kekuatan supranatural yang sangat besar untuk menyegelnya, hanya keturunan keluarga Kamiyama-lah yang dapat menyegelnya. 

Kekuatan Satsuki saat itu tidak cukup untuk sendirian menyegelnya, maka Satsuki dan kawan-kawan berkumpul untuk menyatukan kekuatan. Sementara mereka mengumpulkan kekuatan, Amanojaku ke luar dari tubuh Kaya untuk melawan Ouma. Walaupun Ouma lebih kuat, tapi Amanojaku cukup bisa mengulur waktu sampai kekuatan Satsuki terkumpul. Akhirnya Satsuki menyegel Ouma dan juga Amanojaku ke dalam lonceng besar di gedung sekolah lama.Sungguh episode terakhir yang sangat mengharukan, dengan pengorbanan Amanojaku yang awalnya membenci manusia, akhirnya dia berkorban untuk mengalahkan Ouma dan tersegel selama-lamanya.

Anime ini ditayangin di TV7 setiap abis Magrib, kurang serem apa lagi coba, anime hantu magrib-magrib. Ghost at School merupakan anime bergenre horror pertama yang gue tonton, ada juga anime horror lainnya seperti GeGeGe no Kitaro atau Jigoku Sensei Nube, tapi Ghost at School adalah yang terbaik waktu itu disaat Kitaro terlalu anak kecil dan Nube terlalu dewasa.



Ilusi dari langit senja di dunia sana
I miss you, I miss you, I need you, I need you, sexy-sexy..
Hei.. maukah kesini?
Kan kuceritakan.. kisah rahasia padamu
Malam yang berkilauan membasahi hatiku
Waktu tak bisa kembali, come back, come back, come back

Ilusi yang membara dari dunia sana
Bergoyang, bergoyang, bergoyang, bergoyang..
Rasanya bagai di surga
Andaikan kita bisa berjumpa di tempat itu..
Bergoyang, bergoyang, bergoyang, bergoyang.. 
Sexy-Sexy..

Kalian yang mau nostalgia dengan menonton anime ini lagi, bisa kok download di tempat-tempat downlaod anime, ada 20 episode sampe tamat dari anime ini, atau bisa juga streaming epidose nya di youtube ada. Coba bandingin, apakah anime ini semenyeramkan dulu atau enggak. Sampai jumpa di Childhood Corner selanjutnya, untuk yang terjebak di masa kecil.

ENJOY YOUR DAY!
 
===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========
 

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

60 komentar

  1. Aku ngakak pas yg bagian hantu cermin itu loh bang, hahaha, sampe takut bercermin gitu? *ngakak lagi*

    BalasHapus
  2. Babasare itu yg tiba2 menghilang klu ada orang dewasa kan?

    Episode death nurse tu mengharukan. Ternyata di zaman dulu Satsuki, Keiciro dan momoko pernah ketemu di rumah sakit sblm ibu satsuki meninggal *mengharukan

    Nah itu episode terakhir saya juga nonton. Klu gak salah endingnya amano jaku kesegel di pohon lagi

    BalasHapus
  3. pas nonton yg Kuchisake Onna itu bikin aku kalo jalan nunduk karena takut kalo-kalo ada yg nanya kayak gitu :))

    BalasHapus
  4. jiaha iya dulu pernah nonton ini, tapi lupa lupa inget ceritanya.. sekarang jadi ada bayangan lagi..

    BalasHapus
  5. salah satu anime favorit gue waktu kecil, bulan lalu udah donlot lengkap anime ini
    tapi belum ditonton, ayo kita tonton sekarang :v

    BalasHapus
  6. @BasithKA
    setelah gue pikir-pikir juga itu lucu ya, ngapain ngadepin cermin sama cermin doank takut XD

    BalasHapus
  7. @ega primebound
    iya, tapi kalo gak salah bukan tiba2 menghilang deh, kan waktu yg lain dikejar-kejar, eh ada si Momoko lewat, tapi dia gak bisa liat gitu..

    iya itu episode favorite bang :D
    emang di pohon besar ya? bukannya di lonceng besar sama Ouma? :o

    BalasHapus
  8. @senny12
    haha ada juga korban anime ini selain gue XD

    BalasHapus
  9. @Muhammad Nasihin
    wih pas banget ya, gak jadi spoiler tuh? XD
    gue juga mau download ah, kemarin baru abis download Trouble Chocolate, postingannya nanti :D

    BalasHapus
  10. @Ramy
    nah endingnya tu kan klu gak salah ngasih bunga di pohon gitu, eh di ternyata pohonnya punya bayangan berwujud amano jaku

    BalasHapus
  11. Sepertinya ada masa kecil yang terlewatkan dalam diri Rendy. Rendy gak pernah nonton Ghost at School T_T

    BalasHapus
  12. @ega primebound
    gatau deh bang, lupa XD kita minta kepastian sama Shin aja, dia kan mau nonton tuh :D
    yang jelas sedih dah akhirnya harus berpisah sama Amanojaku :(

    BalasHapus
  13. Kok kayaknya gw gak pernah nonton ya -__-a

    BalasHapus
  14. Waduuuh. Ini anime jaman duluuuu banget. :D Pengen nonton lagi euy jadinya.

    BalasHapus
  15. Terus terang aja, saya g baca artikel ini. tanya kenapa?

    Karena ini buat yg Kekanak-kanakan (Childhood) sedangkan saya sdh ketua-tuaan... wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  16. @JuniInvasion
    hahaha sayang sekali bang Juni XD

    BalasHapus
  17. @Ayu Welirang
    yoo nonton lagi, nostalgia XD

    BalasHapus
  18. @Mimpi Siang Bolong
    hahaha sekali-kali baca tentang tontonan anak-anak Om XD

    BalasHapus
  19. kuchikisake Onna episode brapa ? kok gw liat episode 3 hantu kutabe ? Yang bnr episode brapa sih ?

    BalasHapus
  20. keren sekali. Aku suka banget ghost at school.... Paling suka episode pengendara motor tanpa kepala. Jadi ngerengek minta syal.... Hehe. Masa kecil yang bahagia...

    BalasHapus
  21. @Ovenk van Honsen
    setau gue sih episode 3, tapi gatau juga deh :O

    BalasHapus
  22. Gue cuma ingat hantu toilet yang suka nanya "tisu merah, atau tisu biru?" (mau jawab tisu merah ataupun biru, teuteup aja bakal dibunuh).

    BalasHapus
  23. wah abis liat animenya smua,, keren lah tp g seserem wktu masih kecil dulu

    BalasHapus
  24. klo inget ghost at shool inget jamn2 SD,.. sedikit yg saya inget, yg hantu kalahnya sama cahaya matahari. tp hari dah malem, jd kalahnya pake cahaya kamera,. hem,.. seru,. mau download ah,..

    BalasHapus
  25. @Gin Saputra
    oh iya inget.. eh si Hajime malah jawab tisu kuning XD

    BalasHapus
  26. @Anonim
    haha mungkin harus ditonton malem-malem kayak dulu XD

    BalasHapus
  27. @Teguh karya
    wah lupa hantu yang itu XD
    yoo nostalgia :D

    BalasHapus
  28. mantap... gw juga ngikutin anime ini... sayang susah cari filmnya... sekali ada... yg jual maunya CD...
    episode terakhir memang paling menegangkan dan sedih... yg serem itu yang pas episode hantu yang ngalahinnya pake Lipstik & Lampu Senter... beuh... merinding.. menang di detik detik terakhir...
    "mengikat dengan benang merah dan sinar matahari di pagi hari" lha kejadiannya aja malem... sapa yang mau kejar-kejaran ama setan 4 jam. :D

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. bang, mau nonton kuchisake onna dimana yaa? di youtube sama web web lainnya gaada yg nyediain. kalo adapun itu cuma trailer 15 detik. pingin liat T^T

    BalasHapus
  31. bang, mau nonton kuchisake onna dimana yaa? di youtube sama web web lainnya gaada yg nyediain. kalo adapun itu cuma trailer 15 detik. pingin liat T^T

    BalasHapus
  32. kangen banget sama kartun yang satu ini. jadi pengen nonton lagi.:)
    coba ya di tayangin lagi.#ngarep

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. wahh inget waktu masi SD bgt lum sunat pula hahaha... dulu ampe di tantangin kakak bwt nonton anime ni sendirian. gw nonton pke slimut ampe gigit tu guling saking takutnya wkwkwkw pkoknya pas episode yang settingnya da di toilet2 gt deh :D wah inget bgt kakak gw ktawa abess...pdal tu waktu gw ma kakak masi sama2 SD hahahaha.... thx brad, gw jd rindu kenangan jaman dulu nh :D

    BalasHapus
  36. kalo ga salah yg hantu utshuimi itu hantu yg ngubah orang2 jadi zombie bukan boneka

    BalasHapus
  37. Jadi kangen anime2 dulu,
    Gue suka pas death nurse
    Pas baca surat dari ibunya satsuki,
    Ampe pengen nangis
    (˘̩̩̩╭˘̩̩ƪ)

    BalasHapus
  38. jadi teringat kembali masa kecil

    kalau YuYu HakuSho ada ga min

    BalasHapus
  39. @shinigami rian
    waktu itu gue nemu kok downloadannya :D
    oh yang mengabulkan permintaan itu bukan sih? :o

    BalasHapus
  40. @Agung pranowo Agung
    hahahaha kalo pantsu nya Satsuki udah keliatan duluan di episode pertama XD

    BalasHapus
  41. @devia elista
    yoi, memorable banget..
    iya tuh andai ditayangin lagi, adek-adek kita harus lihat ( '-')9

    BalasHapus
  42. @Bramanta Widodo
    huahahaha.. yang hantu toilet kah? tisyu meraaah atau tisyu biruuu? XD

    BalasHapus
  43. @Anonim
    bukannya jadi replika gitu ya, tapi gak nampak di cermin.. iya gitu deh XD

    BalasHapus
  44. @Anonim
    iya itu memang sedih ( T.T)9

    BalasHapus
  45. @yogi
    Yu Yu Hakusho mungkin nanti dibuat postingannya :D

    BalasHapus
  46. suka bgt ma film ini.. berkali2 nangis skrg kl liet ghost at school, inget dulu pas sd nonton bareng anime ini sama sahabat q yg skrg dah meninggal,,

    BalasHapus
  47. tayang pertama anime ghost at school itu sore sekitar jam 3/4.. kalo yang sesudah magrib itu tayang yang ke dua...
    saya nonton nya dari pertama kali tayang waktu sore. ampe bela "in ga ngaji hahaa. ...
    film anime zaman SD

    BalasHapus
  48. itu lagu openingnya enak didengar ada yg full gk? Yg 4 menit-an, adanya cuma 1 menit.

    BalasHapus
  49. gan punya link download episode kuchisake ona ?

    BalasHapus
  50. @Anonim
    "sampe bela-belain gak ngaji" X'D

    BalasHapus
  51. @Herry Wit
    ada tapi paling yg versi originalnya (jepang)

    BalasHapus
  52. Alhamdulillah gue punya semua episodenya. Alhamdulillah (lagi), temen gue yg ga terlalu suka anime tapi perhatian sama gue ngasih ni anime. Haha, seru banget bro. Masih recommended buat tontonan jaman sekarang kok

    BalasHapus
  53. ada videonya tuh di youtube, bener2 kenangan masa kecil yg indah, hiks

    BalasHapus
  54. bagi link yg kuchisake no oona dong

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger