Arti Kamseupay

3/24/2012



Semenjak iklan salah satu provider handphone nampilin iklan terbarunya yang mengandung kata "Kamseupay" , banyaaaaaaak banget yang nanya apa itu Kamseupay di twitter ataupun di dunia nyata. Ya, di iklan itu emang gak dijelasin apa itu Kamseupay. Sebenernya, banyak kok petunjuk tentang apa itu kamseupay di iklannya, pertama, iklan sebelumnya dari provider yang sama menggunakan istilah yang populer di dunia maya "Lo, gue, end" , gak usah ditanya, pasti kebanyakan orang tau istilah ini khususnya para ABG yang memang merupakan segmen dari provider HP tersebut. Dengan melihat petunjuk ini, kita bisa tau pasti istilah Kamseupay yang ada di iklan lainnya pastilah istilah yang ngehits di internet. Hah? ngehits gimana? kok gue gak tau? berarti lu aja kali yang kagak update, hahahaha #dikeplak


Petunjuk kedua, liat aja di iklan, si cewek yang dikatain kamseupay, dia pake baju polkadot (bahkan mau bela diri aja iket kepalanya polkadot). Terakhir kali gue liat cewek pake baju polkadot tuh di salah satu episode Warkop Dono Kasino Indro, bisa ditarik kesimpulan kalo cewek ini ketinggalan jaman. Terus arti sebenernya dari Kamseupay itu apa?



Menurut Kamus Males Banget dot Com (yang sekarang bernama Kamus Slang Indonesia), Kamseupay adalah singkatan dari Kampungan Sekali Uuh Payah! Atau ada juga yang mengartikan Kampungan Sekali Udik Payah! Sama aja sih, intinya kata untuk meledek orang yang berpenampilan kampungan, atau bertingkah kampungan dan payah, mungkin sama kayak copo -- perubahan dari cupu (culun punya) yang dipopulerkan oleh iklan minuman es blender beberapa tahun silam-- yang sangat populer di kalangan gamer onlline untuk menyebut pemain yang bermain payah.


Siapa yang mempopulerkan kembali kata kamseupay di internet sebelum ada iklan di TV? Mungkin banyak yang udah tau gonjang-ganjing yang terjadi di social media dan blogsphere ini, tapi nyatanya masih banyak yang nanya berarti banyak yang belum tau juga, adalah Marissa Haque, tante mantan artis yang menuliskan kata kamseupay di salah satu postingan blognya yang sarat emosi yang menanggapi perseteruannya dengan seseorang, kalian bisa googling sendiri lah kasusnya kayak apa, kasus ini juga rame diberitain di infotaiment.


Yang jelas, sejak postingan blog itu dipublish dan dibaca banyak orang, banyak yang menilai kalau postingan tante Icha itu kekanakan dan mulai mengolok-olok nya dan tentu sasarannya adalah kata kamseupay yang memang belum banyak tau tentang kata itu waktu itu, sebelum ada postingan itu, gue pun gak tau apa itu kamseupay.


Dalam sekejap, Marissa Haque dikenal sebagai "Tante Kamseupay" dan rame diperbincangkan tentang ke-kamseupay-an-nya di blog-blog pribadi, kaskus, dan banyak yang membuat meme kamseupay di na9a.com .
dari na9a.com
Salah satu temen blogger gue, Mas Ega a.k.a Primebound membuat video tentang arti kata kamseupay, mungkin ini juga bisa membantu buat yang nyari arti kamseupay sekaligus menghibur :







Kamseupay, sampai kapankah akan bertahan? Apakah akan sepanjang umur Copo, Alay, dan Lebay? Yang jelas semenjak ada iklannya di TV, kata Kamseupay gak lagi sarat tentang Marissa Haque *brb ganti baju polkadot*


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

21 komentar

  1. pertamax kah?

    iya tuh ada 2 arti
    yg satu udik, yg satunya lagi uuuuuuuuuuuuuuhhh..
    :D

    BalasHapus
  2. Manggut-manggut, itu toh artinya *serius baru tau

    BalasHapus
  3. @ega primebound
    iya bang pertamax XD
    tapi menurut gue kerenan yang uuuuuuh payah! XD

    BalasHapus
  4. @Uzay ^,^
    aduh bang ujay kemana aja? XD

    BalasHapus
  5. kalo gue uda tau dari masanya si tante berantem2 di dunia maya #gananya

    BalasHapus
  6. owalahhh itu toh artinyaaa :D *nelanludah*
    ^ pdhl udah tau sih, alien, dari kemaren2 :P

    BalasHapus
  7. Kata Kamseupay, ini populer banget di sekolah ku sob...

    BalasHapus
  8. untung gue udah tau "kamseupay" sebelum tau dari iklan, jadi gue gak kamseupaaaaaaayy haha

    BalasHapus
  9. @Selvia Sari
    haha bagus deh kalo udah tau :D

    BalasHapus
  10. @Master Software Mobile
    kalo disekolah gue gak populer, anak2nya pada kamseupay kali ya? #eh

    BalasHapus
  11. waah sama kaya bahasan blognya ega yaa, he... but nice article guys, follow nd komen balik yaaa... sankyuu

    BalasHapus
  12. yaahh, ngecek dasbor eh ada postingan ini. padahal niatnya gua juga pengen ngepost ttg ini, telat deh ._. udah disiapin pula bukti dan contohnya

    BalasHapus
  13. @ciptanirmala
    haha iya, kalo bang ega kan waktu lagi booming sama marissa, kalo gue waktu lagi booming sama iklan XD

    BalasHapus
  14. @Bahrumsyah Bila Sahil
    yaudah posting aja sih, kan bahasa nya beda

    BalasHapus
  15. @Ramy
    iya sih, tapi takutnya gua dikira ngambil ide lu , kan gua ngepost setelah lu

    BalasHapus
  16. chandra kirana30 Juli 2012 13.17

    menurut aku nih... yang KAMSEUPAY tuh yang sudah marah-marah di twitt.....'n pake istilah itu. ngakunya S-3 koq nggak tahu etiketnya negor orang dengan cara benar....weleh-weleh...., jdi takut sekolah tinggi-tinggi. bukannya makin BIJAK malah malah jadi AROGAN. Sekolah tinggi-tinggi harusnya buat mengabdi sama masyarakat. bukan meracuni masyarakat dengan istilah yang KAMPUNGAN....!! dan tidak Indonesia banget (Indonesia kan terkenal sbg. negara yang warganya sopan dan ramah). Apalagi istilah tuh keluar dari mulut seorang anggota DPR......eeeeucchh KAMSEUPAY abis dia tuh....!!

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger