Serunya Japan Fair 2012 UNSADA

2/22/2012


Hari Minggu tanggal 12 Februari 2012 kemaren, gue dateng ke acara Japan Fair 2012 di Universitas Dharma Persada atau Unsada Jakarta Timur. Gue kesana sama anak-anak Yamato Club (rencananya), tapi apalah daya ternyata pada gak bisa dateng karena pada ada acara lain, jadi gue kesana cuma berdua doank sama si Dany.

Kita berangkat dari Tangerang naik Bus Trans Citra Raya jurusan Citra Land, rencananya dari situ ke Grogol terus naik AC55 jurusan Pondok Kopi dan turun di UNSADA, gue harap semuanya berjalan lancar sesuai rencana karena hampir setiap pergi ke Jakarta pasti perjalanannya gak lancar jaya. Begitu turun di Citra Land, kita nanya-nanya kalau mau cegat bus AC55 dimana, sebelumnya kita udah bolak-balik nyebrang jembatan penyebrangan tapi gak tau arah, akhirnya kita nanya dan tau harus nunggu dimana. Well sebenernya yang nanya cuma si Dany, soalnya gue kurang ahli nanya-nanya jalan, makanya gue selalu mengajak orang-orang yang berani nanya-nanya jalan kalo pergi, gue cuma nyuruh-nyuruh "tuh ada tukang ketoprak, tanya gih.. tuh ada satpam tanya gih..".

Karena gue capek bolak-balik jembatan penyebrangan, gue beli
es kelapa sambil nanya sama tukang es kelapanya, dari situ kita tau dimana harus nunggu bus dan kita langsung kesana. Setengah jam kita nunggu, bus yang kita tunggu gak dateng-dateng, ikut nunggu sama kita tiga orang tuna rungu, dua perempuan dan satu laki-laki. Mereka nunggu bus di samping gue berdiri dan sepertinya sedang asik banget ngobrol dan bercanda menggunakan bahasa isyarat. Gue jadi inget tentang sosialisasi bahasa isyarat yang pernah gue baca di internet, bahwa orang normalpun hendaknya menguasai bahasa isyarat agar dapat mengerti dan berkomunikasi dengan mereka, sehingga tidak ada lagi batas pemisah antara penyandang disabilitas dengan masyarakat.

Satu jam kita nunggu bus, belum dateng-dateng juga, bus PATAS AC jurusan dan nomor lain udah banyak banget, para calon penumpang yang ikut nunggu sama kita juga udah pada naik bus mereka masing-masing, termasuk tiga orang tuna rungu tadi. Si Dany udah menyarankan kalau kita naik bus jurusan lain aja, tapi gue ga mau, udah tanggung nungguin udah lama, kalau naik jurusan lain berarti penantian kita selama ini sia-sia, daritadi aja naik bus jurusan lain.

Kita lama lagi nunggu, akhirnya gue juga gak tahan, kita memutuskan naik bus 213 jurusan Kampung Melayu dari sana nyari angkot yang jurusan Pondok Kelapa dan turun di UNSADA. Gue mengkhianati penantian dan naik ke dalam bus. Singkat kata, sampailah kita di Kampung Melayu, dan tau apa? ternyata disana ada halte busway! kalo tau gitu tadi aja naik busway langsung dari Grogol.

Kita nyari angkot 31 jurusan Pondok Kelapa, setelah dapet kita langsung naek deh. Di dalem angkot udah ada ibu dan anak yang kayaknya abis belanja baju, si ibu pake kerudung dan daster, sementara anaknya pake celana pendek dan kaos. Bukan maksud nguping tapi kedengeran, sepertinya si anak gak suka sama baju yang baru dibelinya tadi bersama si Ibu, si anak dan si ibu berdebat "noh kan ma.. jelek tau ih" keluh si anak sambil membuka plastik bungkus baju, "bagus ah, coba nanti kamu tanya sama si anu, dia pasti ngerti, bagusan mana ini sama yang kemaren" timpal si ibu, si anak pun cemberut.

Gak berapa lama, naik seorang cewek cantik sendirian bawa ransel dan style nya Jepang banget, tampangnya cool banget dan tanpa ekspresi, nah gue yakin dia mahasiswi UNSADA dan bakal turun di UNSADA juga, jadi gue menyimpulkan kalo gue gak salah jurusan. Setengah perjalanan, naik seorang pengamen dengan membawa ukulelenya, dia bernyanyi dengan lirik yang kreatif, lengkap dengan menyematkan doa agar penumpang selamat dan rejeki lancar. Gue yang terhibur dengan liriknya ngasih uang seribuan, dan sepertinya gak ada lagi yang ngasih, si pengamen noel-noel si perempuan yang abis belanja sama ibunya, ditolak dia noel-noel lagi sedikit memaksa tetep ditolak, si pengamen pun noel si cewek gaya jepang, si cewek ngasih tangan tanda maaf sekalli lagi si pengamen noel sedikit memaksa, gak ditanggepin sama si cewek bergaya jepang. Si pengamen pun turun dari angkot sambil nyeletuk "Gaya nya pada oke, tapi duitnya kagak adaan!!" plung si pengamen loncat dari angkot, si cewek yang sama ibunya mukanya langsung muka bete, si cewek gaya jepang tetep tanpa ekspresi.

Yap, seperti dugaan gue, waktu sampe Unsada si cewek yang duduk di depan gue itu juga turun, kita berdua pun turun dan langsung masuk ke dalam areal kampus. Dari luar udah keliatan stand-stand yang yang menjual berbagai pernah-pernik dan asesoris, kayak action figure, baju-baju cosplay, poster-poster band jepang dan artis jepang, sampe stand makanan dan minuman. Rame banget, dan kita langsung menuju panggung utama.


Boneka Earl Ciel Phantomhive di stand My Hobby Town
Ternyata lagi ada band yang tampil, tentu aja band aliran Japanese Rock, mereka bawain lagu L'arc~en~ciel dan yang bikin gue salut suara vokalisnya mirip banget kayak suara Hyde vokalis Laruku. Gue lupa nama bandnya, kayaknya Emperor band or something like that lah. 


Abis itu dilanjutkan dengan pemanmpilan Taiko atau Bedug Jepang, dan grup Taiko yang tampil sepertinya sama kayak yang waktu itu di Jak Japan Matrsuri


Gue muter-muter kampus, liat-liat stand dan ada papan tulis berisi gambar manga doijinshi dari pemenang yang ikut lombanya. Ya, Japan Fair 2012 ini dimulai dari hari Jumat 10 Februari dan banyak lomba-lomba tingkat SMA yang bisa diikutin.



Oh ya, pada hari penutupan ini juga siapa yang beli makanan di stand yang ada, bakal dapet satu kupon yang bisa ditukerin sama nomor undian di pusat informasi untuk doorprize, gak tanggung-tanggung, hadiah utamanya tiket Jakarta - Tokyo - Jakarta bagi yang beruntung. Tapi ya doorprize diundi di akhir acara, kita kan gak bisa sampe malem disini, jadi gak bisa ikutan deh.

Terus abis Taiko ada band penghibur lagi, nah yang ini gue inget nama band nya, Cangcimen band. Walau namanya lebih mirip kayak band-band yang kalo manggung sambil dagang asongan, ternyata band ini keren juga, alirannya Japanese Rock dan waktu manggung bawain 3 lagu Laruku dan sukses bikin penonton sing along.


Selanjutnya yang ditunggu-tunggu, lomba cosplay! Cosplayer-cosplayer yang sudah mendaftar akan dinilai, bukan hanya kostumnya, tapi masing-masing cosplayer juga dikasih kesempatan beberapa menit untuk beraksi dengan lagu latar yang dipersiapkan. Ada yang kostumnya Indonesia banget, ada yang kostum ala game RPG, ada yang kostumnya serem, ada yang kayak superhero, ada yang kayak robot Gundam, pokoknya macem-macem deh. Dan kayaknya yang gue tonton ini sesi cosplay kedua, soalnya nomor urutnya dimulai dari nomor 12.


Hidan, sangat bersungguh-sungguh


sadis booo O_O
Gak kalah sadis O_O
Ternyata udah sore aja, dan abis sesi cosplay ini udahan, kita pulang takut gak kebagian bus di Citra Land kalau kemaleman. Kita naik angkot 31 lagu ke Kampung Melayu dan darisana naik busway ke Grogol. Di angkot ini juga ada lagi pengamennya, tapi pengamennya kali ini gak bawa genjreng cuma modal suara doank, tapi itu juga nanyi nya cepet banget dan gak jelas, ngerap bukan, apa bukan.. behubung ada duit gopean dua kembalian beli Takoyaki tadi, gue kasih aja deh, dan ternyata gak ada lagi yang ngasih, sama kayak tadi, si pengamen nyeletuk dan turun dari angkot, gue gak ngedenger dia nyeletuk apa karena gue duduk di belakang, tapi ibu-ibu yang di depan kesel banget dan sewot, lalu diamini sama si sopir "emang sering itu bu" lalu bapak-bapak yang depan juga mengutuk "harusnya gak usah dikasih tuh tadi yang begitu mah!".

Dari mulai di busway, transit, dan di bus Trans Citra dari Citra Land, gue gak kebagian duduk, pegel banget, di bus dari Citra Land menuju Citra, gak cuma gue dan Dany yang berdiri, ada tiga anak sepantaran kita yang kayaknya abis main di Citra Land berdiri di belakang kita, gak berniat nguping tapi kedengeran, sepanjang perjalanan gue malah dengerin curhatan mereka bertiga, tentang citra land tadi, tentang cewek mereka, tentang masalah temen mereka yang cemburu karena gebetannya nganterin pulang cewek lain dan jadi berantem, salah satu dari mereka bertiga yang jadi penengah.. geez, gue tau terlalu banyak.

Gue mencoba tidur dalam posisi berdiri tapi emang gak bisa, akhirnya sampe juga di Halte Trans Citra Raya dan kita langsung pulang. Dalam setiap acara yang gue hadiri, pengalaman di perjalanan itu gak kalah berkesannya sama pengalaman di acara. Mudah-mudahan ntar Japan Fair 2013 gue udah punya kostum deh, biar bisa ikut beraksi.

Bonus :







ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

21 komentar

  1. aaaaaaaaaaaaaa ngiri, my eyes!

    BalasHapus
  2. beuh pengen liat japan fair kayak bgni...

    btw baru tau to di kp.melayu ada terminal buswaynya? hhe. setahun lalu pertama kalinya nginep di jakarta aku jalan² ke mangga dua dari kp.melayu. dan itu pertama kalinya naek busway. haha. SUMPEK!

    BalasHapus
  3. Ini UNSADA yg di Jl Radin Inten?
    Punya banyak pengalaman saya disini...
    walaupun nggak pernah lihat Japan Fair-nya!

    Salam Takzim,
    baguserek

    BalasHapus
  4. Keren ya :D
    Ah, kalo aja ada Japan Fair di Jayapura, pasti deh gue samperin juga :D
    Mantep2 tuh, apalagi cewek2nya #eh #salahfokus :)))

    BalasHapus
  5. Itu yang jadi Freedom,,, aaaaaaa *envy tingkat dewa*

    BalasHapus
  6. wah, yang udah berani jalan-jalan ke jakarta, hehehe...

    BalasHapus
  7. wah rame euy mau kesana sya malah tidur haha mantaps nh...

    BalasHapus
  8. kapan lagi ada acara japan fair di unsada cos rumah w dket situ.. kalo untuk umum masuknya byar gk... kalo bayar bayar berapa

    BalasHapus
  9. @Anonim
    mungkin tahun depan bakal ada lagi.. umum gak bayar kok :D

    BalasHapus
  10. 2013 nanti ada kok Japan fair Unsada ^^ ditunggu partisipasinya ya ^^

    BalasHapus
  11. gua berharap pedang Hidan disitu patah saking bersungguh-sungguhnya XD
    hahaha ini yang gua dan Anto ga jadi, jadinya kaya biji kalian berdua kesana :Dv

    BalasHapus
  12. Numpang promo event gan,
    https://www.facebook.com/unsada.japanfair

    BalasHapus
  13. tahun ini dateng lagi ya di UNSADA 2013 :D

    BalasHapus
  14. acaranya keren!
    postingannya juga! hehehe

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger