Childhood Corner : Hunter X Hunter

2/26/2012


Childhood Corner : Udah hari Minggu lagi aja, berarti saatnya Childhood Corner, khusus buat mereka yang terjebak di masa kecil kayak gue. Kalau kemaren kita ngomongin anime di Minggu pagi, kali ini mau ngomongin tentang Anime Hunter X Hunter yang pernah ditayangin di TV Indonesia. Hunter X Hunter bercerita tentang anak bernama Gon yang mencari ayahnya yang ilang entah kemana. Awal-awalnya anime ini bercerita tentang perjuangan Gon melalui ujian Hunter demi untuk menjadi Hunter handal seperti ayahnya, dalam ujian itu juga Gon bertemu dengan teman-teman baru seperti Killua, Kurapika, dan Leorio yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.



Gon Freecss

anak laki-laki yang rambutnya racuk-racuk, insting dan inderanya kuat banget karena udah biasa tinggal di hutan. Sifat Gon polos banget, dia tinggal sama bibi nya, Mito. Gon ikut ujian Hunter karena ingin menjadi Hunter yang professional seperti ayahnya.

Killua Zaoldyeck


Anak laki-laki berambut putih yang suka main Skateboard bahkan waktu ikut ujian Hunter. Awal pertemuannya sama Gon waktu dalam ujian hunter para peserta harus lari tapi Killua malah naik skateboard lalu Gon bilang dia curang. Sifat Killua cuek, tapi selama ujian hunter dia berteman baik dengan Gon. Killua ikut ujian hunter cuma buat iseng,  tapi gagal di final karena didiskualifikasi. Ternyata Killua merupakan salah satu anggota keluarga pembunuh terkenal yakni Keluarga Zaoldyeck, dari kecil Killua udah diajarin membunuh sama keluarganya. Keluarganya kaya banget sampe areal rumahnya itu satu pegunungan yakni di gunung Kururu. Killua sebenernya anak yang sangat kuat dan sadis, dia bisa mencabik jantung lawannya dengan mudah.

Kurapika


dari kecil waktu gue suka nonton Hunter X Hunter, gue kira Kurapika ini cewek, setelah sekian tahun berlalu dan gue udah gede, gue baru tau kalau dia ini cowok! Kurapika adalah seorang cowok yang cantik, berwawasan luas, dan berkepala dingin. Dia merupakan satu-satunya orang dari suku Kuruta yang tersisa, karena 5 tahun lalu sebelum ujian Hunter, suku Kuruta dibantai oleh Genei Ryodan (Kelompok Laba-laba). Suku Kuruta memiliki mata merah yang muncul saat mereka marah, mata inilah yang banyak diburu dan dilelang di pasar gelap. Saat suku Kuruta dibantai, mata mereka akan berubah jadi merah, dan kalau mereka dibunuh saat mata mereka jadi merah, maka warna merah matanya akan abadi, dan berharga sangat mahal (dalam sebuah pelelangan di kota York Shin, sepasang bola mata merah suku Kuruta laku dengan harga lebih dari 2 milyar), suku Kuruta pun dibunuh dengan tragis dengan keadaan mata tercungkil. 

Kurapika memiliki dendam yang mendalam terhadap Genei Ryodan sampai dia bisa sangat marah dan matanya berubah jadi merah dengan hanya mendengar tentang Genei Ryodan. Tujuan Kurapika ikut ujian hunter adalah agar dia mendapat gelar Hunter dan bisa semakin dekat untuk membalaskan dendamnya pada Genei Ryodan, dalam ujian hunter ini Kurapika adalah orang pertama yang dinyatakan lulus di ujian terakhir.

Leorio


Laki-laki yang berbadan tinggi dan suka ngelawak. Dia bercita-cita ingin jadi seorang dokter karena dia kehilangan sahabatnya di masa lalu karena dia tidak bisa menyembuhkannya. Maka dari itu Leorio ikut ujian hunter semata-mata untuk mendapat uang dan membiayai kuliah kedokterannya.

Setelah ujian Hunter, Killua dipaksa pulang ke rumahnya oleh kakaknya. Gon, Kurapika, dan Leorio yang tau kalau Killua sebenarnya tidak senang berniat untuk mengeluarkan Killua dari rumahnya. Walau tau kalau keluarga Killua adalah pembunuh bayaran professional, mereka bertiga nekad menyusup ke dalam rumah killua di Kururu Mountain. Tapi perjuangan mereka sangat berat, untuk membuka gerbang raksasa yang berlapis di depan rumahnya saja butuh latihan berhari-hari, soalnya berat satu gerbangnya 16 ton. Kata pak satpam keluarga zaoldyeck, waktu Killua pulang, dia bisa membuka 3 gerbang, kalau ayahnya killua 7 gerbang, dan si pak satpam sendiri cuma bisa buka 1 gerbang. Sebenernya selain lewat gerbang utama, bisa masuk lewat pintu kecil di samping gerbang yang kuncinya ada di pos satpam, tapi kalau masuk lewat situ bakal langsung diterkam sama anjing peliharaan keluarga Zaoldyeck, Mike. Mike udah dikasih perintah buat ngebunuh siapapun yang masuk ke gerbang kecuali yang lewat gerbang raksasa.

sumber

Singkatnya (padahal sama sekali gak singkat), Ayah Killua membolehkan Killua pergi dan Killua bisa keluar dari rumahnya dan bergabung dengan Gon, Kurapika, dan Leorio, tapi mereka berpisah untuk mengejar tujuannya masing-masing, tapi Killua dan Gon tidak pernah berpisah, mereka selalu bersama. Terus Killua ngajak Gon buat ikut pertarungan di Celestial Tower buat nyari uang jajan. Ya, uang hadiah yang sangat besar itu bagi Killua cuma uang jajan, Gon tercengang waktu tau dulu Killua ngabisin uang hadiah di Cellestial Tower cuma buat jajan. 

Di Cellestial Tower aturannya gini, kita harus bertarung dengan lawan di arena, setiap kita menang, kita dapet duit dan bisa naik ke lantai selanjutnya yang bayarannya lebih gede (dengan lawan yang lebih kuat tentunya). Awalnya Gon gak tau kalau dia kuat banget, tapi di lantai bawah dia berhasil menang dengan mudah, ternyata kekuatannya bertambah drastis waktu latihan buka gerbang rumah Killua. Killua juga sebenernya bisa langsung naik ke lantai 50 karena dulu udah pernah sampe sana, tapi dia lebih milih nyantai-nyantai dan pengen bareng Gon aja.

Di Celestial Tower ini Gon dan Killua mendapat ilmu penting yakni tentang Nen. Gon dan Killua belajar mengembangkan Nen mereka, dan ternyata Gon memiliki Nen bersifat Kyouka (Penguat) dan Killua memiliki Nen bersifat Henka (Transformasi). 
Disini juga Gon bertemu lagi dengan Hisoka, laki-laki berpenampilan Pierrot yang sangat kuat waktu di ujian Hunter. Gon berhutang satu pukulan kepada Hisoka karena Hisoka mengasihani Gon waktu di ujian Hunter. Dalam pertarungan melawan Hisoka di arena pertarungan Celestial Tower, Gon berhasil sekali memukul Hisoka setelah berjuang keras dan membayar hutangnya.



Ternyata Kurapika juga berhasil menguasai Nen, Nen Kurapika bertipe Gugenka (Materialisasi) yang membuat dia bisa memunculkan rantai di tangannya. Tapi begitu mata merahnya aktif, dia bisa menguasai semua jenis nen dengan tingkat kemahiran 100% (inilah keistimewaan suku Kuruta). 


Gon, Killua, dan Leorio berkumpul kembali dan mereka mencari uang untuk membeli Greed Island, sebuah video game yang sangat sangat sangat langka dan sangat sangat sangat mahal, yang mana salah satu pembuatnya adalah ayahnya Gon, Ging. Mereka berharap melalui video game ini akan ada petunjuk tentang keberadaan Ging. Ini bukan sembarang game, game ini menggunakan nen untuk memainkannya.


Entahlah, gue lupa alurnya tapi mereka mulai berurusan dengan Genei Ryodan. Ternyata Hisoka adalah salah satu anggota Genei Ryodan, tapi palsu karena tato di punggungnya cuma tempelan (cuma karena itu?), tujuan Hisoka sebenernya adalah pengen ngebunuh ketua Genei Ryodan, Kuroro Lucifer.

Udah kepanjangan ya, langsung aja ke sesi nyanyi bareng opening Hunter X Hunter waktu ditayangin di Indonesia, pasti masih pada hafal kan?



Mari ucapkan slamat pagi
Wujudkan mimpimu lagi
Semoga hari ini
Jadi hari yang indah

Hal yang sederhana
Mereka bilang apa adanya
Bagai cahya mentari
Itu sesuatu yang paling berharga

Mimpi saat terjaga
Kan membawa
Ke esok hari yang tak pasti
Merry Go Round Goes

Berjalan bersama dirimu
Bergandeng tangan denganmu
Aku ingin menjadi
Sahabat selamanya

Ucapkan slamat pagi
Wujudkan mimpimu lagi
Marilah kita hidup
Seperti ini untuk selamanya

Sebenernya ini bukan anime untuk anak-anak karena banyak adegan kekerasan dan cerita yang agak rumit, tapi dulu gue suka banget sama anime ini. Thanks to Hunter X Hunter, yang gue suka adalah cerita anime ini menampilkan kehidupan yang keras dan perjuangan mengejar tujuan masing-masing, bertarung mati-matian dalam ujian hunter untuk tujuan yang berbeda-beda 

Yang gak kalah penting, cerita persahabatan 4 sekawan yang sangat berbeda latar belakang tapi mereka sangat setia. Terutama kisah Gon dan Killua. Bagaimana seorang anak dari keluarga pembunuh bayaran terkenal bisa bersahabat dengan anak kampung yang polosnya gak ketulungan. Dinamika terjadi waktu Killua main ke rumah Gon, bibi Mito memungut seekor anjing yang sedang terluka, Killua berniat membunuh anjing itu karena beranggapan bahwa lebih baik dia mati daripada harus hidup dengan luka yang parah begitu, tapi Gon dan bibi Mito memilih untuk merawatnya sampai sembuh.





Apa kau dengar
Suara angin yang berhembus
Di muka bumi

Bangkit kenangan di masa lalu

Apakah yang berada di atas sana
Di ujung awan yang berarak

Kutahu masa depan tlah menantiku
Di balik hutan ini

Selamat Jalan
Jangan berpaling lagi
Dan teruslah melangkah

Percayalah
Gejolak dalam dada
Kan jadi kekuatan

Suara langkahmu
Yang tengah berlari kencang

Sendiri kan kucari
Di tengah angin ini

ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

31 komentar

  1. Mari ucapkan slamat pagi
    Wujudkan mimpimu lagi
    Semoga hari ini
    Jadi hari yang indah ;D

    gue suka banget sama soundtracknya, nonton ini waktu SD kalo gak salah jamnya sore hari,
    dan gue juga gak nyangka kalo kuraapika itu cowok karna design karakternya cewek banget ._. (dafuq)

    BalasHapus
  2. mantep mas bro
    coba masih ada di TV mungkin jadi tayangan wajib buat ane

    BalasHapus
  3. Gon dan semangatnya, Leorio dengan tingkah konyolnya, Kilua yg misterius, sama Kurapika cowok cantik yang cool :O
    Ahh favorite saya ini!Sayang sudah tamat ya, coba diterusin lagi ceritanya hehe..

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. wehehey..
    as my request, hunterXhunter :D
    sayangnya belom nonton ampe tamat

    BalasHapus
  6. @M. Nasihin
    iya sore-sore nih animenya, gue biasa nonton di rumah nenek gue abis pulang sekolah..

    haha plus pengisi suaranya cewek lagi XD

    BalasHapus
  7. @Oi winata
    sama gue juga belum nonton sampe tamat XD

    BalasHapus
  8. Mengingatkan saya dengan TV7 dan animenya yang keren-keren. Sama dengan yang lain, belum pernah lihat sampai tamat. Terakhir liat adegan Kilua ngebunuh dan ninggalin ketua Ryodan di atas tebing, itu klimaksnya bukan?

    Ini alur utamanya emang sederhana, tapi tiap episode banyak penjelasan yang njelimet soal ini itu.

    BalasHapus
  9. @payjo
    Hunter X Hunter, Yuyuhakusho, Ghost at School, anime TV7 semuanya keren-keren, nanti bakal dibahas semua deh disini :D

    saya malah terakhir nonton yang pertukaran Gon&Killua sama Hisoka, terus si Hisoka ngelepas tempelan Ryodan di punggungnya, masih jauh ya XD

    BalasHapus
  10. kalo masih minat, nonton dah HxH versi 2011 XD baru release kok. gue sih udah mundur. ga kuat nonton anime panjang2 =)) cukup Naruto aja. kolkolkol~

    BalasHapus
  11. aku nggak pernah nonton itu, ram... mungkin karena kita sudah terpaut 20 tahun kali ya?

    BalasHapus
  12. @Fujisaki Fuun
    bentar.. fujisaku fuun itu Dewi ya? lupa gue.. :o
    haha ntar coba ah gue cari, lah Naruto malah gue gak ikutin animenya XD

    BalasHapus
  13. @Kang Kombor
    hehe padahalkan bisa aja om, kecuali filmnya om kombor mungkin saya gak pernah liat XD

    BalasHapus
  14. @Ramy

    hooh, iye.
    maksud gue, animanga panjang yang gue ikutin cuman Naruto (komiknya sih, ga animenya)

    gue sekarang cuman nonton anime yg bates episodenya 13-16an. paling mentok banget 26epi. (lol)

    http://animekompi.web.id/?s=hunter+x+hunter+2011 ini link tempat donlot videonya. kualitasnya bagus (karena bukan streaming) tapi terjemahannya bahasa Indonesia. sebenernya ga masalah sih kalo donlot anime yg pake bahasa Indonesia. cuman, kalo genre-nya humor, mendingan ga usah deh =)) kadar kocaknya suka beda kalo pake bahasa sendiri haha XD

    BalasHapus
  15. lu seneng sama kartun ya ram?? w kaga... seneng yabg blue... di post dund akkakak

    BalasHapus
  16. @uzanc
    huahahaha nanti blog gue disuspend tanggung jawab ya XD

    BalasHapus
  17. haaaaah,,,,anime hxh yg skrg beda ma HxH yg dulu q tontonin....

    BalasHapus
  18. WAAAAA Gue Suka Banget Sama HXH... Kartun kesukaan gue urutan pertama.. thanks ya reviewnya

    BalasHapus
  19. dari dulu gue bingung tamat e gimana??

    BalasHapus
  20. @slhamett zoeldick
    gatau belum tamat kayaknya yang di TV mah

    BalasHapus
  21. Favorit masa kecil.
    Saking sukanya, gue sampe bikin catetan misi si Gon, dia udah lolos berapa tahap.
    Haha

    Tapi gue gak tau gimana ending dari anime ini :(

    BalasHapus
  22. wah kartun favorite ku waktu kecil tuh :|

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. gw pikir .. ini adalah anime terbagus , terkeren , terlucu , ter ter ter lah pokoknya dari pada yg lain yg pernah ada di indonesia ^_^v

    jadi inget waktu kecil .. abis maghrib nonton Hunter X hunter bareng sodara" .. hhahaha nostalgia

    BalasHapus
  25. mending baca komiknya deh..di online ada kok yg bhsa indo...mqlah gon uda ktmu bapaknya

    BalasHapus
  26. Sumpe loh bro, sampe sekarang aja gue masih ambigu dengan gender Kurapika. Dan sampe sekarang juga gue masih penasaran sama wajah ayahnya Gon. Kok di foto sama muka pas di animenya yg episode greed island ga sama ya? Tapi ni anime recommended lah, pernah tayang di spacetoonTV sampe berkali-kali tapi sekarang udah gak ada lagi

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger