Bunga (Bangkai) Tidur

2/18/2012



Mimpi memang bunga tidur, tapi gimana kalau bunganya bunga bangkai alias mimpi buruk? belum lama ini gue mengalami mimpi buruk yang keinget terus sampe pagi. Pengen nyeritain dan curhat disini ah, sekalian blog ini jadi dream journal gue hahaha. Anggap aja ini cerpen fantasi gitu.


Gue dan temen-temen sekolah lagi berkunjung ke semacam museum gitu, di salah satu lorong, gue jalan paling belakang dan temen-temen gue di depan. Gue jalan lebih lambar dari semuanya, menyusuri lorong museum yang gak ada barang pajangannya, cuma ada karpet krem di lantai dan dinding warna abu-abu. Gue ngeliat kanan kiri dan disebelah kiri berdiri seekor kucing coklat. Tiba-tiba kucing coklat itu lompat dan masuk ke dalam sebuah lobang yang ada di dinding museum, model lobangnya sama kayak portal dunia kapur dalam kartun Chalk Zone, bercahaya seakan ada dunia lain di dalamnya. Karena penasaran, gue ngikutin kucing itu, tapi lobangnya gak muat, karena cuma muat buat kucing. Gue ngintip dari lobang, ada padang rumput kuning yang sangaaat luas, sejauh mata memandang cuma ada padang rumput kuning. Tiba-tiba
lobangnya membesar dan cukup buat gue masuk kesana, maka gue pun masuk.


Di dalam, di padang rumput yang sangat luas itu, gue masih bengong, sepi banget gak ada siapa-siapa lagi. Gue lari-lari, guling-guling, dan suasananya tenang banget. Dari kejauhan gue ngeliat kucing yang tadi, berlari kencang ke arah gue, kayaknya dia lagi ngejar sesuatu. Pas gue nengok ke belakang, lubang pintu masuk gue tadi mengecil lagi! gak mau terkurung disitu gue juga ikutan lari menuju portal. Untung gue tepat waktu, gue berhasi keluar dari tempat aneh itu, tapi si kucing kurang beruntung, dia gak berhasil keluar tepat waktu, lubang portalnya udah nutup duluan, dan hanya menyisakan dua lubang kecil seukuran mata kucing. Gue masih penasaran, gue deketin lagi lubang kecil itu dan ngintip kesana. Pemandangannya masih sama, padang rumput luas tapi warna kuning yang sepi.


Screen shot dari film "Knowing" , mungkin karena gue pernah nonton film ini jadi gambaran padang rumputnya mirip kayak gini


Gue pun memutuskan buat nyusul temen-temen gue, tapi di lorong itu ada sesosok wanita berambut panjang acak-acakan, mukanya ketutupan rambut, pake baju putih sobek-sobek dan berdarah-berdarah. Gue gak tau kenapa gue gak takut sama dia, gue jalan aja nyantai lewat disamping dia.


Pulang dari museum itu, yang aneh gue pulangnya naik motor, study tour mana yang siswanya bawa motor masing-masing? dan motor gue juga model skuter, bukan motor bebek kayak aslinya. Gue mengendarai motor gue menuju gedung kantor bertingkat. Entah kantor apa dan kantor siapa, tapi dalam mimpi, itu kantornya temen gue. Gue gak kerja disitu tapi gue kenal sama yang punya kantor dan ke kantor untuk main-main aja. Gue masuk ke pintu depan dan naik tangga (bukan naik lift) entah sampai lantar berapa ke suatu ruangan, gue menyapa temen-temen gue (gue gatau mereka siapa, bukan temen gue di dunia nyata, tapi dalam mimpi kayaknya gue akrab banget) dan numpang ngaso di salah satu sofa disana. Setelah cukup istirahat gue meninggalkan kantor itu dengan mengendarai skuter gue lagi.


Tapi gue gak pulang ke rumah, gue pulang ke rumah nenek gue. Ya, kali ini latarnya sangat jelas. Rumah nenek gue yang ada di pinggir jalan raya, tapi settingnya malam hari. Gue masuk dari pintu depan, sepertinya lagi ada acara keluarga, semua keluarga besar lagi kumpul, termasuk orangtua gue. Waktu gue jalan menuju ruang belakang, tiba-tiba muncul secara mengagetkan setan cewek rambut panjang dan berdarah-darah yang tadi, kali ini mukanya keliatan, berdarah-darah serem, tapi sambil ngangetin "Waaaaa!!!!"


Gue kaget, tapi gak teriak dan gak lari, gue masih diem di depan si setan, sampai ibu gue dateng dan bilang kalau itu cuma orang-orang sini yang lagi pake kostum, semacam merayakan halloween (di Indonesia ada halloween?), whatever, gue lanjut jalan ke ruangan belakang, entah ngapain waktu itu. Tanpa gue sadari, semua keluarga gue udah pulang entah sejak kapan, dan gue sendirian di rumah nenek gue, cuma ada satu om gue. Om gue pun nyuruh gue ke depan gerbang rumah nenek dan tunggu dia ngunci rumah dan lain-lain. Gue pun menuju ke gerbang depan rumah dan nungguin, suasananya tengah malem berkabut kayak London malam hari.




Karena kelamaan nunggu, gue nyusul ke dalem, tapi om gue gak ada, pas gue lagi ngecek-ngecek kamar, muncul si setan cewek berambut panjang berdarah-darah, sama kayak tadi, ngagetin gitu "Waaaaa!!!". Dan sama kayak tadi, gue kaget, dan jadi diem terpaku gitu, gue bisa jelas liat wajahnya yang penuh darah. Tiba-tiba om gue dateng dari belakang --padahal daritadi gue cari gak ada-- dan ngingetin gue sekali lagi kalau setan itu cuma bohongan, dia cuma orang yang pake kostum.


Gue pun pulang naik motor gue, ya, naik motor gue, gue juga gak tau kenapa gue nungguin om gue tadi kalau akhirnya gue pulang naik motor gue sendiri. Tapi niat gue gak ke rumah, gue malah mengendarai motor ke sekolah, tapi bukan SMA gue saat ini, tapi malah ke arah SMP gue. Dalam satu pertigaan waktu gue mau belok ke arah sekolah, motor gue kayak belok sendiri ke arah lain, ke arah gedung kantor temen gue tadi (walau gue gak tau persisnya lokasi kantor itu dimana). Dan gue inget bergumam dalam hati waktu motor gue belok "lah kok kesini? yaudahlah gapapa ke kantor juga, mau numpang tidur", kondisi gue waktu itu capek banget dan itu tengah malem.


Sampe di kantor, gue masuk dan naik tangga ke arah ruangan yang tadi, ruangan yang banyak sofa yang empuk tadi. Tapi kantornya sepi, gak ada siapa-siapa, dan temen gue juga gak ada. Anehnya gue sama sekali gak merasa aneh, itu kantor gak kekunci dan kayak rumah gue sendiri aja, gue nyelonong ke ruangan itu dan teriak siapa tau ada salah satu temen gue disana "Wey gue numpang tidur ya!" dan waktu gue menuju sofa, lagi-lagi muncul si setan-rambut-panjang-berdarah-darah , muncul dengan ngagetin "Waaaa!!!" Kali ini gue kaget dan takut beneran, gue sendirian disitu, tengah malem lagi, gue nutup mata gue dan berharap keluar dari mimpi.




Plung, tiba-tiba gue bangun diatas kasur di kamar gue. Gue masih merasa aneh, perasaan semalem gue tidur di kantor? kok tiba-tiba ada di kamar? akhirnya gue inget kalau gue dikagetin sama si Sadako berdarah-darah, mungkin gue pingsan. Tapi siapa yang bawa ke rumah? Akhirnya gue sadar kalau itu semua mimpi, mana bisa gue numpang tidur di kantor sepi gitu. Gue liat jam di kamar, menunjukkan pukul 4 sore. Gue nambah bingung, loh emangnya gue tidur siang ya? waktu gue masih bingung gitu, terdengar suara motor gede masuk ke gerbang rumah gue dan parkir di depan rumah.


Gue intip lewat jendela kamar, ternyata dua temen gue dateng. Dari jendela juga gue liat motor bebek gue parkir dengan posisi yang sama sekali gak lazim dan luar biasa. Ban depan motor gue naik ke teras depan rumah yang lumayan tinggi, jadi motornya miring. Entah gimana caranya itu motor gak jatoh dan posisinya lurus banget kayak gak distandarin.


Sambil mikir "apa gue mabok semalem? bawa motor sampe naek ke teras gitu?" gue keluar kamar dan menuju teras depan menemui dua temen gue. Anehnya lagi, dua temen gue yang dateng ini yang gue tau sama sekali gak pernah kenal. Umur beda jauh, rumah jauhan, latar belakang beda, dan gak pernah ketemu. Jangankan ketemu, gue menceritakan tentang temen gue si A ke si B aja gak pernah, jadi setau gue mereka juga gak pernah denger nama satu sama lain.


Kita bertiga duduk di teras, dan gue mulai ceritain mimpi gue yang aneh banget tadi. Selama gue cerita, kan gue ngadep kearah rumah tetangga gue, dan dari balik tembok pembatas rumah gue dan rumah tetangga gue, sesekai gue ngeliat sosok perempuan berambut panjang nongol kayak ngintip, wajahnya merah darah, itu si setan yang ada di mimpi gue! kenapa dia ngikutin sampe keluar mimpi!? Tapi gue mencoba cuek dan nganggep mungkin itu cuma ilusi. Belum selesai cerita gue, tiba-tiba salah satu temen gue itu liat jam dan teriak "Ya ampun kenapa udah jam 10 pagi aja!!" seujug-ujug mereka berdua langsung ke motor dan pergi dari rumah gue tanpa pamit dan mukanya panik setengah mati. Gue yang masih gak sadar apa yang sedang terjadi, gue liat ke langit dan ternyata bener, langit pagi! padahal tadi masih sore! gimana bisa dari sore ke pagi tanpa melewati malam?


Gue sadar ada yang gak beres, gue merengek takut, "Ya Allah, kembalikan waktuku.. apa yang sedang terjadi? Apa salahku?" gue bersujud di teras depan rumah gue. Tiba-tiba ada yang ketawa dibalik tembok rumah gue, ternyata itu si setan tadi, dia bener-bener ada disana. Kali ini gue gak takut, gue kesel banget sama dia, gue beranggapan dia yang ngejailin gue daritadi.


Gue langsung lari ke arah tembok rumah, loncat ke halaman tetangga gue kayak anak parkour, dan gue jambak rambut si setan tadi lalu gue pentokin dia ke mobil tetangga gue. Brak! "Ini pasti gara-gara elu!" gue tarik mukanya karena gue masih sedikit menganggap dia adalah orang berkostum seperti kata om dan ibu gue di mimpi. Srak! kulitnya ketarik, dan di dalemnya masih ada topeng polos, gue tarik wajah topeng itu mirip kayak adegan di kartun Scooby Doo, dan tau apa? setelah gue tarik muka topengnya, ternyata gak ada muka lagi, abis.. dan kosong, dia ilang gitu aja.


Menyadari kalau ternyata itu setan beneran, gue takut lagi, takut banget dan sesaat gue berharap kalau ini cuma mimpi dan blek! gue kembali terbangun dari tidur gue dan bener aja, ternyata itu juga cuma mimpi! mimpi di dalam mimpi! Gue diceritain temen-temen kalau mereka pernah mimpi di dalem mimpi (istilahnya gue lupa) dan ternyata gue juga ngalamin, sayangnya ini mimpi buruk, jadi double nightmare gitu.


Itu masih tengah malem dan gue takut kalau gue tidur lagi gue akan kembali mimpi buruk. Gue pun turun ke tempat tidur adek gue dan tidur disana. Tapi di tidur yang kedua ini gue gak masuk fase REM (Rapid Eye Movement) Dreaming alias gak mimpi. Waktu subuhnya dalam keadaan setengah sadar, gue bisa denger percakapan antara mama gue dan adek gue, "Itu kok si Aa tidurnya di bawah?" "Gak tau" "jatoh kali ya? ooh jangan-jangan dia takut lagi.. A, bangun A, kok tidur di bawah?" gue jawab masih sambil merem, "dingiin~".


Di perjalanan menuju sekolah gue masih ngebayang-bayangin mimpi semalem dan nyebutin keanehan-keanehan dalam mimpi itu , setiap mimpi yang bisa gue inget gue selalu mengingat keanehan di dalamnya, yang gak mungkin bisa terjadi di dunia nyata, istilahnya Dream sign , tanda-tanda yang menunjukan kalau kita sedang bermimpi. Gue juga mulai mengelompokan Dream Sign-Dream Sign tersebut ke beberapa kelompok berdasarkan sifat dan bentuknya. Misalnya kelompok Emotion, dream sign di mimpi semalem gue gak takut, gak teriak, dan gak lari waktu ditakutin setan pertama kali. Dream sign dalam kelompok Action, misalnya motor gue belok ke arah kantor dengan sendirinya, terus Dream Character Role, 2 temen gue yang sama sekali gak pernah kenal malah boncengan motor berdua ke rumah gue. Setting Place, padang rumput luas antah berantah dan seterusnya dan seterusnya.




Sampailah gue disekolah dan sambil parkir motor, gue inget waktu gue di dalam mimpi itu udah putus asa dan merengek "Apa salahku?" , akhirnya sekali lagi gue mempertanyakan pertanyaan itu, apa salah gue sehingga gue bisa dapet mimpi buruk? gue selalu beranggapan, gue gak mungkin dapet sesuatu yang buruk kecuali gue abis melakukan hal buruk. Dan setelah gue inget-inget, malam itu gue kecapean dan ketiduran di kamar ortu, gak berapa lama dibangunin dan disuruh pindah ke kamar gue, gue jalan ke kamar dan langsung banting badan ke kasur, lanjut tidur lagi. Belum Sholat Isa, boro-boro solat isa, baca doa tidur juga enggak.


Sebelumnya emang pernah juga mimpi buruk dan setelah diinget-inget ternyata belum solat Isa. Mungkin mimpi kali ini bukan yang terburuk, gue pernah mimpi lebih serem dari ini, yang bikin gue gak berani ke kamar mandi selama beberapa hari, yang bikin gue gak berani keluar rumah malem-malem, yang terus kebayang dan kerasa merinding walau udah berapa hari. Kalau mimpi kali ini, waktu gue masuk gerbang sekolah juga udah gak merinding, waktu mulai belajar dan bertemu temen-temen sekolah udah lupa, sekarang aja inget lagi karena mau ditulis di blog.


Tapi yang spesial dari mimpi buruk kali ini adalah, ini mimpi di dalem mimpi pertama gue, orang bilang kalau kita mimpi di dalam mimpi itu menandakan kita punya imajinasi yang sangat kuat, tapi gue menganggap mimpi ini juga peringatan buat gue biar gak ninggalin solat Isa. Ditegur itu bikin geer dan bikin seneng lho. Yang Maha Berkehendak nyumpelin bunga bangke, agar baunya menusuk hidung dan membangunkan jutaan reseptor di epihtelium olfactory yang terhalang oleh lendir-lendir kelalaian.


Kalau kalian? pernah mengalami mimpi buruk yang berkesan? share donk ^^


Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

31 komentar

  1. Agak bingung bacanya (pertama), tapi akhirnya paham kalau ente mimpi di dalam mimpi.

    Teruskan ngigaunya yak nak alien #eh

    BalasHapus
  2. @Farid Azroelsetelah gue baca lagi juga kayaknya gue nyeritainnya emang belepotan sih bang XD
    abis mimpinya juga ngebingungin

    BalasHapus
  3. panjang banget tuh mimpi nya,

    tapi keren kalau kaya dunia kapur ada lobang-lobang gitu,

    BalasHapus
  4. Dijadiin novel keren nih!
    Tapi yang gue tau kalo kita mimpi, kita cuma dapat mengingat 30% dari kejadian dalam mimpi. Lo nyampe abis ya? keren O__O

    BalasHapus
  5. buset tahan amat lo bang ketemu nenek2 itu,kalo gue sekali mimi ketemu "setan" gitu langsung kebangun,ini lo sampe berkali2.. muahaha :))

    BalasHapus
  6. ihh hantu cewe berambut panjang itu ngikutin abang deh, jangan-jangan dia naksir abang lagi :p waaaaa

    BalasHapus
  7. lu mimpi atau apa? sampe keinget semua gitu ._.

    kalo di bahasa indonesia itu namanya cerita berbingkat , di dalam cerita ada cerita lagi . jadi , mimpi lu namanya mimpi berbingkat . hehehe

    BalasHapus
  8. keren! mimpi di dalem mimpi. ngeri sendiri gue bacanya, apalagi yang pas bagian di kagetin cewe setan ampe berkali2 gitu :O ngeri abis sumpah.
    anw gue jadi penasaran ama mimpi lo yang katanya lebih serem dari yang ini, posting dong :P

    BalasHapus
  9. wah mantap fiksi dari nyata ke fiksi hehe kapan nih bikin buku :D

    BalasHapus
  10. mimpi dalam mimpi. pernah dan gak jarang sih. :)

    BalasHapus
  11. @...Uzay Gingsull...
    haha sayang itu di mimpi gue scene yg gak jelas XD

    BalasHapus
  12. @Aliv
    iya yah.. jadi novelnya itu isinya Dream Journal semua :D

    ini juga kayaknya gak semuanya liv, ada detail-detail yg gue lupa, yg jelas urutannya gitu

    BalasHapus
  13. @Bahrumsyah Bila Sahil
    oh gitu ya, mimpi berbingkat.. thanks yo :D

    BalasHapus
  14. @beby
    mimpi yg itu udah pada lupa.. cuma inget intinya pas bikin takut doank XD

    BalasHapus
  15. @jay boana
    hehe doain aja bro, 2012 nih insyaallah :D

    BalasHapus
  16. @AkaneD'SiLa
    waw, berarti imajinasi kamu keren :D

    BalasHapus
  17. tlisan lo asik dibaca...mantabs

    salam kenal dan follback gw ya..

    Revolusi Galau:Gerakan Hibah Sejuta Buku Blogger

    BalasHapus
  18. @Emelia Ariska
    jangan sampe amit-amit cabang baby :O

    BalasHapus
  19. mantap dan keren nih critanya.

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Keren... :D
    Semalem aku juga mimpi buruk, nih dia ceritanya, klik klik.
    Salam kenal. :)

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger