SOTOJI : Inovasi Baru Makanan Instan

1/18/2012



Di musim hujan kayak gini, emang paling enak makan yang anget-anget. Daripada galau dengan orkestra musik deras hujan berpadu dengan wangi scent petrichor yang membawa memori masa lalu, gue memutuskan buat masak untuk makan sore. Tapi rasanya bosen kalau tiap hujan makan yang itu-itu aja, nah kebetulan tempo hari dapet kiriman Sotoji, dan jadilah gue masak sotoji di sore yang hujan itu.


Apaan tuh Sotoji?
Sotoji tuh Soto Jamur Instan. Semacam soto jamur siap saji yang dibungkus dalam kemasan, tinggal seduh dan soto pun siap menyelamatkan kita dari rasa lapar. Tentu aja ini merupakan suatu inovasi baru makanan instan yang selama ini didominasi dengan produk mie instan. Sotoji juga bergizi karena mengandung banyak protein dan serat yang tinggi lho, ini tidak lain tidak bukan karena jamur yang ada di sotoji ini adalah jamur tiram.



Jamur tiram emang udah terkenal sebagai bahan makanan yang bergizi, jamur ini kaya vitamin, mineral, , fosfor, zat besi, dan serat serta rendah karbohidrat dan lemak. Ya, kebanyakan karbo kan gak baik untuk tubuh, apalagi mengingat makanan instan biasanya dimakan pada waktu diantara waktu makan inti --misalnya makan sore-- kalau yang dimakan karbo juga, bisa diabetes kan? Jadi menurut gue sotoji ini pas banget sebagai makanan instan siap saji, selain menyajikan makanan yang "beda", kandungan gizi nya juga oke dah!


Sekarang mari kita bedah dan review si Sotoji nya. Dimulai dari kemasannya, gue suka banget bahan plastik yang digunakan, tebal dan bagus, hmm.. pantes aja yang ada di dalamnya bisa awet selama setahun tanpa bahan pengawet, ya gue ulangi, tanpa bahan pengawet lho. Tapi menurut gue, gambar Soto di kemasannya resolusinya kurang gede, jadi agak pecah, gak terlalu ngaruh sih ya tapi lebih keren kalo lebih high resolution. Tapi ya toh cuma bungkusnya, they say, don't judge book by the cover, so let's check the content out.


Personel Sotoji
Satu bungkus Sotoji terdiri dari bihun, bumbu, minyak soto, lada bubuk, dan jamur. Bagi lu lu yang kagak tau gimana cara masak sotoji sampai menjadi soto yang enak, petunjuknya terpampang jelas di bagian belakang kemasan. Tentu aja ini sangat berguna mengingat sotoji ini produk terobosan terbaru dan pertama di Indonesia yang mungkin saja orang yang baru pertama kali nyoba gak tau cara masaknya, jadi petunjuk ini berguna banget bo.



Pertama kita rebus air buat masak bihun dan jamurnya, sambil nunggu bihun dan jamurnya matang sempurna, siapin dulu bumbu-bumbunya di mangkok. Gue agak susah nih buat buka bungkus bumbu kalo gak pake gunting, soalnya bentuk kemasannya gak bergerigi yang gampang disobek, eh ternyata ada juga buat sobekannya, tapi menurut gue, akan lebih mudah kalau ujung bungkusnya bergerigi, lebih easy tear, tentu aja dengan tetap mempertahankan kualitas kemasan bumbu yang juga bagus ini.





Nyuus.. kita lanjut masak yuk, sambil sesekali diaduk, pastikan bihun dan jamur dimasak sampai matang, karena semakin lembek jamur dan bihunnya semakin enak dan mantap, jadi jangan takut kalo ngerebus kelamaan jadi lembek dan gak enak kayak mie instan ya.




Setelah dirasa cukup matang, silahkan campurin tuh bihun dan jamur ke bumbu yang udah disiapkan dan menanti dalam penantian sejati berharap kehangatan dan belaian bihun dalam lautan kuah yang menggiurkan melarutkan segenap bumbu menjadi formula kenikmatan soto yang tidak pernah dikecap lidah sebelumnya *tsaaah*


Chang! Ini dia, Sotoji , Soto Jamur Instan yang lezat sudah siap menempuh perjalanan menuju kolon melalui esofagus yang dinikmati disetiap prosesnya! Lumayan *pake aksen Hinano dari Anime Trouble Chocolate*




Begitu dicicipi, kesan pertama yang ada di kepala gue adalah "Beda" ! Ini bener-bener beda kayak makanan instan yang pernah gue cobain selama ini, bumbu soto nya bener-bener berasa kayak soto asli, apalagi tekstur bihunnya yang bener-bener lembut memanjakan lidah, citarasa jamurnya juga original, walau yang gak suka jamur sekalipun, pasti bakal suka jamur sotoji yang lembut sekaligus gurih ini. Ini sih namanya bukan makan sekedar kenyang, tapi juga enaknya dapet banget.


Dan dengan sedikit imajinasi dan sentuhan, kita juga bisa menyulap sotoji menjadi kreasi kita sendiri, sotoji emang cocok ditambahin lauk-lauk tambahan seperti ayam, sosis, krupuk, ikan asin, kacang atom, dan lain sebagainya.




Dan Selain sebagai makanan selingan antara waktu makan inti, sotoji juga bisa nih sebagai makanan utama. Kenapa? karena sotoji juga cocok banget sebagai makanan pendamping nasi, pas banget kan buat anak kos dan anak sekolah kayak gue, masaknya gampang, bergizi, dan bikin kenyang juga, hahahaha.


Mungkin kalian bertanya-tanya, "dimana gue bisa mendapatkan sotoji itu?" well kalian bisa memesannya via website www.sotoji.com , nanti dianter pesanannya. Semoga Sotoji bisa secepatnya deh dijual bebas diseluruh Indonesia dan bisa ditemukan di warung-warung terdekat, biar masyarakat merasakan gaya makan makanan instan yang baru, dan bergizi, dan kalau bisa ditambah lagi varian rasanya, dengan mempertahankan gizi dan ciri khas jamurnya, gue yakin kok sotoji masih akan memberikan kreasi barunya dalam dunia kuliner instan di Indonesia.






ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Hai kawan, salam kenal, wah.. setuju deh.. SOTOJI emang mantap, hehehe.. aku juga punya sotoji lho.. di http://blog.sholikhan-s.com/2012/03/kenapa-harus-sotoji.html , jangan lupa liat pidionya juga http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=ni0tDtLwQOQ makasih...

    BalasHapus
  2. gua punya pertanyaan, kalo sotoji dicampur kalpanax ilang gak ya jamurnya?

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger