Resolusi Juara gue di Tahun 2012

1/01/2012



Tahun 2011 sudah berlalu, dan mulai terbuka lembaran baru, kita memanggilnya 2012. Diiringi dengan kemeriahan di setiap sudut kota, dengan suara terompet yang bersahutan dan dihiasi dengan warna-warni kembang api di langit mendung ini. Gue - seperti tahun-tahun sebelumnya - gak keluar rumah buat ikut berpesta-pesta di luar, gue cuma tiduran di kasur dengan pintu kamar terbuka, yang membuat gue bisa menonton Transformer 2 di TV ruang tengah dari kamar. Gue gak menaruh perhatian penuh pada film, karena jarak yang lumayan jauh, suara Optimus Prime dan lain-lain kalah oleh suara kembang api dan petasan di luar, bagaikan seorang pengungsian perang yang sedang bersembunyi di banker, dengan suara tembakan di langit dari pesawat tempur lawan, kalau ada home monitoring, mungkin terlihat rumah gue kayak gak ada penghuninya, pada mendem di dalem semua. Gue lebih memilih menyibukkan diri memainkan handphone, masih dengan posisi tiduran gue membuka client twitter kesayangan gue setelah memastikan koneksi Internet dari wifi router gue tetap stabil walau di malam sibuk seperti ini.


Lini masa ternyata juga sedang heboh, gak kalah heboh sama kembang api, ada yang sibuk ngetweet tentang kemeriahan tahun baruan di kota masing-masing, ada yang mengeluh karena suara kembang api di atas genteng rumah, ada pula yang kesal karena kejebak macet di malam tahun baru. Sebagian lagi ada yang countdown setiap menit, dan ada pula yang malah mengenang kenangan-kenangan di tahun 2011, juga ada yang menuliskan harapan mereka untuk tahun 2012, ramai dengan tagar #Resolusi2012 .


Menarik membaca kicauan teman-teman tentang harapan mereka di tahun baru ini, ada yang berharap bisa move on dari sakit hati yang mendalam, ada yang berharap tidak mengulang kesalah yang sama di tahun 2011, ada yang berharap bisa lebih memanfaatkan waktu, dan tidak sedikit yang berharap ingin mendapatkan barang yang mereka idamkan di tahun 2012.


Warna-warni lini masa malam ini tidak kalah dengan warna-warni kembang api, terlebih jika melihat resolusi teman-teman gue. Ada yang sangat percaya diri dan yakin keinginannya akan tercapai di tahun 2012, ada yang ragu-ragu, dan ada yang pesimis - menulis keinginan dan diakhiri dengan kata "ah mustahil" . Keinginannya pun bermacam-macam, ada yang kecil yang mungkin tidak usah berharap-pun akan didapat, ada yang biasa-biasa saja, ada yang berkeinginan tetapi tidak terlalu berharap banyak, dan ada yang memiliki resolusi yang sangat besar menyambut tahun baru, inilah yang dimaksud Resolusi Juara.



Apa itu Resolusi?


Apaan tuh Resolusi Juara? apaan tuh resolusi? Resolusi disini bukan display resolution yang biasa ada di monitor-monitor ya, resolusi yang dimaksudnya itu Resolusi Tahun Baru. Apaan tuh resolusi tahun baru? New Year's resolution menurut wikipedia adalah


"A New Year's resolution is a commitment that a person makes to one or more lasting personal goals, projects, or the reforming of a habit. This goal must be reached by the Next New Year. Keep in mind that this is a goal, not a wish and should be something that you as a person could strive for."


Bagaimana? Jelas disebutkan bahwa Resolusi Tahun Baru adalah komitmen, yang orang-orang buat seperti tujuan, rencana, atau perubahan kebiasaan. Yang perlu digarisbawahi adalah kalimat terakhir, tujuan ini harus tercapai di tahun depan, selalu pikirkan, dan bukan semata-mata sebuah harapan, dan sebaiknya merupakan sesuatu yang bisa kita perjuangkan. Nah jadi kalau cuma berharap dan tidak bersungguh-sungguh untuk mencapainya, maka itu belum termasuk resolusi. Jadikan resolusi itu goal atau tujuan kita di tahun baru ini, dan kita harus benar-benar berjuang untuk mencapainya.


Pentingkah Memiliki Resolusi?


Terus penting gak sih kita punya resolusi? kalau gue bilang sih penting. Ibaratnya sebuah game, kita pasti akan dikasih quest atau mission atau objective atau apapun itu namanya untuk bisa melangkah ke level selanjutnya. Resolusi tahun baru pun demikian, diharapkan dengan memiliki resolusi, kita bisa melangkah ke level selanjutnya dalam kehidupan kita di tahun baru, kita akan menjadikan resolusi ini tujuan kita selama setahun, dan kita harus berjuang untuk meraihnya, karena kalau tidak... game over.


Resolusi Juara


Terus yang dimaksud resolusi juara itu apa? Resolusi juara menurut gue adalah sebuah resolusi tahun baru yang berani untuk memiliki tujuan besar, yang mungkin bagi sebagian orang adalah mustahil, dan bisa mejadi bahan tertawaan. Yang penting kita memiliki mental Juara untuk mencapai resolusi itu, yakin dan berjuang sekuat tenaga. Bukankah akan keren banget kalau tujuan yang Juara itu bisa benar-benar tercapai, kita akan bangga, membuat tercengang orang-orang yang menganggapnya mustahil, dan kita bisa bilang "I've said to you, I can!" , kita juga akan semakin percaya diri untuk membuat resolusi juara di tahun depan bisa tercapai.


Mewujudkan Resolusi Juara


Lantas bagaimana cara mewujudkan Resolusi Juara? Oke, mengingat resolusi juara adalah sebuah resolusi yang besar, maka gak bisa diwujudkan jika kemauan dan usahanya setengah-setengah, kita gak bisa hanya mengharapkan keajaiban agar Resolusi Juara kita terwujud. Perjuangan Keras tidak usah ditanya, mutlak perlu untuk mewujudkan sebuah resolusi juara, mari kita lihat dari aspek lain. Coba deh kita berkaca di tahun 2011 yang lalu, hal-hal apa aja yang udah kita lewatkan dan sia-siakan? Kalau gue pribadi, gue melewatkan banyak kesempatan di tahun 2011, yang akhirnya gue sesali. Jadi gue bertekad gak akan melewatkan kesempatan dan peluang di tahun 2012, mungkin kalian punya cara sendiri. Apalagi di era digital ini segalanya sudah dipermudah dengan adanya internet. Selama 2011 gue bener-bener ngerasain internet sangat sangat membantu gue terutama untuk mendapatkan informasi, maka tahun 2012 ini gue harus bisa lebih memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin.


Resolusi Juara Gue di Tahun 2012


Maka karena itulah jangan heran kalau resolusi juara gue masih berhubungan dengan internet dan dapat terwujud dengan peran serta internet. Well, gue memiliki 3 Resolusi Juara untuk tahun 2012 ini, yang mana masing-masing mewakili jenis dari resolusi : Goal, Project, dan Reforming of a Habit. Yaitu :


1. Pengen Ke Luar Negeri Gara-Gara Ngeblog (Goal)




Gue pengen banget deh jalan-jalan ke luar negeri, berkunjung sambil menikmati keindahan negeri orang, atau  berfoto di Landmark-landmark terkenal dari suatu negara. Saat mengenal blog, keinginan pergi ke luar negeri ini muncul lagi, karena gue baca blog-blog nya blogger kondang yang bisa ke luar negeri gratis gara-gara ngeblog. Gue jadi terpacu buat terus ngeblog, biar bisa dapet kesempatan ke luar negeri kayak mereka-mereka. Tapi tentunya ke luar negeri bukan Goal akhir gue, ibaratnya kalau main game, "ke LN" adalah boss-nya, tapi bukan boss terakhir, melainkan boss di suatu level, yang kalau bisa dikalahin, gue akan  bisa lanjut ke level berikutnya. Ya, ke luar negeri berkat ngeblog adalah boss dari level 2012 yang harus gue taklukan, biar bisa melangkah ke tahun 2013 dan bertemu dengan boss yang lebih sangar.


Yang disesalkan selama 2011


Gue ngeblognya masih belum serius, masih moody, kurang konsisten, dan pokoknya gitu deh. Gue belum memaksimalkan waktu ngeblog gue dengan optimal, gue kebanjiran ide tapi sedikit yang bisa direalisasikan menjadi postingan blog. Gue cukup seneng sih dengan prestasi blog gue selama 2011, tapi gue rasa gue masih bisa lebih maksimal lagi.


Yang Akan Dilakukan


Demi mewujudkan Resolusi ini, gue akan lebih rutin dalam ngeblog, jangan biarkan gue kebanjiran ide, kalau bisa gue saking rajinnya posting sampe gue kehabisan ide. Gue akan nyari-nyari informasi dan mengambil kesempatan lomba-lomba blog yang ngasih hadiah ke luar negeri. Jadi intinya gue akan lebih rajin dan konsisten.


2. Pengen Memulai Bisnis Online dan Meneruskan Beberapa Blog (Project)




Tentu demi mendapat barang-barang yang gue inginkan, gak cuma bisa mengandalkan kuiz dan gratisan, gue pengen memulai bisnis online biar gue punya penghasilan, terlebih lagi penghasilan passive income yang stabil. Untuk itu, di tahun 2012 ini gue akan memulai bisnis online baru dan akan lebih sungguh-sungguh dalam belajar dan prakteknya. Selain itu gue juga ingin meneruskan beberapa blog gue yang udah lama gak posting, padahal gue yakin potensi yang dimiliki blog-blog ini sangat besar kalau dijalankan secara rutin.


Ada 2 blog yang gue berniat untuk dibesarkan lagi, yang pertama adalah prkita.wordpress.com , blog yang berisi tentang pelajaran-pelajaran anak sekolah, atau lebih spesifiknya adalah jawaban dari tugas-tugas anak sekolah. Pembuatan blog ini didasari pengalaman pribadi gue, yang mana kalau nyari tugas di internet itu kadang suka tersesat ke blog-blog AGC sampah yang banyak berserakan di search engine. Akan lebih praktis kalau kita memiliki satu blog khusus tempat mencari tugas-tugas sekolah. Maka gue bikin blog ini, dan gue berniat mengisinya dengan tugas-tugas yang gue dapet. Jadi selain gue jadi tertuntut untuk mengerjakan tugas, gue juga tertuntut untuk menulis postingan blog, akhirnya tugas  selesai, blog ter-update.


Tapi apa nyatanya? blog ini baru berisi satu postingan, karena gue malas mengerjakan tugas, yang terjadi malah sebailknya : tugas gak selesai dan blog terbengkalai. Walaupun baru satu postingan, respon pengunjung blog itu gue rasa cukup positif, terlihat dari statistik visitor blog, makannya gue tau pasti blog ini potensinya sangat besar, dan gue berniat buat sungguh-sungguh nerusin blog ini di tahun 2012.


Sementara blog satu lagi baru gue bikin bulan Desember kemarin, dan masih rahasia, nanti aja kalau sudah banyak postingannya baru gue share, atau mungkin kalau gue berubah pikiran gue akan membiarkan blog itu anonim. Sama seperti blog pertama tadi, blog kedua ini juga memiliki potensi yang besar untuk terkenal dan berguna tentu saja.


Yang Disesalkan Selama 2011


Untuk masalah bisnis online, yang gue sesalkan adalah selama 2011 gue masih belum serius dan setengah-setengah, gue masih malas untuk mengisi konten di web. Gue juga membuang berbagai kesempatan untuk bekerja sama pada tahun 2011 ini. Kalau untuk masalah blog ini udah jelas, gue nyesel karena gue gak serius dan malas-malasan dalam menggarap dua blog ini, gue cenderung menyepelekan tugas-tugas sekolah yang berakibat gak ke-updatenya blog gue, gue tidak memanfaatkan waktu luang sebaik mungkin untuk update blog, padahal blog ini baru dibikin, tapi udah males aja ngisinya, bahkan buka dashbor nya aja males.


Yang Akan Dilakukan


Gue akan lebih serius lagi dalam menggarap bisnis online yang sudah ada, dan akan memulai satu bisnis online baru. Dan untuk 2 blog yang bakal gue jalanin, gue juga harus berkomitmen untuk rutin posting, terutama berkomitmen untuk rajin mengerjakan tugas sekolah, gue akan lebih tekun! tekun! tekun!


3. Mengurangi Hal Negatif dan Menambah Hal Positif di Social Media (Reforming of a Habit)




"Mulut-mu Harimau-mu" jaman sekarang udah bertransformasi menjadi "Tweet-mu Harimau-mu". Lidah tak bertulang, dan keyboard komputer bebas dipijit. Begitu mudahnya jari-jari ini memijit tombol keyboard, bahkan lebih cepat dari otak yang berpikir apakah kata-kata yang akan di publish itu layak atau tidak. Sering kali gue ngetweet tanpa berpikir 2 kali, sehingga bisa menyebabkan orang tersinggung. Bikin orang tersinggung di social media ini gak enak, dan gue harus berjuang untuk meminta maaf dari mereka. Biasanya ini ternjadi karena gue kebawa suasana timeline yang sedang ramai dan panas-panasnya membahas suatu hal, jadi gue langsung ikut-ikutan tanpa pikir panjang. Gue harap tindakan bodoh seperti ini di tahun 2012 berkurang dan kalau bisa hilang.


Selain mengurangi hal negatif, gue juga punya resolusi untuk menambah hal positifnya. Selama 2011, banyak kicauan-kicauan yang keluar dari akun twitter gue, salah satunya dalah tweet-tweet menjelang ujian yang biasa gue kasih hashtag #twitjar (tweet belajar). Ide dari bikin tweet belajar ini muncul karena semenjak kenal twitter, belajar gue jadi terganggu, pengennya twitteran terus, lebih banyak baca timeline daripada baca buku pelajaran. Dan ternyata gak cuma gue yang merasakan seperti itu, temen-temen sekolah gue juga pada ngeluh, twitter di-kambing hitam-kan atas kemalasan-kemalasan kami untuk belajar. Lalu gue kepikiran, bagaimana kalau twitter yang selama ini dianggap sebagai "pengganggu belajar" dibuat sebagai "teman belajar" ? Pasti belajar lebih menyenangkan lewat twitter, tinggal mainin hape sambil tiduran di kamar, bisa belajar sambil baca timeline.


Gue ngetweet #twitjar biasanya malem sebelum ujian, misalnya besok ujian Biologi, gue ngetweet #twitjarBio , kalau pelajaran Sejarah gue ngetweet #twitjarSejarah. Ternyata gak disangka banyak respon positif dari temen-temen gue, terutama temen yang pelajaran ujiannya sama. Maka dari itu untuk tahun 2012 ini gue pengen gue gak males buat ngetweet #twitjar .


Yang Disesalkan Selama 2011


Gue beberapa kali salah-salah kata di twitter dan sempet membuat hubungan dengan beberapa temen memburuk. Ternyata minta maaf gak semudah yang gue kira, tapi untunglah lama kelamaan semuanya membaik. Gue juga masih ada rasa malas buat ngetweet #twitjar , ya buka buku nya malas, ya ngetweet nya juga malas.


Yang Akan Dilakukan


Maka belajar dari pengalaman itulah, gue akan lebih berhati-hati, dan lebih berpikir kalau mau berkicau di dunia maya khususnya twitter, agar kesalahan-kesalahan di tahun lalu gak terulang lagi, dan hubungan sama temen-temen baik-baik aja. Untuk #twitjar , gue akan lebih rutin lagi ngetweet #twitjar menjelang ujian, dan semoga bisa ngetweet materi pelajaran gak hanya untuk kelas gue, tapi juga materi untuk adek kelas yang sekiranya masih bisa gue pelajari lagi dari buku-buku gue yang dulu. Gue akan lebih semangat, karena mengingat temen-temen gue antusias banget untuk #twitjar ini.


Itulah 3 resolusi juara gue untuk tahun 2012, sepertinya tiga saja sudah cukup banyak dan buat sibuk ya? Dan seperti yang bisa kita lihat, resolusi-resolusi tersebut sangat membutuhkan peran internet untuk mewujudkannya, gak bisa gue bayangkan kalau tidak ada koneksi internet yang memadai, mungkin resolusi gue ini tidak akan berjalan sempurna.


Gue juga sempet mewawancarai beberapa temen gue tentang resolusi mereka untuk tahun baru ini, jawaban mereka pun macem-macem..






Yah, semoga resolusi gue ini dapat terwujud, dan walaupun belum terwujud, semoga bisa menjadi target dan sumber motivasi gue selama setahun dan membawa gue ke hal-hal positif dan tidak diduga lainnya. Atau setidaknya, gue sudah punya tujuan satu tahun ini mau dibawa kemana, dan tidak menjadi gamer yang tak tau bagaimana cara melangkah ke level selanjutnya.


Lomba Blog Resolusi Juara 2012




ENJOY YOUR DAY!






Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

15 komentar

  1. Yang paling gue suka tuh, resolusinya yang lu tulis "Mau Move on dari sakit hati", kenapa? karena GUE BANGEEETTT... wkwkwkwk

    NOTWISH

    BalasHapus
  2. resolusi dari ane cuma mau bilang cemungut yah kaka :P

    BalasHapus
  3. Hahaha..
    Move on sakit ati..
    Keren bro, kreatif abiss.. :D

    BalasHapus
  4. Setuju sama resolusi lu yang keluar negeri ram.. :D semoga nanti kita ke LN nya bareng yak :D haha..

    BalasHapus
  5. @tyo : huahahaha curhat nih ye :P

    @jay : haha bisa aja ente XD

    @oki : thankyou ki :D

    @aji : amiin :D

    @honeylizious : thanks :D

    BalasHapus
  6. Wiw..keren resolusinya :D
    Saya juga pengen tuh ke luar negeri, semoga aja ya :))
    Btw, soal blog AGC, gue juga dongkol banget -_-"

    BalasHapus
  7. @zippy : iya, bikin sesat pengguna search engine tuh -,-

    BalasHapus
  8. Cuman bisa bilang,
    SEMANGAT KAKA.... :D

    BalasHapus
  9. Semngat sob buat kontesnya... hehehe

    BalasHapus
  10. @Suke : yeay thanks :D

    @muhammad fajar : thanks sob :D

    BalasHapus
  11. sukses slalu gan., moga di tahun 2012 smua kinginan kita terwujud., amin., :)

    BalasHapus
  12. Semoga semua resolusinya tercapai.

    BTW, kalau mau pakai threaded comment di Blogger hanya perlu dua langkah:

    1. Bikin Feed jadi full
    2. Embed Comment Form di bawah posting

    BalasHapus
  13. @djawadreang : makasih gan, amiin sukses juga buat ente :)

    @uzanc : gak mudeng kenape om? XD

    @om kombor : amiin makasih om :D udah saya setting semua tp belum bisa juga nih om :(

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger