Serunya Jak-Japan Matsuri 2011

10/04/2011


Minggu 25 September 2011 kemaren, gue bareng temen-temen Yamato Club (J-Club di sekolah gue) pergi ke Jak-Japan Matsuri 2011 yang diadakan di Monas, Jakarta. Hari Minggu ini tuh hari terakhir, dan pasti acaranya seru. Kita berangkat bareng dari sekolah, dan beberapa temen gue ada yang jadi cosplayer (costume player) buat mejeng disana. Sementara gue cuma jadi turis biasa #halah

Ternyata kita dateng kepagian, monas belum buka. Yaudah kita duduk-duduk dulu.. yang cosplay dandan dulu.. ngobrol sampe jam 10 monas dibuka dan kita beli tiket terus masuk deh..

Banyak stand-stand yang dibuka disini, tentu aja semuanya berbau Jepang. Acara ini juga disponsori sama perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Pertama gue tertarik pada suatu stand yg ngejual pakean cosplay dan baju-baju gaya Jepang, banyak juga gantungan-gantungan kunci yang bertema anime.. ada naruto, bleach, deathnote, dll.

Abis itu kita langsung menuju panggung utama, gak lama setelah kita ngambil posisi, kita disuguhkan oleh pertunjukan taiko (ituloh bedug jepang) yang sangat memukai sebagai pembuka acara. Abis itu ada sambutan dari ketua jak-japan matsuri, lalu pertunjukan taiko lagi, selanjutnya penampilan-penampilan kesenian dari kedua negara, Indonesia dan Jepang, ada silat, pantun, lenong, dll.





Kita gak nontonin panggung terus sih, kita muter-muter liat-liat stand yang menarik, banyak stand yang menjual makanan-makanan jepang, kayak takoyaki, es campur yg ada kacang merahnya, manisan apel, dll. Ada juga stand yang menjual berbagai pakaian tradisional kepang kayak kimono, yukata, hapi, dll.

Disalah satu tenda, ada seperti singgasana yang lagi diparkir, ini nantinya akan digotong dan diarak keliling-keliling. 


Oh ya, banyak juga lho cosplayer-cosplayer yang mejeng disini, apalagi waktu siang menjelang sore. Banyak ninja-ninja berkeliaran, Itachi, Tobi, Kakashi, Shino banyak bgt disini, gue anggap aja mereka kagebunshin..


waaaa ada tobi!
Para shinigami atau dewa kematian pun kayaknya lagi libur bertugas dan rekreasi kesini, dari anime bleach aja banyak banget, ichigo biasa, bankai, kepala hollow, sampe full hollow pun ada. Dan kayaknya kapten semua divisi juga ada disini.. 

senep bgt mukanya kayak mau dicabut nyawa beneran

Banyak juga cosplay-cosplay original yang unik, kayak cosplay gatot kaca yang gue kira robot gedeg ini..


Karena lagi seneng-senengnya sama Code Geass, gue cariin cosplayer yg jadi character di Code Geass, dan gue liat C.C, an immortal misterious girl.. makin sore juga bermunculan banyak, ada (banyak) lelouch, (banyak) suzaku, dan zero tanpa topeng..huh padahal zero yg keren topengnya.. pengen deh tahun depan gue cosplay jadi zero disini.. 

Ada juga sebastian michaelist sama claude .. tapi gak ada ciel phantomhive atau alois trancy nya :(

Dan cosplay yang paling laku yaitu apa lagi kalo bukan kamen rider? Apalagi cuma ada kamen rider disitu, udah jelas orang-orang pada antri buat minta foto, gue aja ampe kasian sama cosplayernya, kayaknya dia kecapean bgt, dia udah kasih kode mau istirahat dulu, tp pengunjung gak ada abis-abisnya minta foto huehehehe gapapalah mas jadi artis sehari..

Oh ya kakak kelas gue juga tuh dia cosplay lolita-gothic byk banget yg ngajakin poto..

Nah itukan tentang cosplay yg memang bukan acara resmi dari jak-japan, cuma inisiatif para cosplayer aja untuk mewarnai festival dan jd tambah seru..

Kembali lagi ke panggung, ada aksi yang paling ditunggu-tunggu di hari terakhir jak-japan matsuri tiap tahunnya, yaitu aksi Doraemon and Friends. Begitu doraemon mulai, pengunjung memenuhi bagian depan panggung untuk melihat doraemon lebih dekat, ada juga pengunjung yg diminta ikut menari bersama doraemon, dan juga ada kuisnya..

Lalu ada pertunjukan tari Yosakoi, ituloh tarian yang sempet gue pelajari waktu ke japan foundation, ceritanya disini. Tarian energik yg menggunakan naruko dan sepatu tha bi ini gue suka bgt, dan kebetulan tim yosakoi yang tampil sama dengan yg waktu itu di japan foundation, tim yang dipimpin bang edo, "Hyakka Ryouran". Oh ya naruko itu kayak semacam kecrekan yg dipegang oleh penari, terus sepatu tha bi itu sepatu khusus untuk menari atau kegiatan lain, di Indonesia gak dijual dipasaran lho.. dan kemaren gue liat di salah satu stand ada yg jual seharga 250rb, kalo yg penasaran dan pengen beli coba cari aja di internet mungkin ada yg jual.. 

Stand-stand disini juga kerap menyediakan aneka permainan yg seru dan unik guna menarik perhatian para pengunjung, gue sempet main beberapa..
Disini juga gue ketemu senpai, dan Heni-sensei, guru b.jepang yg udah ga ngajar lagi di sekolah gue, dia mau lanjut kuliah di jepang oktober ini, dan kemaren kayaknya pertemuan terakhir sama heni-sensei sebelum keberangkatan beliau. Bang edo, pelatih tim yosakoi, sensei yg waktu itu memberi materi di bincang-bincang japan foundation yg gue lupa namanya dan orang-orang yg gue kenal dan tau karena ikut Yamato club selama ini..

Sayang kita gak sampe malem disini, karena besok sekolah karena takut kecapean kita pulang abis magrib, padahal malemnya acaranya penutupan yg seru, ada kembang api dll. Gue lagi ngantri di stand ramalan waktu ditelpon suruh ke bus, gajadi deh diramal garis tangannya, padahal penasaran, huehehehe..

Tak lupa planking dulu...

aku tak berguna.... aku sampah
Tapi pokoknya puas banget deh, tahun depan gue pengen ikut lagi, dan mudah-mudahan bisa cosplay jadi zero..


ENJOY YOUR DAY!

===========
PENGUMUMAN!

Mulai Mei 2014, tulisan tentang anime, manga, musik jepang, event jepang, pokoknya hal-hal jejepangan lain gue posting di web www.mutsuriniteam.com , bukan di blog ini lagi. Jadi silahkan kunjungi web Mutsurini Team untuk tulisan berbau jejepangan gue yang terbaru! \(^_^)/

 ===========

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

9 komentar

  1. tu kamen rider agito ya ? kamen rider black rx nya kemana ? wkakak

    Salam,
    Kevin
    Blog : www.nostalgia-90an.com
    Nostalgia Segala Sesuatu pada Tahun 90an.

    BalasHapus
  2. haha kurang tau deh kamen rider apaan tuh XD

    BalasHapus
  3. Ossu! XD

    Aaa ... gila! itu Jak-Japan Matsuri kemaren-kemaren pan? #telen bor

    wkwkwk!! Taiko Bedug!! Bedugg! #gelundungan. kenapa lo gak pake bahasa Drum/genderang/gendang? #DORR

    Argh! gue mupeng liat cosu-nya bang Kakashi :3 parah lo robot gedeg #gelundungan again.

    nyesel gue gak dateng. sialsialsial! #banting keyboard

    eh, itu foto lo yang nyium tanah? #ngakak-nangis. foto kakak kelas lo kok ga di aplod sih? O.O *pengen liat gue*

    tulisan lu seger bah. kapan-kapan gua main lagi deh kesini. Jaa ne!

    BalasHapus
  4. @Hamzah :
    haha abisnye mirip banget sama bedugkan? XD itu juga beneran dah mirip robot gedeg #ups #maaf

    hahaha sabar bro, tahun depan jangan sampe ketinggalan info lagi XD

    yoi, mana deket tumpukan sampah gitu lagi.. baru sadar O_O tuh udah gue update , ada fotonya ;D

    sip, makasih banyak, mampir lagi bro :D

    BalasHapus
  5. *Hamzah ganti nama jadi Ebi Katsu* #tampang saat ini : (sok)unyu

    waa di update beneran! gakgakgak!! #padahal tadi asal ngebacot aja gue #DORR

    itu cosplay-nya kaka kelas lo bikin sendiri apa beli?

    BalasHapus
  6. haha bikin sendiri dia mah.. kerajinan emang :-/

    BalasHapus
  7. haha ... kerajinan banget LOL tapi kreatip sih :O

    BalasHapus
  8. Wow, ini adalah kesekian kalinya saya mbaca posting-an narablog tentang Jak-Japan Matsuri, dan semua bilang acara itu seru!! :D :D

    BalasHapus
  9. @ebi : haha iya XD

    @asop : yup, padahal saya baru pertama kali ikut dan menurut saya seru! :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger