Serunya Ritech dalam rangka Hari Teknologi Nasional

8/19/2011



Pada tanggal 12 Agustus 2011, gue sama rombongan dari sekolahan gue berkunjung ke Puspitek, Serpong buat liat pameran dan ikut seminar disana dalam acara Ritech yang memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-16. Di acara ini tuh ada stand-stand pameran yang isinya berbagai macem teknologi yang keren-keren, dari teknologi pangan, penanggulangan bencana, transportasi dan lain sebagainya. Acara Ritech sendiri diadain dari tanggal 10 sampe 12 Agustus 2011, jadi kita dateng kesana waktu acara puncaknya


Kita berangkat dari sekolahan, yang ikut tuh 9 orang siswa dan 2 orang guru, kita berangkat sebelum jumatan, dan jumatan di mesjid di daerah BSD, karena BDS cukup padet waktu itu, kita dateng agak telat deh. Langsung aja kita langsung registrasi dan masuk mengikuti talkshow yang ternyata udah dimulai.


Kita ikut talkshow "Membedah Konten Internet dan Media Masyarakat", waktu kita masuk, udah ada pembicara dari Cipta Media *sorry lupa namanya (kebiasaan -,-)*, dan kita cuma kebagian terakhirnya doank dari materi yang disampaikan. Abis itu lanjut, kali ini pembicara adalah @pasarsapi (Ainun Chomsun) dari Akademi Berbagi. Lalu dilanjut ke pembicara dari Internet Sehat, dan Kartunet


Gue sangat terkesima dengan teman-teman dari kartunet, gue sampe bengong, ternyata para penyandang tuna netra pun bisa online, ber-social media ria, nulis blog, bikin komunitas bahkan bikin web. Dan gue gak nyangka, sebelum gue ketemu di talkshow ini secara langsung dengan kartunet, salah satu pendiri kartunet *aduh lupa namanya* pernah nge-tweet ke gue. 

Jadi gini pertamanya, gue lagi nge-tweet tentang perkembangan bursa harga hape terbaru dan produk-produk hape yg baru diluncurkan ke pasar (di twitter emang gue sering share ttg hape, sampe dijulukin ngkoh konter hape di sekolah), nah waktu gue buka sesi pertanyaan (kalo ada yg mau nanya spesifikasi, harga hp, dll) ada orang kartunet mention gue dan nanya tentang Acer BeTouch E210, sebuah hape android dual input. Lalu gue kasih tau spesifikasi dan harganya, dan dia bilang bahwa hape ini bisa digunakan untuk tuna netra nih.. ya, dengan OS android memang banyak aplikasi yang bisa memudahkan ditambah hape ini ada keyboard fisiknya, pikir gue iya juga bisa memudahkan tuna netra makenya, tapi gue masih puyeng, gimana caranya..

Lalu gue telusuri bio twitternya dan ternyata dia adalah pendiri dari kartunet, apa sih kartunet? gue langsung browsing aja ke websitenya yakni kartunet.com dan gue baru tau kalau kartunet adalah komunitas yang didirikan oleh kaum muda penyandang tuna netra yang ditujukan untuk memberikan informasi untuk menunjukan karya-karya dari para penyandang disabilitas di Indonesia (Kartunet singkatan dari Karya Tuna Netra), situs ini juga dikelola oleh penyandang tuna netra yang ditujukan untuk masyarakat umum dalam memberikan informasi dan pandangan terhadap para penyandang disabilitas. keren.......



Disini gue masih gak percaya kalo yang mengelola website itu adalah tuna netra, sampe pada di talkshow ini gue bertemu lansung dengan kartunet, dan kak Rama (ketua kartunet) menjelaskan bagaimana penyandang tuna netra bisa menggunakan handphone dan komputer, yakni dibantu dengan software "Pembaca Layar" jadi apa yang ada di layar akan dibacakan lewat audio oleh software tersebut, dan kak *aduh lupa namanya* mendemonstrasikan bagaimana dia mengetik lalu dibacakan oleh software tersebut, beuh gue mah gak ngerti itu software ngomong apa, abisnya cepet banget, dan bukan pake logat Indonesia, makannya gue salut banget sama temen-temen kartunet yang bisa mengelola website dan sebagainya. RUAAARR BIASAA!! 

Sayangnya pendiri kartunet yg waktu itu ngwteet ke gue, ga hadir dalam talkshow ini, dan gue ga sempet follow twitternya dan kayaknya juga udah nge-unfoll gue, jadinya gue lupa deh namanya siapa, maaf ya kak...



Lalu abis acara talkshow, break dan masuk lagi ke ruangan buat liat acara penutupan. Acaranya penutupannya tuh hiburan, pengumuman pemenang lomba, door prize, dan pidato penutup oleh Menteri riset dan teknologi yang diwakili oleh sekertaris kementrian riset dan teknologi. Sebenernya ada acara buka bersama dan makan malam bersama, tapi gue dan rombongan langsung pulang abis acara penutupan karena takut kemaleman. 

Kepala rombongan, nghahaha XD

Semoga tahun depan bisa ikut lagi nih acara Harteknas, rencananya tahun depan ada di Bandung. 

Photos are taken by : Dany Indra

ENJOY YOUR FASTING!
ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

0 komentar

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger