Mengenang awal-awal belajar puasa

8/01/2011



Awal-awal belajar puasa, pasti ada aja kejadian-kejadian unik yang kita alami, contohnya Lupa Kalo kita lagi puasa!! untuk urusan lupa-melupa, gue kayaknya jago banget deh, mulai dari lupa ngambil kunci motor padahal udah ke garasi, lupa ngambil helm, lupa bawa hp kalo pergi, lupa bawa dompet, sampe lupa bawa tas ke sekolah juga gue pernah!! (ini serius, tanya aja temen-temen gue!), entah kenapa gue begitu mudahnya melupakan hal-hal kecil kayak gitu, yah.. manusia kan emang tempatnya salah dan lupa, betul tidak? :P


Oke, untuk masalah lupa puasa, jangankan waktu awal-awal belajar puasa, kayaknya tiap tahun waktu hari-hari pertama puasa gue ada aja lupanya. Eh ngomong-ngomong gue belajar puasa langsung full lho.. gak pake setengah hari, langsung poll sampe magrib langsung poll satu bulan *bangga*


Jadi waktu awal-awal belajar, suatu hari gue sendirian di rumah, waktu itu umur gue 7 tahun dan itu puasa pertama gue.. gue tuh orangnya emang lebih suka ngemil daripada makan, jadi kalo bosen gue jalan-jalan ke dapur, buka kulkas, liat meja makan, buat nyari makanan. 


Hari itu gue kembali melakukan kebiasaan gue itu, gue jalan ke meja makan dan gue menemukan gue pukis, tanpa basa basi langsung gue makan aja tanpa inget kalo gue lagi puasa, baru aja abis satu (sial baru abis satu) gue inget kalo gue lagi puasa! gue pandangi kue pukis di tangan gue, gue lempar kayak di pelem-pelem kalo orang abis bunuh temennya pake pistol sendiri, gue panik, keringet dingin, deg-degan, gemeter, dan gue ngerasa gue ganteng banget waktu itu.. gue langsung berlari dan berlari di tengah lapangan rumput yang hijau.. bola dikakinya bergulir dengan lincah (eh ini kayak lagunya Tsubasa)


Gue langsung lari menuju telepon, bukan mau nelpon ambulan, apalagi polisi, nomor bang jack juga gue ga punya, tapi gue nelepon
nyokap gue yang waktu itu lagi pergi ke tanah abang (gue ga ngerti abangnya siapa).


Gue : "MAMA!! MAMA!!"
Mama : "ADA APA SAYANG ADA APA!!!!???"
Gue : "TADI AA LUPA KALO LAGI PUASA! TRUS MAKAN KUE PUKIS YANG ADA DI MEJA! GIMANA INI!!!??"
Mama : "Oh lupa? yaudah gapapa kalo lupa, lanjut aja puasanya ya.. jangan dimakan lagi kuenya kan udah inget"


Gue waktu itu bengong, jadi cuma itu jawabannya? kalo lupa ga apa-apa kalo udah terlanjur makan.. enak banget donk, ternyata Allah emang memberikan kemudahan untuk menjalankan ibadah, orang solat aja kalo gak sanggup berdiri boleh duduk, dan seterusnya..


Tapi kenapa gue selalu lupa!!?? gak cuma kali ini doank gue lupa, pernah juga suatu sore yang indah di bulan Ramadhan Teletubbies bermain-main gue nganterin adek gue yg paling kecil (waktu itu dia masih bayi, baru bisa jalan) ke warung beli jajanan, dia bawa-bawa botol dot bayinya yang berisi susu putih segar. Karena gue nuntun tangannya, trus botolnya gue pegangin, gue tanpa sadar langsung nyedot susu dari botolnya (kebiasaan sih suka nyobain susu bayi gitu), cuma satu teguk sih, kalo banyak2 entar adek gue nangis lagi.. dan ingetnya baru pas di rumah -_-"


Dan parahnya lagi, gak cuma waktu gue kecil aja.. waktu kelas 3 SMP juga pernah gue lupa kalo lagi puasa! tapi ini waktu puasa senen-kemis, di hari kamis yang indah, gue sedang berpuasa, gue sama sekali gak inget kalo gue lagi puasa, temen-temen gue ngajakin metis (makan rujak -red), gue hayuk hayuk aja deh.. beuh itu rujak mentep banget, gue abis banyak.. trus pas udah selesai metisnya, gue kan mau minum tuh.. pedes lah gile aja.. eh temen gue ngingetin 


Temen : "My, bukannya lo puasa ya?" 
Gue : "Astagfirullah lupa!" 
Temen : "Alah enak amat lo udah ngabisin rujak baru inget, wkwkwkwk" 
Gue : "ENAK PALE LO! GUE BELUM MINUM NIH!! PEDES!!"


Yah.. itulah kebodohan-kebodohan gue karena lupa kalo lagi puasa.. gue juga mau mengenang masa-masa saur pertama kali yang susaaaaaaaaah minta ampun buat melek. Pertama dibangunin, kreyep kreyep nih mata masih pengen tidur, duduk, ditinggal bentar mau nyiapin makanan sama mama tidur dalam posisi duduk, dituntun keluar kamar, duduk di depan tipi, tidur lagi, bahkan gak jarang gue saur disuapin udah gitu matanya masih merem! jadi cuma mulut doank yang bergerak


Terus waktu kecil, gue paling seneng kalo ngabuburit atau menghabiskan sore sambil menunggu waktu berbuka. Gue biasa ngabuburit bareng temen-temen gue naik sepeda kebanggaan gue karena dulu itu hadiah ulangtahun gue, sekarang sih sepedanya udah kekecilan kayaknya di gue, tapi pokoknya dulu itu sepeda paling keren lah di komplek sama di SD gue.. hahahahaha!!


Ngabuburit.. keliling-keliling aja, jarang sih buka diluar, paling nanti balik lagi bukaan udah siap dan tinggal nunggu adzan. Dan ada cerita menarik lagi nih sambil nunggu adzan. Gue dulu suka ngapalin urutan iklan dari mulai abis kultum sampe adzan magrib. Dulu kan seringnya nungguin adzan di RCTI, nah sekitar jam lima-an tuh ada kultum yang dibawakan oleh Quraisyhab, dari abis kultum selesai sampe adzan magrib gue apal urutan iklannya!


Misalnya abis iklan Marjan, iklan Roma, abis itu iklan Energen, abis itu iklan ini, iklan itu, sampe terakhir iklan teh botol sosro abis itu adzan deh. Ya ternyata dari kecil gue emang udah demen ya nontonin iklan, makannya sekarang demen banget ngomentarin iklan huahahaha..


Oh ya, mau ngasih tau aja nih.. taukah kamu kalo cobaan terberat selama puasa adalah buka puasa? loh kok bisa? kan udah buka puasa bukannya udah boleh makan? iya boleh sih boleh, cuma yang jadi cobaan itu kita sekali lagi harus menahan nafsu saat berbuka puasa. Jangan memakan hidangan yang ada terlalu nafsu dan rakus, apalagi sampe kekenyangan!


Allah udah menciptakan tubuh ini sedemikian rupa, jadinya walaupun kita nahan laper seharian, tapi coba aja deh pas buka puasa, makan gorengan, es buah dikit aja udah kenyang, jadi sebenernya ga usah dipaksakan makan banyak banget pas buka puasa. Kenapa bisa langsung kenyang? biar kita gak makan banyak-banyak. Kenapa ga makan banyak-banyak? biar kita bisa langsung solat magrib, karena banyak yang melalaikan solat magrib karena buka puasa. Udah abis makanan malah lanjut makan nasi, akhirnya solat magribnya dapet akhir waktu deh..


Jadi saran gue sih buka puasa, makan dulu gak usah makan besar dan sampe kenyang, yang penting gak laper, abis itu solat magrib di awal waktu dan makan malem abis solat magrib, atau abis solat taraweh. 


ENJOY YOUR FASTING
ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

4 komentar

  1. sama!
    tenang-tenang, lu ada temennya.
    gua juga gitu.
    lupa ini lupa itu ahahaha

    kalo kita lupa kalo lagi puasa itu adalah rezeki hihi
    jadi, pastinya kita harus mensyukuri nikmat rejeki yang ada bukan :)

    BalasHapus
  2. Asyik punya temen! ya bener, kalo lupa Alhamdulillah dulu baru Astagfirullah XD

    BalasHapus
  3. kaga enaknya pas "saat itu gw ngerasa ganteng banget"
    hahaha
    ada-ada aja :D

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger