Lampu LED, Solusi Lampu Sehat dan Hemat Energi

7/07/2011


Halo.. gue kembali dan pengen nanya sesuatu yang sangat penting dan menggegerkan, jawab ya? 

"Apa di rumah kalian ada lampunya?"
Pertanyaan macem apa nih my!! ya ada lah! lu kira gue orang jaman kapan!?

Oke, tau ngga lampu jenis apa yang kalian gunain? *nengok ke atas loteng* 
Apa kalian udah menggunakan Lampu LED untuk penerangan ruangan di rumah kalian?

Belum tuh.. emang apa gunanya pake lampu LED my? setau gue lampu LED cuma buat lampu rem motor doank tuh..

hadeuh.. #tepokjidat gini nih.. contohnya gue biasa kalo lagi belajar di meja belajar kamar gue malem-malem (hasik dah anak rajin) pasti gunain penerangan lampu kan.. nah biasanya gue pake lampu yang bukan LED, lagi belajar kok rasanya agak gerah dan mata udah mulai gak nyaman, akibatnya mempengaruhi konsentrasi belajar gue juga, mana besok mau
ujian. Tadinya gue ngga mikir ke lampu, tapi setelah gue baca-baca, ternyata jenis lampu yang digunakan bisa mempengaruhi. 

Lampu LED memberikan solusi atas masalah gue, dan sekarang gue tau kalo lampu ga boleh asal terang aja, tapi juga harus nyaman untuk mata dan penglihatan. Lampu LED bebas Mercuri dan tidak memancarkan sinar UV jadi jelas lebih sehat untuk mata.

Jadi lampu LED cocok banget digunain buat yang suka ngerjain tugas malem-malem karena dikejar deadline, biasanya anak fakultas arsitektur nih yang suka begadang ngerjain tugas, iye ngga? gimana kalo lagi ngerjain tugas gitu dan suasananya ngga nyaman? pasti konsentrasi juga buyar deh. Dan dengan lampu LED, kita ngga perlu selalu pake kacamata item kayak MIB di dalem ruangan karena lampu LED ngga silau man! B-)


Dari segi penghematan (biasalah gue suka yang hemat-hemat), lampu LED jauh lebih hemat energi dari lampu jenis lainnya. Philips Lampu LED bisa mengkonsumsi energi sampai 80% lebih kecil dari lampu pijar ataui halogen, dan otomatislah biaya tagihan listrik juga jadi jauh lebih kecil, berguna banget nih buat anak kost yang pengen lebih hemat, kalo buat gue sih energi hasil penghematan itu bisa dipake untuk kegiatan lain yang lebih berguna dan bermanfaat, contohnya : main Plant VS Zombie sambil begadang (dasar geek!)

Ngga cuma itu, Lampu LED juga jauh lebih tahan lama dan panjang umurnya.. panjang umurnya.. panjang umurnya serta muliaaa.. serta muuuliiiaaa.. serta muuuuliiiiaaaa~ (loh kok malah nyanyi ulangtahun gini?) bener! lampu LED lebih panjang umur! umurnya bisa mencapai 20 - 25 tahun lho! bujug buset.. dibandingin lampu biasa yang rata-rata cuma 18 bulan, lampu LED jauh lebih sepuh lah.. hahaha..

Nah, sebagai calon arsitek (Amiin amiin... wey amiin donk!) gue kasih tau dari segi design interior (caelah bahasanya). Lampu LED memberikan lebih banyak pilihan untuk menciptakan suasana ruangan yang berbeda, dan melambangkan kepribadian, atau suasana hati pemiliknya. Contohnya di kamarlah.. kalo kamar anak muda, mungkin banyak di tempelin poster-poster band favoritnya, ato minimal foto bersama teman-teman waktu kelulusan TK (yah itumah gue). Dengan lampu LED, yang bisa memiliki kemampuan memberikan efek vivid pada ruangan, semua poster, foto, dan lukisan yang ada pasti keliatan lebih berwarna dan lebih elegan.

Bahkan lampu dan penerangan juga bisa mempengaruhi warna cat dinding. Kayak yang udah gue jelasin di atas, lampu biasa cenderung memancarkan panas, dan selain gak nyaman, ini bahkan bisa mengubah warna cat dinding. Lampu LED dengan manajemen panas yang lebih efisien, tentu malah akan membuat ruangan semakin hidup dan 'adem'. Pemilihan lampu yang tepat sama pentingnya dalam pemilihan cat warna dan lain-lain dalam suatu Desain Interior, jadi lampu LED sangat penting untuk menentukan keindahan dalam mendesain suatu ruangan.

Dan kalo feel nya udah dapet, mengatur pencahayaan dengan lampu LED jadi lebih menyenangkan, kita bisa lebih bebas berekspresi menyesuaikan suasana hati dan kepribadian kita dalam suatu ruangan secara tak terbatas.

Begitulah manfaat dan keunggulan lampu LED, gue paparkan kepada kalian semua. Dan kalau kalian peduli kesehatan, lingkungan, hemat energi, dan keindahan juga seni, pasti tanpa ragu lagi kalian akan menggunakan lampu LED, Solusi Lampu Sehat dan Hemat Energi.

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

2 komentar

  1. uwow wah bisa bisa tagihan turun drastis trus uangnya bisa buat beli teh poci sepuasnya !! #ngiler

    BalasHapus
  2. Tes juga yuk apakah kita sudah hemat energi atau belum?

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger