Komunitas Blogger Terbaik

7/02/2011


Komunitas Blogger Terbaik, itulah yang ada di pikiran gue kalo lagi bareng-bareng sama Komunitas Bloger Benteng Cisadane (KBBC). Ya iya gue sadar, mungkin masih jauh dari yang terbaik dan masih ada komunitas lain yang lebih baik, tapi bagi gue dan mungkin bentengers lain, KBBC adalah Komunitas Blogger Terbaik. Karena baru di komunitas ini gue nemuin kegangatan, kekeluargaan, dan kedekatan layaknya keluarga .

Secara dari mulai kopdar pertama sampe yang terakhir di Blogilicious Milad Jakarta kemaren, kehangatan KBBC selalu terasa 

Oh ya, banyak yang belum tau KBBC kah? KBBC adalah Komunitas Blogger yang ada di Tangerang, diperuntukan untuk blogger yang tinggal di Tangerang, berdomisili di Tangerang, pernah tinggal di Tangerang, tau tentang Tangerang, atau pernah denger kata "Tangerang" ! hahaha :D ya kira-kira kalimat itulah yang gue baca jaman dulu waktu gue pertama kali mau join KBBC. (sok udah lama gabung pake "jaman dulu" segala).




Jadi ceritanya begini.. once upon a time .. waktu gue kembali ke dunia blogging setelah lama pergi dan muncul dengan blog gue yang baru : Saya Bukan Alien pada bulan November 2010. Gue sadar kesalahan gue dan kenapa gue gak semangat ngeblog dulu, adalah karena "gue ga punya temen blogger". Ya, dulu di SMP gue doank kayaknya satu-satunya blogger di sekolah.. mungkin ngga satu-satunya, tapi kebanyakan temen gue bikin blog ya bikin aja gitu.. ga di update. 




Waktu semangat blog gue membara lagi, maka gue hadir dengan konsep baru yaitu blog pribadi, dengan pemikiran, lebih bebas nulisnya dan pasti ngga akan kehabisan ide buat postingan, karena berdasarkan pengalaman sehari-hari. Nah, begitu blog gue (Saya Bukan Alien) ini lahir.. maka gue pengen punya temen blogger buat mendongkrak semangat blogging dikala loyo. Pada Desember 2010 dengan biadab gue asal bikin grup di facebook "Blogger Tangerang" dan gue add semua temen2 deket gue. Dan salah satu temen gue bilang :




"My, emang belum ada ya komunitas blogger di Tangerang?"




Disini gue baru sadar, oh iya yah.. mungkin aja udah ada. Langsung deh gue meluncur ke google nyari kata "Blogger Tangerang". Dan gue menemukan postingannya payjo yang berjudul "Dicari Blogger Tangerang", dan gue buka postingan itu, ada sebuah poster yang bertulisan WANTED DEAD OR ALIVE Blogger Tangerang (ngeri juga) lalu ada kata-kata seperti diatas kira-kira begini : "Bagi blogger yang tinggal di Tangerang, berdomisili di Tangerang, punya sodara di Tangerang, pernah tinggal di Tangerang, Tangerang wannabe, tau tentang Tangerang, atau pernah denger kata "Tangerang" harap hubungi saya.







Setelah gue ubek-ubek komennya, wah ternyata banyak juga ya blogger Tangerang, trus gue pengen ikut komentar donk, kan gue Blogger Tangerang juga, untung gue belom komen, gue liat dulu ternyata postingannya adalah postingan tahun 2008 *dooeeeng*. 


Baca-baca di komennya juga, katanya nanti ada kopdar nya, wah berarti ini komunitasnya udah terbentuk donk.. mau ikut gimana ya? pas gue liat di sidebar blognya payjo, ternyata ada banner warna ungu KBBC (Komunitas Bloger Benteng Cisadane), tanpa ragu-ragu, tanpa malu-malu, dan tanpa pake baju gue langsung klik aja deh dan sampailah gue pada web KBBC. 
(PS : Padahal Komunitas Blogger Tangerang yang gue buat di facebook udah lumayan lama lho.. kira-kira satu jam umurnya sebelum gue delete )






(oh ya om payjo pun sadar kalo orang nyari kata Blogger Tangerang maka postingannyalah yang paling atas, maka postingan lama itu udah di update dan diberitahukan untuk join blogerbenteng.com)


Di portal KBBC, gue liat kegiatan-kegiatan yang diadakan KBBC, ada donor darah, kopdar, kopdar kewirausahaan (waktu itu gue liat yg usaha kolam lele) dll. Tapi ternyata kopdar bulan Desember udah digelar, gue terlambat, pas gue liat lokasi kopdar di rumah Om Kombor di Citra Raya. wah.. Citra Raya? deket banget donk sama rumah gue. jadi berharap nanti kalo kopdar deket2 sama rumah gue, maka gue join deh facebooknya dan milisnya KBBC.


Singkat kata gue udah berhasil join di KBBC dan udah perkenalan blablabla di facebook dan ini udah bulan Januari 2011, dan gue sangat menanti-nantikan kopdar rutin bulan Januari, dan kopdar pun disepakati diadakan di Taman Sari Lippo Karawaci, cukup deketlah dari rumah gue, tinggal naek motor sekitar 20 menit. Gue berangkat pake baju merah kotak-kotak yang sama kayak di foto profil waktu itu biar dikenalin hahaha (tapi minus rambut birunya).


Namanya kopdar pertama, ya berarti gue belum kenal siapa-siapa, dan masih canggung gitu.. di kopdar pertama dan anggota KBBC yang pertama gue liat tuh om Zanu, waktu mau masuk parkiran,gue liat ada pin KBBC di tasnya, yaudah deh gue tegor hehehehe... 
ini nih suasana kopdar Januari 2011 ituh...




Di Kopdar pertama ini, pertama kalinya gue memperkenalkan diri, memperkenalkan blog, dan gue banyak dapet ilmu juga disini. Contohnya gue jadi tau 5 Rukun Blogger, dan gue jadi tau filosofi kenapa di setiap penulisan "Bloger Benteng" (baik di domain, logo, dan twitter) huruf "g" nya cuma satu di "bloger" kenapa ngga dua. Mau tau kenapa? ini bukan sekedar typo, mau tau? makannya ikut kopdar KBBC :P


Yak, setelah kopdar pada tanggal 20 Januari 2011 itu gue jadi semakin betah di KBBC, ternyata orangnya ramah-ramah dan baik-baik. Waktu itu ada om Zanu,om payjo, mbak Riri, mbak ika, om erye, om denny, dan jay boana :D


Jadi gue berniat akan rutin hadir di setiap kopdar kalo gak ada halangan/keperluan mah..
Ternyata kopdar bulan Februari adalah jadwalnya donor darah (ya, donor darah adalah kegiatan rutin KBBC setiap 3 bulan sekali), duh gue bingung.. belum pernah donor darah, takut jarum suntik, tapi mungkin berat gue yg cuma 45kg ga akan boleh donor, yaudah deh gue berniat hadir.


Kali ini gue berangkat bareng Om Kombor naik mobilnya (sekarang beliau udah pindah ke Sleman T_T), lokasi kopdar di PMI Kab.Tangerang.. yang dateng waktu itu Om payjo dan mbak Riri, Om Andi, Om Kombor, gue, Kang Bayu, Jay, Bgenk, Om Sure, Om Hermawan... abis donor darah (dan bener aja gue ga boleh), kita bergerak ke Masjid AlAhzom dan menyaksikan tuturan materi dari Om Kombor. Makin banyak aja yg gue kenal di KBBC ini, yang baru pertama gue ketemu waktu itu Kang Bayu, Bgenk, Om Sure, sama Om Hermawan. Sedangkan Om Andi, Om Agus, dan Om Kombor udah pernah ketemu waktu kopdar Topibambu.com.


suasana kopdar Februari 2011




Temen-temen gue tambah banyak, sekarang gue punya motivasi lagi untuk terus ngeblog, maka gue akan menjaga motivasi itu dan menjaga silaturahmi di KBBC. 






Kopdar selanjutnya yaitu pada bulan Maret 2011, lokasinya cukup jauh dan gue belum pernah kesana sebelumnya.. di Makam Pahlawan Serpong. Wew.. gue pun memberanikan diri buat naek motor dari Citra Raya ke Serpong yang jaraknya cukup jauh itu.. dan gue belum pernah sama sekali naek motor kesana, waktu itu paling jauh naek motor paling ke Lippo doank..


Gue berangkat naek motor sama Kang Andi dan Rosid. Di kopdar inilah gue pertama kali ketemu Rosid, kopdar emang membawa banyak teman ^_^ . Setelah menempuh jarak yang sangat lumayan sampe pantat pegel, akhirnya kita sampe di Taman Makan Pahlawan Serpong, ternyata disana udah menunggu Om Bagus, yak ini pertama kalinya juga gue ketemu Om Bagus :D. Setelah itu datang Kang Eby dan Om Sure, baru kali ini gue ketemu Kang Eby .


Agenda Kopdar kali ini adalah mengeksplorasi peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Tangerang, mau tau selengkapnya? liat postingan gue ttg kopdar Maret 2011 ini. Selain makam pahlawan,kita juga mendatangi  Monumen Lengkong yang letaknya di BSD, setelah sebelumnya di Traktir Om Bagus di D'Cost :D.


Suasana Kopdar Maret 2011




Ternyata bukan hanya kopdar, bersilaturahmi, belajar, sharing, dan kegiatan sosial, KBBC juga mengadakan eksplorasi sejarah di kopdarnya.. semakin membuat gue yakin kalo KBBC adalah Komunitas Blogger Terbaik :)) 

Kopdar April berlokasi di Taman Kota BSD dan gue ga bisa hadir.. waktu itu kalo gak salah ada acara 


Dan Berdasarkan Informasi dari teman-teman KBBC juga, gue jadi tau kalo ada acara Kompetisi Blogger Banten 2011 dan Gathering Blogger Banten pada 29 April 2011, kami KBBC pun tak mau ketinggalan dan ambil bagian baik dalam Gathering, Peserta Lomba, sampai Panitia koordinator dalam acara tersebut. Ternyata KBBC dan Tangerang bisa membuktikan tajinya di ajang ini. Terbukti dari 14 pemenang, 7 diantaranya berasal dari Tangerang dan 4 diantaranya adalah anggota KBBC. 


    


Anggota KBBC yang menang pada saat itu ialah :
Uzanc Soenda sebagai Juara Umum 1, bisa dibilang best blog in Banten :D
Jay Boana sebagai Juara Harapan 2
Gue sendiri sebagai Blog Terinspirasi di kategori pelajar
dan
Juansah (Uan Trik) sebagai Blog Ter Aktual di kategori pelajar


Mungkin inilah langkah awal KBBC menjadi menjadi Komunitas Terbaik di Banten! :D


Pada Gathering Party Blogger Banten ini juga gue bertemu dengan wajah-wajah baru anggota KBBC seperti Uzanc, Andyka, dan Dede Rohali.


Pada tanggal 10 Mei 2011, perwakilan KBBC juga turut andil dalam deklarasi Blogger ASEAN yaitu Om Andi Sakab dan Dede Rohali.


Pada tanggal 15 Mei 2011 diadakan kopdar rutin KBBC sekaligus technical meeting, teknikal miting tentang apa? ada deh.. :p di Metropolis Tangerang. Sebelumnya ada kopdar techincal meeting yg pertama di Mardi Grass. Seperti biasa dari kabupaten gue berangkat naek motor sama Kang Andi dan Rosid. Di Kopdar kali ini yang dateng lumayan banyak juga, kayaknya ini deh kopdar KBBC ter-rame yang pernah gue hadirin. Anggota KBBC yang baru gue liat di kopdar kali ini adalah Om Aru, Om Rosso, Om Antown dan isti, dan Om Agus Pras, sementara Juan udah pernah ketemu waktu pengambilan hadiah kompetisi blogger Banten.
Suasana Kopdar 15 Mei 2011




kopdar berjalan dengan lancar dan banyak ilmu yang gue dapet, khususnya setelah ngobrol2 sama Om Antown dan Om Aru yang menjelaskan ke gue tata cara beli domain dan cara memasangnya, muncul keinginan gue buat beli domain.com 

Rasa percaya diri gue meningkat karena udah pernah naek motor sampe Serpong, danke Tangerang Kota (beuh sombongnya) buat kopdar KBBC, gue jadi lebih berani pergi-pergi naek motor ke jauh-jauh.. kayak ke Parung Panjang naek Gunung, ke Pulau Cangkir.. tapi semuanya berubah ketika negara api menyerang pada tanggal 21 Mei 2011, gue kecelakaan.. kecelakaannya sih gak parah, lukanya doank yang parah.. luka terparah sepanjang gue kecelakaan naek motor (mudah-mudahan ini aja yg paling parah.. jangan ada lagi!).


Walau abis jatoh, aktifitas online tetep dijalanin donk. Dan mulai tanggal 28 Mei 2011 berkat petunjuk dari Om Aru dan Om Antown, blog gue bisa diakses melalui www.sayabukanalien.com.


Tapi semenjak kecelakaan kemaren, kaki gue luka cukup dalem dan harus jalan pincang-pincang beberapa hari. Kecelakaan ini juga yang bikin gue ga bisa hadir di kopdar donor darah pada tanggal 29 Mei 2011 di PMI Kab.Tangerang. Tadinya sih gue pengen nekat aja berangkat, tapi pas bilang ke nyokap gue, ga bolehin, suruh istirahat dulu dan waktu nyokap gue mau berangkat dia ngomong gini "Udah ya di rumah aja, awas kalo bernagkat juga!" duh ngeri lah gue udah diomong gitu, kalo nekat ntar kualat lagi dijalan ga dengerin omongan orang tua #edisianakberbakti. Maka dengan berat hari gue ga ikut kopdar donor darah Mei. 

Pada bulan Juni 2011 diadakan Festival Cisadane di sepanjang pinggiran sungai Cisadane di Kota Tangerang,  ada lagi anggota yg baru bisa gue temuin disini yaitu si Jiprak (Aji Prakoso), yang hadir waktu kopdar di Festival Cisadane yaitu Gue, Om Andi, Om Agus Pras, Om Zanu, Aji, Kang Eby dan Juan. 
suasana kopdar Juni 2011 Festival Cisadane




Trus ada lagi kopdar di Mardi Grass dalam rangka berkeliling ke Tangerang Festival.. rame juga tuh kopdarnya. 


Dan terakhir ini KBBC turut berpartisipasi dalam acara Blogilicious Milad Jakarta yang diadakan oleh IdBlogNetwork dan DeBlogger Depok, disini gue juga bertemu untuk pertamakalinya dengan Ridwan sebagai anggota KBBC, dan juga Om Away sebagai senior KBBC, selain anggota KBBC generasi pertama lainnya yg udah pernah ketemu (Om Kombor dan Om Payjo). dalam dua hari Blogilicious Milad Jakarta, bentengers yang hadir adalah Gue, Qura, Jiprak, Ridwan, Om Andi, Om Zanu, dan Kang Dede Rohali.


Jadi itulah kira2 gambaran kegiatan2 KBBC yang gue ikutin dari mulai kopdar pertama kali sampe ke Blogilicious Milad Jakarta. Semoga KBBC semakin solid, kompak, semakin besar keluarganya, dan semoga bisa diakui sebagai Komunitas Blogger Terbaik .. Amiin.


Bagi yang mau tau lebih lanjut tentang KBBC dan kegiatannya, silahkan cek di:

Web : www.blogerbenteng.com
Facebook : KBBC (Komunitas Bloger Benteng Cisadane)
Twitter : @blogerbenteng
Milis : http://groups.yahoo.com/group/bloger-tangerang/


Anda Blogger Tangerang? Anda kesepian? Anda cari teman? Pengen nambah ilmu blogging? langsung aja join KBBC Komunitas Bloger Benteng Cisadane !!


   

ENJOY YOUR DAY!
http://blogerbenteng.com/http://blogerbenteng.com/http://blogerbenteng.com/

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

9 komentar

  1. KBBC memang komunitas blogger terbaik dengan kegiatan yang langsung meenyentuh bumi mulai dari kegiatan untuk anggota (bagi-bagi pengalaman dan pengetahuan) sampai kegiatan untuk masyarakat (donor darah, pelatihan blog).

    BalasHapus
  2. ya om, karena itulah saya seneng di KBBC :D

    BalasHapus
  3. kunjung balik ya :)
    http://rizkyrentalmobil.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. masih ada gak nih komunitas? gw lg jadi warga tangerang nih. mau ikutan kopdar juga

    BalasHapus
  5. Ini seriusan ada komunitas blog seseru ini???? Sayang udah gak ada padahal mau ikut gabung nih

    BalasHapus
  6. Hehe.. Seneng banget baca artikel ini :D lumayan Nambah Ladang Bacaan

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger