Blogilicious Milad Jakarta

6/29/2011

Blogilicious Milad Jakarta 

2 hari kemaren, yakni tanggal 25 - 26 Juli 2011, gue pergi bertapa ke ibukota demi menambah ilmu blogging dalam acara Blogilicious Milad Jakarta 25 - 26 Juli 2011. Blogilicious Milad Jakarta sendiri adalah penghujung dari serangkaian Roadblog 2011 Blogilicious di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Surabaya, Makassar, Medan, Palembang, Yogyakarta dan Bandung. Eittss.. bukan cuma itu, selain Blogilicious Milad Jakarta juga ada perayaan hari jadi Depok Blogger (Deblogger) yang kedua, atau disebut #MiladeBlogger2


"Gimana tuh my acaranya? Seru ngga? kok sampe ngga hadir di pembagian raport sekolah gitu?"


OK, akan gue ceritain dari pertama ya..


DAY#1


gue berangkat dari bumi benteng Tangerang bersama komunitas tercinta KBBC (Komunitas Blogger Benteng Cisadane), sebagai yang terganteng dari rombongan (yang mau muntah silahkan, gue udah bawa plastik.. tapi bening) gue pake kemeja merah kotak-kotak, berangkat menggunakan Bis Trans Citra Raya bersama 4 bentengers lainnya, meninggalkan nasib raport yang harusnya diambil hari ini, dan dengan durhaka diserahkan pada bokap seorang. Lokasi acaranya tuh di Kantor Telkom Jakarta Selatan.


Akhirnya kami sampai di kantor Telkom Jakarta Selatan (dengan bantuan segenap informasi, marka jalan, GPS, sopir bus, anjing pelacak, dan do'a orangtua), gue langsung liat jam.. untung belum telat. Sambutan hangat langsung kami dapatkan dari rekan-rekan DeBlogger begitu kita sampe dilantai 8, tempat acara akan dilangsungkan. Kita langsung ambil tempat duduk (bahasa kerennya tekesit) dan menunggu acara dimulai.


Blogilicious Milad Jakarta
masih sepi


Sayangnya acara dimulai sedikit diundur, ya kita maklum karena aula masih sepi waktu itu, kayaknya banyak yang belum tau letak gedung telkom Jaksel ini, jadi untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan proses trial and nyasar. Tim DeBlogger sudah menyiapkan teh, kopi, dan snack juga kue-kue untuk sarapan di lobby hmmmm.. :D


Blogilicious Milad Jakarta


Dan acarapun dimulai, dengan tarian dari mbak-mbak yang uhuy uhuy.. acara Blogilicious Milad Jakarta pun resmi dibuka. Disusul dengan sambutan-sambutan dari mas Iman Sulaiman dan mas KukuhTW :D

Blogilicious Milad Jakarta
yang baju meraah jangan sampe lepaaas :p

Dan acara bertapa pun dimulai, gue duduk di kursi bagian kanan, ketiga dari belakang, dan dan ketiga dari kanan (penting dah my). Dengan anteng dan penuh gairah menyimak suguhan transfer ilmu dari para master di acara Blogilicious Milad Jakarta ini. 

Blogilicious Milad Jakarta
 
Pembicara pertama adalah Mbak Risa Amrikasari. Beliau membahas tentang Etika Blogging, iya donk.. blogging juga harus ber-etika dan para blogger harus tau itu!! #notetoself. Tak hanya menyampaikan materi, seminar Mbak Risa juga melahirkan 12 butir Etika Blog yang disetujui oleh 57 blogger saat itu, termasuk gue lho! lengkapnya langsung kesini.


Blogilicious Milad Jakarta

 Pembicara selanjutnya adalah Pak Amril Taufik Gobel aka Daeng Battala, beliau menyajikan tentang Tips dan Trick Blogging yang berguna banget. Mulai dari tips membuat postingan, menentukan niche blog, dan banyak lagi. Beliau juga menjelaskan manfaat ngeblog, dan bagaimana blog bisa membuatnya mencapai prestasi yang luar biasa (contonya ada tulisan beliau yang dijadikan script sinetron, dijadikan buku, dan ditawari rejeki tak terduga lainnya). Salah satu pesan yang gue inget dari beliau adalah "Banyak-banyaklah menulis.. dan rakus-rakuslah membaca". Dan di akhir materi, ada kuisnya juga lho.. dua orang yang beruntung bisa mendapatkan buku Pak Amril yang romantis-romantis ntu tuh.. :D

Materi selanjutnya adalah tentang ASEAN Blogger, wow.. keren ya, blogger Indonesia udah membuat komunitas blog internasional seperti ini. Materi ini disampaikan oleh Bapak Haz Pohan, seorang blogger dan mantan Duta Besar RI untuk Polandia. Pesan beliau yang gue inget tuh.. semoga blogger bisa membuat ASEAN lebih damai melalui tulisannya. Mulia sekali bukan tujuan ASEAN Blogger ini? :D


Setelah itu kita dikasih waktu istirahat satu jam buat makan siang en solat zuhur..gue dengan beringasnya langsung menyantap hidangan katering yang udah disediain.. abis itu kita solat zuhur, terus balik ke aula karena masih ada seminar laennya di Blogilicious Milad Jakarta ini.


Blogilicious Milad Jakarta


Begitu kita masuk, ternyata Bang Nukman Luthfie (gue panggil bang aja deh.. abisnya ngaku-ngaku masih muda) udah mulai, langsung aja duduk dan ternyata seminarnya gak ngebosenin dan penuh dengan canda tawa. Ya, gaya bicara bang Nukman ini tak pernah gagal membuat peserta tertawa di sela-sela materi yang dia sampaikan. Materinya menarik banget, tentang sosial media, yang bikin gue ngangguk ngangguk dan bilang "iya iya.. bener.. bener". Bang Nukman menyampaikan fakta-fakta yang emang gue rasain dan gue alamin.. hahaha misalnya katanya jaman sekarang orang kalo bangun tidur, langsung nyariin hape, cek mention twitter, dan bales mention. wahahahaha gue banget tuh!


Presentasi bang Nukman juga menarik karena menghadirkan data-data statistik pentingnya social media bagi perkembangan blog kita. Yang menarik ada juga tangga "Social Technographics", yang menunjukan persentase dan kedudukan orang yang ada di dunia maya. Satu pesan yang gue tangkep dari siraman materi bang Nukman adalah : "Blogger adalah kasta tertinggi dalam dunia maya".

Blogilicious Milad Jakarta


Pembicara selanjutnya adalah mas Kuncoro yang menjelaskan tentang mobile blogging dan perkembangan teknologi mobile di dunia. Yang cukup banyak menyedot perhatian gue tuh blognya mas kuncoro yang domainnya unik abis.. www.kun.co.ro ayo tebak domain lokal negara mana tuh? itu domain lokal Romania.. hahaha bisa aja ya. Oke balik lagi, materi yang disampaikan mas kuncoro tentang mobile blogging, jadi gimana jaman sekarang kita bisa ngeblog lewat hape, dan sedikit menjelaskan cara instalasi aplikasi blog di berbagai platform handphone. Kuis dari mas Kuncoro sangat unik, yaitu siapa yang selama dia presentasi menjalani aktifitas mobile blogging, maka dapet hadiah. Dan senior KBBC Om Away ternyata dapet.. hehehe


Dan selanjutnya pembicara terakhir di Blogilicious Milad Jakarta hari pertama ini yaitu mas Vavai. Mas vavai ini seorang blogpreuneur (bener ga tuh nulisnya), dan menyampaikan tentang blog preuneurship. Blogpreuneur adalah Blogger yang membuka usaha, atau pengusaha yang suka ngeblog. Mas Vavai menjelaskan tentang bagaimana blog bisa mendatangkan rejeki dari berbagai arah, baik yang terduga maupun yang tak terduga, membuat gue semakin pengen jadi blogpreuneur nih.. huehehehehe..


Maka berakhirlah acara Blogilicious Milad Jakarta hari pertama ini, sebelum pulang kita poto-poto dulu dan gue nyomot pastel dulu, ya buat ganjel perut lah kan perjalanan pulang jauh tuh *ngeles gaya punggung*. Kita pulang berlima lagi setelah beberapa kali naik busway dan transit, akhirnya sampelah di Citraland dan langsung naik Trans Citra menuju Citra Raya.

Blogilicious Milad Jakarta
Kamera by Aji, Jepret by Kang Andi


DAY#2


Hari kedua, gue berangkat dengan semangat yang udah di cas ulang.. apalagi mengingat di hari kedua Blogilicious Milad Jakarta ini akan ada perayaan Milad Deblogger (Depok Blogger) yang pastinya meriah dan seru. Masih dengan suasana merah, dan masih menaiki bis Trans Citra warna kuning, kita berangkat dari Citra Raya menuju ibukota. Sayangnya personel KBBC yang berangkat dari Citra hari ini lebih sedikit 2 dari kemaren. si Ridwan ada sodaranya, dan om Andi Sakab sakit. Jadi kita berangkat cuma bertiga deh.


Kendalanya adalah di Hari Minggu ini jadwal bis sedikit berbeda dari hari Sabtu kemaren. Bis yang ke Blok M adanya agak siang, dan yang paling pagi jam 8, kita udah was was takut terlambat aja, karena kita naik bis yang jam 8 dan otomatis harus transit transhit dulu.


Dibawah waktu mau naek lift, gue seneng bisa ketemu dan menyapa Mas Abdulhakim, seorang blogger yang gue kenal di twitter sebagai #bloggermalam. Sebenernya di hari pertama udah liat, tapi belum berani nyapa (gue orangnya malu malu anjing gitu). Senengnya bisa ketemu langsung orang yang selama ini kita kenal lewat dunia maya :D


Seperti kemaren, walau kita dateng sedikit terlambat tapi masih disambut hangat oleh rekan Deblogger. Dan ada yang berbeda di hari ini, waktu kita lagi ngisi absen, kita suruh nimbang tas dulu, rupanya nanti ada penghargaan bawaan terbanyak. Ada-ada aja :D. Setelah dikasih goodie bag kita pun masuk ke aula, dan ternyata di dalam udah ada Om Zanu. :D. Beruntung kita belum ketinggalan materi dan Mbak Ajeng pembicara pertama belum mulai presentasinya. fyuuuh..

Blogilicious Milad Jakarta
Mbak Ajeng (kiri) bagi bagi hadiah


Materi di hari kedua Blogilicious Milad Jakarta ini emang keren-keren.. yang pertama materi tentang SEO (Search Engine Optimation) oleh Mbak Ajeng master SEO. Beliau memberi contoh bagaimana postingan blognya selalu berada di halaman pertama google, bahkan bisa di posisi 3, 2, dan 1. Beliau memberikan tips dan trick untuk SEO, dan plugin-plugin apa aja yang dibutuhin buat menunjang SEO. Oh ya, google sudah mengupdate Algoritma barunya, disebut Google Panda. Google Panda lebih mengedepankan konten, jadi tak lupa Mbak Ajeng mengingatkan untuk selalu mengedepankan konten yang berkualitas, "Content is King"

Blogilicious Milad Jakarta

Oh ya, lalu datang anggota KBBC lainnya, Kang Dede Rohali masuk dalam barisan :D
 

Blogilicious Milad Jakarta
Mas Frenavit (kanan) bagi bagi hadiah
Selanjutnya materi yang gak kalah penting yaitu tentang Security Blog oleh mas Frenavit. Mas Frenavit menjelaskan macam-macam ancaman yang bisa saja menyerang blog kita. Bahkan menjelaskan cara-cara menyerangnya. Tapi yang paling penting adalah bagaimana mas Frenavit menjelaskan tentang cara-cara dan teknik mengamankan blog kita ini. Dengan perumpamaan rumah, kita tentu harus mengunci pintu rumah kita biar gak kemalingan, blog juga harus kita jaga dari tangan-tangan jail.

Blogilicious Milad Jakarta


Dan inilah yang ditunggu-tunggu, materi tentang blog monetizing yang disampaikan oleh mbak Mubarika Damaryanti sebagai founder dari IdBlognetwork. Mbak Rika menjelaskan tentang bagaimana di jaman sekarang para brand membutuhkan para blogger untuk memasarkan produknya. Mbak Rika juga memberikan tips tips agar blog kita cepat di approve IBN, kriteria-kriteria blog yang akan di approve, persyaratan masuk IBN, dan sebagainya. Tak lupa memberikan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan IBN dan bagaimana melalui blog, para anggota IBN bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan yang menggiurkan buat gue, mulai dari diundang ke Magnum Cafe, sampai pergi ke Disneyland HongKong!

Blogilicious Milad Jakarta
Penampakan Alien
Di kursi peserta, gue semakin 'panas' mendengarkan penuturan-penuturan dari mbak Rika, semangat gue membara dan menggebu-gebu pingin ikutan IBN, maka gue nanya deh (akhirnya gue nampang juga), seberapa besar sih kemungkinan gubuk derita gue ini di approve oleh IBN? dan ternyata jawaban Mbak Rika kira-kira gini nih : "Justru blog pribadi yang berisi curhatan dan pengalaman kemungkinnannya sangat besar kami terima, dan kami memang mengutamakan blog-blog pribadi yang memiliki karakter." Mulai saat itu gue membulatkan tekad yang membara, kalo gue pulang, gue akan coba daftar di IBN.

Blogilicious Milad Jakarta


Tapi nasib berkata lain, diakhir materi yang disampaikan, Mbak Rika dan Mas Kukuh memberikan kuis yang berhadiah Job Review, gue kira cuma untuk anggota IBN doank, ternyata ada kesempatan untuk anggota non IBN, maka gue coba mengadu keberuntungan deh. Dan setelah beberapa proses tanya jawab, akhirnya gue kepilih! alhamdulillah.. *koprol depan belakang*.


Masih setengah sadar dan gak percaya, waktunya Isoma. Kita langsung solat dan abis itu menyantap hidangan yang telah disediakan, kali ini bukan katering tapi prasmanan.. hmmm. Abis makan kita masuk lagi ke aula dan acara selanjutnya setelah Blogilicious Milad Jakarta adalah Milad Deblogger kedua. It's party time! :D

Blogilicious Milad Jakarta


Acara pertama adalah sambutan-sambutan dan ucapan selamat ulangtahun untuk Deblogger.

Blogilicious Milad Jakarta



Abis itu kami dihibur oleh Ciput Band, sebagai band pengiring untuk Blogger Idol. Sayang dari KBBC ngga ada perwakilan, sebelumnya gue sama Aji udah ditunjuk-tunjuk, tapi ternyata gue belum cukup pede.. hiks.. mungkin tahun depan #spoiler


Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta
Ini dia sang pemenang Blogger Idol. :D

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta


Ayo pada jagoin yang mana? gue jagoin yang menang aja!


Di sela-sela para peserta blogger idol yang sedang unjuk kebolehan, dibacakan juga beberapa pemenang award-award yang unik-unik, dan gak nyangka hadiahnya lumayan.. *nyesel gak masukin PC ke dalem tas biar berat*. Awardnya antara lain :


Pakaian Terheboh
Bawaan Terberat
Tweet Terunik (Yang menang Mas Abdulhakim :D)
Photo Twitter
trus apa lagi ya?
oh ya, tentu aja Blogger Idol! :D


Ternyata gamesnya belum selesai, masih banyak games-games seru lainnya yang diadakan oleh Deblogger ini, kayak dompet siapa yang paling tebel, siapa yang bawa kunci terbanyak, dan games-games dadakan yang seru-seru.

Blogilicious Milad Jakarta
Ramy lagi nge-gombal -__-"
Kayak gue, waktu itu disuruh maju berapa orang, gue maju, eh ternyata gamesnya suruh ngerayu.. mati. Gue mana bisa yang kayak begini, yaudah deh gue keluarin kemampuan gue ala kadarnya, dan karena bakat terpendam ato apa, gue dapet deh voucher kue :D


Lalu acara puncak yaitu pemotongan kue ulangtahun Deblogger dan tiup lilin.. horeee.. semua bersuka cita, terutama temen-temen Deblogger. Kita juga dapet Cupcakesnya.. enak lho.. :D


Selamat ulang tahun yang kedua Deblogger, semoga makin solid, makin kompak, dan makin Jaya. Gue sangat salut sama Deblogger karena berhasil menjadi panitia penyelenggaraan acara ini dengan lancar, dan hampir tanpa hambatan sama sekali. Event ini sangat berkesan bagi gue, dan gue bisa mengenal Deblogger lebih jauh lagi... pokoknya gak nyesel deh gue ikutan Blogilicious Milad Jakarta dan Milad Deblogger


Acara Roadblog ini ternyata dapat menghadirkan kehangatan diantara para blogger, dan sensasi bertemu orang yang kita kenal di dunia maya, dan bertemu di dunia nyata itu tak terkalahkan, semoga sering-sering ada acara Roadblog kayak gini, selain menambah ilmu juga mempererat silaturahmi :)


Terimakasih untuk Deblogger dan IBN untuk acaranya, hidangannya, hadiahnya, semuanya deh..Mudah-mudahan tahun depan ada lagi.. sangat ditunggu :))))




PS : Photo dicomot dari galeri mas Priyadi setelah izin, buat liat semua foto-foto lebih lengkapnya, klik aja disini.


Blogilicious Milad Jakarta


BLOGGING HAS NEVER TASTED THIS GOOD!

Liat juga tulisan lainnya :

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

17 komentar

  1. jiah gw disenggol juga,, thanks brother... sukses job reviewnya hehe

    BalasHapus
  2. hehehe oke deh.. nunggu gaji pertama nih :D

    BalasHapus
  3. Sukses dah job reviewnya, tinggal nunggu makan-makan nya.

    BalasHapus
  4. mantaps my salam sukses dah..
    ups jangan lupa tuh.... makanmakan heheheh

    BalasHapus
  5. @om zanu : thank you..
    @jay : salam sukses juga :D waduh seperti makan-makan emang ga boleh lupa nih XD

    BalasHapus
  6. Wah, sepertinya ini tulisan favorite saya deh ttg Blogilicious Milad Jakarta :D Kreatif dek tulisannya! Etapi itu susunan pembicaranya gak kebalik2 kah? apa saya yg lupa ya..

    BalasHapus
  7. hehe.. makasih mbak dian :))
    Mbak Dian ini kalo ngga salah yang duduk di bangku depan saya deh.. dan yang menang lomba foto itu ya? :D

    wah kebalik? ga tau juga sih.. seinget saya sih urutannya begitu, kecuali yang blogger idol itu emang fotonya ngacak XD

    BalasHapus
  8. wahhhh harus ikut sumpah! gila rugi banget, andai adikku engga sakit aku ngacir deh ke gedung telkom, deket dari Depok :(

    dan sebagai orang depok rasanya malu juga ya kalau aku engga ikut komunitas deBlogger *buru-buru join*

    harus ikut tahun depan!

    BalasHapus
  9. hahaha langsung aja daftar di deblogger.org

    dan ditunggu di panggung blogger Idol tahun depan ;D

    BalasHapus
  10. Mantab Ram, liputannya bisa ngalahin Om DR (*sambil clingak-clinguk).

    Saya Alien.
    Salam Takzim.

    BalasHapus
  11. Ram, fotonya boleh juga tuh.
    Kenalin dong ama yang pake' baju merah. Bilangin sama dia "Saya doakan menang deh" Nanti pas gajian ingat saya ya?

    Salam Takzim.

    BalasHapus
  12. Baru tahu saya Ram, kalo' bahasa ambil t4 duduk iitu TakeSit.

    BTW, asyik bacanya.

    BalasHapus
  13. @om bagus : om DR siapa ya? *mikir*
    iya om nanti saya sampein, katanya juga makasih doanya...
    oh emang bener ya bhs.Inggrisnya itu? saya kan asal-asalan huehehehe XD

    Saya Bukan Alien
    Salam Takzim Juga

    BalasHapus
  14. Alien! Gw doain menang semi SEO-nya! Dukung yang ini wahai para juri... \m/

    BalasHapus
  15. hatur nuhun mbak is... :')
    \('.')/ _(-,-)_ \('.')/ _(-,-)_ *sembah sujud*

    BalasHapus
  16. akhirnya yang menang kontes SEOnya siapa ya

    BalasHapus
  17. akhirnya yang menang kontes SEOnya siapa ya

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger