Cara Menghitung Nilai Minimal Ulangan

5/31/2011

Halo. Gue udah lama sih mau posting ini, tapi gue rasa ini adalah saat yang tepat, karena dalam w aktu dekat ini, kakak-kakak yang mau masuk perguruan tinggi negeri sedang berjuang menghadapi SNMPTN <<-- bener ngga sih nulisnya? dan selain itu kita-kita, pada mau UAS..


oke, kali ini gue akan share cara yang gue pake sendiri pada waktu ulangan, baik itu ulangan harian, ulangan semester, ulangan nasional, sinetron ulangan..
Cara ini gue sebut cara menghitung nilai minimal ulangan (kalo dibilang rumus nanti ke-berat-an)
mau tau caranya? ketik REG spasi *jayus ah..*
Jadi begini caranya, simak baik-baik, tarik nafas, jangan berenti nanti mati


misalnya dalam ulangan ada 50 soal pilihan ganda, gue kerjain dulu semuanya, sudah menjadi tips yang umum untuk mengerjakan yang mudah dulu, dan tinggalkan yang susah. Jadi gue kerjain semuanya, dan gue bisa menjawab 34 yang gue anggap mudah dan tau jawabannya, dan meninggalkan 16 soal yang menurut gue ragu-ragu, belum yakin, susah, atau gak tau jawabannya.

Nah, disini tergantung kalian mengukur kemampuan kalian sendiri, kita ambil contoh gue ya, dari 34 soal itu, gue asumsikan 10% nya salah karena faktor khilaf, kurang teliti, dan lain-lain (biasanya gue pake 10%, tapi kalo kalian merasa mungkin salah 20%, pake 20%. kalo kalian mungkin salah 5%, pake 5%).

gue anggap 10% dari 34 soal itu salah, yaitu 3,4 soal yang gue bulatkan jadi 4, bukan 3 (sebaiknya selalu bulatkan keatas, karena biasanya gue ngitung untuk mengetahui nilai minimal, maka gue ambil kemungkinan terburuk).

Oke, jadi 34 - 4 = 30 soal gue anggap benar.
lalu sisanya 16 soal, gue anggap 10% nya benar karena faktor keberuntungan, kebetulan dan ingatan muncul dengan tiba-tiba dll. (sekali lagi, sesuaikan dengan kemampuan masing-masing). jadi 10% dari 16 adalah 1,6 dan gue bulatkan jadi 1 (kalo yang ini bulatkan kebawah, ingat kemungkinan terburuk yg kita hitung).

jadi 30 + 1 = 31
kalo total soal 50, kalo benar 31 berarti dapat 62 (31/50 X 100)
gue lebih sering nyebut nilai 62 ini adalah nilai minimal yang bisa gue dapetin di ulangan tadi.
Dan kalo KKM adalah 72, maka nilai 62 ini kurang dari KKM. Dan gue udah siap-siap belajar lagi untuk remidial.

Tapi ingat sekali lagi, 62 disini adalah nilai minimal, kemungkinan bisa menadapatkan nilai lebih dari ini lebih besar daripada kemungkinan mendapatkan nilai lebih kecil.

Dan ini kita ngitung bukan habis ulangan, tapi di tengah-tengah ulangan setelah selesai putaran pertama mengerjakan soal yang mudah.
Dan ingat, jika sudah mengerjakan soal sekali putaran, dan sudah ngitung, lalu ngerjain lagi dan tiba-tiba tau jawaban 1 soal dan yakin dan pasti banget jawaban kita benar, 1 soal itu jangan dimasukan ke dalam hitungan soal yang yakin benar, karena soal ini dijawab di putaran kedua, dan karena kita juga menghitung nilai minimal, jadi ambil kemungkinan terburuk

Oke, sudah mengerti? cara ini gue praktekin sambil iseng-iseng mikir untuk soal yang susah. Dan ini adalah cara untuk menghitung nilai hanya untuk soal pilihan ganda, and you know what? nilai gue hampir selalu diatas dari nilai itung-itung ini, minimal ngga beda jauh. Jadi gue sebut ini menghitung nilai minimal.

Silahkan dicoba, dan untuk memastikan bahwa pada konek, gue kasih soal ya, monggo dijawab :D
Bejo ulangan B.Inggris dengan 100 soal, dan bisa yakin menjawab 87 soal. Jika persentase kecerobohan mengerjakan soal mudah Bejo 20%, dan persentase keberuntungan menjawab soal sulit bejo 10%. Sedangkan KKM untuk mata pelajaran B.Inggris adalah 55. Tentukan : 
1. Nilai minimal yang bisa Bejo peroleh
2. Perlukah Bejo mempersiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan Remedial
3. Siapa nama guru B.Inggris Bejo

Silahkan dijawab sambil iseng-iseng.. atau mungkin kalian juga biasa menggunakan cara ini untuk menghitung nilai ulangan, sharing disini ya..

ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

4 komentar

  1. oke. untuk soal no. 1.
    dik : -soal mudah terjawab : 87
    -soal sulit terjawab : 13
    - % kecerobohan soal mudah terjawab 20 %
    - % keberuntungan soal sulit 10%
    dit ? nilai minimal yang bisa Bejo peroleh ?
    jawab :
    87-17,4 (18) = 69,6 (69)
    = 69 + 1,3 (1) = 70,3 (70)
    jadi, nilai minimal yang diperoleh Bejo adalah 71.

    2. Tidak perlu
    3. Wardian Dwi Fresha S.pd

    BalasHapus
  2. oke.. ada yg punya jawaban lain atau yang mau menambahkan?

    BalasHapus
  3. wah, gua juga suka ngitungin beginian. cuman punya gue lebih ekstrem, alias, nggak ada kemungkinan beruntungnya. gyahahaha!! #sadis

    coba jawab ya LOL

    1 87 soal. kemungkinan ceroboh 20%
    87 x 20 : 100 = 17,4. jadi 18 deh.
    87 - 18 = 69

    beruntung 10% dari 13 soal.
    13 x 10 : 100 = 1,3. ambil 1.

    69 + 1 = 70. yah. nilai terkecilnya segini.

    2. gak perlu

    3. Tatang Sutarman #sadargakininamaterkenal?

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas informasi menarik

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger