Happy Maulid Nabi Muhammad SAW

2/15/2011

15 Februari 2011, bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد، مولد النبي‎, mawlidun-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid ataumilad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad. Selengkapnya


Biasanya umat muslim memperingati Maulid Nabi. Masih teringat jelas di ingatan gue, waktu SMP, sekolah gue sering mengadakan acara peringatan hari-hari besar Islam, salah satunya Maulid Nabi. Biasanya acara peringatannya yaitu diadakan dakwah, seminar, atau pun lomba-lomba.

Dan gue seneng banget, karena sekarang di SMA, gue ngga kehilangan hal itu. SMA gue juga kemaren tanggal 14 Februari memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dengan mengadakan lomba-lomba seperti lomba adzan, kaligrafi, pidato, mengarang, dan lain sebagainya.

Dalam Rangka Maulid Nabi, kali ini gue mau menyoroti kejadian-kejadian baru-baru ini yang sangat tidak sesuai dengan yang Nabi ajarkan. Ya, tragedi Cikeusik yang sangat mengenaskan itu. Penghancuran dan Pembunuhan yang didasarkan pada Perbedaan. Seburuk itukah perbedaan sehingga bisa menimbulkan tragedi seperti itu? Menurut gue ini udah bukan Konflik keagamaan, tapi udah termasuk Konflik kemanusiaan! Gue sangat kecewa dengan ormas yang seenaknya mengatasnamakan Islam, untuk perbuatan “setan” mereka! Se “benar” itukah mereka? Se “suci” itukah mereka? Sehingga mereka menganggap me “musnahkan” suatu kaum itu adalah “kebenaran”? Apakah Rosul pernah mengajarkan kekerasan seperti ini? Pikirkan lagi kawan..

Oke, gue emang bukan orang yang ngerti agama, tapi sebagai muslim, gue sangat malu dengan saudara-saudara gue yang “mengaku” muslim itu. Huh.. gue Cuma bisa bilang gini “urusin dulu agama kita, baru ngurusin orang laen, sholat 5 waktu udah belum? Puasa udah belum? Ngaji udah belum? Zakat Sodakoh apa sudah? Ngaca dulu man…” Islam bukan hanya menajarkan hubungan dengan Allah, tapi hubungan dengan sesame manusia juga! Mana Hablumminannas nya?

Bukankah Allah menciptakan perbedaan di dunia ini, untuk membuatntya lebih indah?

Maka pada momen Maulid Nabi ini, ayo kita jadikan ajang untuk intropeksi diri, apakah kita sudah melaksanakan semua yang diajarkan Rosul dan apakah kita sudah meneladani sifat-sifat beliau?

ENJOY YOUR DAY!


Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

2 komentar

  1. Nabi Muhammad adalah orang paling berpengaruh di dunia

    BalasHapus
  2. bener banget laah :)

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger