Tentang Phobia

1/23/2011


Hampir setiap orang punya ketakutan terhadap sesuatu, jika sudah berlebihan, maka itu disebut dengan Phobia. Nah, dalam 15 tahun kehidupan gw, gw udah banyak kenal orang-orang yang memiliki phobia, dari yg wajar sampe yg aneh. Apa lo juga termasuk orang yg memiliki phobia?


Phobia yang paling sering gw temuin diantara temen2 gw adalah Takut sama kucing. Ya, menurut gw ini aneh dan ngga jarang malah gw jadiin bahan buat jail. Kucing kok ditakutin, pikir gw. Ada juga yang takut sama cicak, ada yang takut sama belalang, ada yg takut sama kecoa, ada yang takut sama laba-laba, kalo nyokap gw takut sama ulet.

Setelah kita selidiki, banyak yang melatar belakangi ketakutan-ketakutan mereka ini. Penyebab paling banyak adalah karena dimasa lalu ada pengalaman yang tidak sedap dengan hewan-hewan tersebut. Contohnya takut sama kucing karena dulu pernah dicakar. Atau kita ambil contoh temen gw si Adhie, orangnya keker, gede, sangar, tapi takut sama belalang. Jangankan belalang gede, belalang kecil aja takut. Nah, ternyata dia waktu itu pernah baru bangun tidur, belalang ada di idung dia, jadi pertama buka mata, yg ada wajah belalang! (nah lo bayangin dah tuh) kalo gw sih jadi inget episode Spongebob yg wormy itu :P

Ada juga yang takut bukan karena pengalaman masa lalu, tapi karena jijik, atau takut aja. Contohnya takut kucing karena bulunya, takut ulat karena geli, takut kecoa karena jijik.
Kalo gw udah pernah dicakar kucing, baju gw udah pernah kemasukan kecoa, dan udah pernah digigit capung. Gw juga jijik sama ulet, tapi itu ngga membuat gw takut sama hewan-hewan itu. Jadi ini juga tergantung orangnya. Kebanyakan orang trauma, itu yg membuat dia phobia. Kalo biacara trauma gw suka aneh sendiri gitu, kok bisa ya?
Trus, lo takutnya sama apa my? lo merasa paling berani apa? nggak takut sama apapun? ribut yuk!
Weiittss!! nyantai bro kaya di pantai~
gw bukannya ngga takut sama apapun, ada, gw phobia sama 1 hal.
Tawon
(tadinya mau nampilin pic nya, tapi takut)
Iye gw takut sama tawon, puas lo? tapi gw yakin lo juga ngga ada yg berani kan sama tuh hewan terbang bersengat? ngga kaya temen2 pengajian gw yg gila, ada tawon di sabet-sabet pake sarung, udah jatoh di tangkep, di patahin sayapnya sama sengatnya, terus dilempar-lemparin ke anak2, ini yg bikin gw ngibrit kaya flash, langsung kerumah aja dah! (jahh sama aja namanya trauma itu my -,-)

Ngga trauma juga sih (ngotot) gak tau kenapa gw takut sama tuh serangga. Mungkin karena kebanyakan nonton Hachi anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya.... kali ya? kan musuhnya tawon tuh? pokoknya gw takut disengat tawon.
Trus lu pernah disengat my?
Pernah, sekali. Itupun disengatnya gayanya keren. Bukan ada tawon-trus gw lari-trus kekejar dan nyengat gw. Beuuhh itu mah ngga keren! gw kesengatnya keren. Gw lagi duduk, trus ada yg merayap di leher gw, reflek langsung gw tepok : "pakk!!" tadinya belum sadar, pas gw ambil pake tangan gw (perasaan kok ini nyamuk gede banget) dan gw liat TAWON!!! langsung gw lempar dan gw ngibrit ke kelas (kejadiannya di sekolah, gimana keren kan?)

Tapi takut sama tawon ngga layak ditertawakan kan? karena wajar aja, semua takut disengat.
Nah, sebelum sama tawon, gw juga sempet phobia sama sesuatu... dan menurut gw ini memang patut ditertawakan, kalo mau ketawa sekenceng-kencengnya juga boleh. Siap-siap, buka jendela dulu biar tetangga denger.....
oke.. gw takut sama..............
samaaa...
FORKLIFT
udah ketawanya? kalo udah gw lanjutin...

Kenapa ya gw bisa takut sama beginian pas kecil? sekarang kalo liat forklift gw cengengesan, inget waktu kecil takut sama benda ituh.

Jadi ceritanya begini, dulu kan gw suka diajak belanja ke toko grosir gede gitu, tau sendiri kan barang-barangnya sebanyak apa? berkardus-kardus, ditumpuk dilemari tinggi banget (waktu gw kecil gw bayangin kaya ditaro di menara eiffel) datanglah forklift menjalankan tugasnya, gw cengo ngeliatnya dan gw takut, takuuuuuuuuut banget kalo itu kardus jatoh berantakan nimpa gw, gw ngebayangin itu sampe keringetan.

Abis itu, malemnya gw mimpi, mimpi buruk tentang forklift, gw dikejar-kejar sama fork nya, gw lari diantara rak-rak tinggi di toko grosir itu... dan ngga tau lagi dah, gw kebangun, nangis tengah malem (inget, pas masih kecil, paling 4 tahun). Semenjak mimpi itu, setiap ada forklift gw menghindar, misalnya forklift jalan ke gang ini, gw langsung lari ke gang sebelah, klo udah lewat baru w balik ke gang yg tadi. Begitulaaaah~

Gimana kalo lo? gantian donk masa gw doank yg nyeritain fobia gw? lo punya fobia sama apa? ceritain donk, latar belakangnya apa? gw cuma bisa berharap agar ketakutan kita semua hilang, atau minimal berkurang, makannya sering-sering terapi. Kalo gw terapinya dengan ngeliatin video-video tawon, ternyata ampuh juga :)
Bonus nih, nama-nama phobia

phobia
Ablutophobia - takut untuk mencuci atau mandi >> sindrom kucingisme
Acerophobia - takut akan rasa asam (orang yg sering diare)
Achluophobia - takut akan kegelapan
Acousticophobia - takut akan kebisingan
Acrophobia - takut akan ketinggian
Aeroacrophobia - takut akan ruang terbuka di ketinggian
Agliophobia - takut akan rasa sakit.
Agyrophobia - takut akan jalan atau menyeberang
Aichmophobia - takut akan jarum atau benda runcing
Alektorophobia - takut akan ayam
Allodoxaphobia - takut akan pendapat
Altophobia - takut akan ketinggian
Amathophobia - takut akan debu >> orang alergi debu
Ambulophobia - takut untuk berjalan >> orang lumpuh
Amychophobia - takut digaruk atau menggaruk
Ancraophobia - takut akan angin (Anemophobia)
Androphobia - takut pria
Angrophobia - takut marah
Anthropophobia - takut orang atau masyarakat
Antlophobia - takut banjir >> orang semarang
Aphenphosmphobia - takut disentuh (Haphephobia)
Apiphobia - takut lebah
Arachibutyrophobia - takut selai kacang nempel di langit-langit mulut
Arachnephobia or Arachnophobia - takut laba-laba
Arithmophobia - takut angka >> gak bisa ngitung
Arsonphobia - takut api
Asthenophobia - takut pingsan
Astrophobia - takut bintang atau ruang angkasa
Asymmetriphobia - takut benda asimetris
Athazagoraphobia - takut lupa, dilupakan
Atychiphobia - takut akan kegagalan
Aurophobia - takut emas >> orang kere
Automysophobia - takut kotor
Aviophobia or Aviatophobia - takut terbang >> burung penguin
Ballistophobia - takut misil/peluru >> orang sipil
Barophobia - takut akan gravitasi
Bathmophobia - takut akan tangga atau bidang miring
Bathophobia - takut akan kedalaman >> org yg gak bisa berenan
Bibliophobia - takut akan buku >> buta huruf
Bufonophobia - takut katak
Caligynephobia - takut wanita cantik
Carnophobia - takut daging >> vegetarian
Cathisophobia - takut duduk >>orang bisulan di b**t
Catoptrophobia - takut cermin >> orang buruk rupa
Chaetophobia - takut akan rambut >> gundul
Chionophobia - takut akan salju >> orang tropis
Chiraptophobia - takut disentuh
Chirophobia - takut akan tangan
Chorophobia - takut menari >> orang yg kaku
Chrometophobia or Chrematophobia - takut uang
Chromophobia or Chromatophobia - takut akan warna
Chronophobia - takut akan waktu
Cibophobia - takut akan makanan >> orang yg guendut
Cleithrophobia or Cleisiophobia - takut terkunci di ruang tertutup
Cleptophobia - takut kemalingan
Clinophobia - takut tidur
Coimetrophobia - takut akan kuburan
Coitophobia - takut akan coitus
Coprastasophobia - takut akan sembelit
Coprophobia - takut akan feces
Coulrophobia - takut pada badut >> tdk punya selera humor
Cyberphobia - takut akan komputer >> gak tau gunanya
Deipnophobia - takut makan malam >> orang yg lg diet
Demonophobia or Daemonophobia - takut setan
Dentophobia - takut dokter gigi
Dextrophobia - takut pada benda di sebelah kanannya
Didaskaleinophobia - takut pergi ke sekolah >> mau test belum belajar
Dipsophobia - takut minum >> krn perut dah njembling
Dishabiliophobia - takut melepas baju di depan seseorang >> orang panuan
Dystychiphobia - takut kecelakaan >> org yg naik mtr pelan2
Ecophobia - takut akan rumah >> sti
Electrophobia - takut pada listrik
Enochlophobia - takut pada keramaian
Entomophobia - takut pada serangga
Epistaxiophobia - takut pada mimisan
Epistemophobia - takut akan ilmu pengetahuan >> orang bodoh yg tak mau brusaha
Equinophobia - takut pada kuda
Ergophobia - takut pekerjaan >> pemalas
Febriphobia or Fibriphobia or Fibriophobia - takut demam
Felinophobia - takut pada kucing (Ailurophobia, Elurophobia, Galeophobia, Gatophobia)
Gamophobia - takut pada pernikahan
Geliophobia - takut akan tertawa >> belum gosok gigi
Geniophobia - takut pada dagu
Genuphobia - takut pada lutut
Gerascophobia- takut menjadi tua
Glossophobia - takut berbicara di depan umum >> gogriers
Hadephobia - takut pada neraka
Haphephobia or Haptephobia - takut disentuh
Heliophobia - takut pada matahari >> kalong
Hemophobia or Hemaphobia or Hematophobia - takut pada darah
Hippopotomonstrosesquippedaliophobia - takut pada kata-kata yang panjang >> SMS mania
Hyelophobia or Hyalophobia - takut pada kaca
Hygrophobia - takut pada cairan
Hypsiphobia - takut akan ketinggian
Iatrophobia - takut pada dokter >> pasien
Ichthyophobia - takut pada ikan
Koinoniphobia - takut pada kamar
Lachanophobia - takut akan sayuran
Laliophobia or Lalophobia - takut berbicara >> orang bisu
Leukophobia - takut warna putih >> gak bisa nyuci baju dgn bersih
Levophobia - takut pada benda2 di sebelah kiri
Linonophobia - takut pada benang >> orang yg gak bisa njahit
Lygophobia - takut akan kegelapan
Mageirocophobia - takut memasak >> orang gak bisa masak
Medomalacuphobia - takut kehilangan ereksi
Medorthophobia - takut pada penis yang sedang ereksi
Melanophobia - takut pada warna hitam
Melophobia - takut atau benci musik >> orang tuli
Menophobia - takut akan haid >> cowok
Motorphobia - takut pada mobil >> orang lg nyebrang jalan
Musophobia or Muriphobia - takut pada tikus
Necrophobia - takut pada kematian
Nephophobia - takut pada awan
Noctiphobia - takut pada malam
Nosophobia or Nosemaphobia - takut sakit
Nostophobia - takut pulang ke rumah >> sti/ suami takut istri
Numerophobia - takut pada angka >> orang yg gak bisa itung2an
Octophobia - takut angka 8
Ombrophobia - takut pada hujan atau kehujanan >> orang yg ninggal jemuran
Panophobia or Pantophobia - takut semuanya
Papyrophobia - takut pada kertas >> orang gak bisa nulis & buta aksara
Paraskavedekatriaphobia - takut hari Jumat tanggal 13
Parthenophobia - takut pada perawan
Pediophobia - takut pada boneka >> soalnya bonekanya si chucky
Phalacrophobia - takut menjadi botak
Philemaphobia or Philematophobia - takut berciuman >> krn lawan mainnya kodok
Pogonophobia - takut pada janggut
Porphyrophobia - takut warna ungu
Pteromerhanophobia - takut terbang >> burung kiwi
Pyrophobia - takut pada api
Scolionophobia - takut sekolah >> tukang bolos, gak ngerjain PR
Selenophobia - takut pada bulan >> manusia serigala
Somniphobia - takut tidur >> insomania
Tachophobia - takut pada kecepatan >> mbah-mbah tuwo
Telephonophobia - takut pada telepon >> orang yg tagihannya bengkak
Thaasophobia - takut duduk >> orang bisulan di b**t
Tremophobia - takut gemetar
Trichopathophobia or Trichophobia - takut pada rambut (Chaetophobia, Hypertrichophobia). >> orang gundul forever
Triskaidekaphobia - takut pada angka 13 >> orang bule
Urophobia - takut akan air seni
Vaccinophobia - takut akan vaksinasi >> anak kecil
Venustraphobia - takut akan wanita cantik >> orang o'on
Verbophobia - takut akan kata-kata
Vestiphobia - takut akan pakaian >> orang gila
Virginitiphobia - takut akan perkosaan >> wanita
Wiccaphobia - takut akan sihir
Xanthophobia - takut akan warna atau kata kuning
Xenophobia - takut akan orang asing
Xerophobia - takut akan kekeringan
Xylophobia - takut akan benda dari kayu
Xyrophobia - takut akan pisau cukur
Zelophobia - takut cemburu
Zeusophobia - takut akan Tuhan
Duhh aneh-aneh aja penyakit di planet bumi ini


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

10 komentar

  1. ohoo.. selamat, anda pertamax. :15
    bang andry takut sama apa ya? :28

    BalasHapus
  2. Istilahnya benar benar baru...yang saya tau hanya sebagian saja...mantabbbb dech...i like Blogwalking..

    BalasHapus
  3. kayaknya saya ini dech : Entomophobia - takut pada serangga. saya takut sama kecoa...

    BalasHapus
  4. nah kalo istri saya takutb sama ayam..sampe bulu-bulunya. Nah kalo dia liat kemoceng aja langsung ngibrit

    BalasHapus
  5. saya paling takut sama kecoa, biasanya kalau ada kecoa, saya buru2 bersikap "jangan panik" tapi sebenarnya saya panik habis

    apalagi kalau ketemu kecoa di kamar mandi -__________-

    BalasHapus
  6. hahahahahaaa,,,
    ngakak gw,,
    liat forklift-nya.

    kaga kuat gw nahan ketawa..

    BalasHapus
  7. gw phobia laba2 ma gergaji mesin my :nohope:

    BalasHapus
  8. @koeshariatmo : wah.. sama kaya teman saya, tapi dia malah suka ayam goreng :33

    @r10 : kalo saya jg jijik sama kecoa.. hiii

    @wardian : puas-puasin dah lu

    @dany : ntar gue bawain kecoa sama gergaji mesin, tenang dan

    BalasHapus
  9. saya takut kucing, soalnya pernah diikutin kucing sampai kerumah
    itu kucing mau nempel di kaki saya trus ,aneh bgt kan..
    alhasil saya teriak dan teman (yang punya kucing itu) akhirnya menyelamatkan saya

    tp takutnya biasa aja sih ,gak parah bgt

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger