[Tips] Rumus ABCD Menghadapi Ujian!

12/02/2010


Saya memang bukan guru, saya memang bukan dosen, saya memang bukan pakar pendidikan, dan saya memang bukan orang pintar. Tapi saya adalah salah satu dari anda, pelajar, yang akan berbagi pengalaman dan cara-cara saya menghadapi ujian yang masih sangat fresh di ingatan saya melebihi guru atau dosen sekalipun waktu mereka ujian di sekolah.

Tips ini merupakan cara yang saya gunakan dalam menghadapi ujian, so, ngga ada salahnya mencoba ;D
Yang pertama, apa yang anda butuhkan untuk menghadapi ujian? Belajar? BUKAN!! tetapi beberapa dari benda-benda ini :


1. Pensil 2B



Tentu saja, pensil sangat dibutuhkan khususnya ujian yang diperiksa menggunakan komputer. Jika kita salah pensil.. bukan, jika kita kurang tebal saja menjawab soal, maka bisa berakibat fatal, itulah sebabnya kita harus benar-benar hati-hati jika menghadapi ujian dengan format komputer.
Pakailah pensil 2B yang asli! Lho? memangnya ada yang palsu? Ada!! seperti tema blog ini juga yaitu pengalaman saya, saya sudah pernah membeli pensil 2B yang ternyata palsu, bentuk luar memang sama, tetapi lebih tipis, bukan seperti 2B.

Perbedaan pensil palsu ini dengan yang asli adalah :

1. Bentuk ujung pensil, yang palsu berwarna agak keputihan, yang asli sudah jelas hitam.

2. Tulisan pada badan pensil, yang palsu, agak buyar sedang yang asli jelas, begitu juga dengan lambangnya, jelas.

3. Kalo dibuat menulis, yang palsu terasa agak keras. Jadi kalau dipakai saat membuat bulatan terasa agak keras dan hasil bulatan tidak hitam-hitam

Oh ya, biar lebih trusted, pakailah pensil 2B dengan tulisan FOR COMPUTER

2.Penghapus


udah ngga perlu dijelasin kan fungsinya untuk apa? saran saya gunakan penghapus yang bisa menhapus pensil 2B dengan bersih, lembut, dan tidak merusak kertas..

Itu merupakan 2 alat inti dalam ujian, dan ini merupakan peralatan tambahan :

Alat bantu membulatkan


saya sarankan agar menggunaka penggaris semacam ini untuk membantu membulatkan, akan sangat menghemat waktu!

Rautan Pensil / Serutan


Kalau pensil patah bisa diraut lagi, atau bawa saja lebh dari 1 pensil yang sudah di raut

Pulpen / Ballpoint



Kalau ada soal essay, atau yang tidak memakai komputer, pulpen sangat perlu, soalnya bisa menulis lebih cepat daripada memakai pensil (menurut saya sih, tapi kalo ada yg lebih cepat menggunakan pensil yasudah)

Tissue / Sapu Tangan / Handuk kecil


Buat nge-lap keringet bagi yang suka keringetan pas ngerjain soal ujian, biar ngga netes-netes ke LJK, nanti bisa berabe :D

"Ramy, ini kan hanya masalah teknis!! saya udah tau!! bukan tips ini yang saya inginkan!!"

Ok, sabar, saya hanya mengikutin rumus ini :

A + B + C + D = L

dengan :
A = Alat
B = Belajar
C = Cara
D = Doa
L= Lulus

Jika Alat sudah siap, maka kita akan BELAJAAAR!! (huuuuu~~ *ditimpukin*)
kalo ngga belajar ya ngga bakal lulus (atau dapet nilai bagus) lah..
patokan kita hanya rumus tadi, jadi langkah kedua adalah belajar.
Balajr pun ada caranya menurut masing-masing orang, dan disini (karena ini blog saya :p) maka akan saya jelaskan belajar cara saya...

Belajar kan ada 2, belajar efektif dan belajar tidak efektif. Apakah belajar kita sudah efektif? Belajar efektif adalah kondisi belajar dimana kita benar-benar memahami apa yang kita pelajari (menurut definisi saya lho ya). Belajar efektif tidak harus lama, dalam hitungan jam. Melainkan sedikit namun rutin!

Selama belajar apa yang kita pelajari? tidak mungkin kan kita membaca 1 BAB buku full, (pastinya juga akan bosen dan lama-lama ngga konsen -,-) Nah, saya punya tipsnya :

1. Pelajarilah yang ada di buku catatanmu!
Apa gunanya buku catatan? ya untuk mencatat.
Apa gunanya mencatat? ya biar ngga lupa.
Gimana caranya biar ngga lupa? ya diingetin.
Gimana ngingetinnya? ya dibaca lagi.

2. Kalau guru sedang menerangkan, dengarkanlah, dan ingatlah apa yg dikatakan guru itu, pasti keluar di ujian (sekalipun guru tidak menulisnya di papan tulis). Saya sendiri sering menemui soal-soal yang jawabannya terlontar dari mulut guru langsung.

3. Ujian mengerjakan soal? maka pelajarilah soalnya!
Buka-buka kembali PR dan Tugas yang pernah diberikan guru, lihat soal-soalnya, kemudian jawab. Lalu cocokkan dengan jawabanmu yg telah dikoreksi guru. Lalu hapalkan jawaban yang benar! Selain PR dan Tugas, buka juga buku paketmu dan lihatlah soal-soal latihannya! kerjakan! lalu koreksi sendiri dengan melihat jawabannya di dalam bukunya (cari sendiri jawabannya). Menurut saya cara ini sangat efektif, dengan mengerjakan soal, kita sudah belajar materi, sekaligus lebih produktif lagi selain hanya membaca buku, buku kita pun akan terisi :) (Cara ini sangat bagus digunakan khususnya untuk matematika dan fisika yang sangat perlu latihan)

4. Sudah membuka dan mengerjakan soal? sekarang buat soal!
Buatlah soal untuk setiap BAB masing-masing 10 soal PG, jika tidak sempat, 5 saja. Dengan membuat soal, kita dapat :
melihat materi agar kita bisa membuat soal, menciptakan jawaban jebakan agar kita tidak terjebak soal jebakan guru.

Dengan 4 langkah diatas, kita akan memahami soal apa yang biasanya keluar di ujian, bagaimana bentuk jawaban jebakannya, dan di bagian mana kita bisa menemukan jawabannya.
Belajar untuk ujian idealnya dimulai 1 minggu atau lebih sebelum ujian.

Lalu rumus ketiga, C = Cara

Udah tau cara jawab soal? udah donk! (di petunjuk pengerjaan juga ada)
yaudah saya bagi tips mengerjakan aja deh...

1. Seperti pada umumnya tips : Kerjakanlah soal yang mudah dulu!
biasanya soal matematika nih.. kita udah ngitung panjang2, eh ngga ada jawabannya, akibatnya kita ngitung lagi, lagi, lagi, dan lagi.. tetep ngga ketemu, baru deh dilewat. Ini sangat membuang waktu, jadi untuk matematika atau fisika, sekali ngitung ngga ketemu, langsung loncat. Kerjakan lagi pada sisa waktu.

2. Untuk soal dengan tulisan/paragraf, jangan baca sampai habis!
kesalahan yang sering terjadi juga adalah jika ada suatu bacaan, kita baca dulu dengan seksama sampai selesai, baru mengerjakan soal dibawahnya (biasanya soal B.Indonesia dan B.Inggris). Cara ini tidak efektif! saya sarankan agar membaca soalnya dulu, baru mencari jawabannya di text, akan jauh lebih menghemat waktu! (kesuali soal sejenis : "apa tema dari bacaan diatas?" kayaknya harus baca dulu dan memahami isinya kalo itu).

3. Teman udah selesai? bodo amat!
fokus ke jawaban kita! ini bukan lomba siapa yang paling cepat! tapi siapa yg paling tepat!!

4. Periksa dan periksa jawaban kembali!
tidak ada kata males! terus periksa jawaban sampai berkali-kali, tidak terbatas 3 kali atau 5 kali! kalau perlu periksa sampai waktu habis, toh ngga ada ruginya!

Rumus ke 4 : D = Do'a

Berdoa sangat penting karena semuanya kembali kepada Tuhan, berdoalah dan mintalah kepada Tuhan agar kita mendapatkan hasil yang terbaik. Berdoa sebelum memulai ujian juga berfungsi untuk menenangkan diri agar tidak tegang saat ujian.

Tambahan :
- Dilarang Keras tidak belajar karena mengharapkan hasil nyontek! memangnya yang dicontek profesor? sama-sama murid kok. Pokoknya belajar dulu semaksimalmungkin
- Di malam sebelum ujian, tidurlah yang cukup agar tubuh kita fit saat menghadapi ujian (jangan begadang sampai malam untuk belajar)
- Apapun hasilnya, nilai bukanlah segalanya, camkan : "kita ke sekolah bukan mencari nilai, bukan mencari ijazah, tetapi mencari ilmu"
- Banggalah dengan hasil sendiri! kita jadi tau kemampuan kita, dan jika ada kekurangan bisa diperbaiki di ujian selanjutnya
- Guru saya bilang : "Lebih baik dapet nilai 8 hasil sendiri, daripada dapet nilai 2 hasil nyontek!"
bener kan? siapa yang berani bilang salah!!??
- Kalau nilainya jelek, jangan takut kasih ke ortu, siapa tau ortu bisa jadi tempat sharing yg baik dan bisa ngasih tips-tips pamungkas melebihi tips yg saya berikan ini. Pernahkan berpikir begitu?

Kenapa saya menulis tips ini? karena sebentar lagi saya UAS, jadi doakan saya supaya dapat mendapatkan hasil yang terbaik, dan semoga tips-tips yang saya berikan akan berguna bagi kalian semua khususnya pelajar dalam menghadapi ujian! :D


ENJOY YOUR DAY!

Ditulis oleh Ramy Dhia
Seorang mahasiswa arsitektur yang mencintai dunia desain, teknologi, pop culture, dan penulisan. Ngeblog sejak 2010 dan mulai ngeVlog di Youtube sejak 2014. Hobi nonton TV Series dan merupakan pemain abadi dari game Harvest Moon: Back to Nature.
NB: Bercita-cita ingin menguasai dunia.


You Might Also Like

6 komentar

  1. Janganlah belajar untuk meraih kesuksesan.
    Belajarlah untuk menjadi orang besar, maka kesuksesan akan mengikutimu.

    BalasHapus
  2. Tentukanlah koefisien reaksi dari

    HNO3 (aq) + H2S (g) ® NO (g) + S (s) + H2O (l)

    BalasHapus
  3. postingnya telat nih -_-
    ini hari terakhir ane ujian..
    zzz...

    BalasHapus
  4. @anonim : buat ujian tahun depan kan bisa gan :30
    @agam : yoi, thanks ya.. :12

    BalasHapus

Harap komentar dengan bahasa yang sopan ya, as your grandma will read it :)

Page Ranking Tool
DMCA.com

I'm in

postimage
Mutsurini Team
Komunitas Online Kab.Tangerang Warung Blogger